Pertandingan Pencak Siat di Tentukan Dengan Apa ? Simak Penjelasannya!

Taukah kamu dengan olah raga pencak silat? Pencak Siat di Tentukan Dengan Apa ? Tidak sesederhana itu, ada banyak faktor untuk menandai yang muncul dalam pertandingan ini. Pencak silat sendiri merupakan bagian dari budaya bangsa Indonesia yang telah berkembang selama berabad-abad.

Pencak Siat di Tentukan Dengan Apa
i1.wp.com

Saat ini pencak silat telah berkembang menjadi cabang olahraga. Dasar pelaksanaan pencak silat adalah logika, yaitu tidak mengabaikan etika dan estetika. Seni bela diri memiliki beberapa karakteristik; antara lain, kesiapan yang tenang untuk bertindak, menggunakan energi secara finansial, menggunakan serangan dan kekuatan lawan secara tepat sebagai peluang untuk mengatasinya, menggunakan kelenturan, keseimbangan tubuh dan kelincahan untuk bergerak dalam permainan penentuan posisi taktis.

Sebelum mengetahui faktor apa saja yang menentukan suatu angkatan pencak silat, terlebih dahulu kita perlu mengetahui bagaimana ketentuan atau aturan baku suatu angkatan pencak silat ditentukan. Berikut ulasan mengenai sistem pertandingan Pencak Siat di Tentukan Dengan Apa.

Perlombaan Pencak Siat di Tentukan Dengan Apa

1. Kategori Lomba Pencak Silat

Pada kategori sparring, dua pesilat silase saling bertanding dengan skill dan kemampuan terbaik yang telah dikuasai dalam latihan di masing-masing gaya silase yang diikuti, antara lain skill menyerang, skill bertahan, skill menjatuhkan dan skill memblokir. .

Fase pertandingan terdiri dari penyisihan, perempat final, semifinal dan final, tergantung pada jumlah peserta. Fase pertempuran ini berlaku untuk semua kelas.

2. Sistem waktu

Durasi pertandingan pada kategori sparring adalah 3 ronde. Di setiap babak, pertandingan berlangsung 2 menit dengan 1 menit istirahat.

3. Sistem aturan permainan

Melakukan serangan yang dimulai dengan persiapan. Serangan pertama ditentukan oleh instruksi wasit yang bertanggung jawab, kemudian dia melakukan serangan berturut-turut hanya 4 serangan gabungan, dan serangan dengan etika yang baik dan sesuai dengan aturan permainan. Selain itu, tiga peserta dengan nilai tertinggi dari masing-masing grup akan bertanding lagi di babak selanjutnya, kecuali babak selanjutnya adalah final.

Dari penjelasan di atas, jelas bahwa Pencak Siat di Tentukan Dengan Apa yaitu ditentukan oleh babak yang terdiri dari 3 babak yang berlangsung setiap 2 menit dan peserta dengan skor tertinggi akan bersaing di babak berikutnya hingga mencapai babak final, atau final. (Khofifah Nur Hidayah)