Cara Menyembuhkan Luka Bakar Dengan Benar, Aman dan Cepat Kering

Paparan panas yang berlebihan pada tubuh dapat menyebabkan luka bakar. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari terkena api, cairan panas, bahan kimia, listrik sinar UV hingga benda atau benda panas lainnya. Korban luka bakar akan mengalami rasa sakit yang berlebihan. Bahkan menyebabkan kulit menjadi merah, perih dan terkelupas. Berikut mimin bahas Cara Menyembuhkan Luka Bakar Dengan Benar, Aman dan Cepat Kering

Cara Menyembuhkan Luka Bakar
static.honestdocs.id

Luka bakar bukanlah luka sembarangan, kondisi parah akibat luka bakar dapat menyebabkan kematian. Ada 3 derajat luka bakar, derajat pertama menyangkut lapisan luar kulit. Luka bakar tingkat dua ditandai dengan kemerahan dan lepuh pada kulit. Derajat kedua ini termasuk luka bakar ringan. Sedangkan derajat ketiga sangat serius untuk mendapatkan bantuan dari sistem pelayanan kesehatan.

Luka bakar tingkat pertama dan kedua masih dapat diobati secara mandiri dengan menyembuhkan seluruh luka bakar dengan benar. Dengan demikian, luka bakar cepat kering selama tahap penyembuhan., berikut cara menyembuhkan luka bakar dengan benar:

Cara Menyembuhkan Luka Bakar Dengan Benar

1. Hilangkan penyebab luka bakar

Langkah pertama dalam menyembuhkan luka bakar adalah menghilangkan penyebab luka bakar. Tergantung pada penyebab luka bakar, itu bisa berupa air panas, api, atau yang lainnya. Jauhkan area luka bakar dari sumber luka bakar agar korban lebih aman.

2. Mendinginkan area kulit yang terbakar

Beberapa saat setelah luka bakar, suhu kulit mungkin masih tinggi dan kerusakan masih berlangsung. Oleh karena itu, disarankan untuk segera mendinginkan kulit yang terbakar, dengan air bersih yang mengalir pada suhu kamar. Jangan mendinginkan pembakaran dengan es atau air dingin. Cara ini efektif dalam 20 menit pertama setelah pembakaran, penyiraman dilakukan selama 20 menit.

Perlu diperhatikan, jangan mendinginkan area kulit yang terbakar menggunakan kompres es atau air dingin karena dapat merusak jaringan. Sehingga pada tahap cara penyembuhan luka bakar akan lebih efektif.

3. Jika ada lecet, jangan pecahkan

Cara menyembuhkan luka bakar selanjutnya adalah dengan tidak mematahkan lukanya. Tidak disarankan untuk meledakkan zona pembakaran yang melepuh. Namun, jika kandung kemih pecah dengan sendirinya, pembakaran harus dicuci dengan air bersih. Langkah selanjutnya adalah melapisinya dengan pembalut luka antimikroba.

Jika tidak ada lepuh, atau lepuh tidak pecah, oleskan gel untuk melembabkan dan mendinginkan luka. Jangan mengoleskan pasta gigi, mentega atau cairan berminyak lainnya. Cara ini sering salah digunakan untuk korban luka bakar, padahal cara ini justru bisa memperburuk luka.

4. Gunakan pembalut luka

Disarankan untuk menutupi luka dengan perban yang lembut dan tidak terlalu kencang. Menutup luka dapat bermanfaat sebagai cara penyembuhan luka bakar, tujuannya untuk mencegah terjadinya infeksi luka.

5. Konsumsi obat-obatan

Cara menyembuhkan luka bakar selanjutnya adalah dengan obat-obatan. Jika perlu, Anda bisa minum obat untuk menghilangkan rasa sakit, tentunya dengan saran dan pengawasan dokter.

Meskipun pengobatan luka bakar dapat dilakukan secara mandiri, konsultasikan dengan dokter segera dalam kondisi berikut:

luka bakar yang relatif luas (diameter lebih lebar dari 8 cm).
Luka bakar relatif dalam dan telah mencapai tulang.
Pembakaran menjadi hitam.

6. Madu

Dilansir dari situs Medicalnewstoday.com, pada tahun 2018 terdapat penelitian yang menemukan bahwa madu dapat memberikan beberapa manfaat klinis ketika seseorang menggunakannya untuk mengobati luka bakar.

Cara menyembuhkan luka bakar dengan madu sangatlah mudah. Cukup oleskan madu ke perban dan kemudian letakkan di kulit yang terbakar.

