Apa Sajakah Alasan Penting Mempelajari Ilmu Ekonomi

Keuangan adalah bagian integral dari kehidupan kita. Lulusan Business School sebagian besar sukses di dunia bisnis. Baik itu karyawan atau pengusaha. Tetapi kebanyakan dari kita berpikir bahwa studi ekonomi hanya terbatas pada teori dan kurva. Meskipun ada sejumlah Alasan Penting Mempelajari Ilmu Ekonomi

Alasan Penting Mempelajari Ilmu Ekonomi
www.unisbank.ac.id

Universitas Harvard, Otago dan banyak universitas Inggris lainnya memiliki jurusan bisnis yang menarik begitu banyak mahasiswa internasional. Nah, agar tidak meremehkan pentingnya ilmu ekonomi, berikut beberapa Alasan Penting Mempelajari Ilmu Ekonomi

Alasan Penting Mempelajari Ilmu Ekonomi

1. Memperluas Pengetahuan tentang Istilah-istilah Ekonomi

Alasan Penting Mempelajari Ilmu Ekonomi akan memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang dinamika pasar secara keseluruhan. Plus, Anda akan tahu bagaimana mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ekonomi bukan hanya tentang mempelajari beberapa istilah ini.

Setelah Anda mengetahui kosakata yang berbeda, Anda dapat mengubahnya menjadi strategi bisnis. Misalnya, membuat keputusan bisnis atau menetapkan harga jual dengan tepat.

2. Merupakan Jurusan Kuliah yang Prospektif

Anda dapat merujuk ke tabel di Liga Ekonomi. Di bawah judul prospek kelulusan, mahasiswa bisnis memiliki peluang bagus untuk mencari pekerjaan di bidang profesional, bahkan dalam waktu enam bulan setelah kelulusan.

Pada tahun 2017, jurusan bisnis berada di urutan kedua dalam hal gaji, rata-rata sekitar £ 9.821 lebih banyak daripada pekerjaan non-profesional.

3. Ilmu yang Akan Diterapkan di Kehidupan Nyata

Alasan Penting Mempelajari Ilmu Ekonomi adalah ilmu dalam semua aspek kehidupan kita. Mahasiswa akan memahami segala sesuatu yang berhubungan dengan penetapan harga barang dan jasa. Selain itu, mereka juga akan memahami standar ekonomi yang berbeda di setiap negara. Ilmu ekonomi juga sangat erat diterapkan dalam kehidupan nyata.

Anda dapat dengan mudah mengevaluasi dan melihat bagaimana keadaan pasar global. Banyak universitas juga menawarkan kesempatan untuk menerapkan ilmu ekonomi di dunia kerja sambil kuliah.

4. Melatih Kemandirian

Belajar ekonomi juga akan membuat siswa lebih mandiri. Karena ilmu ekonomi akan melatih siswa untuk langsung mengaplikasikan ilmunya dalam kehidupan nyata. Kualitas pendidikan bisnis di sebagian besar universitas di Inggris bahkan mampu menarik mahasiswa asing untuk belajar di universitas tersebut.

5. Ekonomi Merupakan Jendela Dunia

Ekonomi berlaku untuk hampir setiap aspek kehidupan sehari-hari. Dengan mempelajari ilmu ekonomi, Anda dapat menemukan berbagai hal yang mempengaruhi kehidupan banyak orang, seperti:

  • Sepakat
  • Keuangan
  • Administrasi
  • Hukum
  • Pemerintah, baik daerah maupun nasional

6. Ilmu Ekonomi Memiliki Segudang Ketrampilan yang Berharga

Ekonomi lebih dari sekedar teori karena mencakup cara berpikir. Alasan Penting Mempelajari Ilmu Ekonomi , Anda mendapatkan cara yang logis untuk menghadapi berbagai masalah. Belajar ekonomi juga akan membantu Anda mengembangkan keterampilan Anda dalam berbagai cara, termasuk:

  • Keterampilan komunikasi dan aritmatika
  • Kemampuan berpikir kritis
  • Penguasaan keterampilan membaca secara umum
  • Dapatkan informasi mendetail tentang opsi dan penyeimbangan biaya
  • Memahami dan mampu mengevaluasi bagaimana proyek dan kebijakan publik
  • Dapatkan wawasan tentang mekanisme alokasi sumber daya negara bagian dan lingkungan secara umum

7. Jurusan Ekonomi Mampu Menciptakan Lulusan yang Hebat

Keterampilan dan karakter pribadi yang kuat dibutuhkan dalam dunia bisnis saat ini. Oleh karena itu, pengusaha tertarik pada kandidat yang memenuhi kriteria ini.

Jurusan ekonomi akan melatih lulusannya dengan keterampilan analitis dan pemecahan masalah yang sangat baik. Tak heran jika jurusan ini mampu mencetak lulusan-lulusan bagus yang sangat diperlukan dalam dunia bisnis.

8. Peluang Kerja Lebih Beragam

Berbagai keterampilan yang dikembangkan melalui studi ekonomi akan membuka banyak peluang karir bagi lulusan. Masih ada kesalahpahaman tentang peluang kerja bagi lulusan bisnis yang dianggap kurang baik sebagai lulusan di bidang lain.

Menurut angka terbaru dari Kementerian Pendidikan, lulusan bisnis memperoleh rata-rata 173% dari pendapatan rata-rata nasional lima tahun setelah lulus. Untuk persentase lulusan yang bekerja sekitar 73% dan sisanya melanjutkan ke jenjang studi yang lebih tinggi.

Dalam beberapa tahun terakhir, lulusan bisnis Universitas Otago telah menemukan pekerjaan baik di sektor publik maupun swasta. Diantara mereka:

  • Bank
  • perusahaan akuntansi
  • Firma hukum
  • Perusahaan leasing
  • Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan
  • Departemen Kru
  • Menteri Dalam Negeri
  • Kementerian Perdagangan
  • administrasi rumah sakit
  • Dewan Statistik Nasional
  • Universitas dan lembaga pendidikan lainnya

9. Kita Bisa Bersikap dan Memberi Tanggapan Terkait Isu Ekonomi yang Sedang Terjadi

Karena Anda menganggap serius ekonomi, Anda akan memiliki pandangan yang lebih luas tentang bidang keuangan daripada orang biasa. Dengan begitu, Anda bisa bereaksi dan bertindak jika, misalnya, ekonomi mengalami resesi. Anda juga dapat memberikan saran dan beberapa pembenaran tentang masalah keuangan ini.

10. Lebih dari sekadar kurva belajar

Banyak yang beranggapan bahwa ilmu ekonomi hanya sebatas mempelajari kurva, grafik, model dan semua teori yang dianggap membosankan. Pada kenyataannya, ekonomi lebih beragam dan bukan hanya teori.

Seperangkat teori ekonomi yang didasarkan pada asumsi tentang bagaimana manusia berperilaku secara rasional dalam hal ekonomi. Tidak hanya mempelajari teori, kita juga akan belajar betapa pentingnya bagi kita untuk mengetahui apa yang harus dilakukan jika hipotesis ini gagal.

Jadi belajar ekonomi bukan hanya mempelajari kurva dan sejenisnya. Tapi cari tahu bagaimana ketidakseimbangan kognitif mempengaruhi pengambilan keputusan ekonomi. Tentu saja, itu sangat penting untuk kelangsungan hidup menjadi lebih baik.

Demikian artikel 10 Alasan Penting Mempelajari Ilmu Ekonomi dapat bermanfaat bagi anda semua.