15 Aplikasi Stabilisasi Video Terbaik di Android 2022

Saat ini, kebanyakan orang mengabadikan momen penting menggunakan smartphone. Sayangnya, video yang direkam seringkali menjadi goyang karena berbagai alasan. Memang, rekaman video yang goyang tidak nyaman untuk ditonton. Video yang goyah juga bisa terlihat tidak profesional. Kabar baiknya adalah jika video yang Anda rekam sudah goyang, masih ada cara untuk memperbaikinya. Jika Anda adalah pengguna perangkat Android, ada beberapa Aplikasi Stabilisasi Video terbaik yang dapat Anda coba.

Aplikasi Stabilisasi Video
cdn.idntimes.com

15 Aplikasi Stabilisasi Video Terbaik di Android

Berikut adalah beberapa solusi untuk mengatasi vidio yang goyah dengan menggunakan Aplikasi Stabilisasi Video Terbaik.

1. Shaky Video Stabilizer

Shaky Video Stabilizer adalah editor video gratis untuk perangkat Android. Aplikasi ini dapat menghapus goyangan kamera dari berbagai format video seperti MP4, 3GP, MKV, dan banyak lagi. Aplikasi editor ini memungkinkan Anda untuk melihat video yang diedit dan masih goyang secara berdampingan sehingga Anda dapat melihat perbandingannya. Ini juga memiliki alat analisis video built-in yang dapat menunjukkan jitter, kelancaran, akurasi, dan masalah lain yang perlu diselesaikan.

Kelebihan lain dari Shaky Video Stabilizer adalah tidak memberikan watermark pada video yang diedit dan tidak mengurangi kualitas video. Sementara itu, kelemahan dari aplikasi ini adalah tidak memiliki alat pengeditan video penting lainnya untuk membuat rekaman yang sempurna.

2. Video Stabilizer

Video Stabilizer adalah Aplikasi Stabilisasi Video otomatis yang menggunakan algoritma canggih untuk mendeteksi rekaman yang goyah dan melakukan koreksi yang diperlukan. Aplikasi ini memiliki antarmuka minimalis, yang menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang baru dalam mengedit.

Dengan alat ini, Anda dapat dengan mudah mengedit video dan mengekspornya sebagai MP4. Stabilisasi tidak mengurangi kualitas video, tetapi Anda memiliki kontrol terbatas terhadapnya.

3. Microsoft Hyperlapse Mobile

Seperti namanya, Microsoft Hyperlapse Mobile terutama digunakan untuk menstabilkan video hyperlapse. Namun, pengguna juga dapat memasukkan video standar ke dalamnya dan menstabilkannya.

Ini juga memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kecepatan video jika mereka ingin mengonversi video standar menjadi video hyperlapse. Selain itu, ia memiliki pemutar pratinjau untuk menonton video input dengan kecepatan berbeda juga ditampilkan di dalamnya. Secara keseluruhan, ini adalah aplikasi stabilisasi video bagus yang dapat digunakan untuk menstabilkan video timelapse.

4. Google Photos

Google Photos adalah aplikasi berbagi dan penyimpanan foto gratis yang juga dapat digunakan sebagai penstabil video untuk Android. Aplikasi ini menawarkan stabilizer khusus untuk menstabilkan video yang goyah dengan cepat.

Selain menstabilkan video, itu juga dapat digunakan untuk memotong, menandai, dan menyesuaikan video. Ini juga membantu pengguna menghapus audio dari video jika mereka mau. Secara keseluruhan, Google Photo adalah aplikasi stabilisasi video yang kuat yang dapat dengan mudah menstabilkan video dengan durasi berapa pun.

5. KineMaster-Video Editor

KineMaster adalah aplikasi yang dipilih oleh banyak YouTuber dan pakar jejaring sosial untuk menyempurnakan video mereka. Aplikasi KineMaster-Video Editor membuat video menjadi lebih halus dan menyenangkan untuk ditonton. Aplikasi ini menawarkan berbagai alat dan efek pengeditan profesional yang tidak dimiliki aplikasi lain.

Dengan KineMaster, Anda dapat mengubah warna film dan meningkatkan kualitas visualnya dengan menekan satu tombol. Ada juga berbagai alat pengeditan audio yang membawa audio Anda ke tingkat profesional, sehingga Anda dapat dengan mudah menambahkan sulih suara, musik latar, dan efek suara lainnya.

