Aplikasi Pembuat Desain 3D Di Android Dengan Fitur Lengkap

Bagi yang suka mendesain sesuatu pasti membutuhkan aplikasi yang bisa menunjang hobi ini. Untuk mendesain bentuk 3D, Anda tidak perlu lagi menggunakan laptop. Sekarang ada Aplikasi Pembuat Desain 3D yang bisa digunakan di Android. Nah, mari kita simak ulasan Aplikasi Pembuat Desain 3D Android di bawah ini.

Aplikasi Pembuat Desain 3D
assets.jalantikus.com

6 Aplikasi Pembuat Desain 3D di Android Terbaik

Berikut ini adalah jenis Aplikasi Pembuat Desain 3D terbaik dan dapat diunduh secara gratis.

1. 3D Creation

Aplikasi Pembuat Desain 3D Android pertama adalah Penciptaan 3D. Aplikasi ini adalah aplikasi yang sangat sederhana untuk membuat model 3D. Untuk penggunaan pribadi, 3D Creator dapat dioperasikan oleh siapa saja karena aplikasi ini cenderung lebih mudah digunakan dibandingkan aplikasi desain 3D lainnya.

Dalam aplikasi Penciptaan 3D, siapa pun dapat membuat berbagai model yang dapat divisualisasikan dalam 3D. Mulai dari mendesain pesawat terbang, orang, karakter kartun, kapal, cangkir kopi, piring, benteng dan lain sebagainya. Semua desain ini dapat dengan mudah dibuat di aplikasi desain 3D Android ini dan juga gratis untuk digunakan.

Aplikasi Pembuat Desain 3D Android ini memiliki antarmuka dengan model yang lebih intuitif untuk perangkat dengan ukuran stok yang lebih kecil. Dalam Penciptaan 3D, pengguna dapat menjelajahi berbagai karya desain atau model yang tersedia untuk umum dan mengunggahnya ke proyek pengguna. Penciptaan 3D memberikan kualitas desain yang baik.

Kemudahan yang didapat dengan menggunakan 3D Creation membuat orang senang mendesain di aplikasi ini. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang memudahkan kegiatan mendesain. Dalam prakteknya, pengguna hanya perlu membuat bentuk-bentuk dasar seperti kubus, silinder, bola, kerucut dan sebagainya, yang kemudian dibuat sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

2. Spacedraw

Aplikasi Pembuat Desain 3D Android selanjutnya adalah Spacedraw. Perusahaan Scalisoft merilis aplikasi baru Spacedraw, yang merupakan editor 3D lengkap pertama untuk tablet dan smartphone. Namun, aplikasi ini hanya dapat digunakan pada layar ponsel dengan resolusi 480×800 piksel atau lebih tinggi.

Bahkan, bagi orang yang sudah terbiasa dengan beberapa program desain 3D, belajar Spacedraw akan memakan waktu paling lama satu jam. Bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman dalam desain 3D, program ini mungkin sulit untuk dipahami. Cara membuat desain tentunya bisa dilakukan dengan Spacedraw, tidak ada bedanya dengan program lain.

Dengan aplikasi ini, pengguna dapat membuat bentuk geometris dasar serta model berdasarkan kurva, poligon, dan sebagainya. Aplikasi ini mengimplementasikan proyek dengan tekstur dan gambar 3D pada permukaan dan pencahayaan model.

Program ini memiliki versi gratis dan berbayar. Dalam versi gratis, ekspor dan penghematan terbatas pada model, yang jumlah nodenya tidak melebihi seribu.

3. 3D Sculptor

Selanjutnya adalah 3D Sculptor. Program ini pada dasarnya adalah editor asli model tiga dimensi. Pengguna, gunakan aplikasi ini untuk membuat model tiga dimensi yang dapat terstruktur. Bekerja dengan model di d3D Sculptor untuk Android mirip dengan cara kerja memahat. Ada alat yang memungkinkan pengguna untuk menggambar bagian dari model atau sebaliknya, membuat tikungan, memindahkan, memutar, meregangkan, dan memanipulasi objek.

Hasilnya akan terlihat seperti patung yang terbuat dari tanah liat. Model yang dihasilkan dapat diekspor ke program yang lebih kuat untuk melakukan pemrosesan profesional. Perhatikan bahwa bekerja dengan Aplikasi Pembuat Desain 3D ini cukup rumit, antarmuka tidak jelas sama sekali. Oleh karena itu, disarankan untuk mencari referensi di Youtube yang akan membantu pengguna mempelajari program ini.

