10 Manfaat Pendinginan Setelah Berolahraga Tak Kalah Penting!

Manfaat pendinginan setelah berolahraga sangat penting bagi tubuh. Pendinginan diperlukan setelah berolahraga agar otot tidak cedera setelah berolahraga. Selain itu, pendinginan juga dapat meningkatkan jangkauan gerak otot sehingga tidak mudah cedera.

Manfaat Pendinginan Setelah Berolahraga
image-cdn.medkomtek.com

Pendinginan juga telah terbukti membantu mengatasi rasa sakit yang biasanya terjadi setelah 1 atau 2 hari berolahraga. Seperti halnya pemanasan, gerakan pendinginan tidak boleh sembarangan karena mempengaruhi otot-otot di tubuh Anda.

Manfaat pendinginan setelah berolahraga sangat penting untuk menghindari kerusakan otot. Anda bisa menggunakan cara yang tepat untuk melakukan pendinginan setiap kali berolahraga, dimana pendinginan untuk jogging pasti berbeda dengan latihan kekuatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (19/1/2021) tentang manfaat pendinginan setelah latihan.

10 Manfaat Pendinginan Setelah Berolahraga

1. Mencegah Stres pada Tubuh

Manfaat pendinginan yang pertama setelah berolahraga adalah mencegah stres pada tubuh. Gerakan dinamis yang dilakukan selama latihan membuat otot-otot tubuh lebih tegang.

Jika Anda tidak mengendurkan otot dengan pendinginan setelah latihan, mungkin ada risiko cedera atau rasa sakit yang serius. Dengan meregangkan tubuh sambil menahan nafas sebelum latihan benar-benar selesai, otot-otot yang tegang akibat gerakan latihan bisa rileks kembali.

Keadaan otot-otot tubuh yang tidak lagi tegang akan membuat pikiran lebih tenang, sehingga terhindar dari rasa stres.

2. Mengembalikan Detak Jantung ke Kondisi Normal

Olahraga membuat jantung Anda memompa lebih cepat, terutama saat Anda melakukan latihan aerobik. Jika detak jantung yang cepat tidak kembali normal, dapat menyebabkan pusing atau kehilangan keseimbangan.

Oleh karena itu, manfaat pendinginan pasca latihan sangat penting untuk diterapkan. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dari aktivitas olahraga yang Anda lakukan.

3. Mengatur Laju Pernapasan

Jantung yang dipompa selama latihan berbanding lurus dengan napas yang lebih dalam. Kondisi ini normal karena merupakan mekanisme tubuh untuk membakar kalori berlebih. Manfaat pendinginan setelah berolahraga juga berperan dalam hal ini.

Anda tidak bisa terus bernapas naik turun seperti yang Anda lakukan saat berolahraga. Untuk itu, perlu dilakukan pendinginan setelah berolahraga agar pernapasan kembali normal, seperti sebelum dimulainya latihan.

4.Mengurangi Risiko Kram Otot

Manfaat pendinginan setelah berolahraga juga mengurangi risiko kram otot. Bagi orang yang tidak melakukan pendinginan setelah berolahraga, risiko kram otot tinggi. Kram otot biasanya terjadi karena gerakan yang tidak tepat saat berolahraga.

Untungnya, risiko ini dapat diminimalkan dengan melakukan pendinginan setelah berolahraga. Dengan gerakan pendinginan yang cukup, otot menjadi lebih rileks dan sirkulasi darah lebih optimal.

5. Mengurangi Tekanan pada Sendi Tubuh

Setelah latihan, biasanya Anda akan kesulitan menggerakkan bagian tubuh tertentu saja, salah satunya adalah persendian. Untuk mengatasinya, manfaat pendinginan setelah berolahraga sangat penting. Hal ini dilakukan agar ketegangan di tubuh, termasuk persendian, bisa perlahan berkurang.

Setelah pendinginan, tekanan pada sambungan akan berkurang secara signifikan. Anda akan memiliki kemampuan untuk kembali leluasa mengatur pergerakan anggota tubuh, termasuk persendian.

6.Pikiran Menjadi Lebih Relaks

Tidak hanya dapat membuat tubuh menjadi rileks, manfaat pendinginan setelah berolahraga juga dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks. Saat Anda melakukan pendinginan, Anda akan meregangkan tubuh dan bernapas dengan baik.

Ini dapat membantu Anda mengatasi rasa sakit dan nyeri setelah berolahraga. Selain itu, akan terjadi peningkatan sirkulasi oksigen, yang membantu memulihkan tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Pendinginan juga dapat membantu Anda rileks dan menghilangkan stres.

4 Manfaat Mendinginkan Diri Setelah Berolahraga yang Harus Anda Ketahui

Saat berolahraga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti saat melakukan pemanasan sebelum memulai dan pendinginan setelah selesai berolahraga. Pemanasan merupakan hal yang harus diperhatikan karena dapat mengurangi resiko cedera dan meningkatkan daya tahan tubuh. Nah, tapi tahukah sobat Shopee bahwa pendinginan juga tidak kalah pentingnya? Mari kita lihat apa saja manfaat pendinginan setelah berolahraga.

