15 Ciri Ciri Ginjal Kotor Kenali Cara Tepat Menjaganya

Mengenali Ciri Ciri Ginjal Kotor merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatannya. Masalah ginjal biasanya berkaitan dengan gangguan fungsi dasar.

Fungsi dasar ginjal terganggu dan tidak hanya mempengaruhi saluran kemih. Namun bisa dilihat di seluruh bagian tubuh yang disederhanakan dengan khasiat masalah ginjal ini.

Ciri Ciri Ginjal Kotor
asset-a.grid.id3

Ada banyak bagian tubuh yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi Ciri Ciri Ginjal Kotor yang bermasalah. Mulai dari saluran kemih, sekitar mata, wajah, kulit, betis, kaki, mulut, otot, saluran pencernaan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk mengenalinya lebih lengkap, berikut Mimin ulas Ciri Ciri Ginjal Kotor dan bermasalah dari

15 Ciri Ciri Ginjal Kotor dan bermasalah

Sering buang air kecil

Saat intensitas buang air kecil meningkat, perhatikan. Kondisi ini bisa menjadi pertanda adanya masalah pada ginjal. Ini juga bisa menjadi tanda penyakit ginjal stadium awal.

Apalagi saat Anda merasa ingin buang air kecil lebih sering di malam hari. Kondisi ini terjadi karena ginjal tidak dapat menyaring dengan baik. Akibatnya, frekuensi ingin buang air kecil meningkat.

Urine berbusa dan berdarah

Urine berbusa bisa menjadi tanda kelebihan protein. Bentuk buih urin mirip dengan telur orak-arik karena protein penyusunnya adalah albumin.

Ciri Ciri Ginjal Kotor gangguan ginjal juga bisa dilihat dari warna urine. Perhatikan urine yang berbusa, warnanya lebih gelap dan disertai bintik merah. Segera hubungi dokter agar dapat dilakukan pengobatan yang tepat.

Area mata bengkak

Mata yang terus mengalami pembengkakan, termasuk Ciri Ciri Ginjal Kotor masalah ginjal. Kondisi ini terjadi ketika protein albumin keluar dari jaringan, khususnya di area mata. Dalam keadaan normal, protein ini harus disimpan di bagian tubuh yang longgar.

Gatal-gatal di badan

Saat mengalami tubuh gatal dengan penyebab yang tidak jelas, jangan anggap remeh. Gatal tidak jelas, termasuk ciri-ciri gangguan ginjal. Kondisi ini terjadi karena ginjal tidak membuang limbah dengan benar dari aliran darah. Terakhir, terjadi penumpukan kotoran yang membuat tubuh lebih sering merasa gatal.

mulut bau

Bau mulut memiliki banyak penyebab. Mulai dari bakteri di mulut, sakit maag dan masalah tenggorokan. Padahal bau mulut juga merupakan tanda adanya masalah pada ginjal.

Efek akumulasi limbah atau uremia dapat membuat Anda bau di mulut Anda. Seperti bau mulut akibat sakit maag, baunya tetap ada bahkan setelah Anda menyikat gigi.

Namun, mulut yang berbau busuk karena masalah ginjal memiliki bau yang berbeda. Bukan bau makanan basi seperti di perut. Baunya agak amis dan berbau seperti urin.

Betis dan kaki bengkak

Hati-hati jika betis dan kaki Anda tiba-tiba lebih besar dari biasanya. Kondisi ini terjadi karena terjadi pembengkakan. Ini juga menandakan adanya masalah pada ginjal.

Betis dan kaki bengkak adalah gejala penyakit ginjal stadium awal. Dari segi luas kaki dihitung, termasuk pergelangan kaki. Pembengkakan ini terjadi karena ada penumpukan natrium di dalam tubuh.

Badan cepat lelah

Ciri Ciri Ginjal Kotor gangguan ginjal maka tubuh cepat lelah. Ini karena ginjal yang sehat biasanya memproduksi hormon eritropoietin (EPO) dan mengaktifkan produksi sel darah merah pembawa oksigen.

Namun ketika ginjal bermasalah, produksi EPO jelas lebih rendah dari biasanya. Hal inilah yang membuat tubuh cepat lelah bahkan dari anemia. Inilah pentingnya lebih memperhatikan tubuh yang cepat merasa lelah.

Wajah terangkat

Tidak hanya berbaring dan kaki bengkak untuk merawatnya. Ciri Ciri Ginjal Kotor ginjal bermasalah bisa dilihat dari wajah yang mulai membengkak tanpa sebab yang jelas.

Kondisi ini terjadi karena cairan yang akan dikeluarkan dari tubuh tidak dikontrol dengan baik oleh ginjal. Akhirnya, cairan menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan wajah membengkak.

Susah tidur

Kesulitan tidur atau insomnia adalah tanda-tanda umum dari masalah ginjal. Bukan hanya disebabkan oleh intensitas urin yang berlebihan pada malam hari. Kondisi ini terjadi karena ginjal tidak menyaring racun dengan baik. Akibatnya, darah menjadi tercemar racun dan membuat pikiran gelisah.

Sulit untuk berpikir jernih

Ciri-ciri gangguan ginjal yang sering diabaikan adalah ketika seseorang mengalami kesulitan berpikir jernih. Ketika kondisi ini terjadi, racun menumpuk di dalam darah. Penumpukan racun terjadi karena ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik untuk menyaring racun.

Masalah ginjal juga dapat menyebabkan penurunan produksi hormon eritropoietin. Hormon ini memiliki fungsi meningkatkan produksi sel darah merah baru. Oleh karena itu, ketika produksi menurun, kadar oksigen di otak juga menurun dan menyebabkan konsentrasi menyebar.

Kehilangan nafsu makan

Seseorang dengan penyakit ginjal biasanya memiliki berat badan yang lebih sedikit. Ini karena masalah ginjal mempengaruhi nafsu makan. Salah satu pemicunya adalah ketika racun dalam tubuh tidak dikeluarkan dengan baik oleh ginjal.

Kulit kering

Kulit kering yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak terpengaruh oleh waktu, berhati-hatilah. Kondisi ini termasuk Ciri Ciri Ginjal Kotor masalah ginjal. Fungsi ginjal adalah memproduksi sel darah merah dan memastikan asupan mineral dalam dosis yang tepat.

Sedangkan ketika ada masalah, asupan mineral mungkin tidak cukup dan nutrisi darah semakin terbatas. Tak heran kondisi ini akhirnya mengakibatkan kulit kering.

Kram otot

Ketika tiba-tiba kaku dan kram otot terjadi, perhatikan. Apalagi jika kondisi ini tidak terpengaruh oleh aktivitas berat. Kram otot adalah tanda masalah ginjal. Hal ini dipengaruhi oleh elektrolit yang tidak seimbang dalam tubuh dan penurunan asupan kalsium.

Sesak napas

Sesak napas tidak hanya terkait dengan masalah pernapasan. Kondisi seperti ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada ginjal. Tepat ketika cairan ekstra menumpuk di dalam tubuh di paru-paru karena ginjal yang rusak.

Mual

Ciri Ciri Ginjal Kotor gangguan ginjal adalah adanya rasa mual dan ingin muntah. Anda lebih mungkin mengalami mual dan keinginan untuk muntah setelah makan. Juga berbahaya jika tidak segera diobati karena tubuh melemah jika tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup.

Rasa metalik di lidah

Uremia dapat terjadi ketika ginjal mengalami masalah. Tepat ketika ada penumpukan sampah di dalam darah. Kondisi seperti ini tidak hanya mempengaruhi saluran kemih tetapi juga indera perasa. Orang dengan masalah ginjal biasanya merasakan logam di lidahnya dan nafsu makannya terus menurun.

Penurunan berat badan

Uremia menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makan karena rasa logam pada lidahnya. Ciri-ciri ginjal bermasalah juga sering membuat Anda merasa mual di perut dan ingin muntah. Tak heran jika efeknya membuat Anda menurunkan berat badan secara drastis. Tentu karena asupan nutrisi dalam tubuh tidak terpenuhi dengan baik. Ditambah racun yang tidak bisa langsung dikeluarkan dari tubuh melalui ginjal.

Cara menjaga kesehatan ginjal

Kurangi natrium

Untuk menjaga kesehatan ginjal yang baik, hindari konsumsi natrium yang berlebihan. Jumlah natrium harian yang direkomendasikan adalah 2.300 miligram atau sekitar satu sendok teh garam.

Kurangi daging merah

Daging merah memiliki kandungan protein yang tinggi. Nutrisi ini sebenarnya baik untuk pertumbuhan dan regenerasi sel. Jika asupannya terlalu besar, protein bisa menumpuk dan membuat ginjal bekerja lebih keras. Hal ini berpotensi menyebabkan asidosis atau perubahan kondisi darah menjadi lebih asam.

Jangan pakai soda

Soda memiliki kandungan kalori yang tinggi dan tidak mengandung nilai gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, soda juga memiliki zat aditif fosfor yang dapat merusak ginjal.

Tinggalkan makanan olahan

Kue kering, keripik, keju krim, dan olahan kentang instan adalah contoh makanan olahan yang kaya akan aditif natrium dan fosfor. Sebab, jenis makanan tersebut bisa mengancam kesehatan ginjal.

Kurangi gula

Kelebihan gula dapat menyebabkan diabetes dan obesitas, yang berhubungan dengan penyakit ginjal.

Minum banyak air

Setiap orang harus minum setidaknya 2 liter atau 8 gelas air sehari. Jika Anda minum lebih sedikit air, ginjal Anda harus bekerja lebih keras untuk menyaring darah dan racun dalam tubuh.

Itulah artkel tentang 15 Ciri Ciri Ginjal Kotor Kenali Cara Tepat Menjaganya semoga bermanfaat,