Pembahasan Lapisan Tanah Humus Terbentuk Dari

Kuis Lapisan Tanah Humus Terbentuk Dari

soal : Lapisan Tanah Humus Terbentuk Dari …

a. bahan bahan vulkanis

b. endepan lumpur Sungai

c. endepan debu gurun pasir

d. pelapukan biologis sisa-sisa hewan dan tumbuh-tumbuhan

Lapisan Tanah Humus
mediatani.co

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah d. pelapukan dari sisa hewan dan tumbuhan

Pembahasan

Lapisan Tanah Humus terbentuk dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan. Humus adalah tanah yang sangat subur yang terbentuk dari daun dan batang pohon yang aus di hutan hujan tropis yang lebat.

Humus dikenal sebagai sisa-sisa tumbuhan dan hewan yang telah direkondisi oleh organisme tanah, berada dalam keadaan stabil, berwarna coklat kehitaman.

Lapisan Tanah Humus juga dikenal sebagai sisa-sisa tumbuhan dan hewan yang telah dirombak oleh organisme di lapisan tanah.

Ada beberapa ciri tanah yang subur, yaitu: Memiliki Lapisan Tanah Humus yang tebal. Tanah yang subur dapat dilihat dari tebalnya bunga tanah.

Humus (bunga tanah) berasal dari sisa-sisa atau jasad bahan organik yang membusuk. Cakrawala ini ditandai dengan adanya akar tanaman

Ciri Ciri tanah humus

Untuk mengetahui suatu tanah termasuk tanah humus, kita dapat melihat dari beberapa ciri atau karakteristik tanah tersebut. Tanah humus memiliki beberapa ciri khusus yang dapat dibedakan dengan ciri tanah humus lainnya. Ciri-ciri atau ciri-ciri tanah humus adalah sebagai berikut:

  • Berwarna gelap, yaitu coklat atau kehitaman. Tanah humus ini memiliki warna gelap mulai dari coklat sampai kehitaman. Selain memiliki warna gelap, pada tanah humus ini juga terdapat bintik-bintik putih.
  • Ini memiliki tekstur yang rapuh. Tanah humus memiliki tekstur yang sangat gembur dan tidak keras seperti tanah liat atau tanah lainnya.
  • Biasanya ditemukan di lapisan atas tanah, sehingga tidak stabil. Sifat tidak stabil ini terutama terlihat ketika terjadi perubahan suhu, tingkat kelembaban, atau aerasi.
  • Tanah humus bersifat koloid dan amorf. Sifat koloid dan armous ini membuatnya menyerupai tanah liat, tetapi memiliki daya serap yang lebih tinggi daripada tanah liat.
    sangat subur Tanah humus memiliki sifat yang sangat subur karena terbentuk dari erosi daun dan juga bercampur dengan kotoran hewan dan sejenisnya.
  • Ini memiliki daya serap yang tinggi. Tanah humus ini memiliki daya serap yang tinggi dalam hal penyerapan air, dan ini merupakan ciri yang baik untuk pertumbuhan tanaman.
  • Ini memiliki kemampuan untuk menambah atau meningkatkan kandungan berbagai nutrisi (magnesium, kalsium dan kalium).
  • Ini adalah sumber energi bagi mikroorganisme. Tanah humus terbentuk dari erosi daun dan ranting pohon, sehingga merupakan sumber energi bagi mikroorganisme.
  • Ini sering ditemukan di daerah tropis. Tanah humus merupakan tanah yang sering dijumpai di daerah tropis seperti Indonesia. Terutama daerah yang paling banyak ditemukan tanah humus adalah jenis daerah hujan, seperti hujan tropis, dimana banyak ditemukan pepohonan di sana.

Itulah beberapa ciri atau ciri-ciri tanah humus. Beberapa ciri tersebut apabila kita berada di dalam suatu tanah, maka dapat ditentukan bahwa tanah tersebut adalah tanah humus.

Manfaat Tanah Humus

Tanah humus dikenal sebagai tanah yang sangat baik. Bahkan tanah humus ini dikenal sebagai tanah terbaik. Banyak orang menginginkan tempat mereka memiliki tanah humus agar berbagai jenis tanaman bisa tumbuh nantinya. Kita semua tahu bahwa tumbuhan akan sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Oleh karena itu, tanah humus ini merupakan tanah yang diinginkan. Setidaknya ada beberapa jenis manfaat atau kelebihan dari tanah humus ini, di antaranya sebagai berikut:

  • Struktur tanah dipertahankan. Tanah humus adalah tanah yang memiliki struktur yang stabil atau terpelihara dibandingkan beberapa jenis tanah lainnya.
  • Tanah humus merupakan makanan yang baik bagi tanaman yang tumbuh di dalam tanah.
  • Meningkatkan kandungan air tanah. Karena memiliki sifat penyerapan yang baik, tanah humus ini dapat meningkatkan kadar air tanah yang nantinya berguna sebagai minuman bagi tanaman yang tumbuh di dalam tanah.
  • Tanah humus memiliki sifat pengikat air dan pengikat tanah yang beracun.
  • Tanah humus memiliki sifat mampu membentengi tanah sehingga tanah tidak tergerus atau tergerus.
  • Di tanah humus ini, aerasi tanah meningkat.
  • Tanah humus juga dapat digunakan sebagai pupuk sintetis, oleh karena itu tanah humus ini merupakan tanah yang sangat baik untuk tanaman.