Aplikasi Pembuat Game Di PC Tanpa Coding Untuk Pemula

Terkadang kita merasa bosan bermain game dan ingin membuat game sendiri. Kita bisa membuat game dengan Aplikasi Pembuat Game Di PC.

Pada titik ini, permainan terus berkembang dengan sangat cepat. Dengan perkembangan ini, gim itu sendiri memiliki grafik yang luar biasa. Bahkan ada game yang memiliki grafis yang sangat mirip dengan kehidupan nyata.

Aplikasi Pembuat Game Di PC
encrypted-tbn0.gstatic.com

Tidak berhenti sampai di situ, bahkan sekarang kita bisa menikmati permainan yang lebih nyata berkat Virtual Reality. Prinsip VR ini menghadirkan game seolah-olah kita memasuki dunia game. Selain VR, ada juga game berbasis Augmented Reality atau AR.

Nah bagi kita yang ingin mencoba membuat game sendiri, kita bisa menggunakan beberapa Aplikasi Pembuat Game Di PC.

Namun tentunya kita belum bisa membuat game sekelas Mobile legends atau game simulator. Tapi setidaknya kita akan merasa bangga jika kita berhasil membuat game kita sendiri.

Ada beberapa Aplikasi Pembuat Game Di PC yang bisa kita gunakan untuk membuat game. Mulai dari aplikasi profesional seperti Unity dan Unreal Engine. Yang tentunya kita membutuhkan keahlian khusus seperti coding. Dan ada juga software yang bisa kita gunakan tanpa coding.

9 Aplikasi Pembuat Game Di PC Untuk Pemula

Berikut adalah daftar Aplikasi Pembuat Game Di PC yang paling banyak digunakan:

1. Unreal Engine 4

Aplikasi Pembuat Game Di PC pertama yang akan kita bahas adalah Unreal Engine 4. Unreal Engine 4 merupakan salah satu software penghasil game yang digunakan oleh para developer game besar saat ini.

Tentunya aplikasi ini telah melahirkan berbagai game keren di PC yang mungkin pernah kita mainkan.

Tidak mudah menggunakan aplikasi pembuat game ini. Tapi bagi kita yang ingin belajar, itu tidak masalah.

Ada ribuan video tutorial Unreal Engine 4 yang bisa kita temukan di YouTube. Baik itu tutorial dasar, bahkan tutorial yang sulit.

Selain untuk membuat game, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat Virtual Reality, Augmented Reality, film, arsitektur dan lain-lain.

2. Godot Game Engine

Godot Game Engine adalah aplikasi pengembangan game open source. Aplikasi ini mendukung game 2D dan 3D.

Untuk game dengan format 2D, aplikasi ini menawarkan performa yang lebih baik. Ada sangat sedikit bug dan alur kerja yang dihasilkan cukup bersih.

Aplikasi ini menggunakan sistem drag and drop sehingga kita dapat dengan mudah membuat game.

Namun, kita juga bisa memperluas perintah dalam game dengan menggunakan script di Python atau yang biasa dikenal dengan GDScript.

3. Unity

Siapa yang tidak mengenal software Unity. Ya, aplikasi ini memang sudah lama menjadi favorit para developer game besar.

Kita bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat game 3D dan 2D.

Meskipun tidak mudah digunakan. Tapi kita bisa mempelajarinya dari berbagai tutorial yang tersedia di YouTube.

Kami dapat memproduksi game yang berbeda untuk hampir semua platform. Peluncur untuk PC, Android, iPhone, dan sebagainya.

4. GameMaker

Aplikasi Pembuat Game Di PC ini memungkinkan kita untuk membuat game hanya dengan drag and drop. Tapi tetap saja, kita masih bisa mengubah script dalam game dengan beberapa bahasa pemrograman.

Dalam versi gratis aplikasi ini, kami hanya dapat mempublikasikan game kami untuk versi Windows. Tapi jika kita menggunakan versi berbayar, kita bisa membuat game untuk Android, iOS, HTML5 dan masih banyak lagi.

5. Construct 2

Dengan slogan No Programming Needed!. Aplikasi Construct 2 merupakan software pembuatan game terbaik bagi kita yang tidak bisa coding sama sekali.

