8 Buku Investasi Saham Terbaik 2022, Yuk Simak Apa Saja!

Memulai investasi ekuitas membutuhkan pengetahuan dan informasi yang cukup. Di era digital seperti sekarang ini, banyak sekali sumber informasi investasi saham yang bisa dengan mudah didapatkan. Namun, belajar saham juga bisa dilakukan dengan membaca buku. Buku Investasi Saham ini ditulis oleh para ahli investasi terkemuka dan biasanya lebih rinci dan komprehensif. Apa saja buku stok terbaik yang bisa Anda pelajari? Berikut adalah beberapa di antaranya.

investasi saham menjadi populer di kalangan generasi milenial. Banyak anak muda yang tertarik berinvestasi saham karena tertarik dengan keuntungan besar yang bisa didapat. Namun sebelum Anda terjun dan mencoba metode ini, pastikan Anda telah mempelajari pro dan kontra dari tindakan tersebut terlebih dahulu.

Buku Investasi Saham
cf.shopee.co.id

Memulai investasi ekuitas mungkin tidak terjadi secara kebetulan, tetapi membutuhkan pengetahuan dan informasi yang memadai. Di era digital seperti sekarang ini, mencari informasi investasi saham bisa lebih mudah. Informasi investasi saham dapat diperoleh melalui internet, e – book, website atau dari berbagai seminar yang diadakan oleh institusi tertentu.

Untuk informasi lebih lengkap tentang investasi saham, Anda juga bisa membacanya dari berbagai buku. Saat ini, ada banyak rekomendasi buku investasi saham yang menguraikan informasi lengkap tentang pro dan kontra tentang cara berinvestasi saham yang benar. Tidak? Yuk, simak ulasan Qoala berikut ini.

8 Buku Investasi Saham

1. The Intelligent Investor – Benjamin Graham

The Intelligent Investor adalah salah satu buku tips terbaik bagi Anda yang ingin belajar berinvestasi saham. Buku tentang investasi saham karya Benjamin Graham yang terbit tahun 1949 ini memuat informasi penting tentang tipe – tipe investor, terutama saat menunggu waktu yang tepat untuk menebak saham dengan valuasi rendah.

Tak hanya itu, The Intelligent Investor juga memuat informasi tentang sejarah pasar modal di masa lalu. Dengan informasi lengkap yang dipaparkannya, tidak heran jika buku investasi saham terbaik ini memiliki halaman yang cukup tebal mencapai 640 halaman. Meskipun ditulis lebih dari 50 tahun yang lalu, buku ini memiliki pola pikir yang sama, sehingga sangat cocok untuk investasi pembelajaran saat ini.

2. The Money Game – George Goodman

The Money Game adalah buku investasi ekuitas fundamentalis global yang dibuat oleh George Goodman. Buku yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1968 ini merupakan buku yang membahas tentang investasi saham dengan bahasa yang mudah dipahami. Dalam buku ini, Goodman menjelaskan bahwa berinvestasi di pasar saham itu seperti permainan. Goodman mengambil contoh apa yang terjadi pada kondisi pasar saham di Wall Street pada 1960-an.

Seperti yang Anda ketahui, era 1960 – an merupakan dekade yang dikenal sebagai masa tersulit dalam dunia investasi ekuitas. Berkat diskusi yang cerdik ini, buku investasi saham George Goodman mendapat pujian dari Buffett karena dianggap luar biasa dan sangat menginspirasi.

3. Invested – Danielle Town

Ketiga dalam daftar buku terbaik untuk dipelajari tentang berinvestasi di saham adalah Danielle Town’s Invested. Dalam buku investasi ekuitas gaya pedagang ayunan kelas dunia ini, Danielle Town berbicara tentang perjalanannya untuk belajar tentang saham selama periode 12 bulan dan mendapatkan banyak bantuan dari ayahnya.

Invested adalah buku investasi saham yang sempurna untuk pemula yang baru belajar dunia saham. Dalam buku terbitan 2018 ini, penulis tidak terlalu banyak berbicara tentang teknologi dan analisis inventaris. Namun, akan ada prospek menarik yang bisa Anda temukan dan pelajari dari buku investasi ini.

