10 Nama Penyakit Gigi dan Mulut Ringan Hingga Parah, Waspadai

Gigi dan mulut merupakan sarana penting bagi tubuh, yaitu sebagai titik awal pencernaan. Jika kesehatan gigi dan mulut terganggu maka akan menurunkan fungsinya. Hal ini akan menimbulkan 10 Nama Penyakit Gigi dan Mulut Ringan Hingga Parah, Waspadai

10 Nama Penyakit Gigi dan Mulut
asset.kompas.com

Tidak hanya berupa rasa sakit atau tidak nyaman pada gigi, tetapi juga dapat mengalami bau mulut akibat penyakit serius lainnya yang disebabkan oleh gangguan kesehatan akibat hilangnya gigi dan mulut.

Untuk merawat gigi dan mulut dengan lebih baik, penting untuk mengetahui 10 Nama Penyakit Gigi dan Mulut yang tidak bisa dianggap enteng.

Berikut 10 Nama Penyakit Gigi dan Mulut

Sariawan

Sariawan merupakan salah satu dari 10 Nama Penyakit Gigi dan Mulut yang paling sering terjadi pada orang dewasa. Kondisi ini menyebabkan pasien mengalami nyeri akibat cedera jaringan lunak.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan lesi kanker, seperti keturunan dan bahkan masalah kesehatan lainnya. Misalnya lubang tajam, karang gigi dan sisa akar gigi.

Untuk menghindari sariawan, Anda bisa mencegahnya dengan selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Biasakan juga untuk rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali dan atasi masalah gigi dengan benar, jangan ditunda-tunda.

Bau Mulut

10 Nama Penyakit Gigi dan Mulut selanjutnya yang umum berikutnya adalah bau mulut. Bau mulut bisa terjadi pada orang dewasa karena akumulasi bakteri yang berlebihan di dalam mulut.

Bau mulut juga bisa terjadi karena masalah kesehatan gigi. Misalnya penumpukan karang gigi yang tidak pernah dibersihkan, gigi berlubang yang belum dirawat dan sisa akar yang belum dibersihkan.

Gigi Berlubang

Lubang terjadi karena jaringan gigi telah berubah menjadi kerusakan gigi. Untuk mengobati kerusakan gigi, Anda bisa menambal gigi di dokter gigi. Dokter akan terlebih dahulu menangkap dan membersihkan karies gigi, kemudian dilanjutkan dengan mengisinya dengan bahan yang sesuai.

Jika Anda melihat kerusakan gigi, segera temui dokter karena kerusakan gigi akan terus berpindah ke gigi Anda. Ketika mencapai pulpa gigi, hanya bisa diselamatkan dengan perawatan saluran akar. Kondisi ini tidak bisa lagi diobati dengan tambalan.

Gusi Berdarah

Gusi berdarah juga merupakan penyakit gigi dan mulut yang umum. Gusi berdarah atau gingivitis adalah bagian dari mekanisme pertahanan tubuh. Kondisi ini menandakan bahwa area gusi kotor, sehingga tubuh akan menganggapnya sebagai iritan untuk dihilangkan dengan mengeluarkan darah.

Jika gusi berdarah terus menerus, tidak hanya bakteri tetapi juga tulang yang menopang gigi akan ikut terbasmi. Gejala gusi berdarah biasanya tidak terasa nyeri pada penderita, sehingga sebagian besar penderita tidak menyadarinya.

Maka tidak heran jika gusi berdarah sering pecah dan menjadi infeksi yang persisten. Kondisi ini bisa dicegah dengan membersihkan karang gigi setiap 6 bulan sekali di dokter gigi.

Tumbuhnya Gigi Bungsu

Gigi bungsu hanya tumbuh pada usia dewasa, yaitu berkisar antara 17 hingga 23 tahun ke atas. Gigi ini dapat menyebabkan rasa sakit dan masalah gigi dan mulut lainnya. Misalnya, pada gigi bungsu yang tumbuh menyamping, makanan bisa tersangkut di dalamnya sehingga muncul lubang karena sulit dibersihkan.

Bukan hanya gigi bungsu yang tumbuh saja yang sakit, tapi juga akan ada lubang di gigi sebelahnya yang tersangkut makanan.

Gigi Abrasi

10 Nama Penyakit Gigi dan Mulut selanjutnya adalah gigi abrasi dapat terjadi karena gesekan yang terlalu kuat dan terus menerus antar gigi. Penyebab keausan gigi bermacam-macam, seperti menyikat gigi terlalu keras, kawat gigi yang terlalu ketat, dan beberapa kebiasaan lainnya.

