15 Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami Dan Cepat

Taukah anda terdapat beberapa Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami Dan Cepat yang bisa dilakukan secara rutin di rumah, dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia. Peradangan amandel dapat menyerang anak-anak dan orang dewasa. Tak jarang ada ketakutan untuk menjalani tonsilektomi atau operasi pengangkatan amandel.

Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami Dan Cepat
cms.sehatq.com

Biasanya tonsilitis menyebabkan penderitanya menderita pilek terus-menerus, sulit makan, dan mudah sakit. Amandel yang bengkak sering kali disebabkan oleh infeksi virus dan/atau bakteri.

Dalam istilah medis, amandel disebut ‘amandel’, fungsinya untuk menjaga kekebalan tubuh dan melawan patogen yang masuk ke saluran pencernaan. Amandel adalah sepasang kelenjar getah bening di bagian belakang tenggorokan. Bila terjadi peradangan, disebut “tonsilitis” atau amandel.

Tentu saja tonsilitis akan membuat penderitanya kewalahan dan mengganggu aktivitas. Apalagi jika itu mempengaruhi keadaan kekebalan tubuh. Amandel sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya asalkan daya tahan tubuh penderita bisa kuat dan menjaga pola makan yang sehat.

15 Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami Dan Cepat

Berikut beberapa 15 Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami Dan Cepat yang bisa dilakukan secara rutin di rumah, dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia

1. Istirahat yang cukup

Cara pertama untuk meredakan radang amandel adalah dengan membiarkan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup. Menurut SehatQ, tidur yang cukup akan meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus atau bakteri.

Tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan aktivitas yang berlebihan. Tubuh yang mengalami infeksi membutuhkan banyak energi untuk melawan bakteri agar cepat pulih.

2. Banyak minum

Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami Dan Cepat selanjutnya adalah dengan memperbanyak asupan cairan. Dikutip Liputan6, penderita bisa mulai mengonsumsi minuman panas, sup, kaldu, dan teh panas.

Selalu sediakan air panas dalam botol besar yang selalu menemani Anda saat menonton TV atau di samping tempat tidur, agar Anda ingat untuk banyak minum.

3. Makan makanan yang lembut

Tak kalah mudah, cara menyembuhkan amandel secara alami selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan lunak. Terkadang rasa sakit membuat pasien malas makan karena sulit menelan.

Dimulai dengan Hellosehat, untuk menyiasati rasa sakit, pilihlah makanan yang lembut, kuah dan mudah ditelan. Dan hindari gorengan dan makanan pedas lainnya. Karena makanan tersebut akan membuat amandel dan tenggorokan semakin sakit.

4. Konsumsi rempah-rempah

Anda bisa menggunakan bumbu dapur seperti bawang putih, kayu manis dan kunyit untuk menyembuhkan amandel secara alami.

Mengutip SehatQ, bawang putih kaya akan senyawa antioksidan, antibakteri dan antivirus. Dipercaya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sementara kayu manis bertindak sebagai antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, serta mikroorganisme lain yang menempel pada amandel.

Oleh karena itu, kunyit dipercaya bermanfaat sebagai antiradang dan antiseptik alami yang efektif meredakan gejala tonsilitis. Cara mengkonsumsinya bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dengan teh hangat dan susu.

5. Berkumur dengan air garam

Masih dari peringatan yang sama, cara menyembuhkan amandel secara alami selanjutnya adalah berkumur dengan air hangat yang diberi garam. Air garam meredakan gatal dan nyeri di bagian belakang tenggorokan.

Selain itu, garam dapat membantu mengobati infeksi dan mengurangi peradangan. Langkah paling sederhana adalah dengan mencampurkan setengah sendok makan garam ke dalam segelas air hangat. Aduk rata dan kumur selama beberapa detik, lalu angkat.

6. Pasang pelembab udara

Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami Dan Cepat adalah dengan menggunakan pelembab udara agar udara lebih lembab dan menghilangkan virus.

Menurut Alodokter, udara lembab akan membantu meredakan sakit tenggorokan dan rasa tidak nyaman. Alat ini cocok untuk dipasang terutama di cuaca kering. Jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa menghirup uap dari air panasnya. Tidak jauh berbeda dalam pengoperasiannya dengan humidifier.