Buku investasi saham pemula ini terdiri dari 336 halaman, yang sebagian besar memuat kisah Danille Town saat pertama kali belajar tentang investasi saham. Saat ini, buku ini dibandrol dengan harga sekitar Rp. 225.000 dan Anda bisa menemukannya di beberapa toko buku populer di kota Anda.

4. Smart Trader Rich Investor – Ellen May

Bagi Anda yang ingin mempelajari dasar – dasar saham, Smart Trader Rich Investor adalah pilihan yang tepat untuk buku. Buku investasi terbaik karya Ellen May ini memuat pembahasan berbagai pertanyaan mendasar terkait investasi saham, seperti mengapa Anda harus berinvestasi, mengapa saham, cara membeli saham, jenis saham dan isu – isu terkait pasar modal lainnya. .

Bagi yang belum tahu, Ellen May adalah seorang ahli dan juga berprofesi sebagai dokter umum di pasar modal Indonesia. Seperti yang ditulis oleh penulis Indonesia, Smart Trader Rich Investor bisa menjadi salah satu tips trading book terbaik di Indonesia, cocok untuk pemula dan lebih mudah dipahami.

Buku ini sangat cocok untuk Anda yang ingin belajar berinvestasi saham dari awal. Hal ini dikarenakan Ellen May menggunakan bahasa yang ringan sehingga memudahkan pembaca untuk memahaminya. Menariknya lagi, pada bagian buku investasi saham ini dikemas dalam bentuk kartun sehingga lebih menarik bagi para pemula.

5. The Four Pillars of Investing : Lessons for Building a Winning Portfolio – William J. Bernstein

The Four Pillars of Investing : Lessons for Building a Winning Portofolio adalah mahakarya William J. Bernstein. Dia adalah seorang ahli saraf, investor, dan pemikir investasi yang menuangkan semua pengetahuannya tentang investasi saham ke dalam karyanya.

Dalam buku pemula ini, William J. Bernstein menggabungkan empat pilar : teori, sejarah, psikologi, dan bisnis investasi. Bernstein telah mengembangkan strategi yang akan sangat berguna bagi investor biasa untuk mengembangkan rencana investasi.

Ada banyak topik yang dibahas dalam buku investasi ekuitas ini, termasuk alokasi aset dalam portofolio dan bagaimana perilaku manusia dapat memengaruhi keputusan yang Anda buat saat berinvestasi di saham.

6. Rich Dad, Poor Dad – Robert Kiyosaki

Rich Dad, Poor Dad juga bisa menjadi salah satu buku tips terbaik bagi Anda yang ingin belajar berinvestasi saham. Buku karya Robert Kiyosaki ini menawarkan perspektif menarik tentang perbedaan antara kaya dan miskin. Dalam buku investasi saham ini, Kiyosaki berpendapat bahwa orang miskin dan kelas menengah bekerja untuk uang sedangkan orang kaya bekerja untuk belajar.

Dalam buku ini, Kiyosaki juga menekankan pentingnya memahami ekonomi dan bagaimana mencapai kebebasan ekonomi sebagai tujuan akhir. Kiyosaki juga menjelaskan bahwa meskipun akuntansi penting untuk dipelajari, terkadang hal itu bisa menyesatkan. Misalnya, ketika bank memudahkan untuk memiliki rumah juga, tetapi karena pembayaran dilakukan secara mencicil, angsuran tersebut terkadang menjadi beban yang sangat mengganggu aliran uang.

Menurut Kiyosaki, aset riil seharusnya aset yang meningkatkan pendapatan, bukan mengurangi pendapatan. Oleh karena itu, dalam buku tentang investasi Indonesia ini, Kiyosaki menekankan pentingnya berinvestasi untuk menghasilkan keuntungan dan menuju kebebasan ekonomi di masa depan.

7. The Essays of Warren Buffett : Lessons For Corporate America – Warren Buffet

The Essays of Warren Buffett: Lessons for Corporate America adalah buku dan juga esai oleh Warren Buffet. Dalam bukunya, Warren Buffet, yang merupakan investor modern paling sukses, memberikan informasi tentang berbagai topik yang penting bagi perusahaan dan pemegang saham AS.

