Jelaskan Tujuan Utama Dari Akuntansi Finansial adalah

Kuis Tujuan Utama Dari Akuntansi Finansial adalah

Soal : Jelaskan Tujuan Utama Dari Akuntansi Finansial adalah

Jawaban

Tujuan Utama Dari Akuntansi Finansial adalah untuk menyiapkan dan menyajikan akun. Laporan keuangan ditujukan untuk pihak internal dan eksternal yang berkepentingan dengan perusahaan.

Tujuan Utama Dari Akuntansi Finansial adalah
1.bp.blogspot.com

Pembahasan

Akuntansi keuangan adalah proses dimana pendapatan organisasi, piutang, dan pengeluaran dikumpulkan, diukur, dicatat, dan akhirnya dilaporkan dalam laporan keuangan.

Proses ini dirancang untuk secara akurat mencerminkan aktivitas bisnis; membantu perusahaan dalam memenuhi persyaratan hukum, pajak dan peraturan; penyajian laporan keuangan kepada pengusaha; memungkinkan untuk analisis keuangan yang mendalam; dan memfasilitasi alokasi sumber daya yang efisien.

Tujuan Utama Dari Akuntansi Finansial adalah untuk memungkinkan pihak ketiga mengevaluasi nilai bisnis.

Dalam semua pelaporan keuangan, perusahaan memiliki dua cara dasar untuk menyusun kebijakan akuntansi perusahaan mereka. Perusahaan publik harus menggunakan metode akrual standar berdasarkan prinsip akuntansi yang berlaku umum (GAAP). Metode akrual melacak pendapatan saat diperoleh, bukan saat diterima, dan biaya dilaporkan saat terjadi daripada saat dibayarkan. Banyak perusahaan swasta juga menggunakan GAAP, tetapi tidak diharuskan untuk melakukannya. Perusahaan swasta juga memiliki pilihan untuk menggunakan metode akuntansi tunai.

Tujuan dari akun tahunan

Dalam istilah praktis, tujuan utama akuntansi keuangan adalah untuk secara akurat menyiapkan laporan keuangan organisasi untuk periode tertentu, juga dikenal sebagai pembukuan. Tiga akun utama adalah laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas.

Rekening perusahaan melayani beberapa tujuan. Mereka memberikan informasi penting kepada pemegang saham dan penyedia pinjaman, yang dapat membantu meningkatkan minat investasi. Laporan keuangan digunakan secara internal oleh manajemen untuk mengelola operasi perusahaan saat ini dan operasi masa depan. Laporan keuangan juga memberikan informasi bagi semua jenis investor untuk mempersiapkan analisis menggunakan tren industri, angka kunci, dan perbandingan.

Institut Akuntan Publik Bersertifikat Amerika (AICPA)

American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) adalah organisasi terkemuka di industri akuntansi keuangan. Mereka memiliki lebih dari 431.000 anggota di seluruh dunia. AICPA adalah salah satu sumber utama penelitian dan laporan tentang topik yang menarik bagi profesi akuntansi. AICPA juga bertanggung jawab untuk pengembangan dan evaluasi Uniform CPA Exam.

Pada tahun 1973 AICPA menerbitkan sebuah penelitian berjudul “Anggaran Tujuan” yang dilakukan oleh Komite Trueblood. Penelitian ini penting bagi industri akuntansi agar dapat diadopsi oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan (FASB). Basis survei AICPA tahun 1973 melaporkan bahwa akun tersebut sangat berguna dalam membantu banyak pihak membuat keputusan keuangan. Studi ini juga diterbitkan pada tahun yang sama FASB didirikan, yang menggantikan pekerjaan AICPA dalam mengembangkan standar akuntansi untuk industri akuntansi. Saat ini, standar dan tujuan akuntansi keuangan dapat ditemukan melalui situs web FASB.

Standar pelaporan keuangan

Di Amerika Serikat, standar pelaporan keuangan ditetapkan oleh FASB dan diwajibkan oleh GAAP untuk perusahaan publik. FASB diberi mandat oleh Securities and Exchange Commission (SEC) untuk memantau metode dan penggunaan akuntansi keuangan yang disetujui. 1 Mematuhi standar pelaporan ini memudahkan orang untuk memahami akun dari perusahaan yang berbeda karena disajikan dengan cara yang sama dan karenanya lebih mudah untuk diikuti.

Akuntansi keuangan umumnya dicoba oleh orang- orang yang sudah menekuni tata cara, konsep, sejarah, serta hukum yang terpaut dengan praktiknya. Di Amerika Serikat, orang-orang ini disebut sebagai Akuntan Publik Bersertifikat (CPA). SEC mengharuskan perusahaan yang terdaftar untuk melaporkan laporan keuangan mereka setiap tahun dan pelaporan tersebut dilakukan oleh pihak ketiga yang tidak memihak, dan di sinilah CPA berperan. Ini memastikan bahwa laporan keuangan dibuat dengan benar berdasarkan semua kebijakan yang diperlukan.

Jadi pertanyaan di atas tentang Tujuan Utama Dari Akuntansi Finansial adalah Tujuan Utama Dari Akuntansi Finansial adalah untuk menyiapkan dan menyajikan akun. Laporan keuangan ditujukan untuk pihak internal dan eksternal yang berkepentingan dengan perusahaan