5. otot menjadi lebih rileks

Manfaat pertama yang didapatkan saat melakukan pendinginan setelah berolahraga adalah otot menjadi lebih rileks. Sirkulasi darah akan meningkat saat Anda melakukan pendinginan. Sirkulasi darah yang meningkat akan membuat otot lebih rileks dan mendapatkan lebih banyak oksigen. Pendinginan memungkinkan pemulihan sirkulasi darah lebih cepat daripada saat Anda bersantai segera setelah berolahraga.

6. Mengurangi ketegangan sendi

Setelah lelah berolahraga, beberapa bagian tubuh akan mengalami ketegangan. Salah satu bagian tubuh yang akan merasakannya adalah persendian. Dengan melakukan pendinginan setelah berolahraga, Anda dapat mengurangi ketegangan di bagian tubuh tersebut. Ini akan mengurangi tekanan pada persendian dan memungkinkan Anda untuk menggerakkannya dengan lebih bebas.

7. Menghindari Kram Otot

Masalah yang sering terjadi saat berolahraga adalah kram. Biasanya, kejang terjadi karena kesalahan yang dilakukan saat berolahraga. Seperti saat tidak melakukan pemanasan atau melakukan gerakan yang salah saat berolahraga. Karena itu, jangan lupa untuk melakukan pendinginan, karena dapat mengurangi risiko kram dan cedera setelah berolahraga. Manfaat lainnya adalah dapat mengendurkan otot dan melancarkan peredaran darah.

8. Tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks

Saat Anda melakukan pendinginan, Anda akan meregangkan tubuh dan bernapas dengan baik. Ini dapat membantu Anda mengatasi rasa sakit dan nyeri setelah berolahraga. Selain itu, akan terjadi peningkatan sirkulasi oksigen, yang membantu memulihkan tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Pendinginan juga dapat membantu Anda rileks dan menghilangkan stres.

9. Menormalkan detak jantung

Ketika tubuh bergerak dengan intensitas tinggi, hal itu menyebabkan peningkatan denyut jantung.

Terutama dengan latihan kardiovaskular atau aerobik. Hal ini menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dari biasanya.

Nah, manfaat dari melakukan pendinginan ini adalah dapat menormalkan kembali detak jantung Anda.

Biasanya akan kembali normal dalam beberapa menit.

Secara tidak langsung, hal ini juga mencegah kita menjadi pusing atau pingsan setelah latihan, lho.

10. Pemulihan tubuh

Setelah latihan keras, asam laktat menumpuk di dalam tubuh.

Saat asam laktat naik, maka akan memicu pernapasan lebih cepat dan kelelahan pada tubuh.

Akumulasi ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan oksigen untuk memecah gula darah.

Dengan diluncurkannya Tri City Medical Center, tubuh akan membutuhkan waktu untuk membersihkannya.

Manfaat pendinginan setelah berolahraga adalah membantu proses pemulihan tubuh lebih cepat.

Cara Pendinginan yang Tepat Setelah Olahraga

Tentu saja, pendinginan tidak boleh sembarangan. Menurut American Heart Association, berikut adalah beberapa cara nyata untuk menenangkan diri setelah berolahraga:

Berjalanlah selama lima menit atau sampai detak jantung Anda di bawah 120 denyut per menit.

Untuk gerakan peregangan, tahan setiap gerakan selama 10-30 detik. Jika Anda merasa perlu waktu lebih lama, Anda bisa melakukannya lagi secara perlahan. Jangan mencoba membuat gerakan terlalu kuat atau menyakitkan.

  • Hindari menyentak atau gerakan tiba-tiba. Hal ini dapat meningkatkan risiko kerusakan otot.
  • Ambil napas dalam-dalam saat Anda melakukan pendinginan untuk merilekskan tubuh dan pikiran Anda lagi.
  • Dinginkan hanya 3-5 menit.

Menurut VeryWell Fit, jika Anda sedang jogging, lakukan jalan cepat selama 2-3 menit, lalu pelan-pelan. Kemudian lakukan peregangan berdiri untuk meningkatkan jangkauan gerak otot kaki yang telah dilatih. Kemudian akhiri dengan peregangan duduk untuk melatih kelenturan anggota badan dan membuatnya lebih rileks.

Sementara itu, jika Anda bermain olahraga yang melibatkan latihan kekuatan, pendinginan mungkin memerlukan peregangan seluruh tubuh untuk meningkatkan jangkauan gerak sendi yang Anda latih. Namun, ini harus dilakukan dengan hati-hati dan harus dibantu oleh pelatih.

Itulah artikel tentang 10 Manfaat Pendinginan Setelah Berolahraga yang tak kalah pentingnya. Semoga Bermanfaat