Cara Mengatasi Aplikasi Google Terhenti di HP Android

Google bekerja sebagai aplikasi mesin pencari dan terus meningkatkan dan menambahkan fitur untuk kemudahan dan kenyamanan pengguna. Sayangnya, beberapa pengguna tidak merasa seperti itu. Beberapa pesan error yang sering ditampilkan di Google Search, seperti “Google terus berhenti”, “Google telah berhenti”, “Google tidak merespons”, “Google terus berhenti” dan pesan serupa lainnya. Pesan tersebut mencegah pengguna melakukan pencarian. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang masalah ini, lihat penyebab dan solusinya Aplikasi Google Terhenti di bawah ini.

Aplikasi Google Terhenti
cdn-2.tstatic.net

Google Search adalah aplikasi standar Android (bloatware) yang digunakan untuk mencari informasi di Internet dengan mudah dan cepat. Pengguna dapat menggunakan aplikasi Google melalui widget pencarian yang terpasang di halaman utama ponsel. Aplikasi Google sebenarnya termasuk juga web browser, hanya saja aplikasinya lebih fokus pada mesin pencari Google. Selain itu, pengguna juga diminta untuk memberikan berbagai informasi menarik sesuai minat pengguna melalui fitur Discover dan Summary.

Penyebab Google terus berhenti

Pesan “Google Terus Berhenti” bisa muncul di semua perangkat Android seperti Xiaomi, OPPO, VIVO, Realme, Samsung, Sony, LG, Google Pixel dan lainnya. Umumnya, crash program disebabkan oleh kesalahan dalam program. Namun, ada kemungkinan aplikasi crash disebabkan oleh hal lain. Anda dapat melihat kemungkinan alasan lain mengapa Aplikasi Google Terhenti di bawah.

Google Update

Pembaruan yang seharusnya membuat aplikasi lebih stabil, tetapi justru sebaliknya; menambahkan kesalahan ke aplikasi. Jika demikian, Anda dapat menghapus pembaruan atau menunggu hingga Google melakukan perbaikan dan pembaruan ke versi yang lebih stabil.

Masalah WebView Sistem Android

WebView Sistem Android adalah komponen penting yang digunakan untuk menampilkan konten web dalam aplikasi. Jika komponen bermasalah, aplikasi Google dan aplikasi lain yang juga menggunakan komponen WebView Sistem Android juga akan mengalami masalah.

Memori RAM penuh

Umumnya, memori RAM penuh karena menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dapat menyebabkan aplikasi mogok dan menampilkan pesan kesalahan “terus berhenti” atau “telah berhenti”.

Pembuatan file cache

Penumpukan file cache pada memori internal dapat menyebabkan konflik sistem dan aplikasi. Faktor-faktor ini menyebabkan aplikasi Google tidak dapat digunakan.
dll.

Bagaimana cara memperbaiki Aplikasi Google Terhenti

Karena Google terus menghentikan masalah, beberapa pengguna bingung tentang cara memperbaikinya. Sambil menunggu perbaikan dan pembaruan dari Google, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut. Simak beberapa tipsuntuk memperbaiki Aplikasi Google Terhenti di bawah ini.

1. Mulai ulang ponsel Android

Google telah menginformasikan melalui halaman Twitter-nya bahwa jika ada masalah dengan Aplikasi Google Terhenti, pengguna disarankan untuk me-reboot ponsel Android (soft reboot) dengan menahan tombol power selama 30 detik (Selasa 22 Juni 2021). Saran Google mungkin berguna untuk beberapa pengguna Android, tetapi beberapa mungkin tidak.

Namun bagi anda yang juga mengalami masalah yang sama, anda bisa mencoba mem-flash ponsel anda. Siapa tahu cara sederhana ini bisa menyelesaikan masalah. Jika itu tidak membantu, coba ikuti tips berikutnya dengan menghapus file cache sistem dan aplikasi.

2. Hapus file cache Android

File cache adalah jenis file sementara yang dihasilkan oleh sistem dan aplikasi yang diinstal. File cache ada untuk memudahkan pengguna menjalankan sistem dan aplikasi. Sebagai pengguna, Anda dapat menghapus file cache saat penyimpanan ponsel Anda terasa penuh atau saat Anda mengalami masalah dengan aplikasi. Dalam hal ini, Anda dapat menghapus file cache aplikasi Google melalui manajemen aplikasi Android. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini agar tidak Aplikasi Google Terhenti.

Hapus file cache Google

  • Buka menu Pengaturan di ponsel Android Anda.
  • Pilih Kelola aplikasi » temukan dan pilih aplikasi Google.
  • Pilih Hapus data » Hapus cache » lalu konfirmasikan dengan OK untuk mengosongkan cache.
  • Selesai.

Setelah membersihkan file cache aplikasi Google, disarankan juga untuk membersihkan file cache sistem dan aplikasi lain menggunakan aplikasi pembersih bawaan.

