Kenali Apa Manfaat Sirih Cina Bagi Kesehatan? Simak Pejelasan Berikut!

Jika melihat rerumputan yang sering tumbuh di sekitar rumah, Anda akan sering melihat rerumputan dengan daun berwarna hijau cerah dengan batang yang lembut. Tanaman ini sering disebut daun sirih cina. Ini adalah jenis gulma yang banyak tumbuh di tanah, celah-celah batu, tanah yang tidak dirawat, dan tumbuh di lingkungan hutan. lalu Apa Manfaat Sirih Cina Bagi Kesehatan? Simak Pejelasan Berikut!

Apa Manfaat Sirih Cina
asset-a.grid.id

Pada rumput daun sirih cina, buah sering tumbuh berbentuk kepala jarum lonjong dengan diameter sekitar 0,5 – 1 mm. Buah daun sirih cina ini memiliki biji kecil yang tumbuh di sebelahnya. Biasanya biji setelah buah masak akan jatuh ke tanah dan siap berkecambah jika kondisi tanah lembab.

Meski termasuk gulma, ternyata ada beberapa jenis manfaat daun sirih cina bagi kesehatan yang tidak boleh disepelekan. Daun Sirih Cina atau Peperomia Pellucida diketahui memiliki zat anti tumor dan anti inflamasi yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, daun sirih cina juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak heran jika manfaat daun sirih cina sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Mulai dari radang sendi, rematik, gangguan saluran kemih hingga kanker.

Tumbuhan ini pula digunakan selaku obat herbal tradisional oleh warga pada era dahulu. Dilansir dari situs Health Benefit Times, berikut kami rangkum Apa Manfaat Sirih Cina untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Kenali Apa Manfaat Sirih Cina Bagi Kesehatan

1. Mengobati Arthritis Rheumatoid

Apa Manfaat Sirih Cina yaitu untuk penyembuhan rheumatoid arthritis. Menelan jus yang diekstrak dari batang dan daun sirih Cina dikenal dapat membantu mengobati rheumatoid arthritis. Ramuan ini bisa diminum setiap pagi dan sore hari. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsinya karena ramuan ini dapat langsung memberikan efek setelah dikonsumsi.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat daun sirih cina untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat melindungi sistem pencernaan dengan baik. Rebusan daun sirih Cina telah terbukti dapat meringankan pasien yang menderita sakit maag.

Berdasarkan hasil penelitian, ekstrak daun sirih cina ini dapat menghambat kerusakan pada mukosa lambung atau selaput lendir yang mengandung kelenjar dan bukaan lambung. Jika Anda memiliki masalah kesehatan yang berhubungan dengan pencernaan, mengkonsumsi daun sirih cina melepuh bisa menjadi alternatif pengobatan herbal yang bisa dilakukan.

3. Membantu menyembuhkan kanker

Apa Manfaat Sirih Cina selanjutnya adalah dapat membantu mengobati penyakit kanker. Rumput liar yang memiliki daun mengkilap telah terbukti dapat mencegah dan melawan pertumbuhan sel kanker. Daun sirih cina diketahui dapat menghambat pertumbuhan berbagai patogen, bakteri dan radikal bebas.

4. Penyembuhan patah tulang

Khasiat daun sirih Tiongkok pula dikenal bisa menolong mengobati patah tulang. Berdasarkan temuan penelitian, daun sirih cina mengandung mineral yang berguna untuk mempercepat penyembuhan tulang. Menelan ramuan ini dari ekstrak ramuan juga dapat membantu mempercepat penyembuhan patah tulang secara efektif.

5. Mengandung antioksidan kuat

Kelebihan daun sirih cina yang tak kalah menarik adalah kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Kandungan antioksidan ini dapat berperan untuk membersihkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Berdasarkan hasil penelitian, daun sirih cina dikatakan sebagai sumber terapi antioksidan alami yang baik.

6. antijamur

Apa Manfaat Sirih Cina berikutnya adalah Antijamur pula ialah salah satu khasiat daun sirih Tiongkok yang dapat kamu miliki. Watak fungisida yang ada pada tumbuhan daun sirih Tiongkok dikenal efisien terhadap perkembangan jamur pemicu bermacam penyakit. Pastinya racikan ini sangat berguna untuk Kamu yang kerap hadapi permasalahan kulit akibat jamur.

