Ciri-Ciri Herpes Zoster Mulai Sembuh Simak Ulasan Ini!

Simak Ciri-Ciri Herpes Zoster Mulai Sembuh ketika kulit melepuh akibat penyakit ini mulai berair dan pecah-pecah. Kondisi ini biasanya berlangsung 1 hingga 2 minggu setelah munculnya sensasi terbakar dan kesemutan di permukaan kulit.

Perasaan itu sendiri adalah tanda pertama bahwa Anda menginginkan herpes zoster. Selanjutnya penyakit ini akan berkembang di dalam tubuh, yang biasanya berlangsung 3 sampai 5 minggu.

Ciri-Ciri Herpes Zoster Mulai Sembuh
awsimages.detik.net.id

Apa itu herpes zoster?

Herpes zoster adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus varicella-zoster (VZV). Virus ini adalah virus yang sama yang menyebabkan cacar air. Herpes zoster juga sering disebut herpes kulit, herpes zoster, atau herpes zoster.

Saat terkena cacar air dan sembuh, VZV tidak hilang dari tubuh. Varicella zoster dapat hidup dan “tidur” di sistem saraf selama bertahun-tahun sebelum diaktifkan kembali sebagai herpes zoster.

Meski disebabkan oleh virus yang sama, ada beberapa perbedaan antara cacar air dan herpes zoster (herpes zoster). Salah satu perbedaan yang terlihat adalah gejala yang terjadi.

Infeksi virus jenis ini ditandai dengan ruam merah yang menjadi elastis dan dapat menyebabkan rasa sakit dan terbakar.

Ruam biasanya muncul sebagai garis lepuh di satu sisi tubuh, biasanya di dada, leher, atau wajah. Meskipun ini bukan kondisi yang mengancam jiwa, herpes zoster bisa sangat menyakitkan.

Vaksin dapat membantu mengurangi risiko herpes zoster. Sedangkan pengobatan dini dapat membantu mempercepat masa infeksi virus herpes kulit ini dan mengurangi kemungkinan terjadinya komplikasi.

Seberapa umumkah herpes zoster?

Kebanyakan herpes kulit dapat disembuhkan dalam 2-3 minggu. Herpes zoster jarang terjadi lebih dari sekali pada orang yang sama, tetapi sekitar 1 dari 3 orang akan terkena herpes zoster di beberapa titik dalam hidup mereka.

Penyakit ini lebih sering terjadi pada orang tua dan pada orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Dikutip dari DermaNet NZ, siapa saja yang pernah terkena cacar air bisa terkena herpes zoster. Herpes zoster dapat terjadi pada anak-anak tetapi lebih sering terjadi pada orang dewasa, terutama orang tua.

Virus yang menyebabkan herpes zoster aktif kembali seiring bertambahnya usia, biasanya setelah 50 tahun. Hal ini disebabkan oleh proses penuaan di dalam tubuh.

Gejala Herpes Zoster

Gejala pertama herpes zoster biasanya nyeri, yang bisa parah karena mempengaruhi satu atau lebih sistem saraf. Rasa sakit dapat terjadi hanya di satu tempat atau menyebar.

Pada gejala pertama Anda mungkin merasa tidak nyaman, demam dan sakit kepala. Kelenjar getah bening yang mengalirkan daerah yang terkena sering membesar dan nyeri tekan.

Dalam satu hingga tiga hari nyeri, ruam akan muncul di area kulit yang terkena. Ciri-ciri ruam herpes yang terjadi adalah:

  • Garis-garis merah terdiri dari bintik-bintik kemerahan yang menumpuk di satu bagian
  • Lepuh berisi cairan yang mudah pecah (elastis)
  • Ruam yang menutupi dari tulang belakang ke perut
  • Ruam di wajah dan telinga
  • Sensasi gatal

Seperti gejala cacar air, ruam awalnya muncul sebagai papula (bercak) merah. Dalam beberapa hari, ruam akan melepuh dan menjadi elastis. Kemudian karet gelang akan putus dan membentuk luka kering (keropeng).

Dada, leher, dahi, dan area suplai saraf sensorik paling sering terkena.

Cacar air juga terkadang menyebabkan lecet di mulut, telinga, dan alat kelamin. Gejala herpes zoster yang terjadi juga bisa berupa luka pada kulit tanpa ruam atau ruam tanpa rasa sakit. Kondisi ini lebih sering terjadi pada anak-anak.

Beberapa orang mengalami lebih banyak tanda dan gejala daripada rasa sakit dan ruam herpes zoster. Gejala-gejala ini dapat mencakup:

  • Demam
  • Merinding
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Kelemahan otot

Apa penyebab herpes zoster (snakepox)?

Cacar adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster (VZV), yang merupakan jenis virus herpes. Oleh karena itu, penyakit ini disebut juga dengan herpes zoster dan termasuk dalam penyakit herpes kulit bersama dengan herpes oral dan genital.

Varicella zoster adalah virus penyebab cacar air. Ini berarti siapa saja yang pernah menderita cacar air juga bisa terkena herpes zoster.

Ketika Anda sembuh dari cacar air, virus tidak benar-benar hilang dari tubuh Anda. Virus tetap berada di sistem saraf dan tertidur (tertidur). Pada stadium dorman, virus tidak aktif menginfeksi, sehingga tidak menimbulkan penyakit.

