15 Aplikasi Software Virtual Machine di Laptop dan PC Terbaik 2022

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Aplikasi Software Virtual Machine. Ya, Virtual Machine digunakan untuk Anda yang ingin menjalankan satu sistem operasi di dalam sistem operasi lain, atau bisa disebut dengan menjalankan mesin virtual di komputer utama Anda.

Aplikasi Software Virtual Machine
centerklik.com

Misalnya, jika Anda memiliki PC/Laptop yang menjalankan Windows 10 dan ingin menjalankan OS Linux juga, Anda dapat menggunakan Aplikasi Software Virtual Machine ini tanpa harus dual boot.

15 Aplikasi Software Virtual Machine

Saat ini Aplikasi Software Virtual Machine di PC/laptop sudah beragam. Banyak developer yang telah merilis Aplikasi Software Virtual Machine ini. Nah, pada artikel kali ini kami akan merekomendasikan 10 aplikasi virtual machine yang bisa kamu gunakan di pc/laptop kamu, baik yang gratis maupun yang berbayar. Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

1. VirtualBox

VirtualBox adalah sebuah Aplikasi Software Virtual Machine pada PC/laptop yang sering digunakan oleh sebagian besar orang. Aplikasi VirtualBox yang diterbitkan oleh Oracle sangat dihargai oleh warga di seluruh dunia. Aplikasi ini mendukung berbagai platform sistem operasi termasuk Windows, MacOS dan Linux.

Aplikasi VirtualBox merupakan aplikasi yang dapat anda download secara gratis dan bersifat open source. Anda juga dapat mengubah ukuran layar OS tamu secara dinamis di aplikasi VirtualBox ini.

Aplikasi VirtualBox ini hadir dengan paket ekspansi yang dapat Anda instal untuk menambahkan fitur sehingga Anda dapat menambahkan fitur tambahan seperti koneksi remote desktop, dukungan untuk perangkat USB, dan dapat mem-boot PXE (jaringan) pada kartu Intel NIC (LAN).

2. Windows Virtual PC

Windows Virtual PC adalah aplikasi virtualisasi yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini pertama kali dirilis pada bulan September 2009. Aplikasi Windows Virtual PC ini memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa sistem operasi Windows secara bersamaan untuk memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan Anda.

Aplikasi Windows Virtual PC ini, sesuai dengan namanya, hanya bisa berjalan di platform OS Windows, tidak mendukung OS lain. Namun, dimungkinkan untuk menjalankan banyak sistem operasi dalam aplikasi ini. Anda juga dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis.

3. QEMU

QEMU atau Quick Emulator adalah Aplikasi Software Virtual Machine untuk PC/laptop yang mendukung berbagai sistem operasi. Aplikasi ini juga disebut sebagai emulator non-bayar dan jelas open source yang mampu memvirtualisasikan perangkat keras.

QEMU merilis versi terbaru yaitu 3.0.0 pada tanggal 14 Agustus 2018. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa C. Aplikasi QEMU ini dapat anda download secara gratis dan aplikasi ini dapat digunakan di berbagai sistem operasi diantaranya Windows, MacOS dan Linux.

4. V2 Cloud

V2 Cloud adalah aplikasi virtualisasi desktop yang terintegrasi penuh. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengatur dan mengelola desktop cloud Windows Anda dalam beberapa saat. Aplikasi ini hanya dapat digunakan pada sistem operasi Windows.

Sayangnya, aplikasi ini tidak gratis atau berbayar. Untuk menggunakan aplikasi ini Anda dapat membelinya dengan harga sekitar $60 per. bulan. Aplikasi ini memiliki dukungan teknis yang fanatik. Dan aplikasi ini memiliki ruang disk 50GB dan masih bisa diperbesar.

5. VMWare Workstation

VMware Workstation Player adalah varian dari aplikasi virtualisasi VMware. Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi ini secara gratis. Aplikasi VMware Workstation ini memiliki kompatibilitas yang luas dengan berbagai sistem operasi, bahkan sistem operasi terbaru. Hal inilah yang membuat aplikasi ini menjadi pilihan paling populer untuk membuat mesin virtual.

