8 Cara Menemukan Ide Bisnis Inovatif yang Bisa Bertahan Lama

Ada banyak Cara Menemukan Ide Bisnis, bisa melalui internet, media sosial atau dari cerita orang lain. Mencari ide bisnis lewat platform online atau cerita teman bukan berarti menjiplak sepenuhnya, ya. Kami dapat memperbarui perusahaan atau mengubah perusahaan yang belum ada.

Selain itu, ketika mencari ide bisnis, kita dituntut untuk peka terhadap lingkungan sekitar, seperti membaca apa yang akan menjadi tren di masa depan atau hal-hal yang akan dibutuhkan masyarakat luas.

Cara Menemukan Ide Bisnis
i0.wp.com

8 Cara Menemukan Ide Bisnis Inovatif yang Bisa Bertahan Lama

1. Amati Kebutuhan Orang-Orang

Saat membuka usaha, Sobat Pintar menjual sesuatu kepada orang lain. Oleh karena itu, jika Anda ingin memunculkan ide bisnis yang sukses, Cara Menemukan Ide Bisnis yang terbaik adalah dengan melihat kebutuhan orang lain yang akan menjadi calon pelanggan Anda.

Meskipun Anda harus fokus pada kebutuhan orang lain, Anda juga bisa mulai dengan melihat masalah yang Anda alami sendiri. Hal ini karena masalah yang Anda alami kemungkinan besar akan dialami oleh banyak orang juga. Jadi hati-hati dengan sisa makanan yang dibuang dari dapur di rumah, meskipun banyak orang yang kelaparan, atau rasa frustasi yang Anda rasakan saat koneksi internet Anda lambat. Masalah kecil seperti ini bisa dijadikan ide bisnis.

Jadi ambil putaran Smart Buddy. Lihat saja toko yang ada di dekat rumah Sahabat Pintar, kenapa produknya tidak banyak yang laku sampai berdebu? Mengapa makanan yang memiliki begitu banyak penggemar bahkan tidak diisi ulang?

2. Melakukan wawancara

Selain Cara Menemukan Ide Bisnis dengan observasi, akan sangat membantu jika Sobat Pintar juga mencari informasi tambahan dengan mengajukan pertanyaan. Hanya dengan bertanya pada Sobat Cerdas Anda bisa mendapatkan informasi lebih detail yang tidak bisa didapatkan hanya dengan mengamati. Dari wawancara dengan pemilik toko, Sobat Pintar akan mengetahui bahwa ternyata toko tidak bisa memilih produk yang akan dijual dan hanya menerima apa yang disediakan oleh agen. Hal inilah yang membuat mereka terkadang malah menimbun barang yang tidak laku. Kumpulkan masalah. Masalah yang tampak kecil dan biasa-biasa saja bisa menjadi inti dari ide bisnis Sobat Pintar.

3. Membaca

Cara Menemukan Ide Bisnis lain adalah rajin membaca. Membaca adalah jendela yang menghubungkan Smart Buddy dengan pengetahuan. Semakin banyak Anda membaca tentang berbagai topik, semakin banyak ide yang secara otomatis akan keluar dari otak Anda.

Selain itu, membaca Sahabat Pintar juga bisa belajar dari pengalaman orang lain. Pelajari dasar-dasar ide bisnis yang sukses dan cara mempraktikkannya. Di sisi lain, mempelajari apa yang membuat ide lain gagal juga sangat penting agar tidak mengulangi kesalahan yang telah dilakukan orang lain. Rajin membaca juga akan membantu mengasah kemampuan analisa Sobat Pintar, yang akan sangat berguna dalam mengembangkan ide trading Sobat Pintar nantinya.

4. Ide Bisnis berdasarkan Kebutuhan Dasar Manusia

Ada juga beberapa “masalah” yang harus ada dalam masyarakat, yaitu kebutuhan dasar manusia. Setiap daerah membutuhkan makanan, pakaian, tempat tinggal, uang, koneksi internet, orang pengiriman, dll. Bisa dikatakan ada beberapa lini usaha yang pasti dibutuhkan dan diinginkan oleh masyarakat dan Sobat Pintar dapat memulai usaha di daerah tersebut.

5. Analisis Solusi Berdasarkan Karakteristik Masyarakat

Setelah mempelajari masalah masyarakat, pikirkanlah secara kritis. Apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut?

Amati masalah dari semua area. Smart Buddy tidak dapat melihat masalah hanya dengan menggunakan bidang keahlian Smart Buddy. Penting untuk melakukan analisis menyeluruh terhadap ide bisnis Buddy Pintar. Sobat Cerdas dapat mencari informasi di Internet, ulasan penelitian dan bahkan diskusi dengan para ahli. Kemudian, hasilkan solusi yang dapat Anda tawarkan kepada komunitas.

