32 Kombinasi Warna dan Jenis Jenis Campuran Warna

Warna campuran adalah kombinasi dari berbagai jenis warna untuk menghasilkan jenis warna tertentu. Dalam hal ini, tidak ada aturan khusus untuk kombinasi warna, karena kombinasi warna ini sebenarnya dapat dilakukan secara bebas dan tanpa batas. Semuanya bisa dilakukan tergantung keberanian Anda untuk bisa mendapatkan warna tertentu. lalu apa saja Jenis Jenis Campuran Warna yang bagus? mai simak artikel ini

Jenis Campuran Warna
www.provenwinners.com

Namun dalam ulasan kali ini, kami akan menghadirkan berbagai jenis paduan warna yang dapat menambah pengetahuan Anda. Karena pada dasarnya jenis warna yang akan dipilih juga tergantung selera setiap orang. Begitu juga dengan kombinasi dan perpaduan warna yang dipilih juga menentukan mood seseorang. Beberapa kombinasi warna juga menentukan kesan pada orang lain.

Arti Warna

Warna adalah spektrum tertentu dalam cahaya (putih) yang dapat ditangkap oleh mata sebagai indra penglihatan. Dalam seni, warna merupakan pantulan cahaya yang dapat dipengaruhi oleh pigmen tertentu yang terdapat pada permukaan benda tertentu.

Warna itu sendiri dapat memberikan kesan dan identitas tergantung pada kondisi sosial pengamatnya. Misalnya, warna putih biasanya berarti sakral.Warna itu sendiri juga didefinisikan secara luas oleh para ahli seperti Albert H. Munsell, yang mengartikan warna sebagai elemen penting dalam semua disiplin seni.

Padahal, warna umumnya merupakan bagian penting dari setiap aspek kehidupan manusia. Sedangkan menurut Henry Dreyfuss, materi adalah suatu zat yang dapat memberikan warna tertentu yang mampu memperkuat dan memberikan jejak dan identitas.

Pengertian warna menurut Arniti Susmiati dan Pramudji Suptandar adalah bahwa warna adalah cahaya yang dapat ditangkap oleh indera penglihatan atau oleh mata. Warna sendiri merupakan elemen penting dalam dunia desain, karena dengan adanya warna, sebuah desain akan memiliki makna dan nilai lebih. Keindahan warna tidak masalah jika ia muncul dengan sendirinya tanpa ada warna lain di sekitarnya.

Contoh kombinasi warna

Berikut adalah beberapa contoh Jenis Jenis Campuran Warna berbeda yang dapat menghasilkan nuansa baru. Anda mungkin bisa menggunakannya saat mengecat atau mengecat dinding di dalam ruangan.

  1. oranye / oranye = merah + kuning
  2. ungu = biru + merah
  3. hijau = kuning + kuning
  4. merah tua = merah + hitam
  5. merah muda = merah + putih
  6. biru tua = biru + hitam
  7. biru muda = biru + putih
  8. kuning muda = kuning + putih
  9. abu-abu = putih + hitam
  10. coklat = merah + hijau (kuning + biru)
  11. coklat muda = kuning + coklat
  12. Tan Inggris = kuning + coklat + merah
  13. magenta / magenta = merah + putih + biru
  14. merah anggur = ungu (merah + biru) + merah
  15. coklat kemerahan = merah + coklat
  16. terakota = oranye + coklat
  17. lemon kuning = kuning + hijau
  18. biru kehijauan / tosca = hijau + biru
  19. persik = merah muda + oranye
  20. coklat susu = coklat + putih
  21. coklat muda = coklat + putih + kuning
  22. sadel coklat = coklat + kuning + merah
  23. krem / krem = putih + kuning + coklat
  24. kuning sawi = kuning + coklat
  25. hijau limau = hijau + kuning + putih
  26. zaitun = putih / kuning + hijau + coklat
  27. pirus = putih + hijau + biru
  28. patah putih / tulang = putih + coklat
  29. berdebu = merah muda + putih + coklat
  30. pasir = putih + coklat + hitam
  31. karbon = hitam + putih
  32. biru es = putih + biru + kuning

Jenis Jenis Campuran Warna Sesuai Kelompoknya

Warna sendiri terbagi menjadi beberapa kelompok yaitu warna primer, warna sekunder, warna tersier, warna netral, dan warna hangat dan warna dingin. Warna terbaik adalah merah, kuning dan biru. Warna sekunder merupakan campuran dari warna primer, seperti jingga, hijau, dan ungu.

Sedangkan warna tersier adalah kombinasi warna primer dengan warna sekunder seperti ungu ditambah merah sehingga menghasilkan warna ungu kemerahan atau kuning bercampur ungu menghasilkan warna coklat kekuningan.

Warna netral merupakan campuran dari ketiga warna tersebut dengan perbandingan 1:1:1 yang apabila ketiga warna tersebut dicampur akan menghasilkan warna hitam. Selain hitam, putih juga merupakan warna netral.

Selain kelima kelompok warna di atas, ada juga yang disebut warna khusus. Warna khusus adalah warna yang tidak biasa, seperti emas, perak, warna neon atau stabilo, dan sebagainya.

Untuk memperoleh warna-warna tersebut tentunya diperlukan komposisi kimia khusus yang hanya dapat dibuat di pabrik dengan standar tertentu. Akan sulit bagi kita untuk membuat warna emas atau perak hanya dengan campuran warna primer dan universal.

Cara Membuat Warna coklat dengan Campuran Warna Primer

Untuk membuat warna cokelat, Anda bisa mencampur warna primer seperti merah, biru, dan kuning. Warna coklat dapat diperoleh dari 2 warna primer yang menghasilkan warna sekunder kemudian dicampur kembali dengan warna primer. Inilah cara Anda melakukannya:

Campurkan merah dan biru dengan komposisi yang sama. Ini akan membentuk warna baru yaitu ungu
Setelah berubah menjadi ungu, campur dengan kuning jika Anda ingin hasilnya menjadi warna coklat tua. Namun jika ingin menghasilkan warna coklat muda, tambahkan lagi warna kuning.
Atau, Anda juga dapat mencampur ketiga warna primer secara langsung. tetapi hasilnya tidak akan efektif karena akan sulit untuk mengontrol warna sekunder.

Cara Mencampur Warna Agar Menjadi Warna Pirus

Jenis Jenis Campuran Warna pirus (turkuois) mungkin masih asing di telinga Anda. Warna ini lebih dikenal dengan warna biru laut. Ada beberapa cara untuk membuat warna ini, namun yang paling sederhana adalah dengan menggabungkan 2 warna yaitu hijau dan biru.

Warna pirus atau biru laut ini membutuhkan sedikit lebih banyak pigmen biru daripada hijau. Jika ingin warna yang sedikit lebih terang, Anda bisa menambahkan sedikit putih atau kuning.

Apa Saja Campuran Untuk Menghasilkan Warna Emas ?

Untuk menghasilkan warna emas atau keemasan, Anda dapat mencampur tiga Jenis Jenis Campuran Warna , yaitu coklat, putih dan kuning. Pencampuran ketiga warna ini akan menghasilkan warna kuning keemasan atau keemasan. Namun yang perlu diperhatikan adalah bahwa warna emas atau gold identik dengan kemampuannya dalam memantulkan cahaya.

Oleh karena itu, untuk menghasilkan warna yang memantulkan cahaya, diperlukan komponen atau efek tertentu agar warna emas yang dihasilkan dapat bersinar. Terlepas dari bahan atau media yang Anda cat atau warnai, itu bisa mengkilat seperti logam, besi, plastik, dan sebagainya.

Selanjutnya, Anda juga dapat mencampur warna kuning, magenta, dan hijau dengan perbandingan 3:1:1 untuk menghasilkan warna keemasan atau keemasan.

Apa Saja Campuran Warna Agar Menghasilkan Warna Coral ?

Seperti yang bisa kita lihat di banyak gambar, karang memiliki warna yang agak unik. Untuk menghasilkan warna coral, campurkan hanya kuning dengan merah dan putih dengan perbandingan 2: 5: 3.

Dengan tujuan ini Anda akan dapat menghasilkan Warna Karang. sedangkan untuk Coral Pink kamu bisa membuatnya dengan mencampurkan warna kuning dengan merah, lalu magenta dan terakhir putih dengan perbandingan 2 : 4 : 2 : 5.

Campuran Warna Agar Menghasilkan Warna Peach

Cara membuat warna peach adalah dengan mencampurkan Jenis Jenis Campuran Warna kuning dengan warna merah, maka warna putih akan menghasilkan warna peach. Sementara itu, Anda bisa mencampur kuning dengan merah ditambah biru dan putih untuk menghasilkan warna peach yang lebih tua dengan perbandingan 2: 2: 1: 5.

Arti Warna Bagi Psikologi Manusia ?

Penggunaan warna sebagai wujud identitas dan nilai dalam sebuah karya seni atau desain tidak lepas dari makna warna. Warna juga dapat memberikan efek psikologis pada orang yang dapat memicu dan memberikan kesan emosi tertentu pada manusia. Setiap jenis warna memberikan kesan dan makna tersendiri bagi pengamatnya, misalnya:

  • Merah. Warna ini mewakili kesan kekuatan, energi, kehangatan, emosi, keinginan, bahaya, dan sebagainya. Namun warna merah ini akan memberikan kesan berbeda jika dipadukan dengan warna lain.
    Misalnya, jika merah dipadukan dengan putih, maka akan identik dengan lambang negara Indonesia atau Polandia. Sedangkan jika dipadankan dengan warna hijau akan identik dengan simbol Natal.
  • Biru Warna ini memberikan kesan psikologis kepercayaan, keamanan, konservatisme, kebersihan, kebebasan dan sebagainya.
  • Warna hijau. Warna ini memberikan kesan natural, sehat, pembaharuan dan lain sebagainya. Hijau juga sering digunakan sebagai warna pada produk yang memberikan kesan ramah lingkungan.
  • Kuning. Warna ini identik dengan kesan optimisme, sportif, ketidakjujuran, harapan, filosofi, kepengecutan (bagi budaya Barat), pengkhianatan. Kuning juga merupakan warna suci dalam agama Hindu.
  • Warna putih. Warna ini identik dengan kesan kemurnian, kepolosan, kemurnian, ketepatan, kemandulan, kematian. Di Amerika warna putih digunakan untuk melambangkan pernikahan (gaun pengantin berwarna putih), tidak seperti di Amerika, dalam budaya oriental, warna putih melambangkan kematian.

Jenis Jenis Campuran Warna Agar Rumah Terlihat Luas

Warna tidak hanya digunakan dalam media lukisan atau sebagai simbol suatu negara. Dalam dunia arsitektur, warna juga digunakan untuk memperindah interior sebuah ruangan agar terlihat lebih indah dan memberikan kesan yang identik dengan pemilik ruangan tersebut.

Biasanya kita bisa melihat kepribadian seseorang dengan melihat warna pada dinding sebuah ruangan, rumah atau ruangan dengan warna yang digunakannya. Beberapa warna yang bisa Anda pilih untuk ruangan kecil agar terlihat luas dan memberi kesan istimewa antara lain:

1. Warna putih

Warna putih sering digunakan untuk memberikan kesan ruangan yang bersih dan juga memberikan kesan ruangan yang terkesan lebih luas. Ruangan dengan dinding putih akan tampak lebih cerah, lebih luas, lebih cerah dan lebih nyaman. Hanya saja bisa dengan mudah terlihat memiliki ruangan dengan kotoran atau noda putih pada dindingnya.

2. Warna biru laut

Biru laut adalah warna biru tua yang gelap dan dapat membuat dampak besar pada ruang kecil. Jika Anda memilih untuk menggunakan warna biru laut pada dinding, Anda bisa memadukannya dengan pelayan berwarna putih atau kuning. Dengan cara ini, ruangan bisa terasa lebih luas dan juga sejuk dan menyegarkan.

3. Warna merah

Warna merah selalu identik dengan kesan penuh energi. Jika Anda memilih warna merah menyala ini pada dinding kamar Anda, Anda bisa memadukannya dengan furnitur berwarna putih di dalam ruangan. Dengan begitu, warna merah pada ruangan Anda tidak akan terlihat terlalu hangat dan dapat memberikan kesan luas dan lapang.

4. Warna krem

Warna ini sangat cocok diaplikasikan pada dinding ruang terbatas agar tampak lebih luas. Penggunaan warna krem ini paling cocok jika dipadukan dengan dekorasi atau furnitur dengan warna kayu atau tekstur kayu. Dengan cara ini akan terlihat lebih alami, luas dan hangat.

5. Warna abu-abu

Warna abu-abu dapat memberikan kesan ruangan Anda terlihat lebih klasik atau lebih modern. Untuk anda yang memilih warna ini pada cat dinding kamar anda, agar lebih cantik dapat di padukan dengan warna dekoratif yang lebih terang agar ruangan lebih luas dan nyaman.

6. Warna anggur

Warna anggur ini tampak gelap. Namun jika Anda memadukannya dengan dekorasi atau furnitur berwarna abu-abu atau putih atau warna yang sedikit lebih kalem, tampilan gelap ini akan lebih elegan.

7. Warna kuning

Warna kuning pada dinding ruangan bisa membuat kesan cerah dan ceria. Selain itu, kuning, seperti putih, dapat membuat ruang kecil tampak lebih lebar. Apalagi jika memadukan warna kuning dengan putih akan memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

Tips Kombinasi Jenis Jenis Campuran Warna dalam Fashion

Memiliki tampilan yang elegan tentu menjadi dambaan setiap orang, terutama bagi para wanita. Mengapa? Karena wanita biasanya lebih mengetahui setiap detail pakaian yang mereka kenakan, baik itu model maupun warna pakaiannya. Biasanya, warna yang Anda pilih pada pakaian Anda menunjukkan karakter atau kepribadian Anda.

Skema warna pada pakaian juga harus diperhatikan agar ketika ingin tampil gaya, orang-orang menertawakan Anda karena skema warna yang Anda pilih terlihat sangat norak atau tidak serasi. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih warna pada pakaian:

  • Bagi Anda yang bingung memilih kombinasi warna yang tepat untuk pakaian Anda, sebaiknya mengacu pada roda warna atau yang biasa disebut lingkaran warna.
  • Dengan melihat roda warna, Anda dapat dengan mudah menemukan skema warna yang cocok dengan pakaian Anda. Misalnya, Anda dapat memilih warna yang bersebelahan pada lingkaran warna, seperti kombinasi ungu dan biru-ungu.
  • Anda juga dapat merujuk ke lingkaran warna dengan membentuk sudut 90 derajat. Misalnya, warna cerah seperti kuning bisa dipadukan dengan warna cerah lainnya, yaitu oranye.
  • Cara memilih kombinasi warna pada pakaian dengan mengacu pada roda warna atau lingkaran warna, yaitu Anda dapat menggabungkan warna yang berlawanan satu sama lain. Misalnya, kuning dapat dikombinasikan dengan ungu.
  • Cara memilih skema warna menggunakan roda warna atau lingkaran warna menggunakan 3 warna, yaitu membentuk huruf T pada lingkaran. Misalnya, Anda bisa memadukan warna pakaian Anda dengan tiga warna berbeda, yaitu biru dipadukan dengan oranye dan terakhir merah dan ungu.

Jenis Jenis Campuran Warna akan menciptakan kesan yang berbeda. Jika Anda ingin mencampur satu warna dengan warna lainnya, perhatikan jumlah setiap warna yang ingin Anda campur.