Differentiated Marketing Adalah : Pengertian, Panduan, dan Perbedaannya

Dalam artikel ini, kita membahas apa itu Differentiated Marketing Adalah : Pengertian, Panduan, dan Perbedaannya dari bentuk pemasaran lainnya, dan bagaimana Anda dapat membuat strategi diferensiasi untuk produk atau layanan Anda.

Differentiated Marketing Adalah
marketingtutor.net

Pengertian Differentiated Marketing Adalah

Differentiated Marketing Adalah ditujukan pada dua atau lebih pelanggan atau segmen pasar. Dalam Differentiated Marketing, perusahaan dan merek biasanya menggunakan pendekatan pemasaran terpisah untuk kelompok sasaran yang berbeda daripada strategi pemasaran tunggal yang ditujukan untuk satu pasar sasaran.

Misalnya, merek suplemen kesehatan dapat menerapkan strategi pemasaran terpisah untuk menjangkau manula, wanita hamil, atau anak-anak untuk menyediakan produk vitamin yang berbeda untuk setiap kelompok umur.

Dengan pemasaran yang berbeda, perusahaan biasanya menerapkan strategi yang berbeda untuk setiap pasar mereka, seperti penawaran produk, titik harga, atau metode distribusi produk.

Keuntungan dari Differentiated Marketing Adalah

Ada beberapa manfaat Differentiated Marketing Adalah :

Memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan

Perusahaan yang menggunakan Differentiated Marketing dapat memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan alih-alih menarik kebutuhan khusus. Misalnya, merek suplemen makanan dapat menarik pelanggan yang membutuhkan suplemen khusus seperti vitamin B-12, serta anak-anak yang mungkin hanya membutuhkan multivitamin umum. Kemampuan untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda ini membuat pemasaran yang berbeda menjadi efektif untuk bisnis.

Perluas jangkauan pelanggan

Bisnis dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dengan membedakan pendekatan mereka untuk menjual produk dan layanan mereka. Misalnya, kedai kopi dapat memperluas basis pelanggannya dari profesional yang sering bepergian ke siswa selama istirahat di antara kelas.

Ketika perusahaan membedakan pendekatan pemasaran mereka dan mendiversifikasi penawaran mereka, mereka dapat menjangkau lebih banyak pelanggan yang ideal.

Tingkatkan total pendapatan penjualan Anda

Bisnis dapat meningkatkan aliran pendapatan mereka melalui manfaat menawarkan produk dan layanan mereka ke pasar yang berbeda. Ketika omset perusahaan meningkat, profitabilitasnya meningkat.

Inilah sebabnya mengapa banyak merek memilih untuk mendiversifikasi metode periklanan mereka dan mengembangkan penawaran yang berbeda untuk pelanggan mereka.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi

Differentiated Marketing Adalah dapat membantu perusahaan beradaptasi dengan perubahan dalam industri mereka, permintaan produk, dan pasar umum yang mereka minati. Dengan lebih dari satu segmen, jenis produk, dan tingkat layanan, bisnis dapat mengamankan pendapatan di masa depan bahkan jika pasar tidak lagi menguntungkan.

Tingkatkan keunggulan kompetitif Anda

Ketika ceruk pasar berkembang, Differentiated Marketing memberi perusahaan keunggulan atas pesaing yang hanya memasarkan satu atau dua ceruk pasar tertentu. Hal ini dapat mengakibatkan perusahaan berkinerja lebih baik daripada pesaing mereka karena mereka mampu menyediakan berbagai macam produk atau layanan yang memenuhi kebutuhan yang berbeda.

Perbedaan Antara Pemasaran yang Terdiferensiasi, Tidak Terdiferensiasi, dan Terkonsentrasi

Perbedaan Differentiated Marketing Adalah :

Target pasar

Dalam Differentiated Marketing, perusahaan memiliki dua atau lebih pasar sasaran yang terdefinisi dengan baik. Dalam pemasaran terkonsentrasi, perusahaan biasanya hanya menarik pasar yang terdefinisi dengan baik. Dalam pemasaran yang tidak terdiferensiasi, merek biasanya mempromosikan produk atau layanan mereka kepada audiens yang besar tanpa parameter khusus yang menentukan pasar.

