7 Strategi Bisnis Digital Untuk Dongkrak Penjualan Agar Lebih Baik

Perkembangan internet di Indonesia saat ini telah berkembang mempengaruhi sistem perekonomian. Contohnya adalah pertumbuhan bisnis online yang semakin meningkat. Untuk mengimbanginya, diperlukan Strategi Bisnis Digital agar perusahaan dapat dilihat oleh lebih banyak pengguna internet dan mampu menghadapi pasar yang kompetitif.

Strategi Bisnis Digital apa yang harus dipahami pengusaha? Mengapa perlu memahami strategi pemasaran digital? Yuk, simak pembahasan lengkapnya di artikel ini!

Strategi Bisnis Digital
cdn-oss.ginee.com

Kenapa Bisnis Butuh Strategi Marketing Digital?

Pemasaran digital adalah serangkaian kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk mempromosikan dan menjual barang dan jasa dengan menggunakan media digital sebagai media pemasaran.

Manfaat pemasaran digital yang menjadikannya faktor penting bagi perkembangan bisnis di era sekarang ini, yaitu:

  • Pemasaran digital memungkinkan Anda menjangkau pasar yang lebih luas, bahkan global.
  • Biaya iklan digital cenderung lebih murah dibandingkan media konvensional.
  • Anda memiliki banyak pilihan untuk membuat materi pemasaran (bisa berupa video, foto atau tulisan) serta banyak media untuk mengakses dan memposting iklan.
  • Pemasaran digital memungkinkan iklan Anda muncul secara khusus untuk menargetkan pasar yang kemungkinan besar akan bertransaksi.

Namun tentunya manfaat di atas tidak langsung terlihat hanya dengan melakukan digital marketing. Anda harus memiliki pemahaman yang cukup tentang strategi pemasaran online dan menerapkannya dalam pemasaran Anda jika Anda ingin bisnis Anda berkembang.

Baca poin-poin di bawah ini untuk mengetahui bagaimana pemasaran digital dapat membantu Anda mencapai tujuan pemasaran Anda.

7 Strategi Bisnis Digital Untuk Meningkatkan Bisnis

Strategi Bisnis Digital atau strategi pemasaran digital adalah proses penentuan visi, tujuan, inisiatif, dan peluang organisasi untuk memaksimalkan manfaat dalam kaitannya dengan dunia digital.

Secara umum, dalam materi digital marketing terdapat empat langkah/tahapan penerapan strategi periklanan atau digital marketing seperti:

  • Mengenali peluang sekaligus tantangan dalam bisnis dengan aset online sebagai solusinya.
  • Memahami apa kebutuhan masyarakat yang belum terpenuhi, menyelaraskan tujuan klien sebelum menyelaraskannya dengan peluang bisnis.
  • Mengembangkan visi terkait bagaimana aset online mampu memenuhi kebutuhan pelanggan sekaligus memenuhi kebutuhan bisnis.
  • Prioritaskan sejumlah inisiatif online (optimasi mesin pencari atau penerbitan).

The Digital Marketing Institute, dalam wawancaranya dengan lebih dari 200 peserta yang merupakan manajer pemasaran dari perusahaan terkenal di dunia, memberikan laporan hasil wawancara, di mana ditemukan bahwa hampir semua responden menunjukkan bahwa pengetahuan tentang pemasaran digital strategi adalah yang paling diperlukan. keterampilan pada saat ini.

Berikut beberapa tips dan strategi digital marketing yang bisa Anda coba terapkan sesuai kebutuhan bisnis Anda, baik untuk meningkatkan brand awareness, mendorong interaksi antara calon pelanggan dengan iklan Anda, atau bahkan meningkatkan konversi.

1. Pahami pelanggan Anda

Contoh Strategi Bisnis Digital yang efektif adalah pemasaran yang dilakukan setelah mengetahui dengan jelas siapa target pasar dari produk yang diluncurkan dan alasan mengapa mereka melakukan pembelian.

Kiat untuk strategi ini untuk menghasilkan hasil terbaik adalah untuk mengetahui lebih lanjut tentang demografi pelanggan yang relevan. Juga, temukan saluran pemasaran yang paling cocok untuk setiap kelompok demografis, sehingga pendekatannya bisa lebih intens dan komprehensif.

2. Maksimalkan penggunaan teknologi

Namanya digital marketing, tentunya memaksimalkan penggunaan teknologi digital dalam pemasaran merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Keberadaan teknologi kini menjadi salah satu media yang memudahkan kehidupan masyarakat, termasuk kemudahan dalam mengembangkan bisnis.

Dengan mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkan teknologi secara maksimal untuk mendukung perkembangan bisnis, Anda hanya bisa mengikutinya.

3. Buat konten yang menarik

Pembuatan konten dalam bentuk video, foto dan tulisan tetap menjadi cara paling ampuh untuk menarik perhatian pengguna internet, termasuk calon pembeli.

Anda dapat memanfaatkan menulis artikel sebagai cara halus untuk mempromosikan produk. Namun, seseorang harus memperhatikan kualitas konten yang dibuat. Cobalah berkolaborasi dengan penulis konten ahli di bidangnya untuk hasil terbaik. Strategi Bisnis Digital

Atau, jika Anda memiliki budget lebih, Anda bisa memilih konten promosi berupa audio dan/atau video. Namun tentu saja biaya produksi untuk pembuatan bisa beberapa kali lipat dibandingkan untuk menulis artikel.

4. Manfaatkan Sosial Media Sebagai Sarana Promosi

Laporan We Are Social menunjukkan bahwa rata-rata pengguna Internet menghabiskan setidaknya 60 hingga 180 menit menjelajahi jejaring sosial. Dalam laporan yang sama, mereka menunjukkan bahwa semakin muda pengguna, semakin lama mereka menggunakan media sosial.

Misalnya, untuk pengguna berusia 16-24 tahun, rata-rata wanita menghabiskan sekitar 193 menit per hari untuk mengakses media sosial, sedangkan pria menggunakan 163 menit per hari.

Di Indonesia, jejaring sosial menempati tempat penting dalam kehidupan masyarakat. Jadi, dengan menggunakan media sosial sebagai sarana promosi, Anda memiliki peluang lebih besar untuk mencapai tujuan pemasaran Anda.

Yang perlu Anda perhatikan adalah setiap media sosial memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga metode pemasaran yang digunakan pun harus berbeda. Misalnya, Instagram adalah platform media sosial yang berfokus pada konten gambar dan video yang menarik, jadi untuk mempromosikan konten produk Anda melalui Iklan Instagram, sebaiknya gunakan foto dengan visual.

Berbeda dengan TikTok yang terkenal dengan video pendeknya. Jika Anda ingin mempromosikan konten produk melalui Iklan TikTok, sebaiknya Anda mengemas konten promosi Anda dalam bentuk video pendek.

Atau Anda bisa menggunakan media sosial Facebook sebagai sarana promosi yang lebih mudah digunakan. Facebook Ads memiliki berbagai pilihan fitur promosi yang dapat Anda gunakan.

Pada dasarnya, manfaatkan semua alat media sosial di luar sana sebagai cara untuk mempromosikan bisnis Anda. Beberapa contoh digital marketing yang sukses seperti Netflix dan Tokopedia juga sukses dalam pemasarannya menggunakan media sosial dimana administrator aktif berinteraksi dengan konsumen menggunakan gaya bahasa yang lucu.

5. Terapkan SEO

Strategi Bisnis Digital berikutnya adalah menerapkan SEO. Jika Anda memiliki website khusus untuk mempromosikan dan menjual produk Anda, tidak ada alasan untuk tidak fokus pada SEO. Search Engine Optimization (SEO) adalah cara untuk membuat situs web dan blog Anda muncul di posisi teratas halaman hasil mesin pencari seperti Google.

SEO bertujuan untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs yang Anda kelola. Salah satu fondasi SEO adalah mengoptimalkan penggunaan kata kunci dan pembaruan situs web.

Jika Anda ingin menggunakan strategi optimasi SEO sebagai metode digital marketing, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  • Gunakan kata kunci yang paling banyak dicari di konten blog Anda.
  • Menyisipkan link dari halaman ke halaman pada sebuah website (internal link).
  • Buat link ke website Anda di website lain (backlink).
  • Gunakan bantuan alat seperti Google Analytics dan Google Search Console untuk menganalisis lalu lintas.

Jika Anda memiliki anggaran yang cukup, Anda dapat membentuk tim khusus untuk menganalisis dan mengelola SEO situs web dan blog bisnis Anda.

6. Memastikan laporan promosi Mobile Friendly DataReportal

Pada tahun 2021 persentase akses internet melalui ponsel mencapai 53,5% dari total 100% pengguna internet. Untuk itu Anda juga perlu memastikan bahwa promosi yang Anda butuhkan mobile-friendly atau mudah terlihat oleh pengguna yang mengakses internet melalui gadget atau ponsel mereka.

Gunakan frase promosi yang singkat, padat dan efektif. Gunakan juga gambar dengan resolusi yang tidak terlalu tinggi agar mudah dibuka melalui ponsel. Buat tampilan situs web yang dioptimalkan untuk seluler yang dapat menyesuaikan tampilannya secara otomatis saat diakses melalui smartphone.

7. Tinjau dan perbarui strategi Anda secara teratur

Sebelum Anda mulai menerapkan rencana pengembangan pemasaran digital dan konvensional, penting untuk mengembangkan Strategi Bisnis Digital indikator kinerja utama (KPI). Dengan KPI, Anda dapat menilai sejauh mana dan efektivitas strategi pemasaran digital Anda untuk memengaruhi pengembangan bisnis.

KPI digunakan untuk mengukur proses penerapan strategi pemasaran digital, tetapi pada saat yang sama KPI juga dapat berubah karena perkembangan digital. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu melakukan analisis rutin dan terus memperbarui strategi pemasaran digital yang Anda gunakan.

Kesimpulan

Memahami Strategi Bisnis Digital dan mampu menerapkan digital marketing yang efektif tentunya akan membantu para pelaku bisnis untuk bertahan bahkan memenangkan persaingan yang ketat di pasar.

Ketergantungan masyarakat pada teknologi membuat Anda sebagai pengusaha tidak punya pilihan selain mengikuti perkembangan digital dan menyesuaikan teknik pemasaran dengan kondisi pasar saat ini. Itu juga yang membuat majalah pemasaran digital menjadi salah satu bacaan terlaris bagi banyak orang saat ini.