Aplikasi Distribusi Barang Permudah Alur Barang di Bisnis

Seiring berjalannya waktu, begitu pula dengan teknologi. Dan dengan adanya teknologi ini tentunya akan mempermudah pekerjaan manusia. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengetahui 10 Aplikasi Distribusi Barang dan fitur-fitur yang wajib dimiliki. Penasaran apa saja aplikasinya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Aplikasi Distribusi Barang
jasawebplus.com

Apa itu Aplikasi Distribusi Barang?

Aplikasi Distribusi Barang sebenarnya sangat berguna bagi para pengusaha untuk menjalankan bisnisnya. Bagaimana tidak, dengan aplikasi distribusi ini Anda bisa meningkatkan fungsionalitas bisnis ke level yang lebih tinggi.

Proses distribusi yang awalnya dilakukan secara manual, kini menjadi lebih mudah dengan penggunaan aplikasi distribusi yang sudah banyak tersedia di Indonesia. Seperti diketahui bahwa proses pendistribusian yang dilakukan secara manual akan lebih berisiko untuk mendeteksi kesalahan, memakan waktu lebih lama dan tentunya kurang efisien.

Aplikasi Distribusi Barang adalah perangkat lunak atau software yang dirancang khusus untuk mengelola hampir semua aktivitas distribusi di perusahaan Anda. Kegiatan yang dimaksud adalah mengelola pesanan, memantau harga pasar, pengiriman barang, pembuatan faktur dan kegiatan lainnya. Biasanya aplikasi distributor ini bisa juga disebut dengan DMS (Distribution Management System).

Karena aplikasi yang dijalankan berbasis digital, pasti dapat mengurangi kesalahan yang mungkin terjadi jika dilakukan secara manual akibat kesalahan yang tidak disengaja oleh karyawan.

10 Aplikasi Distribusi Barang

Setelah mengetahui apa itu Aplikasi Distribusi Barang, pada poin ini kita akan mengetahui aplikasi dan fitur distribusi mana yang wajib dimiliki. Mari lihat.

1. SimpliDOTS

Aplikasi Distribusi Barang pertama yang kita bahas adalah SimpliDOTS. Aplikasi ini berbasis cloud sehingga akan sangat memudahkan distributor dalam mengelola bisnis distribusinya. Tidak hanya itu, SimpliDOTS juga dapat digunakan untuk melakukan aktivitas pembelian dan penjualan, hutang piutang bahkan untuk memantau posisi pegawai yang bertugas di lapangan.

Aplikasi SimpliDOTS juga dapat dihubungkan dengan aplikasi lain seperti Sales Force Automation, Retail Direct Orders dan Monitoring.

Dengan berbagai fitur menarik yang dimiliki SimpliDOTS, Anda mendapatkan keuntungan tersebut antara lain:

  • Tersedianya fitur kolaborasi dengan mitra dagang.
  • Dapat mengelola berbagai operasi distribusi dengan lebih mudah dan menghemat waktu.
  • Pemantauan kerja dapat dilakukan secara mobile sehingga lebih mudah dilakukan.
  • Waktu komunikasi antar divisi menjadi lebih mudah.
  • Dapat melakukan perencanaan rute untuk memberikan efisiensi bagi pengunjung dan juga pengiriman.
  • Dapat melacak keberadaan petugas lapangan dan tentunya dapat melakukan kontrol lebih terhadap pekerja yang benar-benar bertugas di lapangan.
  • Data penting dalam bisnis akan diubah menjadi laporan dan grafik sehingga lebih mudah dibaca dan dengan demikian meningkatkan kinerja, yang dikenal dengan Business Intelligence (BI).

2. salesplot.com

Aplikasi Distribusi Barang lainnya adalah salesplot.com yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan. Dengan penjual yang sudah tersebar di banyak tempat dan memiliki hubungan langsung dengan toko. Dan kemudian data tersebut diolah untuk disajikan kepada produsen. Berbagai data dan informasi dapat diakses langsung melalui salesplot.com. Jadi, bisa dikatakan salesplot.com merupakan perpaduan antara layanan IT dan jaringan lapangan yang ada di seluruh Indonesia.

Dengan sejumlah fungsi lanjutan, itu akan membuat pekerjaan lebih mudah. Selain itu, staf penjualan yang ada nantinya akan mengunjungi setiap toko yang menjual produk dari pelanggan salesplot.com.

3. Scylla

Aplikasi Distribusi Barang Scylla memuat proses bisnis distribusi yang ideal untuk mendukung proses transaksi atau proses operasional yang ada di tingkat cabang atau distributor, seperti manajemen, penjualan, invoice, inventory, cash, account payable dan lain-lain.

Kantor pusat juga akan mendapatkan informasi yang akurat dan lengkap tentang kegiatan distribusi karena aplikasi Scylla juga dapat mengkonsolidasikan data dan informasi tentang kegiatan cabang atau distributor.

Sebagai solusi masa depan, kini hadir pula Scylla 8 yang dapat mendukung proses pengambilan keputusan bisnis di suatu perusahaan. Selama ada jaringan internet, Anda bisa mengakses Scylla 8 kapan saja dan di mana saja.

Tapi bagaimana jika tidak ada jaringan internet? Tenang saja karena aplikasi Scylla 8 bisa diakses baik secara online maupun offline untuk mengantisipasi beberapa tempat yang tidak mendukung koneksi internet. Namun, Scylla 8 masih lebih baik digunakan dengan koneksi internet yang sesuai.

Ada juga Scylla Analytics, dimana aplikasi ini dapat dikolaborasikan dengan mesin Big Data, sehingga proses data yang dihasilkan bisa lebih cepat dan tentunya dibuat khusus berdasarkan kebutuhan pelanggan.

4. Qontak.Com

Aplikasi distribusi Qontak.com memiliki fungsi yang cukup lengkap untuk sistem distribusi perusahaan Anda. Aplikasi ini menawarkan sejumlah kemudahan kepada penggunanya agar pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Tidak hanya itu, pengoperasian aplikasi ini tentunya juga sangat mudah. Berikut beberapa fitur Qontak.com yang mungkin Anda ketahui:

Pelacakan penjualan

Fungsi pertama ini memungkinkan Anda untuk mengetahui berbagai tahapan proses penjualan dari awal hingga akhir, yang dicatat dalam sistem dan kemudian diproses lagi untuk data atau analisis. Misalnya, untuk menentukan prospek sasaran, memilih barang atau jasa potensial, menentukan kampanye yang sesuai dan sebagainya.

Manajemen persediaan

Fitur ini akan memudahkan Anda untuk membuat katalog produk yang sesuai dengan pesanan Anda secara otomatis. Pesanan-pesanan ini nantinya akan terintegrasi secara real time ke dalam sistem manajemen gudang. Sehingga dapat meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi pada proses input data yang biasanya dilakukan secara manual, pengiriman atau out of stock tanpa pemberitahuan.

Pelacakan GPS

Dapat menampilkan berbagai data yang ada secara lengkap dan tentunya real time baik dari segi waktu, lokasi check-in dan juga staf penjualan check-out. Keunggulan lain yang dimiliki aplikasi Qontak.com adalah terletak pada fitur GPS offline. Dengan fitur ini, Anda bisa melacak lokasi penjual meski tanpa koneksi internet. Penjual juga dapat memperbarui laporan mereka bahkan tanpa koneksi internet yang memadai, dan sistem akan memperbarui secara otomatis.

Menerima pesanan (menerima pesanan)

Dengan fitur ini akan memudahkan penjual untuk mendaftarkan berbagai pesanan yang masuk dari pelanggan melalui aplikasi distributor. Tanpa koneksi internet, pesanan akan masuk secara otomatis. Setelah disimpan, pesanan yang disimpan akan diteruskan ke departemen yang sesuai jika koneksi internet mencukupi.

Manajemen KPI (pelacakan KPI)

Memungkinkan Anda untuk melacak kinerja tim kapan saja, di mana saja menggunakan metrik atau indikator yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan bisnis yang Anda jalankan untuk meningkatkan penjualan dan operasi bisnis.

Otomatisasi dokumen

Dan terakhir untuk membuat sistem otomatisasi dokumen sehingga Anda dapat dengan mudah mengunggah berbagai template penting, misalnya: proposal, faktur, kutipan, dan sebagainya.

5. Megaventory

Megaventory adalah Aplikasi Distribusi Barang yang juga berbasis cloud, yang cocok untuk perusahaan menengah dan menangani berbagai masalah manajemen pesanan dan tentu saja inventaris. Fitur manajemen pesanan dari aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam mengelola pesanan penjualan dari pelanggan. Selain itu, juga lebih mudah untuk mengelola pesanan pembelian dari pemasok barang.

Adapun fungsi manajemen persediaan ini lebih menitikberatkan pada hal-hal yang tentunya juga berkaitan dengan persediaan, misalnya mengontrol persediaan di titik-titik lokasi, serta memastikan pengembalian persediaan tepat waktu, dan juga mengecek ketersediaan dari pemasok barang.

Berbagai fitur tersedia dalam aplikasi Megaventory, antara lain sebagai berikut:

  • Isi pesanan.
  • Manajemen produksi.
  • Penagihan.
  • Dan juga pelaporan.

Setelah fitur-fitur yang dijelaskan tadi, ada juga berbagai fitur menarik lainnya di aplikasi Megaventory ini.

Itulah 5 Aplikasi Distribusi Barang yang wajib dimiliki oleh pembisnis agar alur laju barang dapat dikontrol dengan android