Dalam buku teknik analisis saham ini, Anda dapat mempelajari tentang manajemen perusahaan dan pemegang sahamnya. Tidak hanya itu, Anda juga dapat belajar tentang proses berpikir yang terlibat dalam meningkatkan nilai bisnis Anda.

Esai Warren Buffet mencakup berbagai materi tentang tata kelola perusahaan, pembiayaan, investasi, alternatif saham biasa, merger dan akuisisi, akuntansi dan penilaian, kebijakan akuntansi dan juga terkait dengan masalah pajak. Buffet menguraikan prinsip – prinsip dasar bisnis perusahaan agar lebih mudah dipahami oleh para pemula.

Dalam buku ini, Buffett juga merekomendasikan untuk membeli saham komersial saat saham tersebut diperdagangkan pada harga rendah atau turun. Ia juga menentang mengikuti tren investasi yang belum tentu aman dan menguntungkan.

8. A Random Walk Down Wall Street: The Time – Tested Strategy for Successful Investing – Burton Malkiel.

A Random Walk Down Wall Street adalah salah satu buku investasi ekuitas terlaris Burton Malkiel. Dia adalah seorang ekonom dan profesor di Universitas Princeton, yang telah terjual lebih dari 1,5 juta kopi hingga saat ini.

Dalam buku pemula tentang investasi saham ini, Burton Malkiel menekankan pentingnya investasi jangka panjang daripada keuntungan cepat. Tak hanya itu, ia juga menyoroti cara memprediksi harga dan menghindari kesalahan umum yang dilakukan investor. Buku ini juga mempelajari berbagai konsep dasar yang sering digunakan dalam proses investasi. Anda juga dapat menemukan informasi dan strategi penting untuk investasi jangka panjang.

Saat ini sudah banyak pilihan buku investasi saham Indonesia yang bisa Anda pelajari. Meskipun semua buku bermanfaat dan memberikan informasi penting, pastikan Anda memilih buku investasi yang tepat dan terbaik.

Cara Memilih Buku untuk Belajar Saham yang Terbaik

Belajar saham dari buku merupakan salah satu cara terbaik untuk mempelajari seluk beluk berinvestasi secara lebih komprehensif berdasarkan pengalaman para ahlinya. Dari buku tersebut Anda bisa mendapatkan berbagai informasi penting tentang dasar – dasar investasi saham, jenis – jenis tips investasi jangka panjang yang menguntungkan.

Memilih buku terbaik dapat membuat proses belajar menjadi lebih mudah dan cepat. Jadi meskipun pilihan buku investasi saham cukup bervariasi, pastikan Anda bisa memilih jenis buku yang terbaik. Agar tidak salah, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memilih buku tindakan pembelajaran yang terbaik, seperti:

1. Melihat Latar Belakang Penulis

Melihat latar belakang penulis adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda lakukan ketika memilih buku terbaik untuk tindakan pembelajaran. Dengan mengetahui latar belakang penulis, Anda akan mengetahui kemampuan atau keterampilan penulis di bidang pasar modal. Latar belakang penulis menentukan kualitas tulisan dan informasi yang Anda dapatkan dari buku tersebut.

Pilih rekomendasi buku investasi Indonesia dengan penulis yang memiliki latar belakang menulis yang mumpuni. Anda dapat mengetahui kemampuan penulis melalui cara dia membagikan pengetahuan dan keterampilannya dari blog, vlog, dan bahkan media sosial.

2. Pilih Berdasarkan Materi yang Ingin Dipelajari

Saham adalah alat investasi yang agak rumit dan butuh kesabaran untuk belajar. Agar lebih mudah memahami saham, ada baiknya Anda memilih buku investasi saham berdasarkan materi yang ingin Anda pelajari. Secara umum, ada tiga hal yang dipelajari dalam investasi saham, yaitu pengetahuan umum tentang saham, cara menganalisa, dan pengetahuan psikologis dalam trading. Bagi Anda yang masih pemula, pilih dulu jenis buku tentang dasar – dasar action.

