15 Cara Agar Gigi Putih Secara Alami Dan Cepat

Setiap orang selalu menginginkan gigi yang putih dan bersih. Memiliki deretan gigi putih bersih pasti bisa menambah rasa percaya diri seseorang saat tersenyum. Tak heran jika ada berbagai Cara Agar Gigi Putih yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan gigi yang putih dan bersih.

Cara Agar Gigi Putih
cms.sehatq.com

Salah satu Cara Agar Gigi Putih paling umum untuk memutihkan gigi adalah dengan menggunakan lilin, gel, strip dan pasta gigi. Beberapa produk kimia tersebut mengandung zat tertentu yang berisiko menyebabkan gangguan tertentu. Oleh karena itu, sebelum menggunakan produk ini sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya.

15 Cara Agar Gigi Putih Secara Alami Dan Cepat

Selain itu, ada banyak cara alami yang bisa dilakukan seseorang untuk memutihkan gigi tanpa harus khawatir dengan risiko tumbuh gigi. Lalu bagaimana cara memutihkan gigi dengan cepat secara alami? Simak penjelasannya

1. Betelblad

Cara Agar Gigi Putih yang pertama dengan cepat adalah dengan menggunakan daun sirih. Sejak lama, daun sirih efektif membersihkan gigi. Selain itu, beberapa kandungan daun sirih juga berperan penting dalam mengurangi risiko gigi berlubang.

Cara mendapatkan manfaat daun sirih cukup mudah, Anda hanya perlu mengunyah beberapa lembar daun sirih. Selain itu, Anda juga bisa mengolesi daun sirih lalu mengoleskannya pada area gigi hingga halus.

2. Salam Blade

Sejak lama, daun salam dikenal mampu membersihkan dan memutihkan gigi secara alami. Beberapa kandungan daun salam mampu membuat gusi dan mencegah penumpukan gigi berlubang.

Mendapatkan manfaatnya cukup mudah, tumbuk daun salam hingga halus, lalu gunakan bubuk daun salam sebagai pasta untuk menggosok gigi.

3. Siwak

Cara lain untuk memutihkan gigi dengan cepat secara alami adalah dengan menggunakan siwak. Siwak telah lama dikenal sebagai obat herbal yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut dan membersihkan gigi.

Siwak diduga mengandung beberapa zat alami yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, mencegah gigi berlubang dan mengikis plak.

Cara menggunakan siwak untuk membersihkan gigi cukup mudah, tumbuk siwak hingga halus lalu campurkan dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Siwaken yang sudah berbentuk pasta kemudian dioleskan ke area gigi hingga merata.

3. Stroberi

Cara Agar Gigi Putih adalah dengan menggunakan buah strawberry. Buah ini mengandung asam sitrat yang dipercaya ampuh menghambat berbagai bakteri pada gigi.

Untuk mendapatkan manfaat buah strawberry, hancurkan terlebih dahulu buah ini, lalu campurkan dengan soda bank hingga berbentuk pasta dan oleskan pada area gigi hingga halus.

4. Berhenti merokok

Salah satu penyebab gigi kuning adalah merokok. Selain menyebabkan gigi kuning, aktivitas ini juga dapat meningkatkan risiko gigi berlubang.

Oleh karena itu, mengurangi atau berhenti merokok adalah cara paling efektif untuk membersihkan gigi dari kuman dan bakteri.

5. Kurangi konsumsi kopi

Cara Agar Gigi Putih yaitu dengan mengurangi kopi. Minum kopi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, namun terlalu banyak mengonsumsi kopi dapat membuat gigi menjadi kuning.

Jika ingin gigi putih bersih, sebaiknya mulai kurangi konsumsi kopi mulai dari sekarang. Untuk hasil terbaik, seimbangkan dengan menyikat atau menyikat gigi secara teratur.

6. Jaga pola makan

Cara memutihkan gigi dengan cepat secara alami selanjutnya adalah dengan menjaga pola makan yang sehat. Pasalnya, salah satu penyebab gigi kuning adalah karena mengonsumsi makanan yang tidak sehat sehingga dapat menimbulkan bakteri pada gigi.

Beberapa makanan yang bisa menyehatkan dan memucat gigi, salah satunya adalah sayuran seperti bayam, brokoli dan kacang-kacangan. Selain itu, buah-buahan seperti durian juga bekerja efektif untuk menjaga kesehatan gigi. Kandungan potasium, kalsium dan vitamin B dalam buah durian sangat bermanfaat dalam melindungi gigi dari berbagai penyakit.