Aplikasi Pembuat Game Di PC ini menawarkan tampilan yang cukup bagus dan mudah dipahami. Untuk membuat game kita hanya perlu drag and drop saja.

Sedangkan logika dan variabel permainan dapat dengan mudah disesuaikan.

keuntungan dari aplikasi ini adalah kami dapat mempublikasikan game kami ke versi yang berbeda. Mulai dari Windows, Chrome Webshop, Facebook dan HTML5.

Jika kami menggunakan versi berbayar dari aplikasi ini, kami dapat mengekspor game kami ke Android, iOS, dan platform lainnya.

6. TyranoBuilder

Nah, bagi kita yang menyukai game Visual Novel. Kita bisa membuat game novel visual kita sendiri. Kita bisa melakukannya dengan aplikasi TyranoBuilder Visual Novel Studio ini.

DenganAplikasi Pembuat Game Di PC ini kita bisa membuat visual novel hanya dengan drag and drop. Setelah itu, kita hanya perlu menambahkan teks ke percakapan.

Aplikasi ini tidak memerlukan coding apapun untuk membuat game. Jadi kita bisa fokus pada cerita yang kita buat.

Namun aplikasi ini tetap menyediakan fitur scripting bernama TyranoScript bagi kita yang jago coding.

Selain itu, kami dapat merilis atau mengkompilasi game kami di Windows, iOS, MacOS, Android, dan HTML5.

7. GG Maker

GG Maker adalah Aplikasi Pembuat Game Di PC yang cocok untuk kita yang ingin belajar coding. Aplikasi ini dapat membantu kita membuat berbagai jenis permainan.

Mulai dari game sederhana hingga game RPG 3D yang kompleks. Kami dapat mengontrol semua perilaku objek di layar menggunakan editor visual yang kuat.

Jadi kita bisa membuat desain game sesuai keinginan kita.

Fitur yang menarik dari aplikasi ini adalah alat yang disebut Graphically Assisted Scripting. Dengan fitur ini, logika yang biasa kita buat menggunakan bahasa pemrograman.

Kita bisa mengimplementasikannya secara visual dalam bentuk flowchart. Fitur ini membantu kami memahami cara kerja pengkodean yang sebenarnya.

8. Clickteam Fusion 2.5

Hampir sama dengan GG Maker. Aplikasi pembuat game ini juga menghadirkan pembuatan game dengan cara drag and drop. Kita bisa membuat game 2D dan 3D dengan aplikasi ini.

GG Maker menggunakan diagram alur untuk membuat logika. Sedangkan Clickteam Fusion menggunakan fitur untuk mengedit kejadian frame demi frame.

Fitur ini berfungsi seperti membuat animasi dengan Adobe Flash.

Clickteam Fusion sudah banyak digunakan oleh produsen game komersial. Salah satu game yang paling populer adalah Five Nights at Freddy’s.

Selain itu, ada juga game The Escapist dan Angry Video Game Nerd Adventures. Yang mungkin bisa kami coba dan kami gunakan sebagai referensi.

9. RPG Maker MV

Melanjutkan seri RPG Maker sebelumnya. Enterbrai sekali lagi mengajak kita untuk membuat game RPG 2D kita sendiri melalui aplikasi MV RPG Maker.

Kita bisa menggunakan RPG Maker MV untuk membuat game RPG dengan cerita yang menarik. Versi terbaru dari aplikasi ini menghadirkan fitur Side View Battle seperti seri Final Fantasy di era SNES.

Tampilan visual Aplikasi Pembuat Game Di PC ini juga direvisi, selain itu aplikasi ini juga mendukung resolusi HD.

Editor sprite dan ilustrasi juga tersedia. Jadi disini kita bisa membuat game RPG lengkap tanpa harus menggambar satu pun aset.

Namun untuk tampilan yang lebih menarik dan unik tentunya kita disarankan untuk memiliki aset sendiri.

Akhir Kata

Sekian artikel tentang Aplikasi Pembuat Game Di PC yang bisa kita gunakan di PC. Setiap aplikasi memiliki fitur, kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jadi silahkan tentukan sendiri program mana yang ingin Anda gunakan untuk membuat game tersebut. Yang aman adalah menggunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kita.