8 Aplikasi Helpdesk Gratis Solusi Merespon Customer Bisnis Anda

Sobat mediumsehat sedang mencari informasi aplikasi helpdesk gratis? Yuk simak penjelasannya dibawah ini. Aplikasi help desk adalah sistem yang dapat membantu mendukung operasi untuk menanggapi keluhan pengguna, umpan balik, komentar, masalah atau pertanyaan teknis dengan memberikan informasi yang diperlukan dengan cara yang berbeda.

Aplikasi Helpdesk Gratis
blogspot

Kenyamanan yang ditawarkan perangkat lunak ini telah membuat banyak perusahaan beralih ke sistem bantuan otomatis dan aplikasi tiket berbasis web. Aplikasi pendukung itu sendiri adalah perangkat lunak untuk menanggapi umpan balik pelanggan atau pengguna perusahaan dengan menyediakan informasi terkait perusahaan yang diperlukan di berbagai media.

8 Daftar Aplikasi Helpdesk Gratis

1. HashMicro

HashMicro sebagai penyedia solusi ERP terbaik di Indonesia menawarkan solusi ticketing dan support software berbasis web terlengkap yang dapat diintegrasikan secara otomatis ke dalam satu sistem. Aplikasi help desk Hashmicro akan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan Anda dengan menyederhanakan tugas administrasi back-end.

Dengan sistem ini, semua panggilan masuk, email, dan tiket di dalam perusahaan akan dikelola secara otomatis dalam satu platform. Selain itu, sistem akan menyediakan tim dukungan perusahaan dalam menangani tiket, keluhan, dan masalah lainnya dalam waktu singkat. HashMicro juga memberi Anda fleksibilitas untuk menyesuaikan aplikasi dengan kebutuhan bisnis Anda, serta memberikan wawasan melalui rencana harga untuk helpdesk dan perangkat lunak tiket dari HashMicro.

2. Qontak by Mekari

Aplikasi helpdesk gratis selanjutnya adalah Qontak by Mekari menyediakan aplikasi help desk berbasis web yang membantu tim support menyelesaikan masalah pelanggan dengan lebih cepat. Aplikasi Qontak membantu memastikan bahwa seluruh tim dukungan memiliki informasi yang sama. Ini membantu bisnis meningkatkan kepuasan pelanggan.

3. Intercom

Intercom adalah aplikasi meja bantuan untuk membangun hubungan pelanggan yang lebih baik melalui pengalaman pribadi. Tingkatkan percakapan perpesanan internal dengan bot yang dapat secara otomatis merespons pesan pelanggan. Intercom memudahkan pengintegrasian data dari berbagai saluran sehingga tim Anda selalu memiliki akses ke cerita pelanggan Anda.

4. HappyFox

HappyFox adalah solusi dukungan berbasis cloud yang dirancang untuk berbagai industri. Aplikasi ini memiliki semua fitur meja bantuan yang diperlukan seperti otomatisasi, manajemen tiket, dan pelaporan lanjutan. Sayangnya, HappyFox memiliki integrasi aplikasi yang relatif sedikit.

5. Help Scout

Help Scout menyediakan aplikasi helpdesk gratis yang kuat untuk membantu melayani pelanggan dengan lebih dari 500 karyawan. Aplikasi Help Scout juga mendukung pelaporan yang andal. Yang terpenting, aplikasi Help Scout dapat terhubung ke banyak aplikasi.

6. Jira Service Desk

Help desk Layanan Jira terintegrasi dengan mulus dengan Jira Software, sistem manajemen proyek perusahaan yang populer. Perangkat lunak helpdesk online ini memiliki banyak fitur untuk memberikan solusi manajemen layanan pelanggan. Layanan Jira memiliki antarmuka pengguna yang baik untuk membantu Anda menyelesaikan masalah Anda dengan cepat. Ini juga mendukung otomatisasi tugas yang berulang.

7. Freshdesk

Freshdesk adalah aplikasi helpdesk gratis berbasis cloud yang menyatukan semua fitur TI yang Anda butuhkan dalam satu dasbor. Kemampuan fitur ini memungkinkan Anda untuk memfilter tiket berdasarkan kriteria tertentu sehingga semua masalah dapat diselesaikan tepat waktu.

8. Spiceworks

Spiceworks adalah aplikasi dukungan gratis yang memungkinkan tim dukungan mendapatkan tiket di satu platform, menanggapi, menambahkan komentar pribadi, dan menyelesaikan masalah pelanggan. Help desk online ini juga dapat menghubungkan perusahaan yang berbeda ke dalam satu help desk. Hal ini akan memudahkan pengelolaan perusahaan Anda. Spicework menawarkan semua produk secara gratis, tetapi akan dibayar dalam volume mulai dari $10 perak/bulan.

Apa Itu Aplikasi Helpdesk Berbasis Web?

Di departemen helpdesk, admin atau agen help desk akan bertanggung jawab untuk menanggapi pelanggan di seluruh saluran atau media dengan cepat. Semakin cepat pelanggan menerima respon dari perusahaan, maka pelanggan akan semakin puas. Akibatnya, penggunaan perangkat lunak meningkatkan kepuasan pelanggan, mengingat perangkat lunak pendukung otomatis mengurangi waktu dan memfasilitasi manajemen dukungan.

