10 Obat Alami Batu Empedu Tanpa Operasi Terbukti Sembuh!

Batu empedu bisa menjadi komplikasi akibat kolesterol tinggi. Tanpa pengobatan, batu empedu dapat meningkatkan risiko terkena kanker kandung empedu. Jadi apa Obat Alami Batu Empedu Tanpa Operasi ?

Semakin besar jumlah dan semakin besar ukuran batu, semakin besar risiko penyumbatan kandung empedu dan/atau saluran empedu. Jika sudah begini, Anda akan merasakan nyeri hebat di perut kanan atas, apalagi jika perut ditekan atau ditepuk.

Obat Alami Batu Empedu Tanpa Operasi
karanggedesismamed4851d.zapwp.com

Batu empedu yang terus berlanjut dapat menyebabkan kolesistitis akut, yaitu infeksi dan peradangan kandung empedu akibat penyumbatan batu. Nah, untuk mengurangi gejala batu empedu dengan cara mencegah agar ukuran batu tidak membesar, ada beberapa perawatan medis yang bisa Anda coba.

Tenang, manipulasi tidak serta merta berakhir di meja operasi. Berikut adalah beberapa Obat Alami Batu Empedu Tanpa Operasi

10 Obat Alami Batu Empedu Tanpa Operasi

1. Obat asam empedu

Dalam beberapa kasus, Obat Alami Batu Empedu Tanpa Operasi  adalah dengan mengonsumsi obat ursodiol atau chenodiol. Kedua obat ini telah terbukti dapat melarutkan batu empedu kecil. Obat asam empedu ini tersedia dalam bentuk pil oral.

Obat ini bekerja dengan mengikis empedu, memungkinkan batu empedu untuk memecah dan larut dalam urin. Bagi banyak orang pil ini ditoleransi dengan baik oleh pasien batu empedu.

Namun, jika Anda tidak memiliki gejala, Anda mungkin harus menunggu dan melihat bagaimana keadaannya terlebih dahulu. Bahkan jika batu empedu kambuh berulang kali, dokter dapat menunda pengobatan atau operasi karena masalah kesehatan lainnya.

Jika operasi Anda tertunda, Anda harus tetap berada di bawah perawatan dokter dan segera melaporkan gejala yang muncul kembali.

2. Terapi gelombang kejut ekstrakorporeal (ESWL).

Terapi Lithotrip Extracorporeal Shock Wave (ESWL) adalah metode Obat Alami Batu Empedu Tanpa Operasi jika jumlah batunya sedikit dan masih kecil (diameter kurang dari 2 sentimeter).

Cara mengobati batu empedu dilakukan dengan mengirimkan gelombang kejut melalui jaringan lunak tubuh untuk memecah dan menghancurkan batu empedu.

3. Suntik

Batu empedu diobati dengan menyuntikkan metil tersier-butil eter (MTBE) ke dalam kantong empedu untuk melarutkan batu empedu.

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa MTBE melarutkan batu empedu dengan cepat. Namun, seperti prosedur medis lainnya, ada beberapa efek samping serius yang dapat ditimbulkan dari penggunaannya, seperti rasa terbakar yang parah.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan metode injeksi MTBE sebagai pengobatan batu empedu, pastikan untuk mengetahui semua informasi tentang prosedur ini. Tanyakan juga kepada dokter Anda tentang manfaat dan kemungkinan efek sampingnya.

4. Endoskopi retrograde cholangio-pancreatography (ERCP)

Penyumbatan batu di saluran empedu juga dapat diobati dengan prosedur endoskopik retrograde cholangiopancreatography (ERCP).

ERCP bertujuan untuk menghilangkan batu empedu tanpa mengeluarkan kantong empedu bagi orang yang tidak cukup fit untuk menjalani operasi.

Proses ERCP memakan waktu sekitar 30-60 menit atau mungkin lebih cepat. Setelah menjalani prosedur ini, Anda biasanya harus menginap di rumah sakit untuk memantau kondisinya.

Namun, hal ini akan disesuaikan kembali berdasarkan kondisi pasien dan tingkat kesulitan yang dihadapi dokter selama prosedur.

5. Prosedur drainase yang dipandu ultrasound

Pilihan pengobatan terbaik untuk penderita batu empedu yang mengalami peradangan akut pada kandung empedu (kolesistitis) dan tidak dapat menjalani operasi adalah prosedur cholecystostomy (ACE) akut dengan prosedur drainase yang dipandu ultrasound.