Setelah Anda mempelajari dasar – dasar tindakan, pilih buku yang menjelaskan cara melakukan analisis teknis dan analisis fundamental untuk memahami pergerakan tindakan. Selanjutnya, Anda perlu mengetahui psikologi dalam trading agar Anda dapat berinvestasi dengan baik di saham sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

3. Pilih Buku Impor atau Lokal Sesuai Kebutuhan

Saat ini banyak sekali pilihan buku yang membahas judul – judul pengarang dalam dan luar negeri. Setiap penulis memiliki manfaat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda untuk belajar tentang investasi ekuitas. Memilih buku yang tepat juga membuat pemahaman buku stok lebih mudah dan cepat.

Jika Anda menginginkan pengetahuan yang lebih dalam, Anda dapat memilih buku investasi saham bergaya fundamentalis. Namun jika Anda ingin mengetahui aksi – aksi dalam bahasa yang lebih mudah dipahami, Anda bisa memilih penulis Indonesia seperti Ellen May. Buku – buku impor dan lokal biasanya juga memiliki studi kasus yang berbeda yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Hindari Pom – Pomers

Untuk buku yang berkualitas, ada baiknya menghindari pompom. Bagi yang belum tahu, pom – pomer adalah orang yang biasanya menilai saham terlalu tinggi untuk membuatnya naik atau turun. Untuk mengetahuinya, Anda dapat melihat media sosial atau forum yang dikunjungi orang tersebut untuk terus membahas suatu jenis tindakan. Jika ini terjadi, bisa dipastikan orang tersebut adalah pom – pomer.

Sebaiknya hindari membeli buku yang ditulis oleh penulis pom – pom seperti ini. Ini karena kemampuan penulis belum tentu terbukti berkualitas tinggi, jadi Anda mungkin saja tergoda untuk mengikuti pendapat penulis tanpa mempertimbangkan aspek lain.

Belajar tentang tindakan bukanlah hal yang mudah untuk dikuasai. Saham membutuhkan pemahaman yang kompleks, sehingga Anda perlu memilih buku investasi saham yang tepat dari tingkat pemula hingga menjadi pro di kemudian hari. Bagi Anda yang masih pemula, pilihlah buku arsip yang mudah dipahami, seperti karya penulis Indonesia. Jangan lupa pahami dulu istilah dan sejarah saham sebagai dasar pengetahuan investasi yang harus dimiliki setiap trader. Hal ini akan memudahkan dan mempercepat penguasaan teknik investasi saham.

Untuk reseller profesional, bukan berarti Anda tidak perlu tahu lebih banyak. Pedagang profesional harus membaca buku saham yang lebih kompleks. Anda dapat memilih buku yang membahas pasar saham Asia dan AS. Dengan cara ini Anda dapat membangun sistem perdagangan yang lebih sukses dan sesuai dengan sifat pedagang, sehingga potensi keuntungan menjadi lebih besar.

Ini adalah ulasan komprehensif dari beberapa tips buku investasi saham terbaik yang dapat Anda baca. Dengan membaca buku saham yang tepat, Anda dapat memahami cara berinvestasi dengan benar dan benar sehingga dapat menghasilkan uang dengan lebih mudah. Jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk membeli buku fisik, sekarang ada banyak stok e – book yang bisa Anda dapatkan secara gratis di Internet. Jadi tidak ada lagi alasan bagi Anda yang ingin sukses berinvestasi saham sebaiknya tidak membaca buku tentang saham ini. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi blog Qoala dan aplikasi Qoala untuk informasi lebih menarik tentang investasi, pembiayaan, dan asuransi ekuitas.

Akhir Kata

Investasi cocok untuk semua orang yang baru mengenal keuangan. Tidak hanya teori yang disajikan, buku investasi saham ini juga memuat beberapa contoh yang terjadi di pasar modal Indonesia. Gaya bahasa buku Investory juga sederhana dan mudah dipahami oleh orang awam.

Setidaknya itulah beberapa tips buku investasi saham untuk Anda yang ingin segera memulainya. Selain membaca buku, pastikan untuk mengisi pengetahuan dan informasi melalui internet dan memilih aplikasi yang tepat untuk memulai investasi saham dengan mudah dan aman. Salah satunya melalui platform PALING yang dikeluarkan oleh Mandiri Sekuritas.

Nah, itulah 8 rekomendasi Buku Investasi Saham untuk pemula yang bisa Anda coba baca. Yang mana yang sudah kamu baca?