Bersihkan file cache menggunakan aplikasi yang lebih bersih

  • Buka aplikasi Cleaner di ponsel Android Anda.
  • Tunggu hingga proses pemindaian cache selesai.
  • Kemudian ketuk Bersihkan untuk memulai proses pembersihan.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pembersihan berhasil.
  • Selesai.

3. Lakukan pembaruan

Selain membersihkan file cache, coba lakukan pembaruan aplikasi. Pembaruan biasanya menghadirkan sejumlah fitur dan stabilitas yang diharapkan dapat memperbaiki masalah dengan Aplikasi Google Terhenti. Anda dapat mengunjungi Google Play Store untuk memperbarui aplikasi Google. Namun, Anda hanya dapat memperbarui jika versi terbaru dari aplikasi tersedia.

  • Buka Google Play Store di ponsel Android Anda.
  • Ketuk ikon [menu] dengan tiga garis di bagian atas » pilih Aplikasi dan game.
  • Kemudian pilih aplikasi Google yang mengalami masalah atau error.
  • Jika pembaruan tersedia, Anda dapat mengetuk Perbarui dan menunggu proses pembaruan selesai.
  • Selesai.

4. Hapus data aplikasi

Banyak pengguna Android memanfaatkan fitur wipe data ketika mengalami masalah dengan aplikasi yang terinstal. Menghapus data aplikasi akan mengembalikan aplikasi ke pengaturan aslinya. Ini diharapkan untuk memperbaiki aplikasi Google yang terus mogok. Data yang akan dihapus meliputi database, cache, cookie, riwayat penelusuran, data login, dan lainnya. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka menu Pengaturan di ponsel Android Anda.
  • Pilih Kelola aplikasi » temukan dan pilih aplikasi Google.
  • Pilih Hapus data » Kelola ruang.
  • Ketuk Hapus semua data » lalu konfirmasikan dengan OK untuk menghapus data aplikasi.
  • Selesai.

5. Hapus pembaruan aplikasi

Selain menghapus data aplikasi, alternatif lain yang dapat Anda lakukan adalah menghapus pembaruan aplikasi Google terbaru. Banyak pengguna Android yang berhasil mengatasi Aplikasi Google Terhenti dengan cara ini. Agar lebih efisien, Anda bisa melakukan keduanya; menghapus data aplikasi dan juga menghapus pembaruan aplikasi.

  • Buka menu Pengaturan di ponsel Android Anda.
  • Pilih Kelola aplikasi » temukan dan pilih aplikasi Google.
  • Ketuk Copot pemasangan pembaruan » konfirmasi dengan OK untuk menghapus pembaruan aplikasi.
  • Selesai.

6. Boot dalam Safe Mode

Saat mem-boot dalam mode aman juga memperbaiki berbagai masalah, ini juga membantu dalam menemukan penyebab aplikasi. Jika pencarian berfungsi dalam mode aman, maka aplikasi pihak ketiga menyebabkan masalah.

Apakah Anda baru saja menginstal aplikasi apa pun? Coba hapus instalannya dan lihat apakah itu memperbaiki masalah. Ada dua metode Boot dalam Safe Mode untuk mengatasi Aplikasi Google Terhenti.

Menggunakan tombol Daya

  • Tekan dan tahan tombol daya di ponsel Anda hingga Anda melihat opsi berbeda seperti reboot, matikan, dan lainnya.
  • Tekan dan tahan tombol Daya.
  • Ponsel Anda akan meminta Anda untuk masuk ke mode aman.
  • Tekan OK untuk mengonfirmasi.
  • Anda akan dibawa ke mode aman.

Tombol daya dan volume

  • Beberapa ponsel tidak akan masuk ke mode aman dari metode di atas.
  • Untuk telepon semacam itu, ikuti metode tradisional.
  • Artinya, matikan ponsel Anda terlebih dahulu.
  • Kemudian tahan tombol daya hingga logo pabrikan menyambut Anda.
  • Ketika itu terjadi, tinggalkan tombol Daya dan tekan dan tahan tombol Volume Turun hingga Anda dalam mode aman

Akhir Kata

Dengan mencoba beberapa tips di atas, diharapkan masalah Aplikasi Google Terhenti dapat teratasi dengan baik sehingga aplikasi Google dapat digunakan kembali secara normal. Jika nanti ada perbedaan tampilan dan langkah, maka Anda bisa menyesuaikannya. Jika semua tips di atas belum berhasil sama sekali, opsi terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menunggu hingga Google melakukan perbaikan dan update ke versi yang lebih stabil.

Bagikan artikel ke media sosial Anda agar lebih bermanfaat dan bermanfaat. Jika ada yang perlu ditanyakan atau disampaikan, tulis di kolom komentar di bawah. Terima kasih dan semoga berhasil!