7. Bubuk kue

Baking soda merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membantu membersihkan dan memutihkan gigi dengan cepat. Cara Agar Gigi Putih cukup mudah, campurkan soda bank dengan sedikit air lalu oleskan atau gosokkan pada area gigi hingga halus.

Lakukan cara ini setidaknya beberapa kali seminggu sampai gigi terlihat putih bersih.

8. Kulit pisang

Kulit pisang juga dapat membantu memutihkan gigi dengan cepat. Kandungan magnesium dan potasium pada kulit pisang berperan penting dalam menjaga kesehatan mulut dan memutihkan gigi dengan cepat. Cara Agar Gigi Putih mudah, gosokkan bagian dalam kulit pisang ke seluruh gigi Anda selama kurang lebih 10 menit dan bilas mulut Anda dengan air.

9. Arang

Arang memiliki kandungan alkalin yang mampu mengikis bintik kuning yang menempel pada gigi. Inilah mengapa arang dipercaya sebagai cara memutihkan gigi secara alami dan cepat.

Cara Agar Gigi Putih dengan gigi arang:

  • Ambil sepotong arang
  • Haluskan dan tambahkan jus lemon.
  • Sikat gigi Anda secara merata dengan kayu olahan.

Namun perlu diingat bahwa terlalu sering menggunakan arang justru dapat mengikis lapisan email pada gigi. Karena itu, Anda harus menggunakan metode ini beberapa kali seminggu.

10. Cuka sari apel

Cara memutihkan gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Hal ini karena cuka sari apel mengandung asam asetat, magnesium dan potasium, yang berfungsi untuk membersihkan kotoran akibat gigi kuning.

11. apel

Kandungan asam alami dan senyawa astringent pada apel dipercaya ampuh memutihkan gigi secara alami. Padahal, apel juga dikenal sebagai buah yang baik untuk pencernaan, lho.

12. Biji pinang

Sejak zaman dahulu, biji pinang telah diklaim sebagai cara memutihkan gigi yang menguning. Mengapa? Kandungannya yang ampuh membersihkan dan menjaga kekuatan gigi, mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Untuk memutihkan gigi dengan biji pinang :

  • Haluskan buah pinang
  • Ambil bubuk bijinya dan gosokkan secara merata ke gigi
  • Tunggu selama 5 menit dan bilas sampai bersih

13. Minyak kelapa

Cara Agar Gigi Putih selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Meski terdengar aneh, ternyata banyak orang yang menggunakan bahan alami ini untuk memutihkan gigi lho.

Minyak kelapa juga dikatakan mampu membuat gigi lebih sehat. Caranya, oleskan minyak kelapa secara merata pada gigi setelah menyikat gigi dan biarkan bekerja hingga 20 menit. Kemudian bersihkan mulut Anda dengan berkumur.

14. Bubuk kunyit

Kunyit akan menyebabkan noda membandel pada pakaian tetapi tidak pada gigi. Bahan alami ini justru menghilangkan noda pada gigi sekaligus mencerahkan warna gigi. Cara Agar Gigi Putih, basahi sikat gigi dan oleskan bubuk kunyit pada sikat gigi, lalu gosok gigi seperti biasa.

Biarkan hingga lima menit dan bilas mulut Anda dengan kumur. Kemudian gosok gigi kembali dengan pasta gigi yang biasa Anda gunakan. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

15. Karbon aktif

Cara mudah terakhir memutihkan gigi adalah dengan arang. Ternyata, karbon aktif memiliki pori-pori dengan daya serap tinggi untuk mengikat zat-zat yang dapat menyebabkan gigi menjadi kuning atau coklat, seperti tanin.

Selain itu, bahan ini juga baik untuk menjaga keasaman mulut dan membantu mencegah karang gigi. Caranya, Anda bisa menggunakan arang aktif dengan cara menaburkannya pada sikat gigi atau mencampurnya dengan air untuk berkumur.

Itulah beberapa Cara Agar Gigi Putih dengan bahan alami yang bisa Anda coba. Nah, jika Anda memiliki masalah gigi, segera gunakan aplikasi Halodoc untuk membuat janji dengan dokter gigi di rumah sakit terdekat. Jangan tunda untuk diperiksa, karena apa yang Anda alami mungkin memerlukan penanganan segera