15 Aplikasi Temukan Arah Kiblat Paling Akurat di Android

Berikut adalah rangkaian Aplikasi Temukan Arah Kiblat yang tersedia untuk smartphone Android dan iOS, berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu syarat sahnya shalat adalah menghadap kiblat. Kiblat merupakan arah rujukan bagi umat Islam yang ingin menunaikan shalat. Arah yang sama dengan kiblat mengacu pada Ka’bah yang ditemukan di Masjid Agung, Mekah, Arab Saudi. Bagi umat Islam Indonesia, arah kiblat didasarkan pada barat laut.

Temukan Arah Kiblat
s0.bukalapak.com

Dalam menentukan arah kiblat dapat ditentukan dengan menggunakan kompas atau kompas. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menjelaskan bahwa kompas sebagai alat navigasi juga dapat digunakan untuk menentukan arah kiblat. Meskipun arah kiblat bisa mengacu pada bayangan sinar matahari.

15 Aplikasi Temukan Arah Kiblat Paling Akurat di Android

Ada beberapa cara untuk mencari arah kiblat dengan mudah dan akurat yaitu dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi Temukan Arah Kiblat ini banyak tersedia di Play Store dan App Store. Aplikasi Temukan Arah Kiblat ini tentunya akan memudahkan Anda dalam mencari arah kiblat saat bepergian.

1. Qibla Finder

Temukan Arah Kiblat telah diunduh oleh lebih dari 23.000 pengguna di Google Play Store. Anda juga dapat memilih tema desain saat menggunakan aplikasi pencari kiblat.

Aplikasi arah kiblat ini tidak hanya membantu pengguna menemukan kiblat yang tepat dengan melacak lokasi ka’bah, tetapi Anda juga dapat menemukan kalender Islam yang akurat.

2. Muslim Pro

Aplikasi penunjuk arah kiblat yang populer ini memiliki berbagai fungsi, tidak hanya untuk mencari kiblat tetapi juga untuk menyediakan waktu sholat beserta adzan. Tidak hanya itu, dengan aplikasi ini Anda juga dapat mempelajari Al Quran dan terjemahannya yang menguatkan puasa.

3. Arah Kiblat 100%

Aplikasi heading kiblat ini menggunakan fungsi GPS yang akan menentukan arah kiblat dengan akurasi tinggi. Anda dapat menggunakan aplikasi ini saat mengunjungi tempat baru untuk menemukan arah kiblat.

4. Arah Kiblat Indonesia

Aplikasi Temukan Arah Kiblat ini sangat spesifik untuk menentukan arah bagi orang Indonesia. Fungsi kompas di sebelah pencari kiblat ini bahkan tidak memerlukan Internet dan GPS.

5. Prayer Times and Qibla

Tidak hanya menentukan arah kiblat, aplikasi ini juga bisa menjadi pengingat waktu sholat. Aplikasi penunjuk arah kiblat ini juga mendukung beberapa bahasa termasuk bahasa Indonesia.

6. Waktu Sholat, Imsak dan Kiblat.

Waktu Sholat, Imsak, dan Kiblat mungkin merupakan aplikasi paling tepercaya bagi banyak umat Islam. Melalui aplikasi ini, Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menentukan arah kiblat.

Selain memiliki fungsi penunjuk arah kiblat, aplikasi ini juga memiliki perhitungan waktu sholat yang sangat akurat. Anda tidak akan pernah melewatkan momen-momen sholat dan pastikan Anda tepat waktu.

7. Visual Qiblah.

Visual Kiblat merupakan aplikasi yang sangat bermanfaat bagi banyak umat Islam, karena aplikasi penunjuk arah kiblat ini menghitung arah kiblat dari utara yang akurat dan dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang arah kiblat. Aplikasi arah kiblat ini juga menggunakan rumus untuk menghitung arah kiblat secara akurat untuk jarak 0,5 mm di tanah.

Menariknya, Visual Qiblat mendukung berbagai pilihan bahasa, mulai dari bahasa Indonesia, Turki, Rusia, dan Prancis.

8. Salam

Salaam adalah aplikasi yang dikembangkan oleh PT Samsung Electronics Indonesia. Salaam adalah aplikasi pengingat sholat pertama di Indonesia. Fitur yang bisa Anda dapatkan ada beberapa, seperti Al-Quran di media digital, waktu sholat, arah kiblat, konten harian dan kontekstual yang berisi hadits, doa, ayat dan kontekstual berdasarkan kalender hijriyah, panduan haji dan umroh.

Aplikasi penunjuk arah kiblat ini menggunakan Al-Quran versi digital yang telah mendapatkan sertifikat Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

9. Qibla Compass: A Minimal Qibla Direction Locator

Aplikasi arah kiblat yang dikembangkan oleh pengembang Naaz Apps ini memungkinkan Anda menemukan arah kiblat yang tepat untuk sholat dan secara otomatis akan mendeteksi lokasi Anda. Anda juga dapat menggunakan aplikasi arah kiblat ini secara offline.

Jadi tidak perlu khawatir jika tidak memiliki paket internet akan bingung menentukan arah kiblat. Namun, untuk terus menggunakan fungsi tersebut, Anda perlu mengaktifkan GPS.

10. Qibla Locator

Aplikasi Temukan Arah Kiblat ini dikembangkan oleh Soul Apps World Tech dan menyertakan berbagai fitur keren. Mulai dari penentuan arah kiblat, waktu sholat, suara adzan, penanggalan Hijriah dan berbagai tema kompas kiblat yang bisa anda pilih sesuai dengan selera anda. Qibla Locator Aplikasi penunjuk arah kiblat dapat digunakan secara offline.

11. Find Qibla Pro

Aplikasi Temukan Arah Kiblat ini menunjukkan arah kiblat dengan tampilan kompas yang bagus. Untuk memastikan keakuratan kompas, Anda dapat memeriksa ikon matahari di wajah kompas.

12. Islamic Compass Qibla Direction

Mirip dengan Find Qibla Pro, aplikasi penunjuk arah kiblat ini akan membantu Anda menemukan arah kiblat menggunakan kompas yang didukung oleh fungsi GPS di smartphone Anda. Anda juga dapat mengubah tema aplikasi ini sesuka hati.

13. i-kiblat

Aplikasi i-Qibla dapat digunakan sebagai panduan sholat. Melalui aplikasi ini, pengguna langsung disuguhkan fungsi penentuan arah kiblat saat membuka aplikasi.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan beberapa fitur pendukung seperti bacaan Al Quran, waktu sholat, sholat, rosario digital, Adzan waktu sholat dan kumpulan Asmaul Husna.

Sebelum mengetahui arah kiblat di lokasi Anda, pengguna akan diminta untuk mengkalibrasi setiap ponsel. Pengguna dapat mengunduh aplikasi secara gratis dari App Store.

14. Temukan 100% Kiblat.

Lalu ada aplikasi 100% Qibla Finder. Melalui aplikasi ini pengguna dapat mengetahui posisi yang tepat di depan kiblat.

Pada tampilan awal aplikasi, pengguna disuguhkan tampilan citra satelit dari atas pengguna, untuk mengetahui dimana posisinya langsung dengan Ka’bah.

Selain itu, Anda juga disuguhkan dua opsi untuk mengetahui arah kiblat, menggunakan kompas.

15. Waktu Sholat, Kiblat dan Adzan

Aplikasi ini dibuat oleh pengembang aplikasi bernama Andi Unpam. Melalui platform ini pengguna dapat menentukan arah yang sesuai dengan Ka’bah sebagai arah sholat.

Selain dapat mengetahui arah kiblat, pengguna dapat memperoleh informasi tentang jadwal shalat harian, mengetahui jadwal imsak, mengetahui jadwal shalat 30 hari ke depan, dan jarak dari lokasi pengguna ke Ka’bah.

Aplikasi ini dapat diunduh di App Store dan PlayStore app store. Ada banyak mode bahasa yang bisa dipilih, seperti bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Melayu dan tentu saja bahasa Indonesia.

16. Muslim profesional

Aplikasi Temukan Arah Kiblat yang terakhir adalah Muslim Pro menawarkan sejumlah fitur untuk mendukung ibadah umat Islam, salah satunya adalah shalat. Platform yang disebut-sebut menjual data pengguna itu bisa diunduh melalui App Store.

Terkait kabar penjualan data pengguna tersebut, juru bicara Muslim Pro membantahnya dalam keterangan tertulis yang diterima.

“Muslim Pro tidak pernah menjual data pribadi pengguna dan berkomitmen untuk menjaga dan melindungi privasi pengguna kami. Muslim Pro menerapkan pengaturan dan langkah-langkah keamanan standar industri dan memilih mitra teknologi terkemuka untuk memastikan keamanan data pengguna kami,” kata perusahaan itu dalam sebuah penyataan.

Ada beberapa fitur seperti membaca Al-Qur’an lengkap, kalender Hijriah, arah kiblat, waktu berbuka, zakat, tasbih dan 99 atribut Allah (Asmaul Husna). Ada juga deskripsi lokasi masjid di sekitar penggunanya.

Aplikasi ini sudah tersedia di dua app store AppStore dan Playstore dan sudah bisa digunakan.

Itulah 15 Aplikasi Temukan Arah Kiblat yang tersedia untuk smartphone Android dan iOS, berguna dalam kehidupan sehari-hari.