Peluang Bisnis Saffron di Indonesia dan Cara Budidaya Saffron

Peluang Bisnis Saffron di Indonesia berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Rempah-rempah yang dikenal dengan segudang manfaatnya ternyata menawarkan peluang bisnis yang menguntungkan bagi para pebisnis. Hal itu ditunjukkan oleh salah satu pemuda Indonesia, Taqy Malik, yang berhasil mengelola bisnis kunyit ini dengan keuntungan yang maksimal.

Bisnis Saffron di Indonesia
cdn2.boombastis.com

Menjalankan bisnis kunyit di Indonesia mungkin masih kekurangan pesaing. Bisnis ini juga bisa digeluti agar keuntungan bisa meningkat, mengingat harga jual saffron yang mencapai ratusan juta setahun. kilogram. Pada artikel kali ini, kita akan membahas seperti apa peluang bisnis saffron di Indonesia dan bagaimana cara mengembangkannya.

Peluang Bisnis Saffron di Indonesia

Saffron adalah sejenis rempah yang berasal dari putik bunga yang sedang mekar. Dalam setiap 1 bunga hanya ada 3 putik. Jadi untuk 1 kilo saffron Anda membutuhkan setidaknya 500.000 bunga atau bahkan setara dengan lapangan sepak bola.

Bunga saffron sudah dikenal sejak awal karena khasiatnya, sering digunakan untuk kecantikan dan kesehatan. Bunga saffron ini memiliki nama ilmiah Crocus sativus L dan tampak hebat. Dilansir dari agrowindo.com, bunga saffron ini terbukti sangat menguntungkan dalam budidayanya. Karena itulah peluang Bisnis Saffron di Indonesia bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Jika Anda sering mengecek perkembangan bisnis online Anda, ternyata saffron juga cukup sering dijual secara online dan peminatnya tinggi. Laporan Sinarharapan.co melaporkan bahwa saffron yang banyak dijual secara online diimpor dari Iran dan pemasarannya telah masuk ke UKM untuk kategori produk herbal.

Hingga saat ini penjualan saffron terus meroket, seiring dengan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya pola hidup sehat dan saffron yang menawarkan banyak manfaat. Oleh karena itu, peluang Bisnis Saffron di Indonesia cukup potensial, bahkan bisa kita kembangkan di negara kita sendiri, sehingga tidak perlu mengimpor saffron dari Iran.

Manfaat Saffron

Peluang bisnis saffron di Indonesia sendiri akan semakin maksimal mengingat banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh ramuan alami ini. Beberapa manfaat saffron antara lain:

  • Sebagai antioksidan
  • Pengobatan gejala depresi
  • Mencegah Kanker
  • Mengurangi gejala PMS
  • Menurunkan berat badan
  • Kurangi nafsu makan

Cara Budidaya Saffron

Cara menanam bunga saffron di Indonesia sangatlah mudah, bahkan bisa dimulai dengan modal yang kecil. Jika Anda memiliki area kecil di taman Anda, bunga ini juga bisa ditanam. Beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk mulai menanam rempah langka ini antara lain:

  • Pembelian bibit bunga saffron
  • Mencacah
  • Gerobak dorong
  • Tertawa dan parang
  • penyemprot tangan
  • Pompa air dan pipa air
  • Gunting dan sebagainya

Umumnya harga jual bunga saffron dimulai dari. panci mulai dari Rp. Dari 18.000 menjadi 34.000. Harganya juga tergantung dari harga bunga saffron itu sendiri di pasaran.

Jika Anda tidak ingin menanam bunga saffron sendiri, Anda dapat bekerja sama dengan perusahaan distribusi untuk bisnis saffron yang diimpor dari Iran dan Turki. Harga jual safron impor dari batch pertama sekitar 100.000-200.000.

Memasarkan produk saffron sendiri cukup sederhana. Jika masih berbentuk bunga saffron, Anda bisa memasarkannya langsung ke pasar atau ke pengepul. Anda juga bisa menjualnya sebagai tanaman hias agar lebih menguntungkan. Sedangkan untuk saffronnya sendiri, Anda bisa menjualnya berdasarkan kualitas dari saffron itu sendiri. Anda juga bisa melakukan pemasaran online.

Menjalankan bisnis safron dapat dilakukan dengan beberapa cara. Bunga saffron dapat dijadikan sebagai tanaman hias yang cantik, yang tentunya akan banyak diburu oleh para pecinta tanaman hias.

Begitu pula dengan kunyit yang diperoleh dari putik bunganya. Dengan manfaat yang ditawarkan, peluang Bisnis Saffron di Indonesia dapat terus meningkat dan cocok sebagai kegiatan untuk pemula. Semoga beruntung!