Cara Mencegah Penyakit Menular Melalui Kulit Adalah

Banyaknya bakteri dan virus yang mudah masuk ke dalam tubuh manusia tentunya akan berdampak negatif bagi kesehatan manusia. Salah satu cara bakteri dan virus dapat masuk ke dalam tubuh dan mengganggu kesehatan tubuh manusia adalah melalui kulit yang bersentuhan langsung dengan sumber bakteri atau virus tersebut. Lalu Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Menular Melalui Kulit Simak artikel berikut:

Cara Mencegah Penyakit Menular Melalui Kulit
image-cdn.medkomtek.com2

Ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh penularan virus dan bakteri melalui kulit. Untuk alasan ini, orang harus mengambil sejumlah tindakan pencegahan untuk menghindari penyakit ini.

Apa saja cara untuk mencegah penyakit menular melalui kulit? Simak jawabannya di bawah ini.

Cara Mencegah Penyakit Menular Melalui Kulit

Menurut dr. Amin Bagus Rahadi, MM dalam bukunya yang berjudul Anatomy of Skin Physiology, kulit merupakan organ terberat manusia dengan kisaran sekitar 15% dari berat tubuh manusia.

Kulit sendiri terdiri dari beberapa lapisan, yaitu lapisan epidermis yang berasal dari permukaan ektoderm dan lapisan dermal yang berasal dari mesoderm.

Secara umum, fungsi kulit bagi tubuh manusia adalah untuk melindungi seluruh organ dan otot yang dikandungnya. Tak heran, kulit merupakan organ yang sering bersentuhan dengan bahan-bahan di luar tubuh.

Untuk itu, masyarakat disarankan untuk menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari penyakit menular. Padahal kulit merupakan organ yang sangat rentan terhadap virus dan bakteri yang terdapat di luar tubuh.

Dikutip dari SK Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI nomor HK. 02.03/D1/I.1/527/2018 ada banyak penyakit yang ditularkan melalui kontak langsung atau tidak langsung dengan hewan atau manusia yang terinfeksi.

Berbagai penyakit menular melalui kulit, seperti herpes, cacar, kudis, kurap dan sebagainya. Tentunya untuk mencegah penyakit ini diperlukan beberapa langkah agar terhindar dari penyakit tersebut. Cara Mencegah Penyakit Menular Melalui Kulit

Salah satu Cara Mencegah Penyakit Menular Melalui Kulit adalah dengan menghindari kontak dengan penderita penyakit menular, baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, ada banyak cara lain untuk mencegah penularan penyakit melalui kulit dan untuk menjaga kesehatan kulit, yaitu:
Untuk menjaga kesehatan kulit, masyarakat disarankan untuk menggunakan pelembab atau lotion saat kulit mulai mengering.

Cara Mencegah Penyakit Menular Melalui Kulit :

  1. Jaga kebersihan tubuh dengan mandi dua kali sehari.
  2. Penggunaan barang-barang pribadi, seperti handuk, pakaian, dll.
  3. Jangan berbagi barang pribadi dengan orang lain.
  4. Ganti pakaian Anda setidaknya sekali sehari.
  5. Jaga kebersihan tempat tidur atau kasur Anda dengan mengganti seprai, sarung bantal, dan selimut
  6. Minumlah air yang cukup untuk menjaga kulit tetap terhidrasi agar tidak kering.
  7. Hindari perawatan kulit yang ekstrim tanpa saran dokter.
  8. Hentikan kebiasaan menggaruk kulit secara berlebihan, yang dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan.
  9. Gunakan pelembab atau losion saat kulit Anda mulai mengering.
  10. Hindari menggaruk, mengelupas, atau retak luka, lecet, atau lecet yang berada di bawah kulit.

Itulah artikel tentang Cara Mencegah Penyakit Menular Melalui Kulit Semoga Bermanfaat