Pembahasan Salah Satu Manfaat Pengorganisasian Dalam Kegiatan Bisnis Adalah

Kuis Salah Satu Manfaat Pengorganisasian Dalam Kegiatan Bisnis Adalah

soal : Salah Satu Manfaat Pengorganisasian Dalam Kegiatan Bisnis Adalah

a. tahu hak dan kewajiban

b. jelas ada perrengkingan dalam kepangkatanundefined

c, memungkinkan pembagian tugas sesuai dengan keadaan perusahaanundefined

d. mengetahui siapa atasan kitaundefined

Salah Satu Manfaat Pengorganisasian Dalam Kegiatan Bisnis Adalah
www.maxmanroe.com

Jawaban

Jadi, jawaban yang tepat dari Salah Satu Manfaat Pengorganisasian Dalam Kegiatan Bisnis Adalah adalah poin C. memungkinkan pembagian tugas sesuai dengan keadaan perusahaanundefined

Pembahasan

Manfaat fungsi organisasi dalam manajemen adalah sebagai berikut.

  • memungkinkan pembagian tugas sesuai dengan kondisi perusahaan.
  • menciptakan spesialisasi dalam pelaksanaan tugas.
  • anggota organisasi mengetahui tugas-tugas yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan.

Sejumlah pakar manajemen memiliki gagasan tentang apa yang termasuk dalam fungsi manajemen. Seperti Harold Koontz dan Cyril O’Donnel misalnya yang membagi fungsi manajemen menjadi 4, antara lain perencanaan atau planning, organisasi atau organisasi, personalia atau personalia, dan manajemen atau pendidikan.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang fungsi perencanaan atau planning dalam manajemen yang dapat dikatakan sangat penting. Perencanaan itu sendiri adalah kegiatan merancang tujuan dan program yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Perencanaan harus dilakukan oleh manajemen puncak dan menengah. Sementara itu, manajemen basis dan karyawan melaksanakan program-program yang terkait dengan wilayah kerjanya masing-masing. Lalu bagaimana dengan fungsi organisasi atau organisasi?

Organisasi adalah kegiatan mengalokasikan dan menggabungkan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Berikut adalah pembagian kerja dan spesialisasi dimana setiap bagian harus mengetahui dengan jelas apa yang harus dilakukan.

Seperti halnya fungsi perencanaan, Salah Satu Manfaat Pengorganisasian Dalam Kegiatan Bisnis Adalah Menjaga ini dalam pikiran memastikan bahwa tujuan organisasi benar-benar dapat dicapai. Organisasi mencakup koordinasi baik di dalam maupun di antara bagian-bagian organisasi. Akibatnya, pekerjaan yang dilakukan oleh setiap bagian terus menerus satu sama lain.

Tidak hanya itu, organisasi juga menjamin produktivitas yang terukur karena setiap bagian bekerja sesuai dengan pedoman yang jelas. Setiap bagian dari organisasi akan selalu bekerja menuju tujuan operasional. Disiplin seperti ini akan membantu keuangan organisasi karena tidak ada pemborosan dalam bekerja.

Ada beberapa langkah yang ditempuh dalam pengorganisasian, diantaranya:

1. Identifikasi dan klasifikasikan pekerjaan yang akan dilakukan

Dalam organisasi, manajemen membuat daftar bahan, pekerjaan dan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi. Daftar tersebut kemudian dikelompokkan berdasarkan bagian organisasi. Misalnya, bekerja untuk produksi, administrasi dan pemasaran.

2. Mengalokasikan sumber daya yang tepat sesuai sasaran operasional

Manajemen mulai mengatur pembagian kerja. Organisasi memastikan bahwa semua pekerjaan dilakukan dari bagian yang relevan dari area kerja. Misalnya, akun dilakukan oleh departemen akuntansi.

Organisasi juga memastikan bahwa setiap bagian bekerja secara langsung pada waktu yang sama dan terjalin dalam serangkaian proses yang berkesinambungan. Misalnya, ketika tim produksi mulai bekerja untuk menghasilkan suatu produk, tim pemasaran telah merancang kegiatan promosi yang akan diluncurkan ketika produk selesai.

3. Mendelegasikan otoritas dan menumbuhkan tanggung jawab

Dengan pendelegasian, manajemen memberi tim fleksibilitas untuk memutuskan sendiri apa yang perlu dilakukan agar pekerjaan benar-benar produktif.

Keyakinan ini sekaligus mendidik masing-masing pihak untuk bertanggung jawab. Mereka dapat menunjukkan kepada manajemen bahwa kepercayaan yang diberikan kepada mereka dapat dilakukan dengan baik. Misalnya, tim pemasaran memiliki kebebasan untuk berkreasi dalam promosi dan penjualan selama mengikuti prosedur dan anggaran yang telah ditetapkan.