Cara Membuat Google Form di Laptop dengan Mudah

Google Forms, alias Google Forms, adalah bentuk digital yang dapat Anda gunakan untuk berbagai hal. Banyak orang telah menggunakannya untuk melakukan penelitian atau merekam suatu peristiwa.

Di sini saya akan memberikan artikel mengenai cara membuat google form di laptop yang mungkin bagi kalian yang masih bingung mariĀ  kita simak ulasan di bawah ini.

Produk ini memenuhi kebutuhan unik penggunanya. Berikut adalah fitur dasar Google Forms:

1. Ikuti kuis atau ujian online

Pandemi telah mengubah sistem pendidikan. Belajar online daripada offline adalah fenomena alam. Format baru ini seringkali membuat banyak organisasi kebingungan, termasuk para guru yang ingin menyiapkan kuis atau tes untuk siswanya.

Nah, Google Forms bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini. Guru sekarang dapat menggunakan alat ini secara gratis. Pengguna dapat menggunakannya kapan saja tanpa batas penggunaan maksimum.

Bagaimana jika seseorang curang karena menggunakan Google Forms? Jangan khawatir, ada solusinya. Google hadir dengan lebih dari 50 fitur baru, salah satunya dapat mendeteksi kecurangan saat belajar, terutama saat menyusun tugas dan tes.

2. Penyedia Formulir Online Gratis

cara membuat google form di laptop

Fungsi lain dari Google Forms adalah menyediakan formulir online gratis yang dapat digunakan siapa saja. Pengguna dapat menggunakannya untuk pengumpulan data warga, penelitian, survei, pendaftaran, atau tujuan lainnya.

Selain kedua fungsi tersebut, Gform juga memiliki fungsi untuk menyimpan data dari formulir yang sudah diisi. Fitur ini juga berguna untuk formulir kertas (hard file) yang mungkin tersembunyi atau hilang.

Menggunakan formulir elektronik akan memudahkan pencarian informasi. Informasi ini akan disimpan secara otomatis di server Google. Layanan Google Form lebih praktis, lebih mudah, lebih nyaman, lebih aman, dan gratis.

Google Forms sangat mudah dibuat. Pengguna dapat menggunakan PC atau laptop untuk melakukan ini. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dalam proses produksi, tidak ada gangguan. Berikut cara kami melihatnya:

cara membuat google form di laptop

  • Langkah pertama adalah membuka browser di laptop atau komputer Anda. Selanjutnya, mulailah mengunjungi situs dari Google Form.
  • Juga, pastikan Anda masuk ke akun Gmail Anda. Terakhir, akun Gmail akan menjadi admin dari Gform.
  • Setelah berhasil menyambungkan ke situs web Gform, Anda dapat memilih Templat formulir (tema) yang akan dibuat. Namun, template tidak diperlukan. Jika tidak mau, Anda bisa memilih tema kosong atau kosong.
  • Anda kemudian dapat mengisi judul dan deskripsi singkat di Google Form. Judul dan deskripsi penting karena memberikan informasi kepada mereka yang menerima formulir.
  • Langkah keempat adalah mulai membuat soal-soal yang akan muncul pada formulir. Selain menyelesaikan survei, Anda juga dapat mengatur jawaban khusus. Untuk menambahkan pertanyaan, Anda dapat mengklik tanda plus (+), Anda dapat secara otomatis menambahkan pertanyaan ke formulir.
  • Jika semua pertanyaan dan jawaban sudah dihasilkan, maka Anda bisa langsung mengklik opsi ‘kirim’ yang terletak di kanan atas.
  • Kemudian Anda juga dapat memilih opsi untuk membagikan formulir Google di beberapa jejaring sosial seperti WhatsApp, Facebook,
  • Twitter, atau aplikasi lain.

 

Cara Membuat Google Forms Menggunakan HP

Selain cara membuat google form di laptop, Gform juga bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone atau perangkat mobile, baik Android maupun iOS. Cara membuat Google Form tidak rumit. Anda akan diminta untuk mengunduh FormsApp atau G-Froms terlebih dahulu.

Berikut adalah langkah-langkah selanjutnya:

  • Setelah mengunduh FormsApp atau G-Froms, Anda dapat langsung menggunakannya dan klik “Grant Permission” untuk mengaksesnya.
  • Silahkan Anda dapat masuk dengan akun Google Anda.
  • Langkah 3, Anda bisa langsung membuat Google Form dengan mengklik tanda plus (+) yang biasanya terletak di pojok bawah aplikasi.
  • Mirip dengan cara membuat Google Forms menggunakan komputer atau laptop, Anda juga dapat memilih template berdasarkan preferensi Anda. Jika Anda tidak ingin menggunakan gambar, Anda dapat memilih tema “Blank Forms” dan mengatur bentuk sendiri.
  • Setelah Anda memilih gambar, Anda dapat melanjutkan membuat konten formulir. Anda dapat mulai menulis pertanyaan untuk diajukan. Anda juga dapat mengatur jawaban untuk setiap pertanyaan yang Anda buat.
  • Setelah semua pertanyaan dan jawaban selesai, Anda dapat segera melanjutkan dengan mengetikkan judul dan deskripsi singkat dari
  • Gform. Judul dan deskripsi ini akan memudahkan responden untuk mengidentifikasi tujuan dari formulir yang mereka isi.
  • Setelah menyelesaikan enam langkah ini, Anda dapat melanjutkan dengan mengklik “Kirim” untuk menyelesaikan proses pembuatan
  • Gform. Anda juga akan diminta untuk melengkapi dengan mencentang beberapa opsi di pengaturan formulir. Anda dapat membuat ikon sesuka Anda, lalu klik “Kirim” lagi.
  • Setelah selesai, Anda sekarang dapat membagikan Formulir Google Anda secara langsung dengan teman, keluarga, atau melalui jejaring sosial seperti WhatsApp, Twitter, atau Facebook.
  • Lihat tanggapan Google Formulir Anda menggunakan komputer atau laptop
  • Setelah mengisi Formulir G, kini saatnya menunggu responden untuk mengisi formulir tersebut. Untuk mengetahui apakah formulir tersebut sudah terlalu penuh atau tidak, Anda bisa melihat opsi respon pada formulir yang Anda buat.

Untuk melihat tanggapan Google Forms menggunakan komputer atau laptop, Anda dapat melakukannya dengan membuka tautan Gform, lalu mengklik tab “Respons”. Anda akan melihat berapa banyak orang yang menanggapi formulir yang Anda buat. Anda juga dapat menyimpan semua jawaban ini menggunakan teks dengan mengklik ikon. Semua data akan disalin ke dalam spreadsheet dan diimpor ke Google Drive.

Lihat tanggapan Google Formulir menggunakan HP

Sama seperti laptop, ponsel cerdas Anda juga dapat digunakan untuk melihat respons terhadap Google Forms. Langkah pertama adalah membuka bagian formulir di halaman utama aplikasi. Kemudian pilih opsi ‘Lihat Jawaban’. Anda dapat melihat jawaban dalam formulir satu per satu atau Anda juga dapat melihatnya melalui ringkasan yang tersedia.

Jika Anda telah melihat jawaban atau tanggapan di Formulir Google, maka Anda dapat memilih “Google Spreadsheet” untuk menyalin data dari formulir. Pastikan ponsel Anda sudah memiliki aplikasi Google Sheet atau Anda dapat mengunduhnya terlebih dahulu.

Demikian sahabat cara membuat google form di laptop yang bisa saya sajikan kepada kalian semoga bermanfaat ya,terimakasih.