Batu empedu dirawat menggunakan prosedur endoskopi yang ditempatkan di antara kantong empedu dan saluran pencernaan. Endoskopi dilakukan untuk menghilangkan infeksi di saluran dan kantong empedu.

Secara umum, dokter menyarankan agar pasien dengan batu empedu dirawat dengan prosedur ini daripada harus mengangkat seluruh kantong empedu.

6. Drainase transmural

Drainase transmural adalah Obat Alami Batu Empedu Tanpa Operasi dengan membuat saluran baru langsung melalui lambung ke dalam kantong empedu.

Saluran ini terdiri dari stent logam yang nantinya akan ditempatkan di perut. Ini adalah bagaimana cairan dari kantong empedu mengalir langsung ke usus kecil.

7. Akupunktur

Akupunktur juga bisa menjadi pilihan Obat Alami Batu Empedu Tanpa Operasi alternatif untuk membantu penyembuhan batu empedu.

Sebuah penelitian di Cina menemukan bahwa akupunktur meredakan sakit punggung, sakit perut, dan mual pada 60 orang dengan kolesistitis (radang kandung empedu). Akibatnya, akupunktur juga membantu mengatur volume kantong empedu.

Namun, penelitian ini gagal menunjukkan bahwa akupunktur mengurangi jumlah atau ukuran batu empedu. Dengan kata lain, obat ini hanya akan membantu meringankan gejalanya.

Jika Anda ingin mencobanya, carilah ahli akupunktur bersertifikat untuk memastikan keamanannya. Pastikan juga terapis akupunktur menggunakan jarum baru, steril, sekali pakai untuk menjaga kebersihan instrumen.

8. Terapi obat terhadap batu empedu

Cara lain untuk mengobati batu empedu tanpa operasi adalah dengan obat-obatan pembersih batu empedu.
Dokter umumnya meresepkan obat yang membersihkan batu empedu untuk pasien yang memiliki batu empedu kecil dan tidak mengandung kalsium.

Sayangnya, efektivitas terapi obat ini membutuhkan waktu lama, hingga sekitar dua tahun. Selain itu, batu empedu juga bisa kambuh setelah menghentikan pengobatan.

Obat penghancur batu ginjal juga tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Wanita yang mengonsumsi pil KB juga harus menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom karena obat yang membersihkan batu empedu dapat mengurangi efektivitas pil kontrasepsi yang mereka konsumsi.

Penderita batu empedu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai jenis pengobatan yang paling tepat untuk mengobati penyakitnya.

Selain itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, termasuk diet rendah lemak, dengan makan dalam porsi sedang dan teratur.

3 Pengobatan batu empedu dengan cara alami

Dalam kebanyakan kasus, batu empedu ringan tidak menyebabkan rasa sakit yang parah karena ukurannya kecil dan tidak terlalu menyumbat kantong empedu.

Untuk kasus ringan, pengobatan alami batu empedu berikut bisa efektif meredakan gejala batu empedu. Semuanya?

1. Kompres panas pada perut yang sakit

Mengompres perut bagian atas dengan handuk hangat dapat meredakan nyeri akibat radang empedu. Cukup oleskan handuk yang telah direndam air hangat pada area yang sakit selama 10-15 menit.

Anda juga bisa menggunakan botol air panas yang ditempelkan di perut kanan atas untuk efek yang sama. Ulangi proses ini sampai rasa sakitnya mereda.

2. Gunakan cuka sari apel

Beberapa orang percaya bahwa cuka sari apel dapat menjadi obat alami untuk batu empedu. Bahan alami ini bersifat anti inflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri pada kandung empedu.

Untuk mengobati sakit perut, larutkan 2 sendok makan cuka sari apel dalam air hangat. Jadi minum dan tunggu sampai rasa sakitnya mereda. Sebaiknya jangan biasakan minum cuka sari apel tanpa air, karena asamnya dapat merusak gigi Anda.

3. Minum teh peppermint

Peppermint mengandung mentol, senyawa yang dapat menenangkan dan membantu menghilangkan rasa sakit. Untuk mendapatkan manfaat peppermint sebagai obat batu empedu, Anda bisa mencampurnya dengan teh.

Selain itu, teh peppermint juga dapat digunakan untuk meredakan sakit perut, melancarkan pencernaan, dan meredakan mual. Minumlah teh ini secara teratur untuk mengurangi jumlah serangan nyeri batu empedu yang terjadi.

Ini adalah berbagai Obat Alami Batu Empedu Tanpa Operasi. Ingat, selalu konsultasikan dengan dokter mengenai obat-obatan dan metode pengobatan alternatif yang akan dilakukan untuk memastikan pengobatan tetap aman.