Kenali Efek Samping Temulawak Untuk Lambung Simak Penjelasannya!

Temulawak sebenarnya masih berasal dari famili yang sama dengan kunyit dan Temulawak, yakni dari famili Zingeberaceae. Seperti kunyit, tanaman dengan nama latin Curcuma javanica ini dapat menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan atau dalam jangka waktu yang lama. Lalu apa saja Efek Samping Temulawak Untuk Lambung Simak Penjelasannya!

Efek Samping Temulawak Untuk Lambung
cdn.popmama.com

Manfaat Temulawak untuk kesehatan

Tidak jauh berbeda dengan kedua saudaranya yaitu Temulawak dan kunyit, temulawak juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh. Beberapa dari mereka adalah:

  • Anti kanker
  • Menurunkan kolesterol darah
  • Baik untuk kesehatan liver
  • mengobati hepatitis
  • Mengatasi masalah pencernaan
  • Meredakan asma atau sesak nafas
  • Baik untuk kesehatan ginjal dan diabetes
  • Mengatasi radang sendi
  • Menurunkan tekanan darah (hipertensi)
  • Sehat untuk jantung

Selain sebagai antikanker, temulawak juga mengandung zat antidiuretik, antiinflamasi, antioksidan, antihipertensi, antihepatotoksik, antibakteri dan antijamur. Selengkapnya bisa kamu pelajari di sini: 23 Manfaat Temulawak Menurut Kandungannya

Secara umum temulawak aman digunakan dalam waktu singkat, hingga 18 minggu. Namun, umbi yang dalam bahasa Inggris disebut java kunyit ini bisa memicu efek samping jika digunakan dalam jumlah banyak atau terlalu lama.

Dosis yang dapat diterima adalah 500-3000 mg per hari. Namun, untuk pasien kanker, dosisnya bisa ditingkatkan menjadi 8000 mg per hari. hari. Selain itu, berpotensi menimbulkan Efek Samping Temulawak Untuk Lambung

Efek Samping Temulawak Untuk Lambung

Beberapa Efek Samping Temulawak Untuk Lambung yang diketahui adalah sebagai berikut:

1. Ini memicu iritasi perut

Temulawak memang baik untuk mengatasi gangguan pencernaan, namun jika dikonsumsi terlalu banyak Efek Samping Temulawak Untuk Lambung justru dapat menimbulkan efek sebaliknya, yaitu iritasi lambung.

2. Masalah pencernaan

Sebagai reaksi dari iritasi lambung di atas, pengguna temulawak dalam jumlah banyak atau jangka panjang Efek Samping Temulawak Untuk Lambung mengalami sembelit atau diare. Jika tidak diobati, keduanya dapat menyebabkan dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya.

3. Detak jantung lebih cepat

Ya, memang benar temulawak baik untuk kesehatan jantung, tapi bukan berarti boleh makan/minum terlalu banyak. Konsumsi berlebihan justru bisa membuat jantung berdetak lebih cepat, terutama bagi penderita hipertensi. Karena itu, jika Anda merasa gelisah atau jantung berdebar setelah mengonsumsi Temulawak, hentikan atau kurangi segera.

4. Mual dan muntah

Selain mengiritasi perut, Anda juga bisa merasakan efek samping Temulawak berupa mual bahkan muntah, apalagi jika Anda juga tidak menyukai rasanya.

5. Penyakit hati diperparah

Mereka yang memiliki penyakit hati dan kandung empedu juga harus berhenti menggunakan Temulawak. Seperti kunyit, temulawak dapat meningkatkan produksi empedu sehingga memperburuk kondisi yang ada. Dan bagi anda yang menderita batu empedu, konsultasikan dengan dokter anda sebelum mengkonsumsi Temulawak.

6. Eksaserbasi kerusakan ginjal

Jika terlalu banyak Temulawak yang tertelan, akan sulit bagi ginjal untuk mengelolanya. Karena jika ampas Temulawak tersebut dibiarkan hingga mengendap di ginjal, maka dapat menyebabkan fungsi dan kinerjanya menurun. Ada baiknya anda selalu minum air putih setiap kali minum/makan temulawak untuk meringankan beban ginjal terhadap efek samping temulawak.

