Begini Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 Mudah

Cara mengatasi laptop lemot windows 10 sangat mudah. Mungkin Anda pernah mengalami Windows 10 dimana penggunanya setiap hari lemot alias lemot? Jam berapa programnya dimulai? Bagaimana dengan Windows 10 yang mulai lama? Sering tidak merespon? Atau ketika internet terasa seperti siput? Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara detail cara mudah mengatasi laptop lemot saat menggunakan windows 10.

Mengatasi Laptop Lemot Windows 10.

Saya sendiri pernah mengalaminya dan yang lebih parahnya beberapa laptop teman saya buka windows explorer hanya harus menunggu lama. Baru-baru ini, Windows 10 telah menjadi tren di kalangan pengguna komputer dan perangkat. Namun dengan munculnya banyak fitur-fitur canggih baru di Windows 10, tentunya Windows versi terbaru akan lebih berat dari versi sebelumnya. Jadi kalau setting standar laptop pasti akan lemot.

Apa saja fitur standar laptop untuk menjalankan Windows 10?

Spesifikasi minimum laptop untuk Windows 10 adalah:

  • Beroperasi minimal 1 GHz.
  • RAM 1 GB (32 bit) 2 GB (64 bit): Saya sarankan setidaknya 4GB untuk lebih bekerja dengan lancar.
  • Kapasitas hard disk: 16 GB untuk sistem operasi 32-bit atau 20 GB untuk sistem operasi 64-bit.
  • Card grafis = DirectX 9 atau lebih baru dengan driver WDDM 1.0.
  • Layar: 800×600.
  • Jadi jika fitur komputer atau laptop Anda berada di bawah standar di atas. Jangan coba-coba menggunakan Windows 10. Lambat dijalankan.

Keluhan paling umum yang dihadapi pengguna Windows 10 adalah tentang kinerja yang lambat dari waktu ke waktu, terutama pada PC standar, dan berapa lama menu mulai muncul saat diklik (sekarang diperbaiki di versi terbaru Windows 10). Windows 10).

Sebenarnya cara mempercepat Windows 10 ini juga berlaku untuk Windows 7 dan Windows 8. Karena alasan utama Windows 10 lambat adalah prosesor dan memori yang terbatas, terutama RAM. Namun jangan khawatir, meski fitur laptop Anda standar saja, Anda tetap bisa menikmati performa laptop Windows 10 tanpa lag atau lag.

Cara mengatasi laptop lemot windows 10

1. Tutup Startup Windows tidak penting

Masalah ini dimulai ketika Anda sudah mulai menginstal banyak perangkat lunak. Tanpa disadari, perangkat lunak yang telah Anda instal akan berjalan dengan sendirinya saat startup, bahkan saat komputer dihidupkan, meskipun program tersebut tidak ramah pengguna.

Inilah yang menyebabkan Windows 10 melambat saat startup. Saat memulai Windows 10, butuh waktu lama karena Anda harus menunggu semua aplikasi yang aktif saat startup selesai.

Cara mengatasinya sangat sederhana yaitu tutup semua program yang tidak berguna saat startup. Tekan Windows + R, ketik msconfig, lalu enter. Terakhir, tutup aplikasi yang tidak memiliki fungsi yang jelas. Misalnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Tutup Peluncur Windows

2. Bersihkan file dalam folder

File Temp adalah file yang terdapat di Folder Temp pada local disk C. File yang ada di folder ini adalah file sementara yang diekstrak dari program atau mantan editor untuk Corel, Word dan program lain yang telah kita buat, semua ini disimpan di folder ini. Jika Anda tidak menghapus file ini, dapat menumpuk hingga gigabyte dan tentu saja menghabiskan memori laptop, sehingga Windows akan lebih lambat.

Cara menghapus file ini sangat mudah tanpa perlu software tambahan. Cukup tekan Windows + R, lalu ketik% temp%, lalu tekan Enter. Kemudian Ctrl + A untuk memblokir semua file dan tekan Shift + Del (untuk menghapus secara permanen).

Saya sarankan menjalankan perintah di atas, semua program ditutup agar semua file dapat terhapus dengan sempurna.

3. Copot Pembaruan Cadangan Windows (Windows Lama)

Saat kami memperbarui Windows ke versi terbaru, file cadangan Windows lama akan disimpan di hard disk. Kami biasanya menyebutnya jendela lama. Kami sebenarnya tidak membutuhkan file ini dan sangat bisa memperlambat kinerja laptop.

Oleh karena itu, disarankan agar setelah setiap pembaruan pastikan untuk menghapus file ini. Caranya tinggal ketik Disk Cleanup di kotak pencarian Windows 10, lalu buka, lalu pilih drive yang akan dipindai (Local Disk C), klik OK dan tunggu hasilnya. Pastikan semua file yang akan dihapus dicentang. Lihatlah gambar-gambarnya!

Hapus file temp di Windows 10

4. Bersihkan file di Folder Prefetch

Caranya sangat sederhana, cukup tekan tombol Windows + R dan ketik prefetch lalu Enter. Jika ada permintaan izin dari administrator, klik saja OK. Hapus semua file dalam folder ini..

5. Biasakan untuk mempartisi

Defragmentasi disk digunakan untuk mengatur file pada drive sehingga Windows dapat dengan mudah membacanya. Untuk mempercepat Windows 10, baca file di memori atau drive setiap partisi.

