Pengertian Instrumen Keuangan adalah Simak Penjelasannya!

Calon trader atau investor pasti pernah menjumpai istilah financial instrument atau instrumen keuangan. Namun tidak semua orang mengetahui pentingnya instrumen keuangan. Instrumen Keuangan adalah setiap kontrak yang menimbulkan aset keuangan di satu entitas dan kewajiban keuangan atau instrumen ekuitas di entitas lain

Instrumen Keuangan adalah
www.belumlama.com

Pada artikel ini kami akan mendefinisikan arti dari istilah ini sebelum menjelaskan secara rinci beberapa jenis instrumen keuangan. Sama seperti pentingnya aplikasi keuangan, kita juga harus menguasai alat keuangan.

Pengertian Instrumen Keuangan adalah

Instrumen Keuangan adalah setiap kontrak yang menimbulkan aset keuangan di satu entitas dan kewajiban keuangan atau instrumen ekuitas di entitas lain

Dengan kata lain, instrumen keuangan biasanya melibatkan kewajiban kepada satu pihak (seperti kewajiban untuk melakukan pembayaran tertentu) dan manfaat bagi pihak lain (seperti hak untuk menerima pembayaran tertentu atau bukti kepemilikan suatu bisnis).

Instrumen keuangan biasanya dapat diperdagangkan antar pihak, membuatnya kurang berisiko untuk dipegang (karena Anda dapat menjualnya jika Anda membutuhkan uang nanti) dan menciptakan peluang untung dan rugi pada perdagangan tersebut.

Berbagai Jenis Instrumen Keuangan

Instrumen keuangan dapat diklasifikasikan dalam beberapa cara. Pada artikel ini kami akan mengklasifikasikannya menjadi dua jenis instrumen keuangan: instrumen tunai dan instrumen derivatif. Pada bagian berikut kita akan melihat klasifikasi yang berbeda dari instrumen keuangan dan memberikan beberapa contoh Instrumen Keuangan adalah.

Instrumen Kas

yang pertaman dari Instrumen Keuangan adalah Instrumen tunai, biasanya dibuat atau dikeluarkan oleh suatu entitas (terutama pemerintah dan perusahaan) untuk meningkatkan modal. Dalam konteks ini, lembaga sering disebut sebagai emiten.

Nilai harga instrumen secara tunai ditentukan oleh penerbit (atas saran dari profesional keuangan), atau dicapai melalui negosiasi antara penerbit dan investor, yang biasanya membeli instrumen keuangan dengan harapan membuat untung. .

Setelah diterbitkan dan dijual, pemegangnya (pedagang dan investor) dapat memperdagangkannya secara terbuka di pasar keuangan dengan harga yang ditentukan oleh penawaran dan permintaan.

Jenis kas utama dari instrumen keuangan dijelaskan di bawah ini.

  • Saham

Seperti namanya, saham adalah bagian dari kepemilikan sebuah bisnis. Jika sebuah perusahaan mengeluarkan 100 saham dan membeli 1, Anda memiliki 1/100 atau 1% dari perusahaan. Sejak saat itu hingga penjualan saham, Anda berhak atas 1% dari dividen perusahaan yang bersangkutan, 1% suara rapat umum, dll.

Poin terakhir ini adalah penyederhanaan karena perusahaan terkadang memiliki kelas saham yang berbeda di mana setiap kelas memiliki hak yang berbeda yang diberikan kepada mereka.

Dalam bahasa Inggris, saham suatu emiten umumnya disebut saham. Sedangkan stok adalah lembar stok. Tapi “saham” hanyalah kata lain untuk “berbagi”.

  • Obligasi

Obligasi adalah sertifikat yang diterbitkan oleh penerbit (atau peminjam) kepada investor dengan imbalan sejumlah uang tunai. Dalam hal obligasi, dokumen akan menunjukkan syarat dan ketentuan, termasuk ukuran dan frekuensi pembayaran kupon (atau bunga) dan tanggal jatuh tempo obligasi; itu disebut tanggal kedaluwarsa.

Kegagalan untuk membayar kupon tepat waktu, atau penebusan obligasi pada saat jatuh tempo, menempatkan penerbit pada risiko gagal bayar oleh pemegang obligasi.

Karena pemerintah tidak menerbitkan saham, obligasi merupakan instrumen keuangan yang diandalkan pemerintah untuk menghimpun dana dari investor. Pada saat tertentu, akan ada miliaran dolar obligasi pemerintah yang beredar.

  • Pinjaman

Pinjaman dibuat oleh bank dan pemberi pinjaman lainnya kepada organisasi seperti bisnis, pemerintah atau entitas publik. Dari sudut pandang peminjam, pinjaman sangat mirip dengan obligasi, tetapi karena ada lebih sedikit pihak yang terlibat (biasanya hanya satu bank, kadang-kadang segelintir), mereka jauh lebih mudah dan lebih cepat untuk dinegosiasikan dan didokumentasikan daripada obligasi, yang bisa mereka miliki ribuan. dari investor yang terlibat. .