Cara ini dapat membantu mensterilkan area tersebut sehingga terhindar dari infeksi. Madu juga dapat meredakan kulit yang terbakar dan dapat meredakan rasa sakit yang terjadi selama luka bakar.

7. Minyak kelapa

Penggunaan minyak kelapa sebagai obat luka akibat cipratan minyak panas merupakan cara yang bisa dikatakan cukup tradisional. Minyak kelapa mengandung vitamin E yang tidak hanya bermanfaat untuk mengobati luka bakar, tetapi juga mampu menyembuhkan kulit.

Cara menyembuhkan luka bakar dengan minyak kelapa adalah dengan mencampurkan setengah sendok teh air jeruk lemon dengan satu sendok teh minyak kelapa. Kemudian pijat dengan lembut pada bagian yang terluka.

Campuran lemon bermanfaat karena kandungan asamnya akan membantu meringankan gejala terbakar. Minyak kelapa sendiri mengandung banyak khasiat, salah satunya adalah antijamur, yang dapat mencegah infeksi akibat luka bakar.

8. Cuka

Cuka mengandung asam asetat, yang dapat membantu meredakan rasa sakit, gatal, dan peradangan. Cuka juga mampu meredakan sensasi panas dan nyeri akibat luka bakar. Caranya cukup mudah, Anda cukup mengambil kapas dan mencelupkannya ke dalam satu sendok teh cuka. Kemudian oleskan pada area yang terbakar dengan lembut agar luka terasa sejuk. Cuka juga memiliki sifat astringen yang dapat mencegah infeksi.

9. Lidah Buaya

Luka bakar akibat cipratan minyak panas bisa disembuhkan dengan lidah buaya. Metode penyembuhan luka bakar ini sangat efektif. Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, itulah sebabnya ia merupakan agen penyembuhan yang sangat baik.

Penggunaan lidah buaya juga dapat meningkatkan sirkulasi di sekitar metabolisme dan selanjutnya akan mencegah pertumbuhan bakteri di area tersebut. Dengan kata lain, lidah buaya dapat mencegah kemungkinan infeksi di daerah yang terkena.

Untuk hasil terbaik, oleskan gel lidah buaya murni yang diekstrak dari daun tanaman lidah buaya ke area yang rusak. Namun, jika Anda menggunakan produk lidah buaya yang dibeli di toko, pastikan produk tersebut mengandung konsentrasi lidah buaya yang tinggi.

10. Air dingin

Peluncuran dari medicalnewstoday.com pada minyak cair terbakar selama 20 menit. Selain membuat kulit terasa sejuk, juga ampuh meredakan luka bakar. Cara menyembuhkan luka bakar dengan air sangat efektif untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Oleh karena itu, pastikan untuk memahami apa obat luka akibat cipratan minyak panas di atas sebagai pertolongan pertama. Tentunya agar hal yang tidak diinginkan selanjutnya tidak terjadi.

11. Teh hijau

Ada banyak manfaat teh hijau sebagai obat pembakaran. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan efek menguntungkan dari teh hijau pada pasien luka bakar.

Diperkuat dengan hasil penelitian yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine, yang menemukan bahwa teh hijau sangat efektif dalam menyembuhkan luka bakar, bahkan luka bakar tingkat dua. Cara Menyembuhkan Luka Bakar

12. Lidah Buaya

Selain pasta gigi, lidah buaya dengan sifat anti inflamasinya juga dapat melancarkan peredaran darah dan menghambat pertumbuhan bakteri di area luka. Oleskan lidah buaya secara merata pada area yang terbakar beberapa kali sehari untuk mempercepat penyembuhan.

13. Madu

Jika lidah buaya sulit ditemukan, madu juga bisa digunakan untuk memberikan pertolongan pertama pada luka bakar. Madu, yang bersifat anti-inflamasi dan antibakteri, dapat mencegah kulit dari kemungkinan infeksi. Cairan ini juga membantu dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh luka bakar.

14. Kompres dengan air es

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengompres luka dengan kain yang berisi es batu. Kompresi dapat dilakukan selama 3-5 menit per. sidang. Setiap sesi dapat dijeda selama 5-15 menit sebelum dikompresi lagi. Proses ini akan menghilangkan rasa sakit dan mencegah pembengkakan akibat luka bakar.

Itulah beberapa cara untuk Cara Menyembuhkan Luka Bakar Dengan Benar, Aman dan Cepat Kering