Mengenal Apa Itu Marketing Executive ? Tujuan, Kualifikasi, Jenjang Karier

Mengenal Apa Itu Marketing Executive, Marketing Executivemerupakan salah satu profesi yang banyak diminati kaum milenial saat ini. Apakah Anda akan menjadi salah satu dari mereka juga?

Jika iya, ada baiknya Anda membaca panduan kerja dan peran Marketing executive di perusahaan tersebut agar Anda mendapatkan foto sebelum melamar topik tersebut.

Apa Itu Marketing Executive
www.linovhr.com

Apa itu Marketing executive

Ada berbagai jenis panggilan untuk profesi eksekutif pemasaran ini. Mereka sering disebut sebagai koordinator pemasaran dan personel pemasaran. Tapi apa sebenarnya Marketing executive itu?

Mengenal Apa Itu Marketing Executive. Marketing executive adalah profesi yang selanjutnya akan terlibat dalam pengembangan kampanye pemasaran untuk mempromosikan produk, layanan, acara untuk kampanye tertentu.

Tujuan dari Marketing executive adalah untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan melalui strategi pemasaran yang tepat untuk mendapatkan konsumen.

Dari pengertian Apa Itu Marketing Executive di atas, Anda mungkin memiliki gambaran kecil tentang tugas seorang Marketing executive. Seorang Marketing executive terutama akan terlibat dalam mempromosikan barang dan jasa.

Oleh karena itu, seorang Marketing executive harus mampu berpikir kreatif untuk menghasilkan kampanye yang menarik dan menarik perhatian konsumen baru.

Dalam upaya menciptakan strategi kampanye yang menarik, masih banyak kegiatan pemasaran lain yang perlu dilakukan, terutama atas dasar:

  • Lakukan riset pasar untuk memeriksa audiens dan tren pemasaran Anda
  • Pertahankan situs dan jalankan proses analitik
  • Melakukan update database melalui sistem Customer Relationship Management (CRM).
  • Organisasi acara dan pameran produk
  • Menulis dan mengoreksi tulisan kreatif
  • Bekerja sama dengan tim desainer dalam proses membangun merek yang efektif
  • Beriklan di TV, Radio, Surat Kabar, Berita Online, dan sebagainya
  • Kelola kampanye media sosial, misalnya dengan strategi pemasaran yang tepat di TikTok, Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya
  • Pantau pemasaran pesaing dan hasilkan prospek untuk produk atau layanan
  • Berkolaborasi dengan pers, penerbit untuk menghasilkan selebaran, buletin, dan lainnya
  • Mengatur distribusi informasi keuangan perusahaan
  • Mencari sumber pendanaan dan sponsor
  • Tugas akhir Marketing executive adalah membuat laporan untuk kampanye pemasaran menggunakan analitik yang mudah dipahami

Kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi Marketing executive

Kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengisi posisi kepemimpinan di bidang pemasaran adalah:

  • Kebanyakan dari mereka berasal dari latar belakang pendidikan ekonomi, komunikasi, pemasaran, bisnis dan pendidikan terkait lainnya
  • Memiliki pemikiran yang kreatif dan inovatif
  • Keterampilan komunikasi yang baik karena mengharuskan mereka untuk bekerja dengan banyak orang
  • Mampu menggunakan sistem CRM
  • Dia tahu media sosial dan tahu alat analitik
  • Terorganisir dan memperhatikan detail
  • Dia memiliki kesadaran komersial dan keterampilan bisnis
  • Keterampilan bahasa asing yang akan membantu bekerja dengan klien di perusahaan multinasional
  • Fleksibilitas dalam bekerja karena Marketing executive terkadang tidak sendirian di kantor
  • Keterampilan copywriting dan desain untuk menghasilkan materi kampanye akan menjadi keuntungan
  • Memiliki keterampilan analitis untuk mengevaluasi hasil kampanye pemasaran

Kisaran gaji Marketing executive

Gaji rata-rata Marketing executive di Indonesia berkisar Rp. 5,5 juta menjadi Rp. 15 juta untuk level senior.

Namun, kisaran gaji Marketing executive yang mungkin Anda terima nanti mungkin berbeda dan dapat meningkat seiring dengan pengalaman dan kualifikasi yang Anda miliki.

Karir profesional eksekutif pemasaran

Jenjang karir profesi Marketing executive yang dapat Anda harapkan adalah menjadi Marketing executive senior berdasarkan pengalaman dan keterampilan yang relevan. 3 sampai 10 tahun kemudian, Anda hanya bisa berharap untuk dipromosikan menjadi Marketing executive.

Setelah mengetahui tentang tugas, gaji, kualifikasi, dan jenjang karir Marketing executive, apakah Anda masih tertarik untuk bekerja di profesi ini?

10 keterampilan pemasaran eksekutif untuk dikuasai

1. Komunikasi antarpribadi

Sebagai perantara antara perusahaan dengan masyarakat, manajer pemasaran harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Alasannya adalah Anda harus dapat berkomunikasi dengan berbagai jenis pelanggan dan klien melalui berbagai media yang tersedia.

Jadi bukan hanya komunikasi verbal tatap muka saja yang perlu dikuasai, tetapi juga komunikasi verbal melalui media lain, seperti telepon, tulisan, gambar.

2. Berbicara di depan umum

Berbeda dengan komunikasi interpersonal, berbicara di depan umum adalah keterampilan lain yang harus dimiliki oleh pemasar, seperti yang diungkapkan oleh Target Jobs.

