15 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Terbaik 2022

Pajak merupakan kewajiban bagi semua orang di negara ini. Membayar pajak tepat waktu merupakan hal yang wajib dilakukan agar tidak terkena denda dan menambah beban pajak. Anda juga bisa cek apakah anda sudah membayar atau belum melalui Aplikasi Cek Pajak Kendaraan berikut ini

Saat ingin membayar pajak, Anda juga perlu memahami jenis pajak apa yang harus Anda bayarkan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan pajak memiliki jenis dan pungutan yang berbeda-beda. Salah satu jenis pajak yang sering kita bayar adalah PPN.

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan
pemerintahkota.com

PPN ini merupakan pajak yang biasanya dikenakan ketika kita membeli makanan atau suatu barang di toko. Ada juga pajak lain, yaitu pajak bumi dan bangunan, untuk orang yang memiliki rumah pribadi. Kebanyakan orang Indonesia harus memiliki kendaraan, dan kendaraan memiliki pajak sendiri yang harus dibayar.

Namun kini tidak lagi sulit untuk membayar pajak kendaraan karena sudah ada aplikasi yang memudahkan bisnis ini. Dengan membaca artikel Qoala ini, Anda dapat menemukan aplikasi pengendalian pajak kendaraan yang akan memudahkan Anda untuk mengetahui berapa pajak kendaraan yang harus Anda bayar dan kapan harus membayarnya.

Jenis-jenis Pajak Kendaraan Bermotor

Meskipun pajak memiliki beberapa jenis, pajak kendaraan sendiri juga terbagi menjadi banyak jenis lainnya. Pajak jalan ini dibagi menurut waktu pembayarannya. Ada dua jenis pajak kendaraan, yaitu pajak tahunan dan pajak lima tahun. Anda dapat mengecek pajak yang harus Anda bayarkan melalui aplikasi cek pajak kendaraan yang tersedia.

1. Pajak tahunan

Pajak kendaraan tahunan adalah biaya sertifikasi STNK tahunan. Anda dapat menangani pajak jalan ini melalui kantor Samsat secara langsung atau online. Untuk mengelola pajak kendaraan tahunan ini, Anda perlu memiliki beberapa dokumen yang perlu Anda persiapkan sebelum membayar pajak ini.

Dokumen yang Anda perlukan adalah fotokopi KTP, STNK asli dan juga dokumen yang berisi informasi pribadi seperti nama KTP dan STNK terkait. Anda tidak akan dapat memproses biaya tahunan ini jika Anda mendokumentasikan bahwa informasi tersebut tidak sesuai dengan namanya.

2. Pajak lima tahun

Selain membayar pajak mobil tahunan, Anda juga harus membayar pajak mobil lima tahun. Anda tidak hanya membayar pajak, tetapi Anda juga mengganti plat nomor kendaraan Anda ketika Anda membayar pajak lima tahun ini.

Kendaraan Anda juga akan diperiksa oleh petugas kantor untuk memastikan kesesuaian informasi kendaraan yang tertera di STNK. Tentu saja, untuk membayar biaya ini, Anda juga harus menyiapkan lebih banyak dokumen.

Dokumen yang perlu Anda siapkan adalah fotokopi KTP, STNK dan BPKB, serta Anda juga perlu mengisi formulir pemeriksaan fisik kendaraan yang bisa Anda beli langsung di kantor Samsat. Jika Anda telah membayar biaya 5 tahun ini, Anda akan menerima bukti pembayaran dan informasi kapan STNK dan plat nomor kendaraan baru dapat diambil.

Harus diingat bahwa pembayaran pajak jalan secara online hanya dapat dilakukan untuk pembayaran pajak tahunan. Untuk membayar biaya lima tahun, Anda harus datang langsung ke kantor Samsat terdekat.

Cara Cek Pajak Progresif Kendaraan Bermotor

Aturan pajak progresif telah berlaku sejak 2015. Bagi yang memiliki kendaraan pertama pajaknya adalah 2% dan untuk mobil atau motor kedua besarnya 2,5% dan akan terus bertambah di masa mendatang.

Peraturan ini dijelaskan dalam peraturan provinsi DKI Jakarta nomor 2 tahun 2015. Anda dapat mengetahui apakah kendaraan Anda akan dikenakan pajak progresif di surat tanda nomor kendaraan atau biasa disebut STNK.

Di STNK, akan ada kode-kode tertentu yang menentukan apakah Anda akan dikenakan pajak bergulir. Kode ini akan muncul pada surat ketetapan pajak daerah PKB/BBN-KB dan SWDKLLJ yang biasanya berwarna coklat.

Selanjutnya, Anda bisa melihat di kiri bawah, ada angka yang menjelaskan berapa kepemilikan kendaraan, jadi itu tandanya Anda dikenakan pajak progresif. Ada 3 angka pada surat itu.

Jika nomor yang ditampilkan adalah 001, maka itu adalah kendaraan pertama dan Anda akan dikenakan pajak sebesar 2% dari basis pajak kendaraan. PLR ini akan ditentukan oleh masing-masing pemerintah daerah dengan melihat harga pasar kendaraan yang akan dimiliki dan juga hal-hal yang akan menurunkan nilai kendaraan tersebut. Jika angka yang tertera adalah 002 atau 003, pajak pajaknya juga akan sesuai dengan kepemilikan angka 2 dan 3. Demikian pula untuk angka-angka berikut.

15 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan

Setelah Anda mengetahui beberapa jenis tagihan yang tersedia di kendaraan Anda, Anda juga perlu mengetahui cara memeriksa tagihan dengan lebih mudah dan efisien. Selain itu, Anda pasti membutuhkan alat untuk memeriksa tagihan, yang dapat digunakan kapan saja, di mana saja. Anda tentu tidak akan selalu menghitung pajak Anda, jadi Anda memerlukan aplikasi yang dapat menunjukkan berapa pajak yang harus Anda bayar.

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan ini akan sangat berguna bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang dan bahkan tidak yakin berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk membayar pajak. Berikut adalah beberapa Aplikasi Cek Pajak Kendaraan yang kami rekomendasikan yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa pajak Anda. Aplikasi ini dikenal banyak orang karena sangat memudahkan mereka untuk mengecek besaran pajak kendaraan yang mereka miliki.

1. Aplikasi Cek Pajak Kendaraan

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan adalah aplikasi yang dapat membantu anda untuk mengecek status pajak dan plat nomor kendaraan. Sejauh ini, aplikasi ini hanya bisa menguasai wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan.

Aplikasi ini cukup ringan dan tidak mengandung banyak ikan, sehingga Anda akan merasa lebih nyaman menggunakannya. Anda juga dapat dengan mudah mendownload aplikasi ini melalui Playstore atau Appstore.

Setelah mengunduh aplikasi ini, Anda akan dapat memilih provinsi pendaftaran kendaraan Anda dan memasukkan plat nomor kendaraan Anda. Dapatkan informasi seperti detail informasi kendaraan, tanggal akhir STNK, tanggal akhir pajak dan juga jumlah pajak yang harus Anda bayar. Jika Anda telah menunggak pajak Anda, maka Anda juga tahu berapa denda yang harus Anda bayar dengan benar.

2. Aplikasi SAKPOLE e-SAMSAT JATENG

Bagi anda yang berdomisili di wilayah tengah jawa, anda bisa mendapatkan informasi terkait pajak kendaraan bermotor melalui Aplikasi Cek Pajak Kendaraan ini. SAKPOLE e-SAMSAT JAWA TENGAH adalah aplikasi yang dikelola langsung oleh PSI – BPPD Provinsi Jawa Tengah.

Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan warga membayar pajak melalui Samsat atau e-Samsat online. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu datang langsung ke kantor Samsat untuk membayar pajak mobil. Aplikasi ini didesain dengan tampilan yang menarik dan mudah digunakan.

Tidak hanya informasi pajak, Anda juga akan mendapatkan beberapa informasi penting seperti informasi status (blok) kendaraan bermotor, informasi nilai jual kendaraan bermotor, pencarian layanan masyarakat lainnya di sekitar Jawa Tengah seperti Kantor SAMSAT, ATM, Kantor Jasa Raharja, lokasi kantor polisi, rumah sakit/klinik/dokter.

3. Aplikasi SAMBARA

Bagi anda yang berdomisili di wilayah Jawa Barat bisa menggunakan aplikasi SAMBARA. Anda bisa menggunakan aplikasi yang dijalankan pemerintah Jawa Barat ini untuk cek pajak kendaraan bermotor di wilayah Jawa Barat.

Dalam aplikasi ini Anda juga dapat melihat status pajak kendaraan, mengetahui lokasi samsat di wilayah Jawa Barat bahkan melakukan pembayaran pajak secara online. Aplikasi ini juga mudah digunakan dan Anda tidak akan menemukan iklan yang mengganggu. Anda hanya perlu memasukkan plat nomor kendaraan Anda dan data pajak kendaraan akan langsung ditampilkan.

4. Aplikasi Cek Pajak Motor Mobil

Aplikasi kontrol pajak motor adalah aplikasi terbaru. Seperti aplikasi cek pajak kendaraan yang disebutkan sebelumnya, aplikasi ini juga dapat membantu Anda mengetahui status pajak kendaraan, tidak hanya sepeda motor tetapi juga mobil. Anda juga dapat menemukan data kendaraan, seperti alamat kendaraan dan nomor registrasi. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui faktur pajak dari kendaraan Anda. Ini bukan hanya nomor polisi, tetapi Anda dapat menggunakan beberapa nomor polisi untuk mengontrol beberapa kendaraan.

5. Aplikasi Samsat Online

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan yang terakhir adalah Aplikasi sinyal, aplikasi yang dapat membantu Anda mengesahkan STNK tahunan, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan pembayaran iuran wajib dari dana kecelakaan lalu lintas (SWDKLLJ).

Aplikasi ini menggunakan data dari database, kendaraan bermotor milik Polri, sistem informasi pajak kendaraan bermotor yang diadministrasikan oleh masing-masing provinsi dan database kependudukan yang tersedia dari Dirjen Dukcapil, Kementerian Dalam Negeri.

Terakhir, seluruh data yang terkumpul diintegrasikan secara nasional ke dalam sistem kecerdasan buatan menggunakan aplikasi platform mobile untuk dapat memberikan layanan kepada masyarakat secara digital, membantu seluruh pemangku kepentingan untuk memenuhi kebutuhannya.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Lewat SMS

Cek pajak motor bisa melalui SMS. Anda hanya perlu memasukkan INFO (spasi) PAJAK (spasi) Nomor kendaraan. Contoh: INFORMASI PAJAK B1244XYZ. Kemudian kirimkan pesan ini ke nomor 8893. Selanjutnya Anda akan menerima informasi informasi pajak motor melalui SMS. SMS ini akan menampilkan informasi seperti merek kendaraan, jenis, warna, masa berlaku STNK, tahun pembuatan dan informasi jenis kendaraan.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Lewat Website

Mencari tahu tentang pajak kendaraan bermotor merupakan hal yang sangat penting dilakukan bagi mereka yang memiliki kendaraan bermotor. Hal ini dilakukan agar pemilik kendaraan ini tidak harus didenda karena keterlambatan pembayaran.

Meskipun sebelumnya kami telah menyebutkan Aplikasi Cek Pajak Kendaraan yang kami sarankan untuk Anda gunakan, Anda juga dapat menggunakan versi situs untuk memeriksa informasi jika Anda merasa aplikasi ini memakan terlalu banyak ruang di perangkat seluler Anda.

Versi website ini akan sangat menghemat waktu Anda karena tidak perlu mendownload terlebih dahulu dan tentunya menghemat kapasitas penyimpanan. Website ini biasanya dibuat oleh setiap provinsi, sehingga setiap provinsi akan memiliki alamat website yang berbeda.

Anda dapat masuk ke situs web tempat kendaraan Anda terdaftar sehingga informasi Anda keluar. Karena informasi Anda tidak akan ditampilkan jika Anda mengunjungi situs web tempat kendaraan Anda tidak terdaftar. Berikut adalah daftar situs yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa pajak mobil Anda.

1. DKI Jakarta

Cek pajak di wilayah DKI Jakarta bisa dilakukan secara online. Tidak hanya sepeda motor, tetapi Anda juga dapat memeriksa pajak pada mobil Anda. Pertama-tama kita akan membahas cara cek pajak online untuk sepeda motor di Jakarta. Untuk cek pajak motor secara online di wilayah DKI Jakarta bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan melakukan pengecekan melalui aplikasi website Samsat atau melalui SMS.

Untuk menggunakan website Samsat, Anda dapat mengakses website http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/ di smartphone atau komputer Anda. Setelah Anda memasuki situs, Anda dapat memasukkan nomor polisi atau plat nomor yang Anda miliki di sepeda motor Anda. Kemudian Anda juga dapat memasukkan nomor kartu identitas Anda.

Setelah semuanya dimasukkan, data pajak sepeda motor yang terdaftar akan ditampilkan. Jika melalui SMS Anda cukup memasukkan INFO (spasi) RANMOR (spasi) NOMOR POLISI, kirimkan ke nomor 8893. Selanjutnya Anda akan menerima informasi data sepeda motor dan pajak melalui SMS.

Jika Anda ingin memeriksa pajak mobil melalui situs web, prosedurnya juga hampir sama, tetapi Anda hanya perlu memasukkan plat nomor mobil yang perlu Anda periksa pajaknya. Sama halnya ketika Anda ingin cek pajak mobil melalui SMS. Juga Anda hanya perlu memasukkan plat nomor mobil Anda tanpa spasi.

2. Jawa Barat

Untuk pengecekan pajak kendaraan di wilayah Jawa Barat dapat dilakukan dengan mengunjungi website resmi Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Barat dengan alamat website https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/. Pada halaman ini Anda akan diminta untuk memasukkan nomor polisi pada kendaraan Anda dan juga plat nomor kendaraan bermotor tersebut. Jika kendaraan ingin didaftarkan, informasi kendaraan Anda akan langsung muncul di halaman tersebut.

3. Jawa Tengah

Cara cek pajak kendaraan untuk wilayah jawa tengah bisa melalui website https://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/. Pada halaman ini Anda harus memasukkan nomor polisi atau plat nomor kendaraan Anda. Selanjutnya akan langsung ada informasi nominal dan harga yang harus Anda bayarkan dengan benar.

Kemudian Anda dapat mengklik daftar online, di mana Anda memasukkan nomor KTP dan data lain yang diminta di halaman. Setelah dimasukkan, kode pembayaran akan ditampilkan dan Anda dapat melakukan pembayaran pada saat transfer.

4. Yogyakarta

Yogyakarta merupakan daerah yang memungkinkan masyarakatnya mengakses pajak mobil tahunan secara online. Pasalnya, tidak semua wilayah di Indonesia diperbolehkan melakukan hal tersebut.

Bagi Anda yang berdomisili di wilayah Yogyakarta, informasi pajak kendaraan tahunan dapat diperoleh secara online melalui website http://infonjkbdiy.com/. Setelah membuka halaman ini, Anda tinggal memasukkan nomor polisi atau nomor kendaraan lalu klik submit.

Selanjutnya pada halaman ini Anda akan menemukan informasi jumlah nominal pajak yang harus Anda bayarkan dengan benar. Jumlah ini akan mencakup pajak progresif serta denda pajak yang mungkin dikenakan pada Anda.

Jika saat Anda mengakses website ini, website ini dalam keadaan error, Anda bisa mengecek status pajak jalan Anda melalui website lain seperti http://pajak.intipinfo.com/area-istimewa-yogyakarta/.

5. Jawa Timur

Meskipun situs Jawa Timur memberi Anda kebebasan dengan cara seperti aplikasi dan SMSD untuk mengakses informasi pajak mobil Anda, Anda dapat memilih untuk menggunakan situs tersebut untuk melakukan pemeriksaan ini. Anda hanya perlu membuka website https://esamsat.jatimprov.go.id/. Di halaman ini, Anda hanya perlu mengisi formulir yang ada yang berisi samsat, nomor polisi, kode captcha dan kota.

Setelah semuanya selesai dengan lengkap, Anda dapat langsung mengklik tombol pencarian. Ada banyak situs web lain yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa informasi pajak mobil Anda.

6. Aceh

Untuk cek pajak di wilayah Aceh melalui website, bisa melalui https://e-samsat.id/aceh/. Pada halaman tersebut Anda dapat memasukkan beberapa informasi seperti nomor seri, nomor, plat nomor, nomor pesanan dan provinsi. Kemudian klik verifikasi sekarang. Kemudian informasi seperti merek, model, tahun, warna, nomor rangka dan nomor mobil ditampilkan. Anda juga mendapatkan informasi tentang pajak Anda, seperti berapa banyak uang yang harus Anda bayar.

7. Riau

Untuk cek pajak daerah Riau melalui website, kunjungi http://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/. Di halaman ini Anda dapat mengisi formulir yang meminta nomor polisi dan detail kendaraan. Kemudian Anda dapat mengklik menu tersebut dan langsung melihat informasi tentang status pajak kendaraan dan juga jumlah nominal yang harus Anda bayarkan untuk membayar pajak.

8. Kepulauan Riau

Bagi Anda yang berdomisili di wilayah Kepulauan Riau, Anda dapat melakukan pengecekan pajak kendaraan melalui https://cekpajak.co.id/kegunungan-riau/. Pada halaman ini Anda dapat memasukkan informasi seperti nomor seri, nomor plat, nomor pesanan dan provinsi. Kemudian klik verifikasi sekarang. Kemudian informasi seperti merek, model, tahun, warna, nomor rangka dan nomor mobil ditampilkan. Anda juga mendapatkan informasi tentang pajak Anda, seperti berapa banyak uang yang harus Anda bayar.

9. Sulawesi Tengah

Bagi Anda yang ingin cek kendaraan dan berdomisili di Sulawesi Tengah bisa menggunakan laman https://cekpajak.co.id/sulawesi-tengah/ untuk cek pajak.

Anda harus memasukkan informasi seperti nomor seri, nomor, plat nomor, nomor rangka dan provinsi. Kemudian klik verifikasi sekarang. Kemudian informasi seperti merek, model, tahun, warna, nomor rangka dan nomor mobil ditampilkan. Anda juga mendapatkan informasi tentang pajak Anda, seperti berapa banyak uang yang harus Anda bayar.

Ini adalah beberapa cara untuk mendapatkan informasi tentang pajak mobil yang Anda miliki. Cara pertama adalah cek pajak jalan melalui SMS. Cara lainnya adalah dengan menggunakan program pengendalian pajak kendaraan. Dan cara ketiga adalah dengan menggunakan halaman untuk memeriksa kontrol pajak kendaraan Anda.

Ketiga situs ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga Anda dapat memilih metode mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, informasi dari ketiganya tidak berbeda kualitasnya. Berhati-hatilah untuk memeriksa pajak Anda agar Anda tidak terkena denda, yang membuat beban pajak Anda semakin besar. Kami berharap cara ini dapat membantu Anda memahami cara memeriksa pajak dengan lebih mudah.

itulah artikel tentang Aplikasi Cek Pajak Kendaraan 2022, Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, Anda dapat membagikannya. Untuk informasi lebih lanjut tentang administrasi, seperti cara menghitung pajak mobil,