15 Kendala Bisnis Online Yang Sering Dialami Pemula

Meski terdengar mudah, ternyata ada beberapa Kendala Bisnis Online yang sering ditemui para pebisnis. Beberapa Kendala Bisnis Online dapat mempengaruhi bisnis, seperti pesaing, kepercayaan pelanggan, penentuan pasar yang tepat, dll.

Kendala Bisnis Online
dwblog-ecdf.kxcdn.com

15 Kendala Bisnis Online yang Sering Terjadi

Lebih lengkapnya, berikut berbagai Kendala Bisnis Online yang biasa dihadapi para pebisnis:

1. Kendala Bisnis Online Target Market

Memiliki pasar yang besar merupakan salah satu keuntungan berjualan online, namun bisa menjadi kendala tersendiri dalam online trading. Untuk itu perlu ditentukan target pasar berdasarkan produk yang dijual.

Menjual di pasar yang salah akan membuat bisnis Anda sulit berkembang. Sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan target pasar yang tepat.

2. Pesaing

Perluasan pasar online membuat persaingan antar perusahaan semakin ketat. Anda dapat menemukan banyak pesaing dalam bisnis online Anda. Sebaiknya produk komersial memiliki keunggulan tersendiri, sehingga dapat dengan mudah menarik perhatian pelanggan.

Anda dapat meneliti pesaing dan kemudian mencari tahu apa kelemahan mereka. Manfaatkan titik lemah persaingan dan jadikan keunggulan produk. Buat inovasi Anda yang membuat produk Anda berbeda dari mereka.

3. Kepercayaan Pelanggan

Salah satu Kendala Bisnis Online adalah mendapatkan kepercayaan pelanggan. Banyaknya penipuan online membuat pelanggan sangat berhati-hati dalam memilih toko online. Anda dapat menampilkan testimoni dan review dari pelanggan yang telah membeli untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan baru.

Terkadang banyak orang yang kecewa dengan produk yang diterima karena tidak sesuai dengan deskripsi dan foto yang ditampilkan. Buatlah deskripsi produk sedetail mungkin dan gunakan foto asli dari produk yang Anda jual. Bangun kepercayaan pelanggan dengan menawarkan produk berdasarkan deskripsi produk dan foto.

4. Menarik perhatian pelanggan

Kendala Bisnis Online salah satunya Banyaknya pesaing menyarankan bagaimana cara menarik perhatian pelanggan. Salah satu cara untuk menarik perhatian pelanggan adalah dengan membuat berbagai konten di toko online yang sesuai dengan karakteristik pelanggan.

Berbagai fitur pasar dan media sosial bisa Anda manfaatkan untuk membuat konten yang menarik. Biasanya konten yang memberikan informasi akan diapresiasi oleh pelanggan, Anda hanya perlu menyajikannya dengan cara yang menarik.

5. Memilih Marketplace

Marketplace merupakan salah satu cara jual beli online. Banyak marketplace yang menawarkan berbagai program dan keuntungan bagi pembeli dan penjual. Ini ternyata menjadi rintangan yang berbeda, karena setiap pasar memiliki karakter pembeli yang berbeda.

6. Menemukan Supplier

Kendala Bisnis Online yang lain adalah menemukan pemasok atau vendor yang cocok. Harga dan kualitas produk yang Anda jual akan tergantung pada pemasok yang Anda pilih. Biasanya kendala awal adalah sulitnya mencari pemasok yang cocok dari segi harga, kualitas dan kemudahan pekerjaan.

Jangan ragu untuk mencari pemasok di daerah, daerah terpencil atau bahkan di luar negeri. Anda bisa mendapatkan harga dan kualitas yang jauh lebih baik di sana. Lakukan juga survei dan penelitian untuk memperbaikinya. Jika ingin untung lebih, sebaiknya cari cara mencari pemasok langsung karena harganya lebih murah.

7. Kendala Bisnis Online finansial

Kendala finansial tidak hanya terjadi pada Anda yang baru memulai bisnis online. Jika Anda tidak dapat mengelola keuangan bisnis Anda dengan baik, itu bisa menjadi masalah di masa depan.

Anda harus bisa mengawasi keuangan perusahaan. Membuat laporan keuangan yang baik seperti catatan pendapatan dan pengeluaran. Sebaiknya pisahkan akun toko online dari akun pribadi agar tidak tertukar dan keuangan mudah dipantau.

8. Berurusan dengan persona pembeli

Anda akan menjumpai berbagai persona pelanggan dengan latar belakang yang berbeda. Anda mungkin menemukan pelanggan yang kurang kooperatif, mengajukan terlalu banyak pertanyaan, menjadi rumit, dan berbagai persona lainnya.

Ada beberapa cara untuk mengatasi Kendala Bisnis Online tersebut. Salah satunya adalah dengan membuat daftar pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pembeli atau sering disebut FAQ (Frequently Asked Questions). Ini akan meminimalkan pembeli untuk bertanya.

9. Mempertahankan Pelanggan

Retensi pelanggan Selain menarik perhatian konsumen baru, ternyata retensi pelanggan juga menjadi penghambat penjualan online yang sering terjadi. Dapatkan pelanggan setia sebanyak mungkin jika Anda ingin bisnis online Anda berkembang pesat.

Pelanggan yang loyal tidak hanya menjadi sumber keuntungan, mereka juga dapat membuat bisnis Anda dikenal oleh sebanyak mungkin orang. Pelanggan yang puas dengan produk dan layanan toko online Anda akan merekomendasikannya kepada orang yang mereka cintai.

Anda dapat menawarkan program-program menarik bagi pelanggan setia seperti diskon tambahan dan bonus produk. Memberikan layanan yang cepat dan ramah juga akan membuat pelanggan datang kembali untuk lebih.

10. Pembuatan Website

Selain berjualan melalui marketplace, Anda juga harus memiliki website toko online sendiri. Memiliki website akan meningkatkan penjualan Anda secara signifikan, apalagi jika website tersebut dikelola dengan baik.

Banyak orang beranggapan bahwa membuat website itu sulit, sehingga pada akhirnya menjadi salah satu Kendala Bisnis Online. Memang sekarang kamu bisa membuat website untuk toko online hanya dalam 3 menit di Mimin. Juga, Anda tidak perlu memiliki keterampilan pemrograman.

11. Keamanan

Ini adalah salah satu Kendala Bisnis Online terbesar dalam daftar ini. Jika Anda berurusan dengan data pelanggan dan pembayaran online, lebih baik Anda memastikan bahwa setiap bagian dari bisnis Anda 100% aman. Bahkan perusahaan besar pun masih memiliki masalah keamanan, jadi bagaimana Anda bisa melindungi diri dari segala jenis kebocoran data dan serangan peretas?

Jika Anda ingin pelanggan merasa aman, Anda perlu memelihara situs web dengan server yang baik dengan dukungan pelanggan 24/7. Baca artikel kami tentang meningkatkan layanan pelanggan.

12. Kepercayaan

Sementara membangun hubungan adalah cara yang disarankan untuk mendapatkan kepercayaan pembeli, itu saja tidak akan menyelesaikan masalah. Setelah pembeli menyadari bahwa bisnis online Anda dapat dipercaya, tetapi bukan penjual individu Anda, tingkat kepercayaan akan menurun. Dan ini dapat memengaruhi tingkat konversi di platform Anda.

Solusi untuk masalah ini adalah memastikan bahwa pembeli dilindungi dari segala bentuk penipuan. Sistem transparansi sangat penting.

13. Kesulitan membangun relasi

Meskipun berbisnis di Internet dapat membuka pasar di seluruh dunia, akan lebih sulit untuk mengembangkan hubungan bisnis yang langgeng. Jika Anda tinggal di Indonesia, Anda mungkin tidak memiliki kesempatan untuk bertemu langsung dengan pelanggan Jepang atau Australia.

Sementara teknologi seperti konferensi video memungkinkan Anda melihat orang-orang di layar komputer, masih ada sedikit sentuhan pribadi pada pertemuan tatap muka. Oleh karena itu sulit untuk membangun hubungan sebagai salah satu masalah bisnis online.

14. Keterbatasan jenis usaha

Jenis usaha tertentu tidak cocok untuk Internet, terutama bila produk yang ditawarkan melibatkan penggunaan panca indera. Misalnya, jika nilai unik produk Anda adalah aroma yang menyegarkan, Anda mungkin akan kesulitan untuk memasarkannya secara online. Dan akan selalu ada orang yang merasa lebih nyaman melakukan pembelian setelah melihat produk secara langsung.

Itulah 15 Kendala Bisnis Online yang sering di alami oleh pemula, semoga bermanfaat. salam pembisnis