11 Cara Menghilangkan Keringat Buntet Di Wajah Secara Alami

Ada banyak Cara Menghilangkan Keringat Buntet Di Wajah Secara Alami. Keringat Buntet atau miliaria adalah bintik merah yang menimbulkan rasa gatal dan perih pada penderitanya. Umumnya Keringat Buntet terjadi pada bayi. Penyebabnya karena suhu tubuh bayi belum sempurna dan kelenjar keringat bayi belum berkembang sempurna, sehingga tidak bisa mengeluarkan keringat dengan baik. Keringat pada anak biasanya muncul di wajah, leher, punggung dan selangkangan.

Cara Menghilangkan Keringat Buntet Di Wajah
encrypted-tbn0.gstatic.com

Namun ternyata Keringat Buntet tidak hanya terjadi pada bayi. Tak sedikit orang dewasa yang juga mengalami masalah kepanasan. Keringat Buntet pada orang dewasa biasanya muncul di area wajah. Tak hanya menimbulkan rasa gatal dan perih, bintik-bintik merah di wajah juga menjadi hal yang sangat mengganggu.

Pada orang dewasa Keringat Buntet terjadi karena kelenjar keringat berlebih di dalam tubuh terperangkap sehingga kulit menjadi meradang dan terjadi di daerah yang panas. Beberapa faktor eksternal juga dapat menyebabkan Keringat Buntet pada wajah, seperti penggunaan obat-obatan jenis tertentu untuk faktor atmosfer.

Padahal, masalah Keringat Buntet di wajah bukanlah masalah yang berbahaya. Namun, jika disertai dengan penyakit lain seperti demam, nyeri tubuh dan sakit tenggorokan, sebaiknya periksakan ke dokter. Dokter kemudian akan meresepkan beberapa obat pereda nyeri dan ruam, serta antibiotik yang bisa diminum untuk meredakan Keringat Buntet.

11 Cara Menghilangkan Keringat Buntet Di Wajah

Selain penggunaan obat-obatan, ada juga cara menghilangkan Keringat Buntet di wajah dengan bahan alami. Jadi bagaimana Anda melakukannya? Berikut ulasan yang kami rangkum

1. Mandi dengan air dingin.

Cara pertama untuk menghilangkan Keringat Buntet di wajah Anda adalah dengan mandi dan mencuci muka dengan air dingin. Selanjutnya, gunakan sabun khusus untuk mengatasi masalah ruam dan kemerahan.

Anda bisa menggunakan sabun tanpa pewangi dan sedikit busa untuk menghindari kemerahan pada wajah. Mandi air dingin dipercaya dapat menurunkan suhu tubuh dan Keringat Buntet cepat hilang.

Setelah mandi dan membersihkan wajah, hindari mengeringkannya dengan handuk. Diamkan hingga mengering dengan sendirinya. Karena gesekan handuk juga akan memperparah kondisi yang menyebabkan iritasi.

2. Kompres dengan air dingin.

Cara menghilangkan Keringat Buntet di wajah juga bisa dengan meremasnya dengan air dingin. Cara ini bisa menurunkan suhu tubuh sehingga Keringat Buntet keluar dan hilang di area wajah.

Caranya sangat sederhana, Anda bisa mencelupkan kain lembut ke dalam air dingin yang berisi es batu. Kemudian peras kain dan kompres wajah selama 15-20 menit. Lakukan ini setiap malam sampai kemerahan di wajah hilang.

3. Oleskan minyak jarak.

Anda juga bisa menggunakan minyak jarak untuk menghilangkan Keringat Buntet di wajah Anda. Minyak jarak dipercaya ampuh mengendalikan produksi minyak di wajah sehingga Keringat Buntet bisa diatasi.

Caranya sangat sederhana, Anda bisa mengoleskan minyak jarak pada wajah lalu diamkan hingga benar-benar meresap. Anda bisa melakukan perawatan ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

4. Gel lidah buaya.

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya biasanya digunakan untuk daging dan juga gel atau lendirnya. Untuk kesehatan, Anda bisa rutin mengonsumsi daging lidah buaya. Namun jika untuk kecantikan bisa menggunakan lendir atau gel lidah buaya.

Lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan Keringat Buntet di wajah. Karena kandungan anti inflamasi, antibakteri dan antiseptik yang dikandungnya mampu menghilangkan flek merah di wajah akibat Keringat Buntet.

