25 Makanan Penghilang Gatal Pada Kulit Ampuh No Hoax!

Alergi terjadi sebagai reaksi ketika partikel asing masuk ke dalam tubuh. Sel-sel dalam tubuh menghasilkan zat kimia yang disebut histamin. Histamin inilah yang kemudian menyebabkan alergi, seperti ruam, gatal, iritasi. Namun taukah anda terdapat Makanan Penghilang Gatal Pada Kulit lohh, yuk simak ulasan berikut.

Alergi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Dalam kasus alergi, Anda harus segera menghubungi dokter. Namun, untuk meredakan alergi, konsumsilah makanan, buah, dan sayuran tertentu yang bisa meredakan alergi, termasuk alergi kulit.

Makanan Penghilang Gatal Pada Kulit
asset-a.grid.id

Pola makan yang sehat dapat membantu mengatasi berbagai kondisi medis, termasuk alergi. Buah dan sayuran sebagai makanan kaya nutrisi ternyata bisa mengatasi alergi apapun lho.

Alergi adalah reaksi yang terjadi saat partikel asing masuk ke dalam tubuh. Sel-sel dalam tubuh akan menghasilkan zat kimia yang disebut histamin, yang menyebabkan alergi. Gejala alergi yang umum termasuk ruam, gatal, iritasi, bersin, mata merah, dll. Berikut 25 Makanan Penghilang Gatal Pada Kulit.

25 Makanan Penghilang Gatal Pada Kulit

1. Apel

Makanan Penghilang Gatal Pada Kulit yang pertama adalah Apel, apel mengandung zat yang disebut quercetin. Obat tersebut dapat mencegah pelepasan histamin dari sel-sel tubuh dengan menstabilkan histamin. Anda bisa makan apel untuk mengobati gejala alergi.

2. Semangka

Semangka juga Makanan Penghilang Gatal Pada Kulit. Semangka kaya akan kandungan air dan dapat membantu menghilangkan semua racun penyebab alergi. Buah ini juga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-alergi karena mengandung zat yang dikenal sebagai kurkumin. Campurkan satu sendok teh kunyit dengan susu hangat dan minum dua kali sehari untuk mencegah alergi.

4. Lemon

Lemon juga dikenal sebagai alergen karena buah ini banyak mengandung vitamin C. Lemon dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan Makanan Penghilang Gatal Pada Kulit. Buah ini juga mengandung antioksidan yang dapat membantu membuang semua limbah dan racun yang menumpuk di dalam tubuh. Minum 1-2 gelas jus lemon sehari untuk mencegah alergi.

5. Teh hijau

Makanan Penghilang Gatal Pada Kulit selanjutnya adalah teh. Teh hijau mengandung antioksidan kuat yang dikenal sebagai epigallocatechin gallate, yang dapat mencegah reaksi alergi dalam tubuh. Teh hijau juga mengurangi peradangan dan histamin. Minum dua cangkir teh hijau lemon sehari untuk mengobati alergi.

6. bawang putih

Bawang putih dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan peradangan. Bawang putih juga dikenal sebagai antibiotik alergi dan dapat mencegah alergi. Anda dapat mengkonsumsi tiga siung bawang putih sehari untuk mencegah alergi musiman. Jika Anda tidak suka makan bawang putih, Anda bisa mengonsumsi bawang putih kapsul.

7. Jahe

Jahe juga dapat mengurangi peradangan dan gejala alergi lainnya dengan menghalangi produksi alergi. Jahe juga mengandung antioksidan dan sangat bermanfaat bagi penderita asma. Untuk mengobati alergi, Anda bisa mengonsumsi wedang jahe secara langsung.

8. Yoghurt

Yogurt kaya akan probiotik (bakteri baik), yang membantu melawan alergi dan memiliki sifat anti-inflamasi. Yogurt juga bisa menyembuhkan alergi secara alami. Rajin makan yogurt selama kehamilan juga bisa mengurangi risiko eksim pada bayi.

9. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan potasium, magnesium, dan vitamin B6, yang dapat mengurangi peradangan. Ubi jalar juga mengandung vitamin C, yang dapat meningkatkan kekebalan dan mengurangi sekresi histamin.

10. Jeruk.

Jeruk vitamin C dapat membantu meredakan pilek dan mengobati alergi. Dilansir dari healthline.com, makanan kaya vitamin C terbukti dapat mengurangi rinitis alergi sekaligus menghambat sel yang meradang untuk melepaskan histamin dalam tubuh.

11. Stroberi.

Stroberi juga tinggi vitamin C. Dilansir dari bestlife.com Selain vitamin C, stroberi juga memiliki antioksidan yang tinggi. Keduanya dapat membantu mengurangi efek alergi.

12. Apel.

Apel mengandung senyawa penting yang juga Makanan Penghilang Gatal Pada Kulit . Menurut webmd.com, senyawa kimia yang disebut quercetin dari apel dapat memblokir histamin dan mengatasi alergi.

13. Semangka.

Semangka mengandung vitamin C yang dibutuhkan tubuh saat terjadi alergi. Dilansir dari dailyhealth.com, ahli gizi, Dr Bielory mengungkapkan bahwa vitamin C merupakan salah satu vitamin penting yang dapat menangkal reaksi alergi.

14. Nanas.

Nanas bisa menjadi buah yang secara alami Makanan Penghilang Gatal Pada Kulit. Menurut thehealthsite.com, nanas mengandung bromelain yang dapat meredakan iritasi dan pembengkakan pada mata dan hidung yang gatal saat sedang pilek.

15. Kacang almond.

Makanan Penghilang Gatal Pada Kulit kaya akan magnesium yang menjadi salah satu rekomendasi untuk mengatasi alergi. Laporan dari healthline.com bahwa almond kaya akan magnesium yang sangat baik untuk meredakan alergi.

16. Kacang mete.

Kacang mete kaya akan magnesium. Magnesium memiliki efek relaksasi pada otot-otot bronkus dan seluruh tubuh. Kacang mete juga bisa meredakan alergi.

17. Tomat.

Tomat merupakan sumber nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Tomat mengandung vitamin C yang sangat diperlukan bagi penderita alergi. Menurut healthline.com, tomat juga mengandung likopen, senyawa antioksidan yang dapat membantu meredakan gejala peradangan pada penderita alergi.

18. Cabai merah.

Meski rasanya pedas seperti cabai, cabai sebenarnya memiliki sejumlah manfaat. Cabai merah mengandung vitamin E yang dapat membantu meredakan alergi kulit. Dilansir dailyhealth.com, vitamin E efektif mengurangi peradangan sehingga bisa meredakan gejala alergi.

19. Lemon.

Lemon adalah buah yang diketahui memiliki vitamin C. Menurut centa.com, vitamin C dalam lemon mampu menghalangi pelepasan histamin, yang dapat membantu mencegah berkembangnya gejala alergi.

20. Ubi jalar.

Makanan Penghilang Gatal Pada Kulit adalah ubi jalar. Kandungan potasium, magnesium, dan vitamin B6 dalam ubi jalar dapat mengurangi peradangan, termasuk pada kulit. Dilansir dari webmd.com, vitamin C ubi jalar juga dapat menurunkan histamin yang menyebabkan banyak gejala alergi.

21. Lidah Buaya

Salah satu tanaman yang dikenal memiliki segudang manfaat untuk kulit adalah lidah buaya. Mengoleskan gel lidah buaya dapat membantu meredakan iritasi akibat kulit yang gatal atau kering. Bahan-bahan dalam tanaman ini membantu melembabkan dan menjaga kadar air kulit tetap memadai.

Secara umum, obat alami ini aman digunakan. Namun, Anda harus membiasakan diri untuk menguji reaksi alergi sebelum menerapkannya. Pengujian reaksi alergi dapat dilakukan dengan mengoleskan sedikit lidah buaya ke telapak tangan.

22. Oatmeal

Selain baik untuk menu sarapan, oatmeal juga dapat membantu mengatasi gatal-gatal pada kulit. Pada dasarnya, oatmeal memiliki sifat pelembab yang dapat membantu melembapkan kulit.

Cara mendapatkan manfaat oatmeal bagi kesehatan, coba campurkan oatmeal berbentuk krim koloid dalam air mandi.

Oatmeal juga dikatakan mengandung zat anti inflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi rasa gatal, kulit kering dan kulit kasar atau keras.

23. Kunyit

Dalam penelitian terhadap 150 orang penderita eksim, peneliti menggunakan krim yang mengandung kunyit selama 4 minggu untuk mengobati gatal. Bagaimana hasilnya? Hampir 30-32 persen penurunan kulit bersisik dan gatal pada setiap subjek.

Kunyit mengandung senyawa aktif yang disebut kurkumin, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan bakterisida. Senyawa ini membantu mengobati peradangan dan gatal-gatal pada kulit.

Namun, krim kunyit dalam penelitian ini juga mengandung bahan anti-inflamasi lain yang berkontribusi pada perbaikan. Oleh karena itu, penelitian ini tidak dapat menyimpulkan bahwa kunyit saja dapat meredakan gejala eksim.

24. Es batu

Mengompres kulit yang gatal dengan es batu juga dapat membantu meringankan gejala gatal pada kulit. Coba letakkan kompres es atau es batu yang dilapisi kain pada kulit yang gatal.

25. Perbanyak air

Gatal pada kulit juga bisa terjadi karena kekurangan cairan dalam tubuh alias dehidrasi. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memperbanyak konsumsi air. Singkatnya, minum banyak air dapat membantu mengobati kulit gatal.

26. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk mengobati kulit gatal. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa minyak kelapa efektif dalam mengobati masalah kulit, termasuk gatal-gatal akibat peradangan yang disebabkan oleh alergi.

Minyak kelapa tidak hanya memiliki sifat anti-inflamasi, tetapi juga dapat meredakan rasa sakit akibat peradangan. Mengoleskan minyak ini juga membantu meningkatkan kadar antioksidan yang berfungsi menstabilkan radikal bebas dan mengobati peradangan yang memicu rasa gatal.

Berikut 25 Makanan Penghilang Gatal Pada Kulit Ampuh No Hoax!. Semoga bermanfaat!