Seseorang yang pandai dalam komunikasi interpersonal belum tentu memiliki kemampuan berbicara yang baik.

Hal ini karena kemampuan ini membutuhkan kepercayaan diri yang lebih besar daripada komunikasi interpersonal.

Dengan menjadi seorang manajer pemasaran yang menguasai public speaking, Anda dapat mempresentasikan produk atau jasa dengan lebih efektif.

3. Kemampuan menulis sama pentingnya

Selain keterampilan komunikasi dan percakapan yang baik, manajer pemasaran juga perlu memiliki keterampilan menulis yang baik.

Tanpa kemampuan ini, akan sulit untuk mempromosikan produk melalui tulisan yang merupakan salah satu media terbaik untuk tujuan pemasaran.

Jika Anda ingin dinilai memiliki kemampuan menulis yang baik, Anda harus menyesuaikan gaya penulisan yang berbeda dengan kebutuhan pasar sasaran perusahaan.

4. Berorientasi pada detail

Jenis keterampilan berikutnya yang harus dikuasai oleh seorang manajer pemasaran adalah kelengkapan atau orientasi detail.

Ya, mengapa pemilik direktur pemasaran harus menjadi orang yang bijaksana?

Karena sebagai perwakilan perusahaan, mereka akan berhubungan dengan banyak orang. Jadi akurasi jelas sangat dibutuhkan.

Kesalahan kecil yang Anda lakukan dapat dengan mudah dilihat oleh pelanggan dan dapat menjadi penilaian negatif bagi perusahaan.

5. Akurat dan memiliki kemampuan analisa

Keterampilan ini diperlukan ketika manajer pemasaran perlu menentukan target pasar yang tepat.

Selain itu, kemampuan ini juga berguna untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pasar sehingga Anda dapat mengembangkan produk atau layanan sesuai keinginan.

Tanpa keterampilan analitis yang baik dari pemasar, perusahaan akan kesulitan mengembangkan produk atau layanan yang mereka tawarkan.

6. Kreatif dan inovatif

Dengan meluncurkan halaman Langkah Bijaksana, kreativitas adalah keterampilan lain yang harus dimiliki manajer pemasaran.

Memang, kemampuan ini hampir diperlukan di semua jenis pekerjaan. Karena itu sering dianggap sebagai ‘bahan bakar’ dari semua keterampilan yang dibutuhkan di dunia profesional.

Dengan kreativitas pemasar sendiri, mereka dapat berkomunikasi, menulis, menganalisis, dan menyusun strategi dengan lebih efektif.

Suatu keterampilan yang disertai dengan kreativitas pasti akan menghasilkan sesuatu yang berbeda dari yang lain.

Dengan rasa kreativitas yang tinggi, akan lebih banyak peluang bagi Anda untuk menciptakan sebuah inovasi.

7. Meyakinkan dan dapat dinegosiasikan

Tentu saja, seorang manajer pemasaran harus memiliki keterampilan persuasi dan negosiasi.

Manajer pemasaran tidak hanya memperkenalkan produk atau layanan. Mereka juga harus mampu membujuk orang untuk membeli produk atau menggunakan jasa perusahaan.

Selain persuasi, keterampilan negosiasi juga penting agar transaksi memenuhi dan memenuhi standar konsumen dan produsen.

8. Mampu bekerja sama dalam tim

Manajer pemasaran tidak akan bekerja sendiri. Mereka perlu berkomunikasi dengan divisi lain dan bawahannya.

Jika Anda ingin menjadi seorang manajer pemasaran, maka Anda harus memiliki keterampilan kolaborasi atau kolaborasi yang baik.

Karena menjaga komunikasi dan mendelegasikan pekerjaan adalah dua hal yang mutlak harus Anda lakukan ketika menjadi manajer pemasaran.

9. Pakar teknologi

Di era digital ini, perusahaan akan memprioritaskan manajer pemasaran yang paham teknologi.

Hal ini terutama berlaku untuk sebuah startup, di mana pemahaman dan kemampuan untuk menggunakan berbagai alat akan sangat mendukung pekerjaan seorang manajer pemasaran.

10. Kemampuan untuk mengatasi stres

Bekerja di bidang pemasaran akan selalu dikejar dalam tenggat waktu atau tujuan.

Apalagi jika Anda sudah berada di posisi yang lebih tinggi. Tekanan untuk mengemudi dan menghasilkan hasil yang baik tentu akan sangat tinggi.

Sekarang setelah tekanan meningkat, eksekutif pemasaran tidak perlu panik. Mereka tidak bisa membiarkan tekanan berubah menjadi stres yang dapat merusak kinerja.

Oleh karena itu, menurut Prospects UK, Anda perlu menguasai kemampuan menangani stres dan tekanan kerja dengan baik jika ingin menjadi manajer pemasaran.

Jika Anda tertarik untuk berkarir di bidang ini, inilah sepuluh keterampilan yang perlu Anda miliki.

Jadi berapa banyak keterampilan yang Anda miliki pada sepuluh keterampilan ini? Apakah hanya satu? Atau sudahkah Anda mempelajari semuanya?

Terlepas dari keterampilan yang Anda miliki, Anda masih memiliki kesempatan untuk menjadi manajer pemasaran. Pasalnya, pekerjaan ini selalu diidam-idamkan oleh perusahaan.

Karena itu, jangan mudah menyerah. Asah terus skill profesional dan pengetahuan marketing kamu, ya!

itulah artikel mimin yang membahas Apa Itu Marketing Executive semoga bermanfaat yaa, salam teman