Untuk bekerja dengan Sculptor 3D Android, diperlukan perangkat dengan prosesor dengan frekuensi minimal 1 GHz dan RAM minimal 1 GB. Secara singkat buat desain baru yang terlihat seperti ini. Jalankan program, klik New dan pilih bentuk yang diinginkan (secara default bola ditampilkan, untuk beralih ke yang diinginkan, pilih bentuk dengan gerakan horizontal). Klik pada objek yang dipilih, tunggu hingga jendela pengeditan terbuka.

Kiri atas adalah menu, kiri bawah adalah tombol batal. Arahkan kursor untuk bekerja dengan objek yang telah dibuat dalam bentuk kubus hijau. Dengan mengganti alat dari kanan, pengguna dapat mengubah objek desain sedemikian rupa sehingga mencapai hasil yang diinginkan.

4. Autoq3D

Selanjutnya adalah Autoq3D. Autoq3D sangat cocok untuk mereka yang suka mendesain bentuk kompleks dalam 3D. Dengan aplikasi ini, pengguna akan diajak untuk mendesain model 3D dengan ruang kerja yang lebih nyaman dan intuitif yang tentunya sangat efektif. Jadi aplikasi ini sangat wajib ada di smartphone.

Pengguna dapat menggeser, memutar, memperkecil dan memperbesar gambar atau proyek 3D yang telah dibuat. Autoq3D memiliki tujuh titik yaitu kiri, kanan, atas, bawah, depan, belakang dan preset isometrik, yang semuanya sangat berguna untuk merancang proyek yang akan dibuat nanti.

Untuk menggunakan aplikasi ini Anda tidak terlalu membutuhkan keahlian khusus. Pengguna dapat menggambar ide mereka menggunakan geometri 3D primitif seperti kotak atau lingkaran. Selain itu, bentuk ini juga dapat digeser dan diputar sesuai keinginan. Fungsi lain yang membantu desain pengguna adalah trim, burst, offset, fillet, dan slice.

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari aplikasi desain 3D Android ini adalah gratis atau free untuk digunakan. Aplikasi ini berdiri sendiri tanpa menumpang pada aplikasi lain dan dapat digunakan secara gratis.

5. 3DC.io-3D Modeling

Aplikasi Pembuat Desain 3D selanjutnya adalah 3DC.io-3D Modeling. 3DC.io-3D Modeling sangat cocok untuk Anda yang suka mendesain gambar dalam bentuk 3D. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi yang sangat populer karena mudah digunakan dalam menggambar 3D di handphone. Dalam 3D Modeling juga memiliki berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam mendesain.

Selain itu, ada banyak contoh gambar 3D yang bisa dijadikan inspirasi dalam mendesain. Untuk keperluan pribadi, mendesain gambar 3D dinilai cukup mudah dan tidak perlu ribet. Seperti aplikasi sebelumnya, untuk membuat gambar lengkap, langkah pertama adalah memilih bentuk dasar dari objek yang ingin Anda buat.

Untuk membuat bentuknya lebih sempurna, bentuk dasar ini dipadukan dengan bentuk lain untuk menciptakan bentuk keseluruhan yang lebih kompleks. Editing juga bisa menggunakan berbagai fungsi yang sudah tersedia di aplikasi ini. Tidak hanya profesional, aplikasi ini bahkan bisa digunakan oleh pemula.

6. 3D Slash

Aplikasi desain 3D Android yang terakhir adalah 3D Slash. 3D Slash adalah aplikasi yang sangat dipuji sebagai perangkat lunak desain 3D yang sangat mudah di pasaran. Aplikasi Pembuat Desain 3D ini memiliki misi untuk membuat aplikasi kreatif yang dapat diakses oleh semua orang.

3D Slash memberi pengguna pengalaman yang lebih nyaman. Dengan fitur-fitur menawan dengan berbagai macam alat yang akan sangat berguna dalam proses mendesain pengguna. Pengguna dapat membuat model proyek dengan alat “potong kubus”. Aplikasi ini juga gratis, yang berarti dapat diinstal secara bebas.

Nah itulah beberapa Aplikasi Pembuat Desain 3D Android gratis yang dibahas kali ini. Pengguna dapat memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya untuk menciptakan sebuah karya. Semoga pembahasan ini dapat memberikan informasi dan menambah wawasan bagi para pembaca.