7. Konsumsi Jeruk Nipis

Cara mensuplai amandel secara alami selanjutnya bisa dengan mengkonsumsi air jeruk nipis. Karena dipercaya memiliki sifat antivirus, antibakteri dan antiinflamasi. Mengutip dari Liputan6, kandungan vitamin C yang tinggi akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut langkah-langkah untuk mewujudkannya:

  • Air hangat, tidak panas atau dingin.
  • Kemudian tambahkan perasan jeruk nipis atau lemon (tergantung kebutuhan).
  • Tambahkan 2 sendok teh madu dan sedikit garam.
  • Minum ramuan sederhana ini 2 kali sehari selama beberapa hari.

8. Berkumur dan minum cuka sari apel

Cara menyembuhkan amandel secara alami tanpa operasi bisa dengan rutin berkumur dan minum cuka sari apel. Cuka sari apel baik untuk menjaga kesehatan jantung dan membantu mengobati radang amandel.

Cukup campurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan segelas air hangat. Kemudian bilas mulut Anda dengan memiringkan kepala, lalu telan perlahan. Anda bisa menambahkan madu untuk mengurangi rasa asam dan asam.

9. Minum jus jambu biji

Bahan alami yang mudah ditemukan untuk menyembuhkan radang amandel bisa diikuti dengan mengkonsumsi jus jambu biji. Buah jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhan amandel.

10. Obat pelega tenggorokan

Mengkonsumsi pelega tenggorokan akan mengurangi rasa sakit langsung di tempat peradangan. Cara mengobati amandel ini cocok untuk anak-anak agar terhindar dari risiko mati lemas.

Beberapa pelega tenggorokan ini dapat meredakan sakit tenggorokan, mengurangi pembengkakan dan membasmi radang amandel yang disebabkan oleh infeksi virus.

11. Makan buah ara ( buah ara )

Buah tin atau yang sering disebut dengan “buah surga” memiliki khasiat yang luar biasa dalam penyembuhan amandel secara alami. Karena mengandung lendir dengan kandungan lendir yang tinggi, dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat radang amandel atau tonsilitis. Cara menyembuhkan amandel secara alami:

  • Rebus 3 buah ara yang masih segar atau kering.
  • Setelah matang, keluarkan dari oven dan masukkan ke dalam bubur.
  • Campurkan dengan 1 sendok makan madu.
  • Makan campuran ini 2 sampai 3 kali sehari. Semoga beruntung.

12. Jahe merah

Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami Dan Cepat selanjutnya adalah dengan Jahe. Jahe merah dapat membantu mengobati radang amandel. Kandungan yang terdapat di dalamnya bersifat anti inflamasi, antibakteri dan antivirus. Anda bisa mengkonsumsi 1 cangkir jahe merah rebus ditambah 2 sendok makan madu di pagi dan sore hari. Ini dapat membantu membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan amandel meradang.

13. Makan buah ara

Buah berwarna merah keunguan ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa dalam pengobatan amandel secara alami. Bauh Tin atau tin memiliki kandungan lendir yang tinggi sehingga dapat mengurangi rasa sakit akibat tonsilitis atau amandel.

Cara konsumsinya dengan merebus 3 buah ara segar atau kering, kemudian diblender seperti ampas jika sudah matang, lalu dicampur dengan 1 sendok makan madu. Untuk hasil yang maksimal, ramuan ini bisa dikonsumsi 2 atau 3 kali sehari.

14. Kunyit

Kunyit dikenal sebagai rempah-rempah alami yang memiliki sifat anti inflamasi dan antiseptik alami. Anda bisa menggunakan kunyit sebagai obat alami radang amandel karena dapat melawan infeksi. Cukup campurkan segelas susu hangat dengan satu sendok teh bubuk kunyit dan sejumput lada hitam. Ramuan kunyit ini bisa diminum pada malam hari selama 2-3 hari berturut-turut untuk mengobati radang amandel.

Itulah 15 Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami Dan Cepat yang bisa dilakukan secara rutin di rumah, dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia. Semoga bermafaat dan salam sehat!