Apa Saja Manfaat Asam Klorogenik Bagi Tubuh Manusia Simak Penjelasannya!

Tak heran kopi memiliki segudang manfaat, ternyata otak di balik semua manfaat kesehatan tersebut adalah kandungan asam klorogenatnya. Kandungan ini membantu banyak penikmat kopi untuk terhindar dari risiko penyakit. Lalu apa saja Manfaat Asam Klorogenik Bagi Tubuh Manusia ? Yukk simak Penjelasan berikut!

Manfaat Asam Klorogenik Bagi Tubuh Manusia
1.bp.blogspot.com

5 Manfaat Asam Klorogenik Bagi Tubuh Manusia

Asam klorogenat adalah jenis asam yang paling umum dalam biji kopi. Saat biji kopi belum mengalami proses penyangraian, kadar keasaman ini mencapai 8%. Sedangkan setelah melalui proses roasting kadarnya turun menjadi 4%. Berikut adalah beberapa Manfaat Asam Klorogenik Bagi Tubuh Manusia yang terkandung dalam kopi.

1. Antivirus untuk hepatitis B

Manfaat Asam Klorogenik Bagi Tubuh Manusia almenjadi penghambat pertumbuhan hepatitis B dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam klorogenat dapat mencegah virus hepatitis baik secara in vivo maupun in vitro.

2. Antioksidan

Manfaat Asam Klorogenik Bagi Tubuh Manusia yaitu sebagai antioksidan. Dibandingkan dengan aktivitas antioksidan kafein, dapat dikatakan bahwa asam klorogenat lebih kuat. Asam ini juga bisa menjadi antioksidan bagi tubuh sahabat kopi.

Antioksidan dalam asam ini dapat mencegah kerusakan usus. Kerusakan usus yang disebabkan oleh ROS (Reactive Oxygen Species). Sementara itu, asam klorogenat mampu menghilangkan kandungan ROS ini.

  • Apa itu antioksidan?

Antioksidan didefinisikan sebagai senyawa yang mampu menunda, memperlambat dan mencegah proses oksidasi lipid. Dalam arti tertentu, antioksidan adalah zat yang dapat menunda atau mencegah terjadinya reaksi antioksidan radikal bebas melalui oksidasi lipid (Kochhar dan Rossell, 1990). Antioksidan dinyatakan sebagai senyawa yang secara signifikan dapat menghambat oksidasi, bahkan pada konsentrasi yang lebih rendah daripada substrat yang dapat dioksidasi.

Ada banyak jenis antioksidan. Berdasarkan sumbernya, antioksidan dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu antioksidan sintetik (antioksidan yang diperoleh melalui sintesis reaksi kimia) dan antioksidan alami (antioksidan yang diekstrak dari bahan alam).

  • Manfaat Antioksidan

Antioksidan sangat bermanfaat bagi kesehatan dan berperan penting untuk mempertahankan mutu produk pangan. Berbagai kerusakan seperti ketengikan, perubahan nilai gizi, perubahan warna dan aroma, serta kerusakan fisik lain pada produk pangan karena oksidasi dapat dihambat oleh antioksidan ini.

Antioksidan secara nyata mampu memperlambat atau menghambat oksidasi zat yang mudah teroksidasi meskipun dalam konsentrasi rendah. Antioksidan juga sesuai didefinisikan sebagai senyawa-senyawa yang melindungi sel dari efek berbahaya radikal bebas oksigen reaktif jika berkaitan dengan penyakit, radikal bebas ini dapat berasal dari metabolisme tubuh maupun faktor eksternal lainnya. Radikal bebas adalah spesies yang tidak stabil karena memiliki elektron yang tidak berpasangan dan mencari pasangan elektron dalam makromolekul biologi.

3. Antihipertensi

Asam klorogenat dapat digunakan sebagai obat hipertensi, tetapi jika hipertensi masih dalam stadium ringan. Hal ini dibuktikan dengan penelitian penggunaan kopi hijau, dimana pasien mengalami penurunan tekanan darah setelah meminum ekstrak kopi hijau.

Konsumsi ini dilakukan terus menerus selama dua belas minggu. Jadi, bagi Anda yang ingin mencobanya, pastikan Anda mengonsumsi kopi secara konsisten.

4. Antidiabetes

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kopi dapat mencegah risiko diabetes tipe 2. Ternyata aktor efisiensi kopi adalah keberadaan chlorogen ini. Anehnya, asam ini mampu mengontrol metabolisme glukosa dan lemak serta meningkatkan kinerja insulin.

5. Hepatoprotektor

Manfaat Asam Klorogenik Bagi Tubuh Manusia selanjutnya sebagai Hepatoprotektor, Terlalu banyak asetaminofen dapat menyebabkan masalah hati. Asam terbaik yang terkandung dalam kopi ini akan melindungi hati dari efek samping berupa kerusakan hati yang disebabkan oleh obat asetaminofen.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kandungan Asam Klorogenat Dalam Kopi

Kopi tumbuh di lahan dengan kondisi geografis yang berbeda. Ini juga salah satu hal yang mempengaruhi kandungan asam klorogenat dalam kopi. Lantas apa saja faktor lain yang mempengaruhi kandungan asam tersebut, jawabannya ada di sini.

1. Jenis biji kopi

Biji kopi robusta mengandung lebih banyak dari biji kopi arabika. Apalagi jika biji kopi tersebut belum mengalami fase penyangraian.

2. Penanaman

Teknik budidaya juga mempengaruhi kandungan asam klorogenat kopi. Misalnya, penggunaan pupuk, baik organik maupun kimia, perawatan dan teknik yang digunakan petani untuk menanam kopi.

3. Jenis Tanah

Perbedaan jenis tanah ini tercermin dari perbedaan keasaman antara kopi Arabica dan Robusta. Setiap kopi dengan jenis yang sama, nyatanya jika ditanam pada kondisi tanah yang berbeda, akan memiliki kandungan keasaman yang berbeda.

4. Penyangraian

Sebelum disangrai, biji kopi mengandung lebih banyak asam klorogenat daripada setelah disangrai. Kandungan asamnya cenderung terurai menjadi zat jenis lain setelah proses pemanggangan.

Selain keempat faktor tersebut, ada juga faktor lain seperti varietas dan iklim yang juga mempengaruhi kandungan asam klorogenat dalam biji kopi. Nah, itulah informasi selengkapnya tentang kandungan asam pada kopi. Baca terus untuk mendapatkan informasi kopi hanya dengan melihat sekilas.com.

Itulah artikel tentang Manfaat Asam Klorogenik Bagi Tubuh Manusia Semoga bermanfaat! Salam Sehat!