  • Obligasi Konversi

Obligasi konversi adalah obligasi yang akan ditebus atau dikonversi menjadi saham di masa depan. Obligasi konversi kemudian menjadi obligasi untuk bagian pertama dari periode investasi, untuk ditebus atau dikonversi menjadi saham untuk periode berikutnya.

Persyaratan untuk obligasi konversi akan menentukan ukuran dan frekuensi pembayaran kupon (jika ada) dan syarat dan tanggal penebusan atau konversi.

Alih-alih tanggal tertentu, obligasi konversi sering diubah menjadi saham pada saat peristiwa “pemicu”, yang paling umum adalah penerbitan dan penjualan saham baru oleh perusahaan.

  • Konversi Utang

Hutang yang dapat dikonversi adalah pinjaman yang akan dilunasi atau diubah menjadi ekuitas di masa depan. Persyaratan konversi utang akan menentukan ukuran dan frekuensi pembayaran bunga (jika ada); dan syarat dan tanggal penukaran atau konversi.

Seperti obligasi konversi, alih-alih tanggal tertentu, pinjaman sering kali diubah menjadi saham saat peristiwa “pemicu” terjadi.

Instrumen Keuangan Derivatif / Instrumen Derivatif

selanjutnya dari Instrumen Keuangan adalah instrumen derivatif keuangan atau instrumen derivatif atau hanya “derivatif” mendapatkan nilainya dari sesuatu yang lain. Sesuatu yang lain disebut aset dasar.

Aset dasar yang paling umum adalah saham, obligasi, indeks (seperti S&P 500), suku bunga, komoditas (seperti kopi atau minyak), dan pasangan mata uang.

Berbagai jenis instrumen derivatif keuangan memiliki karakteristik yang berbeda, namun memiliki dua kesamaan yang membuatnya populer di kalangan pedagang dan investor.

Pertama, biaya kecil sering memungkinkan pemegang derivatif untuk mengambil posisi besar di pasar. Dengan kata lain, pedagang diberi kesempatan untuk meningkatkan perdagangannya, yang meningkatkan potensi untung atau rugi.

Kedua, derivatif memudahkan tidak hanya untuk meminta atau membeli aset dasar ketika Anda berpikir harganya akan naik; tetapi juga untuk menjual atau menjual aset yang mendasarinya ketika diperkirakan harganya akan turun.

Di bawah ini kami memeriksa jenis derivatif Instrumen Keuangan adalah.

  • Opsi

Memiliki opsi memberi Anda kesempatan, tetapi bukan kewajiban, untuk membeli atau menjual aset dasar pada harga tertentu, yang dikenal sebagai strike price atau strike price.

Opsi yang memberi Anda hak untuk membeli aset dasar terkadang disebut sebagai “panggilan” dan opsi yang memberi Anda hak untuk menjual sebagai “put”.

Ketika pemegang opsi memutuskan untuk membeli atau menjual yang mendasarinya, dia diharuskan untuk menggunakan opsi tersebut.

Setiap opsi memiliki tanggal kedaluwarsa. Jika pemegang tidak mengeksekusi opsi sebelum tanggal tersebut, opsi akan berakhir dan pemegang kehilangan komisi yang dibayarkan untuk membelinya. Ini sangat umum karena opsi hanya dilakukan ketika keuntungan kemungkinan akan dibuat untuk pemegang opsi.

Kontrak Berjangka (Futures)

Kontrak berjangka bekerja dengan cara yang sama seperti opsi. Perbedaannya adalah kontrak berjangka tidak memberi Anda pilihan tetapi kewajiban. Dengan kata lain, pemegang saham tidak memiliki pilihan dan kontrak berjangka harus dilaksanakan pada tanggal jatuh tempo; apakah transaksi tersebut akan menguntungkan pemilik masa depan atau tidak.

  • CFD

Contracts for Difference (CFD) adalah perjanjian, atau kontrak, yang dibuat antara dua pihak untuk menukarkan selisih harga suatu aset sejak kontrak mulai berakhir.

Seperti derivatif lainnya, CFD dapat digunakan untuk berspekulasi tentang naik dan turunnya harga. Namun, tidak seperti derivatif lain yang disebutkan di atas, CFD murni spekulatif, aset dasar tidak akan pernah berpindah tangan pada akhir kontrak.

  • Waran

Waran cenderung berfungsi dengan cara yang persis sama dengan opsi saham, dengan perbedaan terbesar adalah bahwa waran diterbitkan oleh perusahaan itu sendiri dan dijual oleh mereka untuk meningkatkan modal.

itulah pembahasan tentang Pengertian Instrumen Keuangan adalah semoga bermanfaat, salam teman