Mengenal Manfaat Vitamin D bagi Tubuh dan Dampak Kekurangannya Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk berbagai kebutuhan. Secara umum, manfaat vitamin D berkaitan erat dengan kesehatan tulang. Tak hanya itu, manfaat vitamin D juga dibutuhkan untuk mencegah penyakit tertentu, seperti penyakit autoimun, kanker, penyakit jantung, dan infeksi.

Manfaat Vitamin D
www.googlaz.com

Masalahnya, kebanyakan orang di era modern ini lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan dan kurang terpapar sinar matahari. Padahal, sinar matahari sangat penting bagi tubuh, terutama dalam kaitannya dengan pembentukan vitamin D.

Manfaat Vitamin D bagi Tubuh

Berikut sejumlah Manfaat Vitamin D dan ciri-ciri vitamin D bagi tubuh manusia.

1. Kesehatan Tulang dan Otot

Kehadiran vitamin D dalam tubuh sangat penting untuk penyerapan kalsium. Sementara itu, tubuh membutuhkan kalsium sebagai nutrisi utama pembentuk tulang, sehingga menjadi lebih kuat dan meminimalkan risiko patah tulang.

Kekurangan vitamin D berarti tubuh tidak mampu memproduksi hormon calcitriol yang cukup, sehingga tubuh akan mendapatkan simpanan kalsium dari sumber lain yaitu tulang. Akibatnya, tulang melemah dan berisiko terkena osteoporosis dan rakhitis. Berdasarkan temuan penelitian, efek vitamin D dan kalsium bersama-sama dapat mengurangi risiko patah tulang.

2. Kesehatan Ibu Hamil

Kekurangan vitamin D sangat mungkin terjadi pada wanita, terutama ibu hamil dan lanjut usia. Bagi ibu hamil, kondisi ini terjadi karena berisiko kehilangan kalsium akibat kebutuhan janin dalam kandungan dan konsumsi kalsium yang tinggi melalui urin. Selanjutnya, keadaan kehilangan kalsium yang tinggi terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Bahayanya bagi ibu hamil saat mengalami kekurangan vitamin D akan mengganggu kesehatan tulang janin dalam kandungan. Salah satunya adalah peningkatan risiko rakhitis. Oleh karena itu, ibu hamil harus mendapatkan asupan vitamin D yang cukup, terutama saat melahirkan, agar bayi memiliki kadar vitamin D yang cukup untuk 4-6 bulan ke depan. Karena manfaat vitamin D pada bayi sangat bergantung pada ibu.

Efek kekurangan vitamin D pada ibu hamil adalah peningkatan risiko preeklamsia, persalinan prematur, diabetes gestasional, dan infeksi bakterial vaginosis selama kehamilan.

3. Mencegah berbagai penyakit

Berbagai penelitian baru-baru ini telah dilakukan yang menunjukkan Manfaat Vitamin D, selain untuk kesehatan tulang dan otot, dan hanya untuk wanita hamil. Salah satu contohnya adalah multiple sclerosis, yang umum terjadi pada wanita. Kondisi ini terjadi karena tubuh kekurangan vitamin D serum yang rendah. Tidak hanya itu, vitamin D juga berperan sebagai agen imunosupresif pada rheumatoid arthritis.

Manfaat Vitamin D adalah untuk memastikan sistem kekebalan tubuh tetap normal sehingga mampu melawan berbagai jenis penyakit. Asupan vitamin D yang cukup juga mampu menurunkan risiko kanker. Fakta ini didukung oleh banyak penelitian yang menemukan hubungan antara kadar vitamin D yang cukup dengan risiko kanker yang lebih rendah. Penelitian lain juga melaporkan hubungan antara kekurangan vitamin D dan risiko tinggi penyakit jantung seperti gagal jantung, hipertensi dan jantung iskemik.

Sumber vitamin D

Ada tiga pilihan di mana Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D tubuh Anda, termasuk sinar matahari, makanan, dan suplemen. Hingga 80% sumber vitamin ini dapat diperoleh dari paparan sinar matahari. Sinar matahari membantu kulit mendapatkan vitamin D aktif. Dengan kata lain, peran sinar matahari sangat penting untuk sintesis vitamin D. Ketika seseorang keluar ruangan pada waktu-waktu tertentu, ia pasti akan mendapat paparan sinar matahari yang cukup.

Jadi 20% asupan vitamin D bisa didapat dari makanan. Sumber nutrisi vitamin D yang berbeda adalah salmon, tuna, telur, susu, yogurt, dan salmon. Upayakan untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup dari makanan.

Namun kebutuhan vitamin D tidak terpenuhi oleh sinar matahari atau makanan karena berbagai alasan, Anda bisa mendapatkannya dari suplemen dengan D. Contoh suplemen ini adalah NUTRIMAX VITAMIN D3 1000UI ISI 60 CAPSULES (Rp139.380)

Faktor penyebab malnutrisi vitamin D

Sebenarnya, adalah mungkin untuk mengoptimalkan perolehan sumber vitamin D yang disebutkan di atas untuk menghindari kekurangannya. Namun, ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang memiliki kadar vitamin D yang rendah, di antaranya sebagai berikut.

1. Obesitas

Logikanya, ketika seseorang kelebihan berat badan, kapasitas penyimpanannya juga meningkat, sehingga sirkulasi vitamin D dalam aliran darah berkurang karena disimpan di jaringan adiposa.

2. Orang berkulit hitam

Seseorang dengan kulit hitam juga berisiko kekurangan vitamin D karena kulitnya secara alami dilindungi oleh melanin. Pigmen ini membuat kulit tidak mampu mensintesis vitamin D. Dengan kata lain, orang berkulit gelap cenderung memiliki kadar vitamin D yang rendah.

3. Wanita

Dibandingkan dengan pria, wanita lebih rentan mengalami kekurangan vitamin D karena wanita cenderung memiliki lebih banyak lemak, lebih sering berada di dalam ruangan, dan menggunakan tabir surya.

4. Usia

Dengan bertambahnya usia, kulit terbatas dalam kaitannya dengan produksi vitamin D karena ketidakmampuan untuk menyerap vitamin D dan jarang melakukan aktivitas di luar ruangan.

Itulah beberapa informasi mengenai Manfaat Vitamin D bagi tubuh. Semoga ini bermanfaat. Anda hanya mendapatkan vitamin D terbaik dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harian Anda, Anda juga dapat mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen berdasarkan kebutuhan pribadi. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store dan App Store.