7. Membantu menyembuhkan depresi

Manfaat daun sirih cina juga dapat membantu mengobati depresi. Dalam sebuah penelitian, daun sirih Cina ditemukan memiliki aktivitas depresan. Mengkonsumsi ekstrak daun sirih cina ini dengan takaran yang tepat dapat membantu mengobati gairah mental yang berlebihan, termasuk depresi.

8. Anti peradangan

Selain sebagai antijamur, Apa Manfaat Sirih Cina selanjutnya berasal dari sifat antiradangnya. Komsumsi ekstrak daun sirih Tiongkok dikenal bisa menolong meredakan indikasi infeksi, semacam keadaan kulit yang merah, panas, serta bengkak. Padahal, daun sirih cina dikatakan memiliki aktivitas anti inflamasi yang bekerja efektif dan signifikan.

9. Menurunkan asam urat

Manfaat daun sirih cina untuk meningkatkan kesehatan adalah dapat mengurangi gejala radang sendi. Dari penelitian yang dilakukan pada tikus, tikus yang diberi ekstrak daun sirih cina menunjukkan penurunan kadar asam urat darah sebesar 44%. Dari penelitian ini dapat dipahami bahwa daun sirih merah mengandung senyawa yang dapat digunakan sebagai alternatif pengendalian kadar asam urat yang efektif.

10. Antibakteri

Antibakteri juga merupakan salah satu manfaat daun sirih cina yang bisa Anda dapatkan. Daun sirih cina dikenal memiliki sifat antibakteri yang kuat. Minyak atsiri yang diperoleh dengan melarutkan daun dan batang daun sirih cina telah terbukti dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan digunakan untuk menghilangkan radikal bebas.

11. Menurunkan kadar kolesterol

Apa Manfaat Sirih Cina selanjutnya untuk kesehatan juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Rebusan berdasarkan daun sirih Cina, ketika dicerna dalam dosis yang tepat, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara efektif. Manfaat ini sangat berguna dalam mengurangi potensi risiko serangan jantung, stroke dan penyakit lain yang berhubungan dengan sistem kardiovaskular.

12. Mengatasi gangguan saluran kemih

Manfaat daun sirih cina yang terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah dapat mengatasi gangguan saluran kemih. Di Filipina dan beberapa negara Asia, daun sirih Cina dibuat menjadi teh herbal dan diminum sebagai campuran yang dapat menyembuhkan penyakit kencing atau ginjal.

Ramuan ini dapat bekerja efektif menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Jika gangguan saluran kemih sering terjadi, mungkin bisa menjadi pilihan untuk mengkonsumsi rebusan yang terbuat dari daun kemangi cina.

13. Ini memiliki sifat antimikroba

Ekstrak metanol sirih Cina memiliki aktivitas antimikroba spektrum luas. Sebagai contoh, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Veterinary World pada tahun 2016 menunjukkan bahwa ekstrak metanol pinang Cina memiliki aktivitas terhadap banyak spesies, seperti Bacillus subtilis, Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa, dan Staphylococcus aureus.

Sementara itu, ekstrak kloroform dari daun sirih Cina kering memiliki aktivitas antijamur terhadap Trichophyton mentagrophytes, menurut penelitian sebelumnya dalam jurnal ACGC Chemical Research Communications pada tahun 1998.

Studi lain di Natural Product Reports pada tahun 2001 menunjukkan bahwa semua ekstrak tumbuhan menghambat pertumbuhan strain Plasmodium falciparum dan Plasmodium vinckei petteri. Oleh karena itu, jelas bahwa senyawa yang berbeda dalam sirih cina memiliki aktivitas antimikroba terhadap bakteri yang berbeda.

14. Dilengkapi dengan kekuatan anti-inflamasi dan analgesik

Di beberapa negara, Apa Manfaat Sirih Cina adalah untuk mengobati demam, batuk, pilek, sakit kepala dan radang sendi. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology pada tahun 2004, pemberian ekstrak sirih Cina pada tikus menunjukkan bahwa itu menunjukkan aktivitas anti-inflamasi dan analgesik.

