Menjalankan Google Meet di Laptop dengan Mudah

Google Meet adalah opsi obrolan video sederhana lainnya. Tapi bagaimana Anda menggunakan Google Meet di laptop jika Anda tidak menggunakan aplikasi lain?

Cara Menggunakan layanan video Google Meet sangat mudah dan bermanfaat dalam beberapa hal. Di masa pandemi seperti ini, aktivitas seperti bekerja dan sekolah harus dilakukan secara online. Layanan obrolan video kini banyak digunakan.

google meet di laptop

Selain aplikasi Zoom, layanan lain yang juga sangat populer adalah Google Meet. Dalam praktiknya, kedua layanan ini sangat mirip. Google Meet ialah salah satu dari banyak aplikasi konferensi video yang di sediakan goole.

Layanan ini dapat menampung sekitar 100 orang dalam satu pertemuan virtual. Menariknya, pengguna dapat menggunakan layanan Google Meet secara gratis melalui aplikasi desktop (PC/laptop) dan seluler (smartphone).

Syarat dan ketentuan menggunakan layanan ini sederhana. Artinya, pengguna cukup memiliki akun Google. Cara menggunakan Google Meet di laptop Anda sangat sederhana.

Anda tidak perlu khawatir mengunduh aplikasi lain, Anda dapat langsung menggunakannya jika sudah memiliki Akun Google. Berikut cara menggunakan Google Meet di laptop yang telah dirangkum HiTekno.com dari berbagai sumber.

Cara menggunakan Google Meet di laptop

1. Cari Google Meet di kotak pencarian

Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda perlu mencari Google Meet di pencarian Google. Anda akan dibawa langsung ke situs. Ada beberapa menu yang bisa Anda gunakan sebelum memulai rapat.

2. Masuk atau buat akun

Cara menggunakan Google Meet di laptop Anda setelah Anda berada di halaman beranda. Coba login menggunakan akun yang sudah Anda miliki di Google Meet. Jika Anda belum pernah membuat akun, Anda dapat menggunakan akun apa pun yang terhubung ke Google.

3. Klik gabung atau mulai rapat

Cara menggunakan Google Meet di laptop sebelum rapat Klik Gabung atau Mulai Rapat dari menu. Di sini Anda bisa mendapatkan ID rapat atau ID untuk membuat rapat. Anda bisa langsung mendapatkan password dan kemudian login.

4. Masukkan judul rapat

Anda dapat menambahkan judul ke rapat saat ini atau yang akan datang. Judul dapat dilihat langsung oleh peserta. Cara menggunakan Google Meet di laptop ini adalah untuk memudahkan siapa saja mengetahui siapa yang mengadakan rapat.

5. Menyediakan akses ke mikrofon dan kamera

Cara menggunakan Google Meet di laptop selanjutnya adalah dengan mengonfigurasi setelan mikrofon dan kamera. Kita bisa memeriksa kamera atau mikrofon jika cocok dengan pengaturan. Tanpa memberikan izin atau akses ke dua area ini, pertemuan tidak akan bisa berjalan dengan seefisien mungkin.

Cara memulai Google Meet

1. Klik daftar sekarang atau demo

Untuk tuan rumah Anda selama rapat, Anda dapat mengklik tombol yang tersedia. Ini berarti Anda dapat mulai mengatur rapat dan mengundang peserta lain. Bagikan tautan, lalu kata sandi untuk bergabung ke rapat dengan peserta lain.

Menu Gabung Sekarang adalah cara menggunakan Google Meet di laptop untuk bergabung ke rapat yang sudah ada atau sedang berlangsung. Anda akan menerima tautan dan kemudian kata sandi untuk mengatur rapat. Ketika Anda bergabung, Anda akan berada di dalam ruangan dan dapat melakukan obrolan langsung.

2. Berikan tautan untuk bergabung dengan peserta lain

Saat Anda mengatur rapat, Anda bisa berbagi kontak orang lain yang menghadiri rapat. Peserta akan secara otomatis masuk ke ruangan yang telah dibuat dan hanya perlu memasukkan password.

Kiat untuk menggunakan Google Meet

1. Pastikan koneksi jaringan Anda baik

Hal utama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan Anda memiliki koneksi internet yang baik karena Google Meet menghabiskan banyak data. Jika Anda membuat antarmuka video untuk menghindari penundaan dan komunikasi agar tetap berfungsi dengan baik, coba gunakan WiFi alih-alih jaringan seluler.

2. Cari tempat yang tenang

Perhatikan lingkungan Anda saat memulai panggilan video. Jangan memilih tempat yang ramai, usahakan menjauhi kebisingan, misalnya di kamar tidur. Jika sangat sulit untuk ditemukan, solusinya adalah Anda dapat menggunakan headset sehingga Anda masih dapat mendengar orang yang Anda ajak bicara menggunakan Google Meet.

3. Aktifkan fitur dokumen

Meskipun keunggulan Google Meet adalah konferensi video, Anda juga dapat mengimpor pesan selama rapat. Tidak hanya itu, fitur auto-subtitle Meet juga berfungsi untuk menampilkan subtitle secara real time (seperti subtitle TV). Lihat di bagian bawah jendela Meet, tambahkan atau hapus subtitle.

4. Peragakan presentasi secara real time

Tidak seperti aplikasi konferensi video lainnya, Google Meet dapat menampilkan presentasi langsung saat Anda memutar video. Untuk melakukannya, lihat di pojok kanan bawah layar Google Meet, pilih “Present now”. Anda memiliki pilihan untuk hanya menampilkan area yang ingin Anda tampilkan, menampilkan satu jendela.

Demikian mengenai cara menggunakan google meet di laptop yang bisa saya sampaikan kepada kalian seoga artikel ini bisa membamtu kalian dalam menggunakan google meet.