15 Aplikasi Pembuat Game yang Wajib Dicoba Bagi Pemula

Membuat game sendiri bisa menjadi salah satu impian para gamers. Jadi, jika Anda seorang gamer yang ingin membangun game Anda sendiri, mari kita lihat daftar beberapa Aplikasi Pembuat Game terbaik yang dapat digunakan untuk membuat game Anda sendiri dari awal.

Aplikasi Pembuat Game
api.duniagames.co.id

15 Aplikasi Pembuat Game Untuk Pemula

Apa nama aplikasinya? Jadi daripada penasaran, yuk simak baik-baik pembahasan Aplikasi Pembuat Game di bawah ini!

1. Sploder

Pertama-tama, ada situs pembuat game bernama Sploder. Melalui situs ini, kamu bisa membuat berbagai jenis game sesuai dengan yang kamu inginkan, mulai dari game retro, space shooter, platform game dan masih banyak lagi yang bisa kamu coba.

Situs ini sangat mudah dimengerti, siapapun bisa membuat game yang mereka inginkan! Jika Anda ingin membuat game yang tidak rumit, maka Anda bisa langsung mengunjungi situs Sploder.

2. Construct 2

Construct 2 adalah program untuk membuat game. Aplikasi pembuat game ini bisa dibilang mirip dengan Sploder karena Anda tidak perlu memiliki pengalaman pemrograman atau coding untuk membangun game melalui aplikasi ini.

Biasanya Construct 2 digunakan untuk membuat game dengan grafik 2D dan pengguna dapat menambahkan efek suara sendiri sesuai keinginan.

3. ClickTeam Fusion 2.5

Nah bagi kalian yang tidak bisa coding dan ingin mencari alternatif Construct 2 untuk membuat game, kalian juga bisa mencoba aplikasi pembuat game bernama ClickTeam Fusion 2.5 ini.

Jika Anda sudah memahami tools dasar yang terdapat dalam aplikasi ini, Anda bisa langsung membuat game keren untuk iOS, Android, web game bahkan game PC.

4. GameMaker: Studio

Aplikasi pembuat game terbaik selanjutnya adalah GameMaker: Studio. Aplikasi ini sering digunakan oleh para pemula yang baru belajar membuat game karena sistemnya yang mudah dipahami.

5. Stencyl

Stencyl adalah aplikasi pembuat game dengan sejumlah fitur keren. Anda dapat membuat game sederhana, membuat game RPG, karena Stencyl mendukung fungsi editor dunia untuk membuat peta, serta alat editor aktor yang berfungsi untuk membuat karakter.

Jika Anda ingin membuat game RPG, tetapi tidak terlalu mahir dalam bahasa pemrograman, maka Anda bisa mencoba aplikasi pembuat game bernama Stencyl ini.

6. Corona SDK

Pilihan aplikasi game maker selanjutnya adalah Corona SDK, alat pengembangan game 2D. Corona SDK juga mendukung berbagai platform seperti PC atau seluler.

Berbeda dengan aplikasi pengembangan game lainnya, Corona SDK menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda yaitu Lua. Terlebih lagi, Anda dapat mengunduh Corona SDK secara gratis.

7. GameSalad

Aplikasi Pembuat Game GameSalad adalah program pembuatan game yang juga mendukung multi platform. Dengan GameSalad Anda dapat membuat game untuk dipublikasikan di PC, Android, Windows Phone, iOS, platform Mac untuk browser game.

GameSalad juga merupakan aplikasi pembuatan game yang sangat direkomendasikan untuk pemula yang baru belajar membuat game karena penggunaanya yang simple dan mudah.

Jika Anda sama sekali tidak mengerti bahasa pemrograman, jangan khawatir karena Anda hanya perlu mengatur properti dan tidak perlu melakukan pengkodean yang rumit.

8 RPG Maker MV

RPG Maker MV merupakan aplikasi pembuatan game yang cukup sering digunakan untuk membuat game bergenre RPG karena aplikasi ini didedikasikan untuk pembuatan game RPG.

Anda dapat menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda untuk membangun game di RPG Maker MV seperti Ruby dan Javascript.

MV RPG Maker juga telah menyediakan berbagai hal yang dibutuhkan untuk membangun game RPG, seperti sprite karakter untuk peta sprite. Jadi kamu tidak perlu mendesain apa-apa lagi dan yang perlu kamu persiapkan adalah ide cerita agar game ini menarik untuk dimainkan.