7. Meningkatkan risiko infeksi kandung kemih

Jika kondisi ginjal terganggu, maka secara otomatis akan mempengaruhi kandung kemih dan saluran kemih juga. Karena apa yang ada di ginjal biasanya dikeluarkan dan disalurkan melalui saluran kemih. Jadi bukan hanya ginjal yang kewalahan mengatasi zat yang terkandung dalam Temulawak, tapi juga saluran kemih.

8. Obesitas

Bukan rahasia lagi bahwa orang Indonesia sering mengandalkan jamu yang mengandung Temulawak untuk meningkatkan nafsu makan mereka. Namun, jika hal ini dibiarkan, seseorang yang terlalu kurus bisa saja mengalami masalah baru dengan berat badannya, yaitu obesitas atau kelebihan berat badan.

9. Melepaskan komplikasi

Jika Anda mengonsumsi Temulawak dengan obat-obatan tertentu, seperti pengencer darah, komplikasi atau penyakit baru yang lebih kompleks dapat terjadi. Ini karena Temulawak mengikis lemak dalam darah.

10. Pendarahan

Efek Samping Temulawak Untuk Lambung Selain memicu komplikasi penyakit baru, kombinasi konsumsi Temulawak dan antikoagulan juga bisa menyebabkan pendarahan.

11. Berisiko untuk ibu hamil

Faktanya, belum ada penelitian lebih lanjut yang menunjukkan bahwa temulawak tidak aman untuk ibu hamil dan menyusui. Tapi alangkah baiknya jika Anda cermat dan hati-hati bukan, daripada harus mengalami efek samping Temulawak yang tidak diinginkan di kemudian hari?

Sebagai pesan terakhir yang dapat kami sampaikan dalam ulasan efek samping Temulawak kali ini, hindari merebus Temulawak dalam wajan aluminium. Hal ini dikarenakan zat Temulawak dapat berubah menjadi racun jika dipanaskan dengan bahan tersebut.

12. Meningkatkan masalah pencernaan

Efek Samping Temulawak Untuk Lambung , yang tidak umum diketahui, menyebabkan masalah pencernaan.

Menelan terlalu banyak Temulawak dapat menyebabkan iritasi lambung.

Jika tertelan dalam dosis besar dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan konstipasi, diare, mual bahkan dehidrasi.

13. Tingkatkan detak jantung Anda

Meskipun Temulawak pada dasarnya baik untuk jantung, mengonsumsi terlalu banyak Temulawak justru meningkatkan detak jantung.

Hal ini terutama berlaku pada orang dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Jika Anda merasa grogi, gelisah dan berdenyut-denyut setelah mengonsumsi Temulawak, berarti Anda terlalu banyak mengonsumsi tanaman obat tradisional.

14. Menyebabkan obesitas

Efek Samping Temulawak Untuk Lambung umumnya tidak diketahui, yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko obesitas.

Bukan rahasia lagi bahwa salah satu manfaat utama Temulawak adalah untuk menambah nafsu makan.

Jika konsumsi Temulawak tidak diperhatikan, dikhawatirkan bisa membuat nafsu makan tak terkendali.

Jika nafsu makan Anda terlalu besar, Anda akan meningkatkan risiko kelebihan berat badan.

15. Meningkatkan kerusakan ginjal

Efek samping Temulawak tidak diketahui secara umum, yang pada gilirannya meningkatkan kerusakan ginjal.

Asupan Temulawak yang berlebihan dapat membuat ginjal Anda bekerja lebih keras.

Kerja ginjal dapat terhambat jika ada sisa Temulawak berikutnya, yang tertahan dan disimpan di ginjal.

16. Memperbaiki penyakit hati

Jika Anda memiliki gangguan hati atau kandung empedu, sebaiknya jangan mengonsumsi Temulawak.

Sifat Temulawak yang dapat meningkatkan produksi empedu dapat memperburuk kondisi Anda.

Itulah artikel tentang Efek Samping Temulawak Untuk Lambung Semoga Bermanfaat, Salam Sehat!