Untuk mendefrag partisi:

Buka Windows Explorer (Windows+E), lalu klik kanan harddisk lokal (C), pilih Properties, klik menu “Tools”, di bagian “Optimize and defragment the drive”, klik “Optimize”. Jika tab Optimalkan Disk sudah terbuka di langkah terakhir, klik Optimalkan untuk setiap partisi dan tunggu hingga muncul tulisan “OK (0% terfragmentasi)”

6. Uninstall semua program yang tidak perlu dan memakan banyak memori.

Terkadang program juga menggunakan banyak memori CPU, jadi hapus semua program yang tidak perlu seperti utilitas tuneup, skinpack atau file program aneh yang secara otomatis diunduh dan diinstal dari Internet. Sering-seringlah memeriksa panel kontrol karena terkadang ada program agresif yang secara otomatis masuk ke laptop melalui browser.

Di Task Manager Anda dapat melihat aplikasi mana yang menggunakan memori paling banyak. Untuk menampilkan Task Manager, tekan Windows + X secara bersamaan lalu pilih Task Manager. Gulir dari atas ke bawah dan lihat apakah ada proses dengan warna berbeda (warna berbeda berarti aplikasi menggunakan lebih banyak memori). Klik kanan program dan klik Selesai.Agar lebih aman, cari program di Control Panel lalu uninstall. Hapus semua program yang tidak perlu.

7. Nonaktifkan efek visual yang tidak perlu

Pengaturan Windows 10 di bagian Kinerja akan secara otomatis memilih yang terbaik. Namun untuk kemudahan penggunaan Windows 10, baik dalam kecepatan maupun tampilan, Anda bisa menyesuaikan visual effect yang ingin ditampilkan untuk mengurangi beban kerja laptop.Mengatasi laptop lemot windows 10 Metodenya adalah:

Buka Windows Explorer, klik kanan pada komputer ini, lalu pilih Properties. Kemudian pilih Pengaturan Sistem Lanjutan, telusuri di bawah bagian Kinerja, pilih Pengaturan, lalu alihkan ke Kustom. Silakan pilih efek gambar yang ingin Anda gunakan.

Jika Anda bingung, ikuti pengaturan seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Saya telah menyesuaikan pengaturan ini agar efek non-esensial tidak aktif tetapi tetap nyaman digunakan.
Opsi latihan untuk efek pribadi
Jika bingung, baca artikel cara mengatasi laptop lemot dan penyebabnya di bagian 7.

8. Tingkatkan ruang hard disk beberapa laptop

Tidak bisa dipungkiri bahwa penyebab utama lambatnya kinerja sebuah laptop adalah RAM-nya. Jadi jangan lupa untuk menghapus beberapa file yang tidak berguna di hard drive, seperti film yang sudah tua dan menumpuk.

Juga, jangan menyimpan file penting di disk lokal C. Pindahkan semua file yang Anda unduh ke disk lokal lain. Karena ketika Anda menyimpan di C itu menentukan memori yang digunakan untuk aplikasi tersebut.

Jangan izinkan ruang penyimpanan ini untuk disk dasar C penuh dan merah. Karena memperlambat komputer saat banyak program sedang berjalan.

9. Gunakan SSD

SSD memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat daripada hard drive. Dengan kecepatan baca dan tulis yang cepat, SSD juga mempercepat seluruh proses aplikasi.

SSD saat ini juga murah. Membeli SSD 240GB sudah cukup. Di mana data harus disimpan? Sebaiknya Anda hanya menyimpan data laptop berukuran besar di hard disk. Itu benar, ketika Anda meng-upgrade ke SSD, hard drive laptop dalam keadaan idle. Dapat digunakan sebagai harddisk eksternal untuk menyimpan data.

Jika Anda ingin terus menggunakan laptop Anda saat ini untuk waktu yang lama. Saya sangat merekomendasikan pindah ke SSD.

10. Instal program antivirus yang berkualitas

Terkadang program antivirus yang Anda instal di komputer Anda justru menghambat kinerja komputer. Menggunakan terlalu banyak memori dan karena itu sering menjadi tidak responsif. Perhatikan juga kinerja komputer, jika RAM kurang dari 2 GB, jangan gunakan antivirus besar seperti Bitdefender. Sebagai gantinya, gunakan antivirus yang lebih kecil tetapi lebih kuat seperti B. Pengaturan Keamanan Cerdas (lihat Panduan Antivirus Ringan untuk Windows 10). Jangan sampai terinfeksi virus komputer tetangga!

Faktanya, menggunakan antivirus bawaan pada Windows 10 memiliki kekuatan yang cukup untuk menangani virus dan yang lainnya. Namun, agar efektif, Anda perlu sering memperbarui antivirus.

11. Perbarui Windows 10 ke setidaknya Pembaruan Pembuat

Mengapa saya merekomendasikan memperbarui Windows 10 ke Pembaruan Pembuat?

Karena pada Windows 10 versi ini terdapat masalah dengan versi Windows sebelumnya. Misalnya, berapa lama tombol mulai dan hasil pencarian ditampilkan setelah diklik. Masalah ini tidak lagi ada di Windows 10 Creator Update. Masih ada beberapa perbaikan yang memperjelas bahwa jendela ini mendukung ekosistem yang lebih lancar dan dapat digunakan dengan perangkat lunak dan VGA.

Setelah Anda menyelesaikan semua langkah di atas, silakan reboot. Lihat, sekarang Windows 10 Anda akan lebih cepat dan tidak pernah lebih lambat. Masalah boot lama hilang, nikmati Windows 10 yang mulus. 😀

Cara diatas sudah terbukti bisa mengalahkan windows 10 yang sering lemot karena saya sudah mencobanya. Dengan cara-cara di atas, performa laptop Windows 10 dijamin akan semakin hebat. Jika Anda tertarik, silakan melamar.

Begitulah guys cara mengatasi laptop lemot windows 10 yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat ya, terimakasih.