Manfaat Air Putih Sehat Untuk Tubuh Kita

Tidak hanya menghilangkan dahaga, manfaat air minum bagi kesehatan sangat banyak dan beragam. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh dengan minum air putih sehat secara teratur.

Ada banyak jenis minuman yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan hidrasi harian Anda. Namun, lebih baik minum air putih sehat karena tidak mengandung kalori dan gula, sehingga lebih sehat.

Temukan 10 manfaat kesehatan dari air minum.

Kita di anjurkan untuk minum air putih 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari. Selain itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi 2,5 liter air per hari dan ibu menyusui 3 liter per hari.

Anda juga disarankan untuk banyak minum air putih jika mengalami berbagai penyakit, seperti: B. Setelah berolahraga Cuaca panas atau dingin, diare dan muntah-muntah.

Manfaat Air Putih Sehat untuk kesehatan.

Air memang terkenal dengan banyak manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat air untuk kesehatan:

1. Mencegah dehidrasi.

Air Putih Sehat

Menjaga hidrasi melalui air minum penting untuk melindungi tubuh dari dehidrasi atau dehidrasi. Meski terlihat ringan, kondisi dehidrasi yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal, kejang, dan bahkan syok yang mengancam jiwa.

2. Menjaga kesehatan sendi dan otot

Minum air putih sehat secara teratur juga dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan sendi dan otot tubuh. Hasilnya, otot tidak kaku dan tubuh tidak mudah lelah saat beraktivitas atau beraktivitas.

3. Menurunkan berat badan

Minum air putih diketahui dapat memperlancar pencernaan, sehingga memudahkan tubuh untuk membakar lemak dan membuang keringat, urin, dan feses. Tentu saja, ini memengaruhi penurunan berat badan.

Selain itu, minum air putih sebelum makan diketahui memiliki efek mengenyangkan dengan mengurangi porsi makanan yang dikonsumsi. Dengan demikian, asupan kalori dipertahankan dan berat badan dikendalikan.

4. Menjaga kesehatan kulit

Dehidrasi dapat menyebabkan kulit kering. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh dengan minum air putih untuk menjaga kelembapan kulit dan bibir. Selain itu, minum air putih yang cukup dapat menjaga dan mengembalikan kelembapan pada bibir dan kulit.

5. Tetap fokus

Dehidrasi juga mengganggu fungsi otak, terutama kemampuan berkonsentrasi dan berkonsentrasi. Hal ini pasti akan mempengaruhi aktivitas dan produktivitas Anda sepanjang hari.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk minum air putih sehat secara teratur agar otak tetap berfungsi dengan baik.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Dehidrasi diketahui mengganggu fungsi pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan termasuk sembelit. Untuk mencegahnya, disarankan untuk minum air putih secara teratur.

7. Mencegah batu ginjal

Satu studi menemukan bahwa minum cukup air mencegah pembentukan batu ginjal atau kambuhnya batu ginjal pada orang yang pernah menderita penyakit tersebut.

Hal ini karena minum air putih yang cukup dapat mempercepat proses pembuangan sisa metabolisme melalui urin dan mencegah pembentukan kristal yang dapat menyebabkan batu ginjal seperti asam urat.

8. Menjaga tekanan darah

Air adalah bagian penting dari darah. Ketika Anda mengalami dehidrasi, darah Anda mengental, menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit seperti natrium dan kalium dalam darah Anda.

Dehidrasi juga dapat berdampak pada penurunan tekanan darah. Oleh karena itu, minum air putih secara teratur dapat menjaga tekanan darah tetap normal.

9. Mencegah penyakit kardiovaskular

Selain menjaga tekanan darah, tetap terhidrasi juga dapat melindungi Anda dari penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, dan stroke.

Hal ini karena konsumsi air putih secara teratur dapat mencegah dehidrasi yang dapat mempengaruhi fungsi abnormal organ tubuh, termasuk jantung, dan memiliki efek relaksasi pada pembuluh darah, sehingga tekanan darah tetap terjaga.

10. Meningkatkan ketahanan

Tubuh membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sumber energi tidak hanya berasal dari makanan. Minum air putih yang cukup juga tidak mudah melemahkan tubuh saat berolahraga dan beraktivitas.

Tips memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh
Seperti yang telah disebutkan, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan hidrasi harian Anda. Hal ini karena dehidrasi diketahui dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Tubuh yang mengalami dehidrasi biasanya ditandai dengan seringnya haus, dan urin yang keluar lebih gelap dari biasanya. Selain itu, Anda mungkin merasa pusing, sakit kepala lemah, dan mulut serta bibir Anda mungkin terasa kering.

Nah, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, di antaranya:

Cobalah untuk membiasakan minum air putih sehatĀ  setiap kali makan atau ngemil.
Simpan segelas atau botol penuh air minum di atas meja atau di saku Anda untuk membantu Anda mengisi kembali asupan air harian Anda.
Anda juga bisa menambahkan irisan buah ke dalam air agar terasa segar.
Air itu sehat, tapi tidak semua air bisa digunakan. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ada beberapa peraturan tentang

air minum yang aman dan layak, seperti:

  • Tidak ada rasa,Tidak berbau dan tidak berwarna,Tidak ada bakteri,Tidak ada bahan kimia yang melebihi batas yang diizinkan

Pastikan juga air minum yang Anda minum terdaftar di BPOM dan memenuhi standar kesehatan untuk mencegah penyakit akibat meminum air yang terkontaminasi.

Anda tidak hanya didorong untuk tetap terhidrasi, tetapi Anda juga didorong untuk menjalani gaya hidup sehat dengan berolahraga secara teratur, cukup tidur, dan mengelola stres.

Jika Anda mengalami pusing, mual, muntah dan sakit perut setelah minum air putih, konsultasikan dengan dokter untuk evaluasi dan pengobatan. Selain itu, dokter Anda juga dapat memberi tahu Anda cara memaksimalkan asupan air Anda.