Aktivitas anti-inflamasi dikaitkan dengan penurunan sintesis prostaglandin. Sementara itu, penelitian pada kelinci menunjukkan bahwa ekstrak sirih Cina memiliki aktivitas antipiretik yang sebanding dengan aspirin standar.

15. memiliki sifat antioksidan

Antioksidan adalah salah satu manfaat kesehatan yang kuat dari sirih cina. Sebuah studi 2010 di International Journal of Pharmacology mengevaluasi ekstrak sirih Cina dan hasilnya menunjukkan aktivitas pemulungan radikal bebas terkuat.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tanaman sirih cina merupakan sumber terapi antioksidan alami yang baik.

16. Memiliki sifat antidiabetes

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Acute Disease pada 2012 bertujuan untuk menyelidiki sifat antidiabetes dan antioksidan sirih Cina pada tikus diabetes yang diinduksi aloksan.

Hasilnya, tikus diabetes yang diberi ekstrak sirih cina selama 28 hari, menyebabkan kadar gula darahnya turun. Kadar kolesterol total serum, trigliserida dan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat juga menurun secara signifikan.

Diet sirih Cina juga secara signifikan mengurangi peroksidasi lipid, yang meningkat pada tikus diabetes yang tidak diobati.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa buah pinang cina menunjukkan sifat antidiabetes dan antioksidan pada diabetes mellitus eksperimental, sehingga membenarkan penggunaan tradisional buah pinang cina sebagai antidiabetes.

17. Mempercepat pemulihan patah tulang

Di Kamerun, sirih Cina dikonsumsi sebagai sayuran dan digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati penyakit dan menyembuhkan patah tulang. Sebuah studi di jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine pada tahun 2017 ingin menunjukkan efek ekstrak air dari seluruh tanaman sirih Cina pada penyembuhan patah tulang pada tikus Wistar betina.

Hasil penelitian ini adalah bahwa ekstrak sirih Cina menginduksi penambahan berat badan dalam dosis tinggi dan jumlah sel darah putih dalam dosis rendah. Ekstrak juga meningkatkan kalsium tulang pada dosis yang lebih rendah, tetapi menjaga parameter ini dalam kisaran normal pada dosis tinggi.

Kandungan mineral ekstrak tumbuhan menunjukkan adanya kalsium, fosfor, magnesium, natrium dan kalium. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ekstrak air sirih cina mempercepat penyembuhan tulang, sebagian karena kandungan mineralnya.

18. Gastroprotektif

Sirih Cina secara tradisional digunakan untuk menyembuhkan luka. Sebuah studi dalam jurnal Molecules pada tahun 2013 bertujuan untuk mengidentifikasi senyawa paling aktif dalam aktivitas gastroprotektif sirih Cina menggunakan model tikus dari tukak lambung yang diinduksi etanol.

Akibatnya, efek gastroprotektif diamati ketika ekstrak heksana dan diklorometana diuji, dengan efek yang lebih besar diperoleh dengan ekstrak diklorometana. Dillapiole telah diidentifikasi sebagai senyawa paling aktif dalam ekstrak ini.

19. Antitumor

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Acta Medica Iranica pada tahun 2011 berusaha untuk mengevaluasi sifat antikanker dari ekstrak daun sirih Cina. Aktivitas antitumor ditentukan dengan uji kolorimetri MTT terhadap sel adenokarsinoma payudara manusia.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sirih cina memiliki aktivitas antikanker dengan konsentrasi semi hambat maksimum 10,4 ± 0,06 g/ml. Lebih lanjut, hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak metanol daun sirih cina memiliki potensi yang sangat besar sebagai obat, terutama untuk pengobatan kanker payudara.

Sirih cina telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan. Anda mungkin juga salah satu yang sudah terbiasa menggunakannya sebagai obat tradisional. Namun, bukan berarti sirih cina bisa menjadi pengganti obat dokter, apalagi jika ditujukan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kronis seperti kanker, diabetes, lambung dan sebagainya.

Itulah artikel tentang Apa Manfaat Sirih Cina Bagi Kesehatan, Semoga bermanfaat! Salam Sehat!