Sms Gateway Gratis Via Internet

Mungkin sebagian dari kalian para pembaca masih bertanya-tanya apa itu SMS Gateway Gratis? SMS Gateway adalah platform yang menyediakan mekanisme pengiriman dan penerimaan SMS dari perangkat mobile melalui SMSC (Short Message Service Center).

SMSC adalah jaringan telepon seluler yang menangani pengiriman SMS. Jadi ketika seseorang mengirim pesan teks melalui ponsel, SMSC bertanggung jawab untuk mengirim pesan ke nomor tujuan. Mekanisme ini dapat kita gunakan untuk mengirim SMS melalui komputer, salah satunya melalui aplikasi web.

Aplikasi SMS Gateway terutama digunakan dalam aplikasi bisnis seperti penyiaran promosi, layanan informasi kepada konsumen, distribusi konten produk/layanan dan lain-lain. Implementasinya yang relatif sederhana, SMS Gateway dengan telepon modem GSM/CDMA cukup berkembang dan banyak digunakan.

Sms Gateway Gratis

Dalam hal ini, penulis ingin berbagi sesuatu tentang aplikasi SMS Gateway berbasis web gratis yang dapat digunakan oleh semua pembaca.

Pembaca dapat membuat aplikasi SMS Gateway Gratis mereka sendiri untuk tujuan tertentu melalui platform berikut.

1. Gammu & Wammu

Gammu pada dasarnya adalah library untuk menghasilkan SMS Gateway. Karena sifatnya yang open source dan mendukung berbagai jenis modem, Gammu sangat populer dalam pengembangan sistem/aplikasi berbasis SMS Gateway gratis.

Pengembang web dapat dengan mudah membuat sistem aplikasi SMS Gateway sederhana hanya dengan menggunakan script PHP dan database MySQL menggunakan Gammu. Dokumentasi Gammu sangat lengkap dan mudah untuk pemula. Wammu adalah versi GUI dari Gammu.

2. Turkey

Turkey adalah SMS gateway Gratis berbasis web open source yang cukup Anda gunakan. Tidak seperti Gammu, pengguna di Turki tidak perlu membuat kode. Pengaturan parameter gateway SMS, termasuk jenis modem, nomor port, dll., dapat dilakukan melalui GUI yang disediakan. Menginstal Turki sangat mirip dengan menginstal aplikasi web berbasis CMS (Content Management System).

Beberapa fitur menarik dari aplikasi ini adalah database ganda, multi-pengguna, obrolan, SMS flash, pengelola folder khusus, pengelola buku telepon, pengebom SMS, iklan SMS, konten/anggota SMS, balasan otomatis sederhana, dan dukungan Unicode.

3. PlaySMS

PlaySMS merupakan platform SMS Gateway Gratis yang sudah lama dikembangkan, atau tepatnya sejak tahun 2003 dan masih eksis hingga saat ini. Aplikasi PlaySMS adalah sistem portal seluler berbasis web yang fleksibel dalam mengelola layanan seperti gateway SMS, SMS massal, sistem pesan pribadi, dan alat komunikasi perusahaan (grup).

Fitur yang sangat lengkap dapat dijadikan alternatif yang valid untuk membangun sistem SMS Gateway.

4. Kannel

Kannel adalah perangkat lunak open source untuk WAP dan SMS Gateway Gratis. Namun, Kannel hanya dapat dikembangkan pada sistem UNIX (Linux).

Kannel menawarkan layanan pengiriman SMS dengan komputer yang dilengkapi modem, layanan WAP Push, dan Internet seluler. Untuk menggunakan Kannel, pengembang harus memahami cara memprogram dan menggunakan perintah Kannel dasar.