Jangan pernah berpikir ide Smart Buddy terlalu hebat. Dengan teknologi yang saat ini ada dan akan terus berkembang, hal-hal yang tampaknya mustahil dapat dengan mudah dilakukan. Apalagi di era Industri 4.0, dengan menggunakan Artificial Intelligence, Internet of Things, Big Data dan berbagai teknologi lainnya, Smart Friends dapat membuat start-up yang menjawab permasalahan masyarakat.

Sedangkan untuk bisnis yang bergantung pada kebutuhan dasar manusia tersebut, Smart Buddy pun perlu berpikir kritis. Dalam hal ini Sobat Pintar masih perlu mengamati masyarakat sekitar, mengetahui karakteristik masyarakat dan memastikan bahwa kegiatan Sobat Pintar memiliki keunggulan dibandingkan kegiatan lain di bidang yang sama.

Jika Anda ingin membuka warung nasi goreng, apa yang membuat warung tersebut lebih menarik dari risotto goreng lainnya? Tentu yang pertama dari segi rasa, tapi terkadang nasi goreng rasanya tidak jauh beda, dan semuanya enak, sehingga memiliki kelebihan lain akan lebih menguntungkan. Misalnya Sobat Pintar membuka usaha di daerah dekat kampus, Sobat Pintar bisa buka toko 24 jam sehari karena banyak mahasiswa yang suka keluar sampai subuh untuk mengerjakan pekerjaan rumahnya. Selain itu, Smart Buddy dapat menyediakan meja yang nyaman untuk diduduki selama berjam-jam.

Teruslah menganalisa dan berpikir kritis, mencari cara untuk terus mengembangkan ide bisnis Sobat Pintar.

6. Menyesuaikan dengan Minat dan Kualifikasi Sobat Pintar

Terkadang seseorang datang dengan ide bisnis yang bagus, tetapi ketika hendak mewujudkannya, mereka mengalami kendala karena ide tersebut tidak sesuai dengan minatnya. Cara Menemukan Ide Bisnis Pada dasarnya manusia bekerja paling baik ketika pekerjaan itu menarik minatnya, sehingga membuka usaha yang sesuai dengan minatnya akan memudahkan dalam mengembangkan ide.

7. Menemukan Partner yang Tepat untuk Bekerja Sama

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa membangun bisnis yang tidak sesuai dengan minat dan kualifikasi Anda. Bahkan hampir tidak mungkin bagi Smart Buddy untuk bisa mengelola semua bagian dari bisnis Smart Buddy. Oleh karena itu, ketika Anda menemukan bagian dari ide bisnis Anda yang tidak sesuai dengan pengetahuan ilmiah Anda, yang harus Anda lakukan adalah memberikan pekerjaan itu kepada orang lain.

Dan sebenarnya, kemungkinan besar untuk memulai bisnis Anda harus berkolaborasi dengan pihak lain. Mulai dari vendor, vendor hardware, programmer dan web developer. Mitra ini akan memainkan peran yang sangat penting dalam pengembangan bisnis Anda, sehingga penting untuk bermitra dengan pihak yang tepat.

Sejak awal, ketika Anda sendirian dalam tahap pengembangan ide bisnis, Anda bisa langsung mulai mencari mitra. Dengan cara ini Anda akan memiliki seseorang untuk berdiskusi dan bertukar pandangan untuk mengembangkan ide bisnis yang ingin Anda bangun.

8. Mengestimasi dan Mencari Modal Usaha

Sobat Pintar sudah tahu bagaimana Cara Menemukan Ide Bisnis dan Sobat Pintar sudah merumuskan jenis usaha yang Sobat Pintar ingin mulai. Saat masih dalam tahap pengembangan ide, Smart Buddy seharusnya sudah mengetahui perkiraan modal awal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis Smart Buddy.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha tidaklah sedikit. Jika ingin membuka stand makanan harus membeli perlengkapan dan menyewa tempat duduk, tanpa lupa membeli furniture dan dekorasi yang disesuaikan dengan tempatnya. Apalagi jika Anda ingin membangun startup berbasis IT, Anda perlu membayar developer dan jasa periklanan untuk mempromosikan layanan Anda agar dikenal masyarakat. Oleh karena itu penting untuk memperkirakan modal dari awal, agar Anda tahu jika Anda bisa mewujudkan ide bisnis yang telah Anda pertimbangkan.

Itulah artikel tentang Cara Menemukan Ide Bisnis yang bisa anda lakukan di rumah agar bisnis anda bisa bertahan lama, semoga bermanfaat