Untuk mencegah keausan gigi, Anda dapat menghindari hal-hal yang dapat memicu keausan. Misalnya, perhatikan cara menyikat gigi. Pilih sikat gigi yang tepat, untuk menghilangkan kebiasaan menggunakan tusuk gigi dan menggigit pulpen.

Lubang Besar dan Sisa Akar

Lubang besar dimulai dari lubang kecil yang diabaikan hingga lepas. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit yang tidak menyenangkan. Terkadang lubang besar ini juga menjadi pusat berkembangnya bakteri yang akan mempengaruhi gigi lainnya.

Sedangkan sisa akarnya adalah kotoran yang tersimpan di dalam mulut. Kondisi ini biasanya menyebabkan bau mulut. Selain itu, sisa akar juga mengiritasi jaringan gusi dan meredakan peradangan.

Untuk itu perlu dilakukan perawatan gigi berlubang dan menghilangkan sisa akar gigi yang dapat dilakukan oleh dokter gigi.

Kanker mulut

Setelah membahas berbagai 10 Nama Penyakit Gigi dan Mulut yang hampir sering terjadi pada orang dewasa, ternyata ada berbagai penyakit gigi dan mulut yang kondisinya cukup serius. Kanker mulut adalah penyakit gigi dan mulut yang serius atau mengancam jiwa yang disebabkan oleh kurangnya kebersihan mulut.

Kanker mulut mempengaruhi jaringan lunak mulut, yang berarti lidah, bibir, selaput lendir, dasar mulut, dan bagian dalam pipi. Jika tidak diobati, kanker mulut dapat menyebar ke seluruh tubuh. Risiko kanker mulut akan meningkat jika Anda seorang perokok, alkoholik, dan sebagainya.

Penyakit jantung

Jika Anda memiliki masalah kesehatan pada gigi dan mulut Anda, secara otomatis akan ada sejumlah obat atau bahan kimia yang Anda minum untuk menghilangkan rasa sakit tersebut. Zat ini selanjutnya akan masuk ke aliran darah, beredar ke seluruh tubuh. Inilah yang biasanya mempengaruhi kesehatan jantung Anda.

Diabetes

Kesehatan gusi juga berpengaruh pada penderita diabetes. Oleh karena itu, jika Anda memiliki penyakit gusi, Anda sering mengalami kesulitan mengontrol diabetes akibat peradangan kronis pada mulut, yang menjadi tantangan bagi tubuh untuk mengontrol metabolisme gula.

Pneumonia

Masalah kesehatan gigi dan mulut dapat meningkatkan risiko pneumonia pada lansia yang tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut secara optimal. Dalam keadaan normal, Anda bisa membangun plak gigi.

Namun pada lansia atau lanjut usia, plak akan masuk ke paru-paru, sehingga terdapat bakteri penyebab pneumonia yang sangat parah pada orang yang berusia antara 80 dan 90 tahun.

Kerusakan pada mata dan otak

Jika 10 Nama Penyakit Gigi dan Mulut tidak segera ditangani, akan terjadi kasus kerusakan gigi yang parah, yang dapat menyebar dan mempengaruhi bagian tubuh lainnya, termasuk mata dan otak.

Gigi berlubang yang tidak dirawat dapat berubah menjadi abses, kemudian membengkak dan mengganggu kemampuan bernafas atau menelan. Lebih buruk lagi, kerusakan gigi yang tidak segera ditangani dapat mengancam jiwa.

Erosi Gigi

Erosi gigi adalah hilangnya struktur gigi dan disebabkan oleh asam yang menyerang email. Tanda dan gejala erosi gigi dapat berkisar dari sensitivitas hingga masalah yang lebih serius seperti gigi retak. Untungnya, gigi retak adalah masalah umum yang dapat dengan mudah dicegah dengan makan makanan yang sehat dan menjaga kebersihan mulut yang baik.

Gigi sensitif

Pada dasarnya, gigi sensitif melibatkan rasa sakit atau ketidaknyamanan pada gigi setelah terpapar permen, udara dingin, minuman panas, minuman dingin atau es. Beberapa orang dengan gigi sensitif bahkan mengalami ketidaknyamanan saat menyikat gigi dan flossing. Kabar baiknya, gigi sensitif bisa dirawat. Gigi sensitif juga bisa menjadi tanda gigi retak atau abses gigi yang perlu ditangani oleh dokter gigi untuk mencegah kehilangan gigi atau infeksi pada tulang rahang.

itulah artikel tetang 10 Nama Penyakit Gigi dan Mulut Ringan Hingga Parah, Waspadai. semoga bermanfaat