Untuk mendapatkan hasilnya, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya pada area wajah. Kemudian diamkan selama 10-15 menit agar meresap, lalu bilas dengan air biasa. Namun perlu diingat bahwa gel lidah buaya dapat memberikan reaksi yang berbeda pada kulit. Jadi sebaiknya dioleskan di tangan dulu, kalau tidak menimbulkan reaksi baru bisa dioleskan ke wajah.

5. Gunakan bedak wajah yang tidak berbau.

Cara menghilangkan Keringat Buntet di wajah bisa juga menggunakan bedak. Bedak tabur ada banyak jenisnya, Anda bisa memilih yang tidak beraroma dan memang dirancang khusus untuk mengatasi masalah ruam kulit dan gatal-gatal. Anda bisa menaburkan bedak langsung pada wajah secara merata yang berfungsi untuk mengurangi produksi keringat pada wajah.

6. Oatmeal.

Oatmeal merupakan salah satu makanan favorit para pejuang diet sebagai pengganti nasi. Oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga membuat orang yang memakannya merasa kenyang lebih lama. Selain untuk kesehatan, oatmeal juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, salah satunya adalah cara menghilangkan Keringat Buntet di wajah.

Caranya sangat sederhana, Anda bisa memasukkan 250 gram oatmeal ke dalam bak mandi yang berisi air hangat, lalu celupkan diri Anda ke dalam campuran air tersebut selama 20 menit. Kemudian oleskan secara merata pada wajah. Pastikan suhu air tidak terlalu tinggi untuk menghindari iritasi kulit.

7. Natrium bikarbonat.

Soda kue adalah salah satu bahan yang umum digunakan untuk membuat kue dan roti. Makanan yang diberi campuran baking soda akan terasa lebih enak. Selain itu, tampilan roti atau kue akan lebih pulen.

Soda kue juga memiliki manfaat untuk menghilangkan Keringat Buntet, lho. Caranya adalah dengan mencampurkan tiga hingga lima sendok makan soda kue ke dalam bak berisi air hangat. Jadi Anda bisa berendam sambil mencuci muka. Anda bisa menyelam selama 25 menit. Lakukan perawatan ini tiga kali seminggu sampai kemerahan di wajah hilang.

8. Daun nimba.

Seperti yang Anda ketahui, daun mimba sering digunakan sebagai bahan perawatan kulit alami. Daun mimba biasa digunakan untuk campuran perawatan kulit yang dapat mengatasi masalah kulit berminyak dan jerawat. Tak hanya itu, ternyata daun mimba juga bisa membantu mengobati Keringat Buntet.

Daun mimba memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang baik untuk kulit dengan Keringat Buntet. Cara menggunakannya sangat sederhana. Campurkan bubuk daun mimba dan air, lalu oleskan pada wajah sebagai masker, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air dingin. Anda bisa melakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

9. madu

Cara menghilangkan Keringat Buntet di wajah selanjutnya adalah dengan madu. Ya, madu merupakan salah satu bahan alami dengan sejuta manfaat. Kandungan anti inflamasi yang dikandungnya mampu mengatasi berbagai masalah kulit termasuk Keringat Buntet.

Caranya adalah dengan mengoleskan madu pada wajah yang mengalami Keringat Buntet, lalu diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukan cara ini tiga kali seminggu.

10. Kayu Cendana.

Cendana memiliki sifat anti inflamasi dan analgesik yang dapat meredakan nyeri dan kemerahan akibat Keringat Buntet pada wajah. Caranya, campurkan bubuk cendana dengan air. Setelah memiliki konsistensi pucat, oleskan secara merata ke wajah Anda dan biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

11. Garam Epsom.

Cara terakhir untuk menghilangkan Keringat Buntet di wajah adalah dengan menggunakan garam Epsom. Caranya, tuangkan 200 gram garam Epsom ke dalam bak mandi. Kemudian basuh pada wajah dan tubuh yang terkena Keringat Buntet. Pastikan campuran air ini tidak diminum karena sangat berbahaya bagi lambung. Anda bisa melakukan perawatan ini secara rutin dua atau tiga kali seminggu.

Itulah 11 Cara Menghilangkan Keringat Buntet Di Wajah secara alami dan sudah terbukti ampuh secara turun menurun