Manfaat Protein Nabati Yang Baik Bagi Tubuh Anda, Wajib Tahu!

Selain protein hewani, protein nabati juga bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Manfaat Protein Nabati ini untuk kesehatan sangat melimpah dan salah satunya adalah untuk mengurangi risiko penyakit kronis.

Manfaat Protein Nabati
res.cloudinary.com

Protein nabati adalah jenis protein yang berasal dari tumbuhan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Jenis protein ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang mengikuti pola makan vegetarian atau tidak mengonsumsi protein hewani, seperti daging atau ikan.

6 Berbagai Sumber Protein Nabati

Sumber protein nabati bisa dengan mudah didapatkan di sekitar kita. Berikut ini adalah beberapa makanan yang merupakan Manfaat Protein Nabati dan sumber protein nabati yang baik:

1. Kacang

Sumber protein nabati pertama yang mudah didapatkan dan kandungan proteinnya cukup tinggi adalah kacang-kacangan. Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi adalah kacang kedelai, kacang merah, kacang almond atau kacang hijau. Manfaat Protein Nabati

Selain tinggi protein, kacang-kacangan juga relatif mudah diolah untuk dikonsumsi. Anda hanya perlu merebusnya atau Anda bisa mengolahnya menjadi susu dan bubur kacang.

2. Buah dan sayuran

Semua buah dan sayuran mengandung protein yang dibutuhkan tubuh. Namun, beberapa di antaranya memiliki kandungan protein yang lebih tinggi.

Beberapa jenis sayuran yang tergolong tinggi protein antara lain brokoli, bayam, asparagus, kentang dan singkong. Sedangkan buah-buahan yang tinggi protein adalah jambu biji, alpukat dan pisang.

3. Tahu

Sumber protein nabati lain yang bisa menjadi pilihan adalah tahu yang terbuat dari kacang kedelai. Dalam sekitar 100 gram tahu ada sekitar 20 gram protein. Selain mudah didapat, tahu juga mudah diolah menjadi menu makanan sehari-hari yang sehat. Manfaat Protein Nabati

4. Tempe

Bagi para vegetarian, tempe merupakan salah satu sumber protein terpenting. Selain kaya akan protein, tempe juga merupakan makanan sumber kalsium dan zat besi yang tinggi.

5. Roti gandum

Salah satu sumber protein nabati yang juga mudah didapat adalah roti gandum. Tidak hanya tinggi protein nabati, roti yang sering dikonsumsi untuk sarapan juga dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik.

6. Biji chia

Meskipun biji chia masih belum tersebar luas, namun dikenal sebagai sumber protein nabati yang baik untuk tubuh. Selain protein, biji chia juga mengandung karbohidrat, serat, vitamin, mineral dan antioksidan.

Anda bisa menambahkan biji chia ke salad buah, mencampurnya ke dalam sereal atau oatmeal, atau menambahkannya ke adonan saat memanggang.

Manfaat Protein Nabati Untuk Kesehatan

Protein hewani memang baik untuk tubuh, namun jumlah asupannya harus dibatasi. Bila tertelan secara berlebihan, dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, banyak yang percaya bahwa konsumsi protein nabati lebih Manfaat Protein Nabati.

Selain itu, ada beberapa manfaat protein nabati yang juga harus Anda ketahui, yaitu:

1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat Protein Nabati Protein nabati kaya akan asam glutamat, yang merupakan sejenis asam amino. Menurut penelitian, senyawa asam glutamat diduga memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah.

Selain mengonsumsi protein nabati untuk menurunkan tekanan darah, Anda juga harus mengurangi asupan makanan asin dan berlemak, seperti gorengan.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Protein nabati juga dikenal dapat mencegah penyakit jantung. Hal ini karena penyakit jantung umumnya dikaitkan dengan kadar kolesterol atau lemak darah yang tinggi.

Sedangkan makanan yang mengandung protein nabati memiliki kadar lemak yang sangat rendah sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan protein nabati secara teratur dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan fungsi hormon insulin untuk menjaga keseimbangan gula darah. Manfaat Protein Nabati

Manfaat ini diduga berasal dari kandungan serat dan antioksidan yang juga terdapat pada makanan nabati yang tinggi protein.

4. Pertahankan berat badan yang stabil

Selain mencegah berbagai penyakit kronis di atas, makanan nabati berprotein tinggi juga sering dikaitkan dengan berat badan ideal. Menurut sebuah penelitian, makan makanan tinggi protein nabati akan memberi tubuh asupan lemak dan kalori yang moderat. Manfaat Protein Nabati

Dengan begitu, makanan berprotein tinggi dinilai baik untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan atau ingin mempertahankan berat badan ideal.

Ini adalah Manfaat Protein Nabati dan berbagai sumber protein nabati yang tersedia dan dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Namun, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui jumlah asupan yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda.