8 Manfaat Perdagangan Antar Negara, Pengertian dan Faktor Pendorong

Dalam kajian ekonomi internasional, pemahaman dan Manfaat Perdagangan Antar Negara menjadi pembahasan pertama dan mendasar. Kegiatan komersial dilakukan untuk menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Kegiatan ini tidak hanya berlangsung di satu negara. Namun juga dilakukan secara internasional (lintas negara) dengan tujuan untuk memenuhi permintaan barang dan jasa.

Manfaat Perdagangan Antar Negara
s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Kemajuan teknologi semakin mendorong kegiatan perdagangan luar negeri berkat berbagai fasilitas yang ditawarkan. Apalagi dengan adanya kebijakan perdagangan bebas yang semakin memperluas jangkauan kegiatan ekspor dan impor.

Pengertian Perdagangan Antar Negara

Perdagangan adalah penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Oleh karena itu, definisi perdagangan luar negeri adalah distribusi barang dan jasa dari satu negara ke negara lain.

Alasan adanya kegiatan perdagangan internasional adalah karena tidak semua negara mampu memenuhi semua kebutuhannya secara mandiri. Jadi mau tidak mau mereka harus memimpin dari negara lain.

Jadi ada transaksi antara dua pihak atau lebih. Transaksi komersial tentunya harus sesuai dengan prosedur dan aturan perjanjian. Hal ini akan memberikan manfaat perdagangan yang positif antar negara.

Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan internasional ini antara lain individu warga negara tertentu, komunitas pemilik perusahaan, unit bisnis atau organisasi lembaga pemerintah.

Sedangkan bentuk usahanya seperti penjualan barang dan jasa, kerjasama usaha, penanaman modal dalam pendirian perusahaan di negara lain. Misalnya, Anda memiliki produk buatan tangan dan mengekspornya ke pasar Eropa dan AS.

Contoh lain, Indonesia membutuhkan alat kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Untuk mengatasinya, pemerintah membeli mesin berteknologi tinggi dari negara lain.

Manfaat Perdagangan Antar Negara

Ada berbagai Manfaat Perdagangan Antar Negara yang dapat diterima oleh negara-negara perdagangan luar negeri. Baik itu aspek ekonomi maupun aspek politik dan sosial.

Berikut adalah beberapa Manfaat Perdagangan Antar Negara:

1. Memperoleh Keuntungan Finansial

Seperti prinsip bisnis pada umumnya, mencari keuntungan adalah tujuan dari jual beli aset. Jika suatu negara menjual produknya ke luar negeri, itu akan mendapatkan keuntungan materi.

Pasar internasional dengan jangkauan yang sangat luas memungkinkan produsen untuk memperoleh banyak pelanggan secara global. Pada saat yang sama, konsumen juga mendapatkan keuntungan dari berbagai pilihan produk yang memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.

2. Memperoleh Produk yang Tidak Tersedia

Manfaat perdagangan internasional selanjutnya adalah masyarakat dapat memperoleh barang dan jasa yang tidak tersedia di dalam negeri. Setiap negara memiliki kebutuhan yang berbeda untuk kepentingan baik pemerintah maupun rakyatnya.

Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti kondisi alam dan geografis yang berbeda, ketersediaan sumber daya alam dan manusia, kemajuan teknologi, dan sebagainya. Hal inilah yang menyebabkan perlunya impor barang dari luar negeri.

3. Terciptanya Hubungan Bilateral dan Multilateral

Dengan adanya kegiatan komersial antara dua negara atau lebih, maka ada hubungan antara pihak-pihak yang terlibat. Di dunia internasional, hubungan ini dikenal dengan istilah bilateral dan multilateral.

Bilateral adalah hubungan kerjasama internasional antara dua negara. Sedangkan multilateral adalah hubungan kerjasama internasional yang melibatkan 3 negara atau lebih. Kerjasama ini tentunya memberikan keuntungan dan keuntungan bagi pihak-pihak yang terlibat.

Hubungan baik yang terjalin tanpa mengenal batas wilayah, bangsa atau ras dapat berkembang lebih erat. Tidak hanya dari segi ekonomi, tetapi juga dapat merambah ke aspek lainnya.

4. Transfer Teknologi

Salah satu Manfaat Perdagangan Antar Negara terbesar dari perdagangan antar negara di era modern adalah transfer teknologi. Wilayah dunia terbagi menjadi berbagai negara dengan kemajuan teknologi yang berbeda.