Harga produk

Harga produk dan layanan biasanya bervariasi sesuai dengan rencana pemasaran yang berbeda. Ini mungkin karena penawaran produk atau tingkat layanan yang berbeda untuk setiap pasar sasaran.

Dengan pemasaran yang terkonsentrasi, perusahaan biasanya menawarkan satu jenis produk atau jasa dengan harga yang sama. Merek yang menggunakan pendekatan pemasaran yang tidak terdiferensiasi umumnya akan memiliki label harga tunggal untuk sejumlah produk atau serangkaian layanan terbatas.

Penawaran produk

Selain kontras antara harga produk, produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan pada umumnya berbeda antara jenis pemasaran. Misalnya, perusahaan yang menggunakan Differentiated Marketing akan memiliki jangkauan produk atau layanan yang lebih luas untuk ditawarkan untuk setiap segmen yang dijangkaunya, dan produk atau layanan ini unik untuk setiap kelompok pasar.

Dalam pemasaran terkonsentrasi, perusahaan biasanya memiliki satu penawaran produk atau layanan yang menargetkan kelompok pasar tertentu. Perusahaan yang menggunakan pemasaran yang tidak terdiferensiasi dapat melakukannya dengan rentang produk yang terbatas atau rentang layanan yang terbatas yang dapat menarik banyak jenis pelanggan yang berbeda dari kelompok pasar yang ditentukan.

Distribusi

Diferensiasi pemasaran tergantung pada kegiatan promosi yang berbeda, tergantung pada kebutuhan masing-masing kelompok pasar. Ini mirip dengan pemasaran terkonsentrasi, tetapi pemasaran terkonsentrasi menggunakan aktivitas promosi utama yang digunakan oleh pasar sasaran perusahaan.

Dalam pemasaran yang tidak terdiferensiasi, merek biasanya mempromosikan produknya melalui berbagai media yang mungkin tidak spesifik untuk segmen pasar.

Cara Membuat Strategi Differentiated Marketing

Langkah-langkah berikut memberikan panduan dalam membuat strategi pemasaran yang berbeda untuk menarik kelompok pelanggan Anda:

1. Persempit target pasar Anda

Untuk membedakan pemasaran Anda, Anda harus mulai dengan menentukan setiap target pasar yang ingin Anda jangkau. Identifikasi karakteristik utama seperti usia, lokasi, kelompok pendapatan, dan demografi tambahan yang menentukan siapa kelompok pasar Anda.

Misalnya, Anda dapat membagi basis pelanggan menjadi tiga segmen berbeda berdasarkan usia. Satu kelompok pemasaran mungkin adalah mahasiswa usia kuliah, yang lain mungkin ibu-ibu berusia tiga puluhan, dan kelompok terakhir mungkin adalah orang-orang berusia enam puluhan yang bersiap untuk pensiun.

Semakin Anda dapat mendefinisikan setiap pasar, semakin baik Anda dapat mengembangkan penawaran yang memenuhi kebutuhan spesifik setiap kelompok.

2. Analisis kebutuhan masing-masing pasar

Setelah menentukan setiap kelompok pasar, Anda perlu menentukan kebutuhan yang dapat dipenuhi oleh produk atau layanan Anda untuk setiap pasar. Misalnya, Anda dapat membuat survei pelanggan di mana Anda meminta target pasar Anda untuk produk yang mereka sukai atau layanan yang membantu mereka mencapai sesuatu.

Anda juga dapat menggunakan analitik untuk melacak data tentang kebiasaan belanja pelanggan Anda, yang dapat memberikan wawasan yang jelas tentang jenis produk dan layanan yang dibeli audiens Anda secara teratur.

3. Sediakan kebutuhan untuk setiap kelompok

Setelah Anda menentukan kebutuhan setiap segmen pemasaran, Anda dapat mengembangkan produk atau layanan Anda untuk memenuhi kebutuhan pasar tersebut.

Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa salah satu penerima Anda sering membeli pembersih organik. Setelah Anda mengetahui hal ini, Anda dapat mengembangkan lebih banyak persembahan alami atau organik untuk grup ini.

4. Identifikasi kegiatan promosi

Setelah Anda menentukan audiens dan mengidentifikasi kebutuhan mereka, putuskan aktivitas promosi mana yang ingin Anda gunakan untuk menjangkau grup pasar Anda. Misalnya, jika salah satu audiens Anda menghabiskan sebagian besar waktunya di platform media sosial, Anda dapat mengembangkan materi promosi dan promosi untuk didistribusikan di platform tersebut.

Plus, ketika Anda mengidentifikasi outlet promosi yang dikunjungi pasar Anda, Anda bisa mendapatkan ide yang lebih baik tentang bagaimana merancang materi pemasaran Anda untuk distribusi.

5. Bagikan materi pemasaran

Kembangkan dan distribusikan iklan Anda di platform yang digunakan oleh audiens target Anda. Misalnya, Anda dapat membuat iklan media sosial, strategi pemasaran konten untuk posting blog atau video, dan podcast untuk mendidik pelanggan Anda tentang produk atau layanan Anda.

Contoh Differentiated Marketing Adalah

Contoh berikut mengilustrasikan bagaimana perusahaan dapat menggunakan Differentiated Marketing untuk menarik lebih dari satu basis pelanggan:

Katakanlah pemilik restoran menggunakan pemasaran yang berbeda untuk mempromosikan penawaran mereka. Pemilik dapat menentukan dua atau lebih target pasar yang diminati untuk layanan mereka. Dalam hal ini, mereka mendefinisikan target pasar mereka sebagai berikut:

  • Keluarga dan anak-anak
  • mahasiswa
  • tua
  • sarjana

Setelah menentukan siapa target pasar mereka, pemilik restoran dapat mengembangkan berbagai penawaran yang memenuhi setiap ceruk:

  • Keluarga dan anak-anak. Restoran ini menawarkan makanan anak-anak, kombinasi spesial, dan kupon unik yang ditujukan untuk pasar khusus ini.
  • Mahasiswa. Restoran ini menawarkan penawaran akhir pekan seharga $ 5, yang dapat menarik bagi siswa yang hidup dengan anggaran terbatas.
  • Tua. Restoran ini menawarkan penawaran spesial dari kl. 17.00. sampai untuk pengunjung di atas 65 tahun.
  • Sarjana. Satu akhir pekan dalam sebulan, restoran menyelenggarakan “satu malam” di mana pelanggan dapat datang dan makan sendiri atau bersama teman-teman untuk berbaur dengan orang lain dalam adegan kencan.

Karena kelompok pemasaran sangat ditentukan, restoran dapat memenuhi kebutuhan segmen yang berbeda dengan layanan mereka. Seiring pertumbuhan bisnis, pemilik restoran dapat mengidentifikasi pasar tambahan untuk dijangkau.

Selain itu, untuk tetap mendapat informasi tentang apa yang diinginkan pelanggan mereka, restoran menggunakan survei yang memberikan wawasan berharga tentang apa yang paling dipedulikan pelanggan mereka.

Kesimpulan

Ini adalah diskusi pemasaran yang berbeda yang mungkin dapat Anda terapkan dalam bisnis Anda untuk proses pemasaran yang lebih baik dan lebih menguntungkan. Jika proses pemasaran berhasil, maka langkah selanjutnya adalah mencatat dengan benar dan benar semua transaksi yang ada dalam sistem akuntansi.

Mengalami masalah dengan penerbitan manual? Anda dapat menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk proses akuntansi yang lebih nyaman. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang telah digunakan oleh lebih dari 350.000 pengguna dari berbagai jenis dan skala perusahaan di Indonesia.

itulah artikel tentang Differentiated Marketing Adalah semoga bermanfaat,