Aplikasi Helpdesk berbasis web merupakan sistem yang berguna untuk mengelola semua tiket online pelanggan. Aplikasi ini secara otomatis merekam interaksi/tiket pelanggan dalam database, yang kemudian dapat dilacak oleh admin atau tim dukungan. Perangkat lunak aplikasi help desk berbasis web ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi perusahaan dalam memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Cara Memilih Aplikasi Helpdesk Terbaik Untuk Perusahaan

Untuk menemukan aplikasi helpdesk gratis terbaik, sebaiknya pilih software help desk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan tim dukungan pelanggan Anda sehingga mereka dapat memberikan layanan dengan cepat dan efisien. Berikut adalah beberapa cara lain untuk membantu Anda menentukan dukungan aplikasi terbaik untuk perusahaan Anda:

1. Analisis kebutuhan pelanggan Anda

Dalam setiap bisnis, perusahaan tentunya memiliki kategori atau karakteristik pelanggan yang berbeda-beda tergantung pada bidang dimana perusahaan tersebut menjalankan bisnisnya. Untuk mengetahuinya, Anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan seperti media apa yang digunakan pelanggan untuk terhubung dengan bisnis Anda? Apakah pelanggan perusahaan Anda lebih sering terhubung melalui telepon, media sosial, atau email? Dan seberapa puaskah pelanggan dengan layanan yang diberikan oleh perusahaan?

Anda juga dapat menggunakan sistem CRM-Leads dari HashMicro untuk merekam data detail pendapat pelanggan/pelanggan yang pernah berinteraksi dengan perusahaan untuk mengirimkan promosi/kampanye produk kepada calon pelanggan.

2. Analisis kebutuhan tim dukungan pelanggan Anda

Saat memikirkan kebutuhan pelanggan, tim dukungan pelanggan perlu menganalisis apa yang dibutuhkan untuk menjangkau pelanggan. Jika pelanggan Anda suka berkomunikasi dan terhubung dengan media sosial, Anda memerlukan aplikasi meja bantuan dengan kemampuan media sosial. Di sisi lain, jika pelanggan sedang mencari informasi dan ingin bertanya melalui forum, komunitas atau website, mereka membutuhkan aplikasi help desk yang terintegrasi dengan website atau forum komunitas.

3. Tentukan strategi tim dukungan pelanggan Anda

Tim dukungan pelanggan akan menangani aplikasi dukungan secara langsung setelahnya. Oleh karena itu, pastikan tim Anda dapat dengan mudah menggunakan dan mengelola perangkat lunak tersebut. Penggunaan software ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas account manager/admin Anda.

Alangkah baiknya jika semua agen dapat mengakses semua akun media dari email, website, telepon dan media sosial dalam satu platform. Anda tidak perlu berpindah dari satu akun media ke akun media lainnya untuk menjawab pertanyaan pelanggan.

4. Pertimbangkan anggaran Anda untuk aplikasi

Ada beberapa aspek penganggaran dukungan aplikasi yang perlu diperhatikan, sebagai berikut:

5. Pertimbangkan ukuran tim Anda

Tidak semua perangkat lunak dukungan pelanggan menawarkan harga berdasarkan ukuran tim. Beberapa menawarkan penawaran waktu terbatas yang tersembunyi dalam rentang gratis. Oleh karena itu, sebaiknya pilih aplikasi yang menawarkan semua fungsi dengan harga murah dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

6. Kompatibel dan dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak

Pastikan aplikasi pendukung yang Anda cari dapat terintegrasi dengan aplikasi lain di departemen Anda. Misalnya, jika pelanggan Anda mengajukan pertanyaan penagihan, aplikasi meja bantuan Anda mendukung integrasi data menggunakan aplikasi pembayaran paling tepercaya perusahaan Anda sebagai sarana untuk Pelajari lebih lanjut tentang pembayaran. Sesuaikan juga fitur yang Anda butuhkan dalam aplikasi untuk kebutuhan bisnis Anda.

Kesimpulan

Kepuasan pelanggan merupakan prioritas penting bagi sebuah perusahaan, ada banyak cara untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan Anda. Cara perusahaan dapat mencapai hal ini adalah dengan berkomunikasi dengan pelanggan melalui saluran komunikasi tertentu.

Namun, untuk menanggapi umpan balik pelanggan dengan cepat, tim dukungan memerlukan bantuan perangkat lunak untuk menghemat waktu, yang tidak dapat Anda lakukan dengan cara biasa. Akibatnya, banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi helpdesk untuk dapat merespon feedback pelanggan dengan cepat dan akurat.

Seperti itulah ulasan tentang aplikasi helpdesk gratis dll. Ayo, bagikan pendapat serta komentar Kamu di kolom yang telah ada. Mudah- mudahan postingan ini dapat bermanfaat dan terus dukung kami untuk memberikan artikel yang menarik dan bermanfaat lainnya. Terima kasih.