Negara maju menghasilkan alat teknologi canggih yang dapat dikirim ke negara berkembang. Dengan demikian, kegiatan produksi dapat dilakukan secara efisien dan efektif. Hal ini dapat mendorong dunia industri yang sedang berkembang.

Untuk mendorong kemajuan teknologi agar tidak tertinggal dari perkembangan global, beberapa negara mengimpor peralatan modern yang bukan buatannya. Berkat adanya peralatan yang canggih, mereka akan terbantu untuk melakukan berbagai aktivitas.

5. Memperluas Pasar

Dampak dari adanya hubungan perdagangan yang melibatkan banyak negara adalah dapat memperluas pasar bagi produsen barang dan jasa. Ketersediaan barang yang melimpah, tetapi tidak ada permintaan, tentu berisiko menurunkan harga.

Namun dengan pasar global, produsen dapat menjangkau pasar yang lebih besar untuk memasarkan produknya. Keuntungan perdagangan antara negara-negara tersebut dapat menjaga stabilitas harga produk.

Di sisi lain, cakupan pasar yang luas juga memungkinkan peningkatan volume produksi. Artinya laba perusahaan berpotensi untuk meningkat. Kehadiran kemajuan teknologi dan inovasi pemasaran digital telah memudahkan kegiatan pemasaran.

6. Meningkatkan Devisa Negara

Salah satu hubungan komersial dengan luar negeri dilakukan melalui ekspor atau penjualan produk ke luar negeri. Kegiatan ekspor tersebut tentunya memberikan kontribusi terhadap devisa negara. Semakin besar volume ekspor, semakin besar pula penerimaan devisa.

7. Meningkatkan Kesempatan Kerja

Manfaat Perdagangan Antar Negara berikutnya adalah penciptaan lapangan kerja yang luas. Pasar global menawarkan setiap kesempatan untuk menjual produk di mana saja tanpa batasan regional. Hal ini menyebabkan peningkatan produksi.

Sejalan dengan peningkatan kegiatan produksi, perusahaan membutuhkan lebih banyak karyawan. Ciptakan lebih banyak kesempatan kerja. Perdagangan luar negeri juga mendukung lahirnya usaha-usaha baru yang mampu menciptakan lapangan kerja.

Faktor Pendorong Perdagangan Antar Negara

Ada beberapa faktor dan situasi yang mendasari terjadinya hubungan perdagangan luar negeri. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menekan Biaya Produksi

Ada banyak hal yang mempengaruhi biaya produksi. Mulai dari sumber daya manusia (SDM), dari peralatan teknologi hingga ilmu pengetahuan. Peralatan canggih berteknologi tinggi dapat digunakan untuk meningkatkan produksi.

Namun untuk memilikinya, tidak jarang perusahaan harus membeli dari luar negeri. Dengan peralatan teknologi ini, perusahaan dapat meningkatkan hasil produksi dengan harga yang efisien.

2. Perbedaan Sumber Daya Alam

Setiap daerah memiliki kondisi geografis yang berbeda-beda, sehingga mengakibatkan perbedaan sumber daya alam. Ini adalah salah satu pendorong perdagangan luar negeri.

Contoh perdagangan antar negara karena perbedaan sumber daya alam adalah Indonesia yang mengekspor energi ke luar negeri. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki sumber daya energi alam yang melimpah yang tidak dimiliki oleh semua wilayah di dunia.

3. Pemenuhan Kebutuhan Nasional

Daerah A merupakan penghasil ikan dan hasil laut lainnya. Sementara itu, Area B merupakan pusat industri pakaian jadi yang memproduksi berbagai produk fesyen. Orang-orang di daerah A membutuhkan pakaian, sedangkan orang-orang di B membutuhkan makanan laut.

Untuk memenuhi kebutuhan masing-masing daerah, keduanya saling berdagang. Ilustrasi tersebut merupakan gambaran sederhana tentang faktor-faktor yang menentukan terjadinya transaksi jual beli internasional.

Tanpa adanya transaksi tersebut, kebutuhan setiap daerah tidak dapat terpenuhi. Situasi ini terjadi di berbagai belahan dunia, yang mendorong mereka untuk mengejar hubungan bisnis untuk memenuhi kebutuhan nasional mereka.

Berkat adanya hubungan perdagangan global, Anda dapat berpartisipasi aktif di pasar internasional. Kegiatan tersebut dapat mendatangkan keuntungan individu dan nasional, serta keuntungan komersial antar negara lain.

Sekian pembahasan tentang Manfaat Perdagangan Antar Negara dan faktor pendorong perdagangan antar negara yang harus kalian pahami, Semoga bermanfaat.