9. Unity

Jika Anda sudah familiar dengan beberapa bahasa pemrograman seperti C# dan Javascript, maka Unity adalah salah satu aplikasi pembuat game terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membangun game Anda sendiri.

Ada banyak fitur yang tersedia dalam aplikasi yang satu ini. Anda dapat membuat peta Anda sendiri, bahkan figur 3D Anda sendiri.

10. Unreal Engine

Bagi seorang gamer tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya Unreal Engine. Unreal Engine adalah aplikasi pengembang game yang dibuat oleh Epic Games dan mampu mengembangkan berbagai jenis game mulai dari FPS, game stealth, game fighting, RPG dan banyak lainnya.

Ada banyak sekali game populer yang dibuat menggunakan Unreal Engine seperti Fortnite, PUBG, BioShock, dan Batman: Arkham City.

Namun, Unreal Engine ini tidak mudah digunakan dan ditujukan untuk seseorang yang ahli dan berpengalaman dalam dunia developer game.

11. Adobe Creative Cloud

Aplikasi pembuat game bebas kode yang dikembangkan oleh Adobe ini menyediakan semua fitur untuk membantu Anda mengembangkan segala sesuatu dalam game, mulai dari membuat karakter, gameplay, efek 3D, menambahkan audio, dan lainnya.

12. Autodesk

Berikutnya adalah Autodesk yang direkomendasikan untuk membuat game sederhana hingga kompleks menggunakan pemodelan 3D.
Dengan Autodesk, Anda dapat membuat kerangka kerja untuk mendesain game hebat. Beberapa pengembang game yang memanfaatkan aplikasi ini bahkan menggunakan semuanya mulai dari desain dasar hingga pengujian.

13. Unity

Untuk waktu yang lama, banyak pengembang meremehkan Unity, tetapi sekarang tidak lagi. Sekarang menjadi alat pembuatan game yang banyak digunakan yang dapat digunakan untuk membuat game 2D dan 3D di hampir semua platform populer.

Unity menyediakan beberapa sumber daya gratis untuk membantu mereka yang baru mengenal mesin. Tetapi ia menawarkan lebih banyak di bawah program Unity Learn Premium, termasuk kelas, tutorial, dan bahkan sertifikasi.

Unity Learn Premium saat ini gratis hingga 10 Juni 2020, tetapi biasanya $15 per bulan. Ada juga dukungan rilis gratis untuk iOS, dan unduhan gratis dilengkapi dengan uji coba Unity Pro.

14. Cocos2D

Cocos2D adalah alat open source untuk membuat game 2D dengan C++, meskipun ada dukungan untuk Lua dan JavaScript. Aplikasi pembuatan game ini mendukung animasi kerangka, animasi sprite sheet, sistem koordinat, efek, unit multi-resolusi, tekstur, transisi, peta ubin, dan partikel.

Menggunakan Cocos2D adalah cara termudah untuk membuat game karena menggunakan desain RenderQueue. Performa mendukung auto-batching, auto-shrink dan transformasi cache, game berjalan 1x~20x lebih cepat.

Game Anda yang sudah selesai dapat dipublikasikan di Windows, Mac, Android, iOS, Windows Phone, atau web. Judul terkenal yang dibuat menggunakan program ini termasuk Badlands, Castle Clash, Kingdom Rush, Tiny Village, dan Matching with friends.

15. PlayCanvas

Platform pengembangan game HTML5 ini memungkinkan Anda mengembangkan game 2D dan 3D dengan mitra di cloud. Ini berarti Anda tidak perlu mengunduh dan menginstal apa pun dan bahkan mendapatkan ruang disk 200MB. Pengembang dan pakar baru dapat menggunakan mesin sumber terbuka dan gratis ini.

Mengenai daftar 10 Aplikasi Pembuat Game terbaik untuk di coba bagi Anda yang ingin memulai karir sebagai pengembang game. Semua aplikasi yang telah dijelaskan dapat digunakan oleh pengembang game atau untuk pemula. Karena setiap fitur yang disediakan oleh aplikasi sangat mudah dipelajari.

Jadi lebih baik membuat atau membuat sendiri dan mendapatkan keuntungan daripada hanya menjadi pemain pasif. Untuk itu, baca penjelasan di atas tentang 10 aplikasi pembuat game terbaik di Android untuk pemula sebagai langkah awal Anda dalam membuat atau membuat game.