Varicella zoster yang dorman dan terinfeksi kembali akan menyebabkan herpes zoster. Hingga saat ini, belum diketahui apa yang menyebabkan virus tersebut “bangun”.

Para ahli menduga bahwa penurunan kekebalan terhadap infeksi akibat penyakit dan obat-obatan tertentu, termasuk usia, adalah pemicu utama cacar air.

Apakah herpes zoster menular?

Dikutip dari Mayo Clinic, seseorang yang menderita herpes zoster dapat menyebarkan virus Varicella zoster kepada siapa saja yang tidak diimunisasi cacar air.

Virus cacar air ditularkan melalui kontak langsung dengan luka terbuka dari ruam yang disebabkan oleh herpes zoster. Tetapi orang yang terinfeksi akan mengalami cacar air, bukan cacar air.

Apa itu herpes zoster?

Seperti cacar air, herpes zoster menyebabkan ruam yang menyakitkan di satu sisi kulit. Virus penyebab kedua penyakit ini sama, yaitu virus varicella-zoster yang merupakan bagian dari famili virus herpes.

Inilah sebabnya mengapa jika Anda pernah menderita cacar air, herpes zoster dapat muncul di kemudian hari. Karena virus ini tidak pernah hilang tetapi tetap berada di sistem saraf dan akan aktif ketika sistem kekebalan tubuh melemah.

Tahapan Ciri-Ciri Herpes Zoster Mulai Sembuh

Untuk mengetahui Ciri-Ciri Herpes Zoster Mulai Sembuh, perlu dipahami tahapan perkembangan penyakit ini di dalam tubuh. Biasanya, Anda harus mulai memperhatikan saat kulit Anda sensitif dan sakit.

Gejala awal penyakit ini hingga ruam herpes zoster yang khas mulai sembuh adalah:

  • Ketidaknyamanan dalam tubuh
  • Kulitnya hangat
  • Gangguan
  • Gatal gatal
  • Mati rasa di bagian kulit
  • perasaan geli

Proses kesembuhan

Ciri-Ciri Herpes Zoster Mulai Sembuh Dalam satu sampai lima hari kemudian, biasanya akan muncul ruam merah di area sensitif kulit. Kemudian ruam akan membentuk lepuh berisi cairan, yang merupakan tanda herpes zoster mulai sembuh.

Menuju penyembuhan Anda akan mengalami tahapan sebagai berikut:

Muncul Bintik Melepuh

Ciri-Ciri Herpes Zoster Mulai Sembuh Munculnya lepuh biasanya terjadi sekitar 5 hari setelah tanda-tanda pertama herpes zoster muncul. Lepuh ini akan berlangsung selama 7-10 hari ke depan, jangan khawatir, ini adalah tanda-tanda awal herpes zoster mulai sembuh.

Pada titik ini, kami menyarankan Anda untuk beristirahat dari semua jenis aktivitas yang Anda alami saat ini. Karena Anda berpotensi menularkan virus ini kepada orang lain melalui cairan dari lepuh tersebut.

Selama waktu ini, Anda mungkin mengalami gejala berikut:

  • Mengejutkan
  • lelah
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Merasa tidak nyaman
  • Mual
  • Peka terhadap cahaya

Pecah dan berkoreng

Ciri-Ciri Herpes Zoster Mulai Sembuh Gejala selanjutnya ketika herpes zoster mulai sembuh adalah lepuh pecah dan membentuk koreng. Proses ini biasanya memakan waktu satu hingga 3 minggu untuk sembuh.

Namun, Anda akan mengalami proses penyembuhan yang lebih lama jika Anda mengalami ruam dan lepuh di kulit kepala. Untuk kondisi ini, biasanya butuh waktu beberapa bulan untuk sembuh, lho!

Selama proses penyembuhan, lepuh ini akan mengecil dan rasa sakit juga akan mereda. Proses ini biasanya memakan waktu tiga sampai lima minggu.

Kemungkinan komplikasi

biasanya Ciri-Ciri Herpes Zoster Mulai Sembuhdalam waktu tiga sampai lima minggu. Jika gejala herpes zoster mulai sembuh tetapi tidak membaik, Anda mungkin mengalami komplikasi.

Kondisi ini jarang terjadi, hanya sekitar 10% hingga 15% penderita herpes zoster yang dapat mengalami nyeri saraf kronis. Dan semakin tua Anda, semakin besar kemungkinan komplikasi yang mengarah ke neuralgia pascaherpes.

Namun, rasa sakit akan mereda seiring waktu. Beberapa pengobatan yang dapat Anda gunakan adalah suntikan anti inflamasi, penghambat saraf, beberapa antidepresan trisiklik, atau obat tradisional yang dapat dibuat dari cabai untuk mengurangi nyeri saraf.

Apa yang dapat Anda lakukan selama proses penyembuhan?

Saat gejala herpes zoster Anda mulai sembuh, Anda dapat melakukan hal berikut:

  • Bersantai sejenak saat Anda menghilangkan fokus dari rasa sakit yang disebabkan oleh herpes zoster.
  • Kenakan pakaian yang longgar
  • Usahakan agar ruam tetap kering dan bersih. Jangan menutupinya dengan salep karena dapat menghambat proses terik dan proses pengeringan
  • Jangan berbagi seprai, pakaian atau handuk dengan orang lain untuk mencegah penyakit ini menyebar ke mereka.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga, itulah artikel tentang Ciri-Ciri Herpes Zoster Mulai Sembuh semoga bermanfaat