10 Unsur Unsur Kebugaran Jasmani : Pengertian dan Contoh Latihannya!

Kemampuan fisik seseorang untuk melakukan tugas sehari-hari ditentukan oleh kebugaran jasmani. Unsur Unsur Kebugaran Jasmani meliputi kekuatan, daya tahan, kelenturan, komposisi tubuh, kecepatan dan kelincahan. Pengkondisian fisik untuk setiap elemen berbeda.

Unsur Unsur Kebugaran Jasmani
lancangkuning.com

Kesegaran jasmani adalah kemampuan fisik seseorang untuk melakukan tugas sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan. Ada banyak Unsur Unsur Kebugaran Jasmani, antara lain kekuatan, daya tahan otot jantung dan paru-paru, kelincahan dan kelenturan.

Dengan memahami unsur-unsur kebugaran jasmani, Anda dapat melakukan latihan yang tepat untuk menunjang kesehatan. Untuk menunjang daya tahan otot jantung dan paru-paru, Anda bisa misalnya melakukan latihan aerobik dan latihan beban.

Sebelum Anda mengenali unsur-unsur kebugaran jasmani, Anda pasti perlu memahami apa itu kebugaran jasmani. Kesegaran jasmani adalah kemampuan fisik yang dimiliki seseorang untuk melakukan aktivitas fisik tanpa harus mengalami kelelahan.

Menurut Rusli Lutan, kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk melakukan segala bentuk aktivitas fisik sehari-hari yang memerlukan tiga unsur inti. Tiga elemen inti adalah daya tahan, fleksibilitas, dan kekuatan.

Sedangkan menurut Muhajir, kebugaran jasmani adalah kemampuan fisik seseorang untuk menyesuaikan diri dengan beberapa aktivitas sehari-hari tanpa merasa lelah dan letih.

Kockey menyatakan bahwa kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk dengan mudah melakukan tugas sehari-hari tanpa kelelahan yang berarti dan tetap dapat menikmati waktu luangnya serta dalam keadaan darurat tetap dapat melakukan pekerjaan yang tidak diharapkan.

Melakukannya secara teratur dapat membuat hidup Anda lebih sehat dan jauh dari risiko penyakit berbahaya. Padahal, latihan kebugaran bisa menjaga kesehatan mental Anda.

10 Unsur Unsur Kebugaran Jasmani dan bentuk-bentuk latihan

Kemampuan fisik seseorang untuk melakukan tugas sehari-hari ditentukan oleh kebugaran jasmani. Oleh karena itu, Anda perlu berolahraga secara teratur dan mempraktikkan unsur kebugaran jasmani untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Berikut unsur-unsur kebugaran jasmani yang perlu Anda ketahui:

1. Kekuatan

Unsur Unsur Kebugaran Jasmani Kekuatan adalah kemampuan otot-otot tubuh untuk berkontraksi ketika melawan beban yang dibawa tubuh. Elemen ini juga dikenal sebagai kekuatan otot.

Kekuatan otot juga berhubungan dengan daya tahan otot. Daya tahan otot adalah kemampuan otot untuk menahan kontraksi ringan yang terus menerus.

Kekuatan otot diperlukan untuk mengangkat beban berat secara maksimal dalam satu aktivitas. Sedangkan daya tahan otot dibutuhkan saat tubuh harus melakukan aktivitas fisik jangka panjang, seperti bersepeda jarak jauh.

Contoh latihan pengkondisian fisik untuk latihan kekuatan adalah mengangkat beban. Anda juga bisa melakukan latihan beban tubuh, seperti plank.

2. Daya Tahan

Daya tahan yang dimaksud dalam unsur kesegaran jasmani adalah daya tahan atau kemampuan otot jantung dan paru-paru serta pembuluh darah untuk berfungsi secara optimal selama beraktivitas.

Untuk melatih daya tahan ini, Anda bisa melakukan latihan aerobik atau kardio. Berjalan, berlari, berenang, bersepeda atau bahkan menari adalah beberapa contoh latihan kardio.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan latihan ini minimal 150 menit per minggu. Anda dapat membaginya menjadi 20-30 menit setiap hari.

Dengan daya tahan yang baik maka metabolisme sel dalam tubuh akan meningkat. Anda juga akan lebih mudah melakukan aktivitas fisik sehari-hari.

3. Fleksibilitas

Unsur Unsur Kebugaran Jasmani Fleksibilitas adalah kemampuan suatu sendi untuk bekerja secara optimal. Untuk dapat melakukan gerakan secara fleksibel, ada beberapa hal yang mempengaruhi, seperti usia, struktur sendi, kualitas otot dan ligamen.

Kelenturan sangat penting untuk dilatih karena berhubungan langsung dengan unsur-unsur kebugaran jasmani lainnya seperti keseimbangan, koordinasi dan kelincahan.

Dengan tubuh yang lentur atau fleksibel, risiko cedera dapat dikurangi. Anda juga akan lebih mudah melakukan gerakan sehari-hari.

