15 Daftar Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet Yuk Simak Apa Saja!

Kebanyakan orang Indonesia merasa belum makan besar jika belum makan nasi putih. Namun, beberapa orang mencoba lebih sering makan pengganti nasi putih. Apa alasannya? dan apa saja Daftar Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet ? yukk simak penjelasannya

Mengubah nasi putih dengan makanan pengganti lain

Nasi putih sebenarnya adalah makanan yang kaya akan nutrisi. Selain menjadi sumber energi harian karena tinggi karbohidrat, nasi putih juga mengandung banyak nutrisi penting seperti serat, protein, magnesium dan seng.

Sayangnya, nasi putih merupakan salah satu makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi. Indeks glikemik yang tinggi membuat nasi putih mudah dan cepat terurai menjadi gula yang akan diserap oleh tubuh.

Daftar Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet
cms.sehatq.com
Daftar Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet
i.ytimg.com

Jika Anda makan terlalu banyak nasi putih, gula darah Anda bisa naik. Hal ini tentu berbahaya, apalagi jika Anda memiliki kondisi tertentu seperti diabetes.

Selain itu, konsumsi berlebihan setiap hari dapat berkontribusi pada penambahan berat badan.

Meski sedang diet, kami tetap menyarankan agar Anda mengonsumsi karbohidrat. Karena karbohidrat dapat menjadi sumber energi bagi tubuh.

Jika tidak ingin makan nasi, Anda bisa mengonsumsi karbohidrat sebagai gantinya. Ada banyak makanan berkarbohidrat yang bisa menjadi alternatif pengganti nasi.

15 Daftar Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet

1. Shirataki

Daftar Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet yang pertama adalah Shirataki, mie berbahan dasar glukomanan, sejenis serat yang berasal dari akar tanaman konjak atau konnyaku.

Pasta yang biasa dikonsumsi orang Jepang ini mengandung 3 kkal kalori per porsi. porsi, sekitar 85 gram.

Cara memasak shirataki cukup sederhana. Rebus saja dalam air selama dua menit, lalu panaskan dengan wajan anti lengket.

2. Jagung

Peran nasi sebagai sumber karbohidrat juga bisa digantikan oleh jagung. Dalam 100 gram biji jagung terkandung 86 kalori dan berbagai jenis vitamin B, seperti dilansir Very Well Fit.

Pengganti nasi ini juga tinggi serat, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Jagung bisa dimakan dalam bentuk nasi atau tepung. Anda dapat membeli nasi dan tepung jagung di toko-toko terdekat.

3. Kentang

Selain jagung, Daftar Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet selanjutnya adalah kentang. kentang juga bisa diganti dengan nasi. Umbi ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan.

Untuk mengkonsumsinya, cukup dengan merebus atau mengukus kentang dan sajikan dengan aksesoris lainnya. Bisa juga digunakan sebagai mashed potato atau mashed potato jika ingin lebih pedas.

4. Oatmeal atau oatmeal

Serat dalam oatmeal bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Secara tidak langsung akan mempengaruhi berat badan.

Merujuk laman Healthline, 100 gram oatmeal mengandung kalori 68 kkal. Selain itu, ada nutrisi lain, seperti vitamin A, kalsium, potasium, bahkan vitamin B6.

Konsumsi oatmeal secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

5. Nasi merah

Beras merah merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik yang rendah. Selain itu, beras merah juga kaya akan vitamin B6, seng dan zat besi.

Anda bisa makan nasi merah seperti nasi putih biasa. Namun saat dimasak, beras merah harus diberi sedikit air agar tidak alot.

6. Ubi jalar

Nasi juga diganti dengan ubi jalar. Dalam 100 gram ubi jalar terdapat 86 kkal. Selain itu, ada juga kandungan proteinnya sebesar 1,6 gram.

Anda bisa mengonsumsi pengganti nasi ini dengan banyak cara. Anda bisa memasaknya, mengukusnya atau menggorengnya.

Anda juga bisa menambahkan bahan lain ke dalam ubi jalar. Namun, berhati-hatilah dalam menambahkan bahan-bahan ini agar kalori ubi jalar tidak naik.

7. biji gandum

Pengganti nasi yang populer ini juga bebas gluten dan tinggi protein. Dalam 92 gram quinoa mengandung empat gram protein.

Jumlahnya dua kali lipat dari nasi putih biasa. Selain itu, quinoa juga mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

Untuk memasaknya, campur quinoa kering dengan air dan didihkan. Tutup dan kecilkan api, biarkan mendidih sampai semua air terserap.

Tiriskan quinoa yang sudah dimasak dan biarkan selama lima menit. Haluskan kemudian disajikan dengan lauk pauk.

8. Bulgaria

selanjutnya Daftar Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet yaitu Bulgur, jenis biji-bijian yang dapat digunakan sebagai pengganti nasi diet.

Tekstur dan rasa kacang bulgur mirip dengan nasi. Cara memasaknya sama dengan bihun atau shirataki.

Satu cangkir bulgur atau sekitar 100 gram hanya mengandung sekitar 76 kkal kalori. Jumlahnya sedikit lebih sedikit dari nasi.

9. kembang kol

Kembang kol rebus bisa digunakan sebagai Daftar Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet . Sayuran ini mengandung karbohidrat dan kalori lebih sedikit dibandingkan nasi putih.

Anda bisa menyiapkan nasi kembang kol dengan cara memotong bagian bunganya lalu memarutnya. Kembang kol parut kemudian dikukus atau direbus selama lima menit.

Secangkir nasi kembang kol atau sekitar 57 gram hanya mengandung 13 kkal kalori.

10. Kubis atau kubis

Selain kembang kol, kubis Daftar Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet. Sayuran ini rendah kalori dan karbohidrat.

Rasanya juga cenderung ringan dan bisa disajikan dengan berbagai macam sayuran atau aksesoris lainnya. Dalam satu cangkir kubis mengandung sekitar 70 gram kalori hingga 17 kkal.

Tak hanya itu, kangkung juga mengandung vitamin K yang dapat memenuhi 68 persen kebutuhan harian tubuh.

11. Cuscous (kuskus)

Kukus adalah alternatif sereal lain yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Uap rendah karbohidrat, tetapi tinggi protein dan serat.

Kalori dalam couscous sedikit lebih rendah daripada nasi putih dan quinoa. Namun, cucus tidak bebas gluten.

12. Singkong

Meski kalorinya tidak jauh berbeda dengan nasi putih, singkong juga bisa menjadi pengganti sumber karbohidrat.

Di Indonesia, singkong diolah menjadi berbagai masakan. Atau snack, tepung atau nasi.

Nasi singkong dikenal dengan nama tiwul. Sebuah artikel Kompas.com yang terbit pada 12/08/2020 menyebutkan bahwa tiwul merupakan makanan pokok untuk daerah gersang seperti Wonogiri dan Gunung Kidul.

Bahkan di daerah-daerah tersebut, thiwul masih menjadi makanan alternatif pengganti nasi di saat ekonomi sedang sulit.

13. Buncis (buncis)

Buncis juga dikenal sebagai buncis atau buncis. Bahan-bahan ini bisa digunakan untuk membuat masakan Timur Tengah.

Menurut Healthline, 28 gram kacang harbanzo mengandung 46 kkal kalori. Kacang ini juga bisa dijadikan sebagai sumber protein sehingga bisa menambah energi dalam tubuh.

Untuk menyiapkannya, buncis dapat dibuat menjadi campuran sup atau hummus.

14. Brokoli

Seperti kembang kol, brokoli juga bisa direbus atau dikukus adalah salah satu Daftar Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet, Dalam 57 gram brokoli yang dimasak, kalorinya hanya 15 kkal. Sedangkan kandungan seratnya mencapai dua gram.

Selain itu, brokoli juga kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C dalam 57 gram brokoli dapat memenuhi kebutuhan vitamin harian hingga 25%.

15. Gandum utuh

Orzo atau risoni adalah sejenis pasta yang menyerupai nasi dalam bentuk, ukuran dan tekstur. Beras utuh mengandung lebih banyak serat dan protein daripada beras biasa.

Oleh karena itu, nasi dapat menjadi sumber serat dan karbohidrat yang baik saat diet. Anda bisa memasak nasi seperti biasa dengan pasta. Namun pastikan dimasak pada suhu dan waktu yang tepat agar teksturnya tidak lembek.

Itulah 15 Daftar Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet yang bisa kalian lakukan sendiri dirumah, semoga bermanfaat