Mengenal Fungsi Enzim Ptialin dalam Tubuh, Simak Penjelasannya!

Ptyalin adalah enzim hidrolisis pati yang diproduksi oleh kelenjar ludah manusia dan juga dikenal sebagai amilase saliva. Fungsi Enzim Ptialin diekskresikan di mulut membantu pencernaan pati di mulut.

Fungsi Enzim Ptialin
apayangdimaksud.com

Enzim ptyalin juga bertanggung jawab untuk memecah atau memecah pati menjadi struktur karbohidrat yang lebih sederhana seperti maltosa. Karbohidrat dapat diserap oleh tubuh dan diedarkan ke seluruh tubuh oleh darah untuk menghasilkan energi yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari setelah patinya telah dipecah oleh enzim ptyalin.”

Enzim ini menghidrolisis pati menjadi maltosa dan isomaltosa, serta dekstrin kecil lainnya yang dikenal sebagai dekstrin perbatasan. Enzim ptyalin ada di mulut dan dicampur dengan makanan untuk mengubahnya menjadi pati.

3 Fungsi Enzim Ptialin dalam tubuh

Fungsi Enzim Ptialin dalam tubuh manusia memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Pecahkan pati menjadi struktur karbohidrat sederhana

Meskipun makanan tetap berada di mulut hanya untuk waktu yang singkat, efek ptyalin pada lambung dapat bertahan selama beberapa jam sampai makanan bercampur dengan sekresi lambung. Ini adalah keasaman tinggi yang menonaktifkan ptyalin.

Sistem pencernaan ptyalin ditentukan oleh jumlah asam di lambung, seberapa cepat isi lambung dikosongkan, dan seberapa baik makanan bercampur dengan asam. Selama pencernaan di perut, ptyalin dapat memecah 30 hingga 40 persen pati yang dicerna menjadi maltosa dalam kondisi ideal.

Fungsi Enzim Ptialin juga untuk memecah atau memecah pati menjadi struktur karbohidrat yang lebih sederhana seperti maltosa. Karbohidrat dapat diserap oleh tubuh dan diedarkan ke seluruh tubuh oleh darah untuk menghasilkan energi yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari setelah pati dipecah oleh enzim ptyalin.

Tidak seperti enzim amilase lainnya, enzim ptyalin memiliki kemampuan untuk mengubah polisakarida menjadi maltosa dengan ikatan yang lebih pendek. Struktur disakarida tidak dapat dihidrolisis oleh enzim ptyalin menjadi gula sederhana.

Enzim pencernaan lainnya mampu hidrolisis dan degradasi struktural karbohidrat rantai pendek. Akibatnya, pada tingkat disakarida, enzim ptyalin hanya dapat mengubah karbohidrat menjadi gula sederhana.

2. Mengunyah makanan lebih lama membantu kerja enzim ptyalin

Enzim ptyalin hanya dapat bekerja di ruangan dengan pH tinggi dan akan berhenti bekerja ketika memasuki lambung yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Namun, ketika masih di tenggorokan, hasil dan efek enzim ptyalin hanya dapat mencapai sebagian kecil dari pati yang ada dalam makanan. Enzim amilase menghidrolisis sebagian besar pati yang tersisa.

Dengan mengunyah makanan Anda lebih lama dan membiarkan ptyalin melakukan tugasnya, Anda dapat meningkatkan kinerja enzim ptyalin. Aspek rasa manis dari nasi kunyah panjang adalah bukti nyata kemanjuran ptyalin. Mengunyah makanan secara perlahan dan lembut dapat membuat pekerjaan Anda lebih mudah.

3. Cara mengunyah makanan dengan baik

Ketika Anda tidak mengunyah makanan dengan cukup baik, tubuh Anda mungkin tidak membuat cukup enzim yang dibutuhkan untuk memecah makanan dengan benar. Hal ini dapat menyebabkan masalah pencernaan, termasuk kembung.

Dianjurkan agar Anda mengunyah makanan Anda sekitar 32 kali sebelum menelannya. Tujuannya agar makanan kehilangan teksturnya. Makanan yang sulit dikunyah, seperti steak dan kacang-kacangan, bisa memakan waktu hingga 40 kunyah per porsi. menggigit. Makanan seperti semangka mungkin membutuhkan lebih sedikit kunyahan untuk memecah 10 hingga 15 kunyahan.

Selain jumlah mengunyah, hal lain yang perlu diperhatikan adalah lidah harus menggerakkan makanan dari sisi ke sisi dan rahang harus sedikit berputar. Hanya ketika makanan kehilangan teksturnya Anda dapat menelan makanan.

Itulah 3 Fungsi Enzim Ptialin yang harus kalian pahami, semoga bermanfaat