Contoh latihan kelenturan yang bisa dilakukan antara lain yoga, tai chi, barre dan pilates.

4. Komposisi tubuh (body komposisi)

Komposisi tubuh adalah rasio lemak tubuh terhadap massa tubuh tanpa lemak. Massa lemak ditemukan di bawah kulit, di sekitar jantung, paru-paru, usus dan di sekitar otot. Sedangkan bagian tubuh yang kurus adalah tulang, otot, dan cairan tubuh.

Semakin tinggi massa lemak, semakin tinggi risiko terkena penyakit, seperti diabetes tipe 2 atau penyakit jantung.

Oleh karena itu, Anda perlu menjaga komposisi tubuh yang seimbang untuk menjaga kebugaran fisik. Caranya adalah dengan menjalani pola hidup sehat, dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi.

5. Kecepatan

Unsur Unsur Kebugaran Jasmani selanjutnya adalah kecepatan. Kecepatan adalah kemampuan tubuh untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu sesingkat mungkin.

Untuk melatih kecepatan Anda, Anda dapat berlari secara teratur dengan jarak dan frekuensi yang disesuaikan. Misalnya pada minggu pertama Anda rutin melakukan sprint sebanyak 5 kali untuk jarak 10 meter dalam satu sesi. Pada minggu berikutnya, jarak ditingkatkan menjadi 20 meter, tetapi frekuensinya dikurangi menjadi 3 kali.

6. Kelincahan

Kelincahan juga penting untuk dimiliki. Dengan kelincahan yang baik, kita akan dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih aman dan terhindar dari risiko cedera.

Kelincahan adalah kemampuan tubuh untuk mengubah arah atau posisi dengan cepat. Untuk melatihnya, Anda bisa melakukan gerakan kebugaran jasmani berupa lari zig-zag atau jongkok dorong. Unsur Unsur Kebugaran Jasmani

7. Koordinasi

Koordinasi merupakan salah satu unsur kebugaran jasmani yang dapat diartikan sebagai kemampuan tubuh untuk melakukan gerakan atau bekerja secara tepat dan efisien.

Orang yang memiliki koordinasi yang baik, anggota tubuhnya dapat bekerja sama dengan mudah. Dia juga tidak memiliki hambatan untuk berkonsentrasi ketika harus menggerakkan anggota tubuhnya secara bergiliran.

Untuk melatih unsur ini, gerakan kebugaran jasmani yang dilakukan sebenarnya sederhana. Anda dapat melatih koordinasi dengan melempar bola dengan tangan kiri dan kemudian mencoba menangkapnya dengan tangan kanan.

8. Saldo

Keseimbangan yang baik memungkinkan Anda untuk memposisikan tubuh Anda tanpa jatuh atau gemetar saat berdiri atau melakukan gerakan fisik lainnya.

Keseimbangan yang baik mengurangi risiko jatuh dan cedera. Contoh latihan kebugaran jasmani untuk meningkatkan keseimbangan yang dapat dilakukan antara lain berdiri dengan satu kaki atau tai chi.

9. Daya ledak

Daya ledak adalah kombinasi dari kecepatan dan kekuatan. Orang yang memiliki daya ledak yang baik, tubuh yang kuat dan cepat. Di satu sisi, dia bisa mengangkat beban berat dengan cepat.

Contoh latihan kekuatan eksplosif yang dapat dilakukan adalah squat-hop, box atau box-hop dan latihan beban.

10. Laju reaksi (waktu reaksi)

Laju reaksi adalah waktu yang dibutuhkan Anda untuk bereaksi ketika Anda mendapatkan suatu rangsangan (stimulus). Reaksi adalah kesadaran akan gerakan, sedangkan refleks adalah gerakan otomatis yang dilakukan tanpa kesadaran. Unsur Unsur Kebugaran Jasmani

Contoh kecepatan reaksi adalah ketika seorang penjaga gawang dalam pertandingan sepak bola memiliki refleks melompat untuk menangkap bola yang ditendang oleh pemain.

11. Kekuatan otot

Unsur kesegaran jasmani ini erat kaitannya dengan kemampuan seseorang untuk memanfaatkan kekuatan secara maksimal dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Unsur Unsur Kebugaran Jasmani

Ada berbagai manfaat kebugaran jasmani, seperti mencegah obesitas, mencegah diabetes, mengatasi depresi, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

12. Akurasi (Akurasi).

Unsur kebugaran jasmani yang terakhir adalah ketepatan. Akurasi adalah kemampuan seseorang untuk mengontrol gerakan bebas tubuh menuju suatu tujuan. Ada berbagai jenis latihan yang membutuhkan ketelitian, salah satu yang paling populer adalah memanah.

Itulah 10 Unsur Unsur Kebugaran Jasmani dan bentuk-bentuk latihan. Semoga bermanfaat dan samalm sehat!