6. PowerDirector

Aplikasi Stabilisasi Video PowerDirector memiliki banyak opsi yang memungkinkan Anda membuat film yang ideal dari awal hingga akhir, yang semuanya dapat diedit di ponsel atau tablet Android Anda. Beberapa hal yang dapat ditawarkan PowerDirector termasuk penyesuaian kecepatan, kontrol bingkai utama untuk transparansi dan pemosisian, teks dan judul animasi, dan stabilisasi video.

Anda juga dapat membuat efek luar biasa dengan filter, overlay, dan mode blending. Ada juga editor tombol warna layar hijau yang memungkinkan Anda mengubah latar belakang dengan sangat mudah. Sebagai titik awal, aplikasi ini menawarkan berbagai pilihan alat pengeditan. Namun, jika Anda ingin membuka kunci templat dan alat pengeditan yang lebih kompleks, Anda mungkin harus membayar untuk paket premium.

7. GoPro Quik

GoPro Quik tidak hanya membuat video lebih stabil tetapi juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan berbagai efek visual dan audio dalam aplikasi ini ke konten.

Hanya dengan beberapa ketukan, GoPro Quik membuat video kenangan favorit Anda menjadi lebih baik dengan menghasilkan pengeditan sinematik otomatis. Ini juga memungkinkan Anda untuk menyinkronkan suntingan dan musik Anda dengan mulus.

8. Deshake

Aplikasi Deshake menggunakan hasil pengembangan sistem algoritma untuk menganalisis kualitas video goyang. Layar menu utama program menunjukkan antarmuka untuk melihat video asli dengan video stabil berdampingan.

Algoritma aplikasi ini dapat melakukan proses stabilisasi video secara real time, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama. Aplikasi Stabilisasi Video ini akan langsung menghemat menjaga kualitas resolusi gambar, suara, arah video bahkan FPS dari video aslinya.

Secara umum, format video stabil yang akan diproses harus dalam format video yang diambil dengan alat pengeditan yang sama.

9. Video Smoother Stabilizer

Video Smoother Stabilizer adalah jenis aplikasi yang sangat sederhana. Anda dapat memilih video dari galeri atau merekam video baru saat Anda masuk ke menu utama. Tombol pengaturan dapat digunakan untuk mengurangi resolusi atau kualitas video yang dihasilkan. Hasil video yang distabilkan oleh aplikasi stabilisasi video di Android disimpan dalam format standar MP4.

Algoritma aplikasi ini dapat meningkatkan pergeseran perspektif dalam video agar lebih stabil. Video Stabilizer adalah tiruan dari film stabilizer di iOS. Fitur algoritma ini dapat digunakan untuk beberapa simulasi gerakan kamera yang optimal.

10. Open Camera

Aplikasi ini merupakan paket aplikasi lengkap yang dapat digunakan untuk tablet dan smartphone Android. Tidak hanya dapat digunakan untuk melakukan editing foto, aplikasi ini juga dapat Anda gunakan untuk melakukan stabilisasi video.

Stabilisasi video yang dilakukan pada aplikasi ini mampu meredam getaran yang diakibatkan oleh perubahan pergerakan kamera saat mengambil foto. Anda dapat menggunakan fitur stabilisasi ini untuk menonton atau merekam video secara real time.

Jika Anda memiliki video dengan resolusi gambar yang goyah karena keterbatasan perangkat, Anda dapat melakukan proses pengeditan langsung dari ponsel Anda. Berkat dukungan algoritma yang digunakan dalam aplikasi, Anda dapat melakukan stabilisasi video dengan menekan satu tombol.

11. Quik

Saat melakukan proses editing video, Anda mungkin tidak hanya ingin menstabilkan video tetapi juga menambahkan efek visual dan audio. Anda dapat menambahkannya untuk membuat hasil video yang menakjubkan hanya dengan beberapa ketukan.

Dalam hitungan detik Anda akan menciptakan momen indah dengan menambahkan transisi, efek video, dan menyinkronkan semuanya dengan irama musik. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menambahkan teks, musik, dan berbagi dengan teman dengan mudah.

Video yang terlalu goyah dapat mengalihkan perhatian Anda dan pemirsa lain dan membuat mereka kehilangan minat untuk menonton seluruh video. Namun dengan Aplikasi Stabilisasi Video ini, video goyang bisa lebih stabil dan menyenangkan untuk ditonton.