Aplikasi ini dapat berjalan di berbagai sistem operasi yaitu Windows, Linux dan MacOS. Aplikasi ini memiliki fitur konektivitas vSphere. VMware vSphere adalah platform berbasis cloud untuk virtualisasi. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyimpan berbagai pengaturan privasi dan konfigurasi jaringan ke PC virtual lain dan untuk lebih mudah mentransfer data ke dan dari mesin virtual ke PC.

6. Windows Hyper-V

Hyper-V adalah Aplikasi Software Virtual Machine yang sudah ada sejak tahun 2008. Aplikasi ini muncul untuk menggantikan Microsoft Virtual PC sebagai pilihan awal untuk virtualisasi di Windows 8 dan lainnya. Aplikasi ini hanya kompatibel dengan sistem operasi Windows, Windows Server, dan versi Professional, Education, dan Enterprise.

Aplikasi Hyper-V ini dapat memvirtualisasikan hardware seperti harddisk, external media drive, switch dan lain sebagainya. Antarmuka untuk aplikasi ini sangat bersih dan sederhana, sehingga mudah digunakan.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak dapat memvirtualisasikan perangkat keras seperti audio dan GPU. Namun kelebihan dari aplikasi ini adalah sangat ringan sehingga dapat dengan cepat dijalankan di PC/laptop Anda.

7. VMWare Server

VMWare Server adalah Aplikasi Software Virtual Machine yang dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis. Aplikasi VMWare Server ini mendukung berbagai sistem operasi guest dan host. Aplikasi ini juga mendukung perangkat dan jembatan USB, hanya NAT dan antarmuka jaringan yang dihosting.

Aplikasi VMWare Server memiliki seperangkat alat administratif yang dapat Anda instal dari menu File. Alat ini sangat berguna untuk memfasilitasi komunikasi antara OS host dan OS tamu tanpa harus mengunci mouse, memungkinkan hal-hal lain seperti cut, copy, paste dan drag and drop antara host dan OS tamu.

8. VMWare Fusion

VMware Fusion adalah aplikasi mesin virtual yang menawarkan lebih banyak dukungan dalam hal alokasi CPU dan RAM untuk OS tamu. Mengapa? Karena aplikasi VMware Fusion ini tidak memakan banyak CPU atau RAM di komputer host Anda.

Aplikasi ini juga memiliki kemampuan resolusi tinggi yaitu 4K/5K Retina Display Support. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis. Jika Anda membutuhkan mesin virtual berkinerja tinggi, VMware Fusion adalah solusi terbaik untuk Anda. Aplikasi ini juga terhubung ke Server VSphere / ESXi, yang biasa dikenal dengan fasilitas 3D Graphics Rendering, cocok untuk pengembang iOS.

9. Parallels Desktop

Parallels Desktop adalah Aplikasi Software Virtual Machine yang dirilis pada tahun 1999. Berkantor pusat di Renton, Washington. Mereka juga memiliki kantor di Asia, Eropa, Amerika Utara dan Australia. Parallels Desktop memiliki 4 tools utama untuk bisnis dan 3 produk untuk penggunaan pribadi.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk sistem operasi MacOS dan Windows. Software ini untuk pengguna Mac, untuk menggunakan sistem operasi Windows di Mac.Aplikasi ini tidak memerlukan restart.

Namun sayangnya aplikasi ini tidak dapat diunduh secara gratis, yaitu Anda harus membayarnya. Tapi kamu masih bisa menggunakannya untuk 14 percobaan gratis, jika melebihi batas, belilah dengan harga sekitar $50 per tahun.

10. Redhat Virtualization

Redhat Virtualization adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Red Hat Software. Aplikasi ini dibuat dan ditulis dalam bahasa Java. Versi pertama dari aplikasi ini dirilis pada Juni 2010.

Red Hat adalah perusahaan perangkat lunak atau software yang mengembangkan perangkat lunak open source atau sumber terbuka. Markas Red Hat terletak di Raleigh, Carolina Utara.

Aplikasi ini cukup ringan untuk dijalankan dengan cepat. Karena aplikasi ini menjanjikan para penggunanya peningkatan kinerja yang mereka miliki. Aplikasi ini bersifat open source dan sangat mudah digunakan. Kemudian Anda dapat mengintegrasikannya ke dalam sistem sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis.

Demikian artikel kali ini membahas 10 Aplikasi Software Virtual Machine di PC/laptop. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Silakan gunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Saya harap artikel ini akan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih