Simak 10 Cara Agar Badan Fit dan Tidak Mudah Lelah

Mimin yang memiliki rangkaian aktivitas padat pasti pernah merasakan lelah akibat kelelahan dari stamina tubuh.

Lantas bagaimana Cara Agar Badan Fit dan Tidak Mudah Lelah dan tetap fit sepanjang hari? Berikut ulasannya.

Cara Agar Badan Fit dan Tidak Mudah Lelah
cdn.idntimes.com

10 Cara Agar Badan Fit dan Tidak Mudah Lelah

1. Sarapan

jangan lewatkan sarapanmu ya? Menurut sebuah penelitian pada atlet, Cara Agar Badan Fit dan Tidak Mudah Lelah salah satunya dengan sarapan berperan dalam meningkatkan zat serotonin tubuh sehingga dapat meningkatkan kinerja, konsentrasi dan daya ingat sepanjang hari. Sarapan juga berfungsi untuk membangun kembali energi dalam tubuh dan menyimpannya sebagai cadangan.

2. Konsumsi makanan sehat

Karbohidrat berperan sebagai sumber energi utama dalam tubuh. Dalam proses pencernaan, karbohidrat akan berubah menjadi kandungan gula.

Gula kemudian memasuki aliran darah dan berjalan ke setiap sel dalam tubuh yang dapat memasok energi ke tubuh. Gula juga disimpan di ginjal dan otot sebagai glikogen, yang merupakan sumber energi.

Selain makanan yang kaya karbohidrat, juga dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai menu makanan sehat lainnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Beberapa tips makanan kaya karbohidrat yang baik untuk kesehatan adalah nasi merah, jagung, ubi jalar, pisang, apel, dan oatmeal.

3. Lakukan yoga

Cara Agar Badan Fit dan Tidak Mudah Lelah selanjutnya adalah melakukan yoga

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan oleh National Library of Medicine dan situs sciencedirect.com pada tahun 2007 menyatakan bahwa yoga atau meditasi dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

Dengan mengurangi pikiran negatif tersebut maka akan berdampak positif pada peningkatan stamina tubuh.

anda bisa mencoba mengikuti kelas yoga untuk merasakan manfaat yoga untuk meningkatkan stamina.

4. Tetap aktif berolahraga

Cara menjaga stamina selanjutnya adalah olahraga ringan setelah makan. Dalam sebuah studi tentang pelatihan sebelum, selama dan setelah sarapan, ditemukan bahwa opsi terakhir adalah cara terbaik untuk meningkatkan daya tahan.

Olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, bodyweight squats, dan jumping jacks juga dapat membantu melatih daya tahan tubuh.

5. Cari udara segar

Luangkan waktu sejenak untuk menikmati udara di luar. Pergi ke tempat yang teduh dan melihat pepohonan yang indah dapat merangsang otak untuk beristirahat dan mengembalikan mood.

Udara segar dan sinar matahari juga dapat mengurangi produksi melatonin yang menyebabkan kantuk.

6. Minum air mineral secara teratur

Air putih memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, salah satunya Cara Agar Badan Fit dan Tidak Mudah Lelah. Kebutuhan air dalam tubuh berperan penting dalam membuat tidak mudah lelah. Dengan minum 8 gelas air atau 2 liter air setiap hari Anda dapat mencegah dehidrasi.

7. Istirahat yang cukup

Cara menjaga stamina yang baik juga tidak terlepas dari istirahat yang cukup. Untuk orang dewasa, tidur 6 sampai 8 jam per malam sangat ideal.

Dalam sebuah penelitian di pubmed.ncbi disebutkan bahwa fungsi hormon pertumbuhan akan terganggu karena kurang tidur. Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan memiliki stamina yang penuh untuk dapat beraktivitas keesokan harinya.

8. Asupan vitamin C.

Vitamin C memiliki fungsi penting Cara Agar Badan Fit dan Tidak Mudah Lelah. Pastikan Anda lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Selain ditemukan pada buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, stroberi dan beri, vitamin C juga terdapat pada sayuran seperti bayam, brokoli, paprika, dan tomat. Jika perlu, Anda bisa menambah asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen vitamin C.

9. Hindari merokok

Merokok dapat merusak kesehatan tubuh. Di dalam rokok terdapat banyak zat beracun yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Situs beberapa jurnal kesehatan menyebutkan bahwa perokok berisiko tinggi terkena infeksi paru-paru seperti bronkitis dan pneumonia. Asap rokok juga berbahaya bagi non-perokok yang menghirupnya. Salah satu cara untuk menjaga atau meningkatkan stamina adalah dengan menghindari rokok sehingga terhindar dari menghirup asap rokok.

10. Cuci tangan dengan baik

Sejak awal, tuntutan rajin cuci tangan pakai sabun sudah marak. Tidak hanya sebelum dan sesudah makan, cuci tangan dengan sabun ketika: setelah dari kamar mandi, setelah memegang hewan peliharaan, dekat dengan orang yang batuk atau pilek, setelah menggunakan transportasi umum dan hal-hal lain yang berhubungan dengan tangan.

Penting untuk mencuci tangan untuk melindungi diri dari penularan bakteri patogen. Mencuci tangan dengan sabun akan mengoptimalkan upaya yang dilakukan untuk menjaga atau meningkatkan daya tahan tubuh.

Gunakan sabun yang akan memberikan perlindungan kulit secara menyeluruh. Gunakan sabun tangan yang mengandung sifat antibakteri yang dapat melindungi dari gangguan kesehatan.

Aktivitas yang dekat seharusnya tidak menjadi penghalang untuk terus aktif dan menjaga kondisi stamina tubuh. Realfoodfam dapat mencoba Program Realfood Ever Glow + 12 Hari yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti ekstrak kurma dan ekstrak sarang burung walet.

mimin bisa mendapatkan lebih banyak dukungan energi untuk melakukan semua aktivitas padat setiap hari. aman untuk diminum karena sudah teruji oleh BPOM dan baik dikonsumsi saat perut kosong.

itulah artikel tentang Cara Agar Badan Fit dan Tidak Mudah Lelah semoga bermanfaat